Putri Bung Hatta: Generasi Muda Harus Pahami Makna Proklamasi

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Putri proklamator Republik Indonesia Meutia Farida Hatta mengatakan generasi muda sekarang harus memahami makna proklamasi dengan belajar dan datang ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

“Generasi muda sekarang yang belum mendapat informasi sejarah kemerdekaan Republik Indonesia dari buku-buku sejarah lama harus mendatangi museum serta mengikuti kegiatan seperti Napak Tilas Proklamasi,” kata Meutia Farida Hatta di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta, Sabtu.

Meutia mengatakan kegiatan napak tilas proklamasi ini memberikan pengetahuan kepada generasi muda bagaimana proses terjadinya kemerdekaan Republik Indonesia dan mengenang kembali apa yang telah dilakukan proklamator.

“Mereka harus diingatkan kembali bagaimana kejadian dan proses terjadinya kemerdekaan dan jangan lupakan sejarah,” katanya.

Ia menambahkan generasi muda sebagai penerus cita-cita proklamator dan pemimpin Indonesia ke depan agar dapat memaknai kepemimpinan dengan mengedepankan perdamaian.

“Generasi muda yang nantinya akan memimpin Indonesia harus menjadi pemimpin yang damai dan tidak saling menjatuhkan,” katanya.

Sebelumnya, museum Perumusan Naskah Proklamasi mengadakan kegiatan Napak Tilas Proklamasi yang dihadiri 1.000 orang dengan melakukan pawai dari Museum Juang 45 dilanjutkan ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan berakhir di monumen Tugu Proklamasi.

“Kegiatan ini dihadiri sekitar 1.000 orang diantaranya dari siswa sekolah, mahasiswa, tokoh masyarakat, sahabat museum dan komunitas sejarah,” kata Ketua Panitia Napak Tilas Proklamasi Andre Setiartoyo. (http://www.republika.co.id)

 

Leave a Reply