Jan 092019
 


Heli T-129 ATAK Turki (foto : Wikipedia)

Qatar telah menandatangani letter of intent pembelian helikopter serang T 129 ATAK dari Turki. Jumlah helikopter dan nilai kontrak pembelian belum diungkapkan. Jika transaksi ini akhirnya berhasil, helikopter Turki akan melengkapi armada helikopter tempur Qatar setelah sebelumnya juga mengakuisisi helikopter serang berat Apache Guardian AH-64E AH dari AS.

Perjanjian pembelian ditandatangani pada 3 Desember 2018. Hingga kini helikopter T129 ATAK yang diproduksi oleh kelompok Turki Aerospace Industri (TAI) juga akan diakuisisi oleh Pakistan dan Filipina. Beberapa negara lain yang tertarik untuk membeli helikopeter ini adalah Bangladesh, Maroko dan Thailand.

Namun pasokan heli T129 untuk pelanggan ekspor menghadapai kesulitan terkait dengan tegangnya hubungan AS-Turki. Kemungkinan besar karena alasan ini pabrikan TAI belum diizinkan mengekspor mesin Honeywell LHTEC T800-4A buatan AS yang merupakan tenaga penggerak utama helikopter ATAK. Karena itu, Turki mencari alternatif mesin dari negara lain.

Angkatan Udara Qatar sebelumnya telah mendapat persetujuan AS untuk penjualan helikopter serang AH-64E Apache Guardian melalui program Penjualan Militer Asing. Kontrak pembelian sebesar lebih dari US$ 667 juta telah ditandatangani pada tahun 2016. Ini termasuk pasokan 24 unit helikopter (dengan opsi tambahan 24 unit lagi), simulator virtual (LCT-Longbow Crew Trainer), stasiun radio Thales dan peralatan untuk melakukan perbaikan di darat. Menurut informasi yang diberikan oleh Qatar, batch pertama helikopter diperkirakan akan akan tiba pada tahun ini.

Turki adalah mitra Qatar yang sangat penting. Ankara memiliki pangkalan militer di Emirat, dengan tiga ribu tentara yang ditempatkan disana.

Defence24

 Posted by on Januari 9, 2019

  3 Responses to “Qatar Beli Helikopter T-129 ATAK dari Turki”

  1.  

    Lagi2 masalahnya di mesin… Kalau bsia IFX nanti jng pake mesin asu lah ribet…

  2.  

    Sebagai alternatif untuk IFX pake mesin buatan Eropa, atau Rusia

  3.  

    Turki baru selesai membuat mesin Heli buatan dalam negeri, tinggal disesuaikan dgn karakteristik ATAK .
    Mesin Amerika pelan2 dihapus dari heli buatan Turki.