Mei 012015
 

image

Paris – Perusahaan penerbangan Prancis, Dassault Aviation, siap menjual 36 jet tempur Rafale bernilai triliunan rupiah ke Qatar.

Hal tersebut dikatakan sumber yang mengikuti dari dekat negosiasi jual-beli alat perang tersebut pada Kamis, 30 April 2015. “Pesanan ketiga dari negara asing tahun ini,” ucap sumber tersebut.

Perusahaan ini memerlukan perjuangan bertahun-tahun untuk menjual jet Rafale ke luar negeri. Dassault baru-baru ini membukukan keuntungan besar setelah berhasil meneken kontrak dengan Mesir dan India, dan sekarang Qatar.

“Perjanjian jual-beli yang akan diteken dalam waktu beberapa hari ini di antaranya berisi tentang pemesanan 24 jet serta 12 pesawat terbang,” kata sumber yang tak bersedia disebutkan namanya.

Dassault tak bersedia memberikan keterangan ketika dihubungi AFP. “Tidak ada yang perlu disampaikan tentang isu ini,” kata Presiden Prancis Francois Hollande.

Sebelumnya, pada tahun ini juga, Mesir membeli 24 Rafale senilai 5,2 miliar euro atau sekitar Rp 75 triliun setelah melalui negosiasi yang hanya memakan waktu tiga bulan. Menyusul Mesir, India memesan 126 jet tempur Rafale. (Tempo.co).

  47 Responses to “Qatar Butuh 36 Jet Tempur Rafale”

  1.  

    pertamax

  2.  

    pertalite

  3.  

    Begitulah kalo tdk mandiri bikin sendiri..beli..beli..teruuss..
    Masih lebih baik Indonesia yg merangkak mencoba bikin sendiri..

    Bravo TOT..

  4.  

    “Perjanjian jual-beli yang akan diteken dalam waktu beberapa hariini di antaranya berisi tentang pemesanan 24 jet serta 12 pesawatterbang,” kata sumber yang tak bersedia disebutkan namanya.

    jangan jangan …..hiddihhhhh

  5.  

    Berlomba-lomba seolah-olah pesawatnya laku keras….tetapi perlu diingat, negara-negara seperti Israel, Singapura, Korea Selatan, dll yg menginkan KW 1, pesawat-pesawat tersebut tidak dilirik sama sekali…hemmmmm. Tapi kita jangan miris kenapa mereka tdk beli pesawat rusia, krn mereka anti produk rusia

  6.  

    Kapan Indonesia mau teken nih? Topan apa jin rafa.

  7.  

    Indonesia udah deal beli refale, bung

    tinggal dikirim ajah…

  8.  

    sudah di bayar lunas bung.

  9.  

    Kalau nantinya kita beli produk Russia pasti minimalis, karena TNI lebih ngerti masalah integrasi. Rencana penambahan 6-7 skadron, alutsista Russia hanya mungkin untuk memasok 1 skadron sisanya dari luar.
    Kita tunggu saja, dibeli untuk kepentingan politis aja….. 😀

  10.  

    Kapan kita beli,,,,!? Lama banget

  11.  

    https://www.google.co.id/maps/place/Bandar+Udara+Internasional+Sultan+Hasanuddin/@-5.0648586,119.5387733,96m/data=!3m1!1e3!4m2!3m1!1s0x2dbefbcebbcac701:0xf030bfcad763610?hl=id terlihat tiga pesawat tempur misterius! yg pasti bukan sukhoi karena jika sedikit digeser ke kanan akan ditemui pesawat sukhio

  12.  

    @bung jalo.. bisa jadi bung, spertinya klo TNI AU fisinya k depan Adalah Network Centric bisa jd hal itu terjadi. Tapi kan kita msh punya alternatif menggunakan AEWCS yg lg dikembangkan Drdo india yg bs mengintegrasikan prod eropa/usa dgn Russia. Lagin SU 35 kn sdh dilengkapi Link 16 Nato standar & kemungkinan sdh open source. Gm pendapat bung jalo?

