Mar 152019
 

Tank tempur utama (MBT) Altay buatan Turki © Otokar Otomotiv ve Savunma Sanayi A.S

JakartaGreater.com – Pejabat Qatar telah mengungkapkan rencana untuk pengadaan tank tempur utama (MBT) terbaru buatan Turki yang disebut Altay, menurut beberapa laporan media seperti dilansir dari laman blog militer berbasis di Ukraina, Defence Blog.

Wakil Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) Ali ?hsan Yavuz mengatakan bahwa Qatar akan membeli hingga 100 tank tempur utama dari Turki dan 40 diantaranya akan dikirimkan ke negara itu pada tahap pertama.

Yavuz mencatat bahwa setelah pengiriman pertama tersebut, mesin domestik akan mulai digunakan pada tank Altay. Saat ini, prototipe Altay ditenagai oleh mesin diesel 1.500 hp dari MTU Friedrichshafen GmbH Jerman.

Kontrak untuk produksi massal tank tempur generasi berikutnya ditandatangani antara Presidensi Industri Pertahanan Turki (SSB) dan produsen kendaraan lapis baja domestik BMC pada bulan November 2018.

Purwarupa tank tempur utama Altay buatan Turki © Daily Sabah

Altay adalah tank tempur utama (MBT) generasi ketiga yang dirancang serta diproduksi secara domestik di Turki dan dikembangkan di bawah proyek platform darat terbesar di Turki.

Altay menggabungkan teknologi tercanggih yang memungkinkannya dengan peningkatan perlindungan lapis baja, mobilitas dan daya tembak. Tank Altay diproyeksikan memiliki senjata smoothbore 120 mm. Mencakup elemen pertahanan CBRN, untuk melindunginya dari senjata kimia, biologi, radiologis dan nuklir.

Kecepatan maksimum yang direncanakan ditetapkan pada 70 km/jam atau sekitar 43 mph, disediakan oleh mesin 1.800 hp (1.300 kW) (dua batch pertama akan memiliki mesin 1.500 hp (1.100 kW)), dan MBT akan dapat berfungsi di bawah air 4,1 meter (13 kaki).