Jun 162017
 

Pesawat F-15 (pixabay.com)

Washington – Kementerian Pertahanan Qatar mengatakan 14/6/2017 Qatar menandatangani kesepakatan untuk membeli jet tempur F-15 dari Amerika Serikat senilai 12 miliar dolar AS.

Kesepakatan itu dicapai meski negara teluk tersebut baru-baru ini dikritik oleh Presiden AS Donald Trump karena mendukung terorisme.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan perwakilan dari Qatar dijadwalkan bertemu untuk mengesahkan kesepakatan tersebut, seorang sumber yang akrab dengan kesepakatan tersebut mengatakan kepada Reuters. Berita Bloomberg melaporkan kesepakatan itu untuk membeli 36 jet.

Penjualan tersebut akan meningkatkan kerjasama keamanan antara AS dan Qatar, kata Pentagon dalam sebuah pernyataan melalui surat elektronik pada Rabu.

Menteri Pertahanan Mattis dan Menteri Qatar untuk urusan pertahanan, Khalid al-Attiyah juga membahas kondisi terkini dalam operasi melawan ISIS dan pentingnya penurunan ketegangan sehingga semua mitra di wilayah teluk dapat fokus pada langkah selanjutnya dalam mencapai tujuan bersama, tambah Pentagon.

Pada November, Amerika Serikat menyetujui kemungkinan peningkatan penjualan hingga 72 pesawat F-15QA kepada Qatar senilai 21,1 miliar dolar AS. Boeing Co. adalah kontraktor utama pada penjualan jet tempur kepada negara timur tengah.

Boeing menolak memberikan pernyataan.

Trump pada Jumat sebelumnya, menuduh Qatar sebagai pendukung terorisme “tingkat tinggi”, yang berpotensi menghambat AS mengurangi ketegangan dan pengucilan negara teluk itu oleh negara-negara Arab dan lainnya.

Antara/Reuters

  8 Responses to “Qatar Borong 36 Jet Tempur F-15 AS”

  1. lebaran tinggal berapa hari lagi, THR belum nampak juga batang hidungnya
    :cd :cd:

  2. Trump pada Jumat sebelumnya, menuduh Qatar sebagai pendukung terorisme “tingkat tinggi”, yang berpotensi menghambat AS mengurangi ketegangan

    Tp klo pesawatnya di borong gapapa……

    WTF…!

  3. Kibasan duit mana sanggup ditolak :ngakaks

  4. Pedagang tulen yg ptg dagangan laku tapi masih pake persyaratan yg aneh2gak penggunaan mainan dr AS?

 Leave a Reply