    •  

      Masalahnya SU-35 itu masih digunakan Russia saja, baru terbukti secara kertas bahwa bisa terintegrasi dengan link 16. Kalau pun kita beli sudah pasti versi downgrade, kenyataan Vietnam untuk SU-30 aja harus upgrade lagi dengan merogoh kocek tidak sedikit. Jadi masih tanda tanya.

    •  

      Iya su35 itu kan ada campuran teknologinya hasil gabungan israel dan perancis dari projek nya su30mki india. Kecuali enjin, radar dan tvc. Maka wajar aja teknologinya ada link dgn barat/nato.

  13.  

    @bung jalo.. Apa iya bung msh ada “mongkey model’ utk prod rusia bung? Bknnya mrk sdh full buissnes yaa?Klo kita beralih ke EF 2000 apakah kt bisa mendapatkan yg Trance 3 full Aesa?

  14.  

    IMHO Aesa radar utk eurofighter itu baru akan d uji coba di tahun ini(kuartal ke 2 2015) menurut rencna Bae system dan akan masuk lini produksi skitar tahun 2018. Itu jg pasti bwt mengupgrade armada Thypoon inggris,jerman dan spanyol. Artinya kt klo ambil jg mesti setelah mrk bukan?

  15.  

    Pesawat keren.. Lebih keren lagi karena hanya butuh 3 bulan. 😀

  16.  

    Pantesan si Holande sombong berani mengancam Indonesia tentang eksekusi gembong narkobanya.
    Dia kira skrg ini kita bs ditekan. Presiden Jokowi dilawan. Hehehe! Jgn dilawan, lbh baik berkawan.
    Qatar pembeli ke3 thn ini, thn sebelumnya cuma 1, yaitu Indonesi.
    Si Holande mestinya hrs tahu diri, jgn coba sok macam2. Klu Indonesia ga mau beli, mana ada yg mau beli jet tempurnya skrg ini. Hahaha!

  17.  

    kemarin ada foto Rafale lgi terbang, entah hoax atau tidak 😀

    Indonesia juga butuh Rafale dan Typhoon, semoga saja pt. DI bisa membuat emergency exit IFX dengan mengintergrasikan teknologi Rafale dan Typhoon jdi 1

  18.  

    Untk Skadron BARU kita harus beli Produsen yg bisa Support IFX biar bisa MANDIRI..untk pemngganti F 5 Eagle harus yg bisa Detergen yg bisa imbangi F 35..kemungkinan besar SU 35 BM/S..

  19.  

    indonesia masih bingung krn tdk ada penawaran spesial buat. tot

  20.  

    Berbicara mengenai Transfer Of Technology/TOT militer. Saya melihat dari eropa sudah mulai merealisasikan khususnya matra laut ditambah matra darat. Sedangkan dari Russia masih dirasakan sepi. Apa mungkin memang benar kerjasama militer dengan Russia itu dirahasiakan , mengingat ikatan kerjasamanya sudah ada cukup lama sebelum ramainya berita TOT akhir2 ini. Contohnya:

    PERPRES NOMOR 46 TAHUN 2012 tentang
    Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Federasi Rusia tentang Kerja Sama Teknik Militer (Agreement between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Russian Federation on Military Technical Cooperation)

    Yang saya belum tau realisasi dari agreement tsb seperti apa saja, agaknya beritanya sangat irit terdengar.

  21.  

    Yaa ahlul ghoib, dimanakah gerangan dikau?

  22.  

    Qatar sekali beli 24 buah dengan harga 7 milkyar dolar. di sini mau beli 1 skadron saja sudah 2 thn kaga jadi jadi kasian amat

  23.  

    Indonesia kelamaan mikir, kebanyakan akan, kagak ada action , ………… drama terus yang diputar bolak balik sampe usang !!!

  24.  

    ..