Qatar Kemungkinan Tambah Pembelian F-15QA Hingga 48 Unit

Jakartagreater.com – Ada rumor di Internet tentang tambahan pembelian pesawat tempur multirole Boeing F-15QA Advanced Eagle oleh Qatar dari 36 menjadi 48 unit. Informasi ini belum dikonfirmasi oleh pengumuman terbaru dari Departemen Pertahanan AS, lansir Defense24.

Baca Juga:

F-16 Amerika Serikat Jatuh, Pilot Dilaporkan Tewas

Mengenal Kokpit F-15C, Jet Tempur yang Tidak Terkalahkan

Korea Selatan Kembangkan Rudal Udara-ke-Permukaan Supersonik untuk KF-X

Namun pernah ditulis oleh “Janes” dari akhir Mei 2020, Departemen Pertahanan AS mengeluarkan setidaknya tiga komunikasi resmi, yang menyebutkan pembelian 48 pesawat tempur F-15QA oleh Qatar. Pengumuman pertama tentang peningkatan jumlah pesawat diinformasikan pada tanggal 23 Mei tahun 2020.

Pada penandatanganan kontrak dengan pabrikan pesawat tempur, Qatar berniat untuk memperluas pangkalan udara Al Udeid di Qatar, di mana F-15QA akan ditempatkan. Awalnya, diyakini bahwa perbedaan dalam jumlah bisa disebabkan oleh kesalahan, tetapi staf editorial “Janes” mencapai dua pesan berikutnya yang mengkonfirmasi jumlah pesanan baru – 48 pesawat.

Baca Juga:

Jet Tempur Generasi Baru China Dijadwalkan Terbang Perdana 2021

Dua Kapal Perang Baru Perkuat Lantamal VI

Marinir Latihan Operasi Pendaratan Amfibi

Sebagai pengingat, kontrak untuk pembelian 36 jet F-15QA untuk Qatar ditandatangani pada Juni 2017. Namun, persetujuan Departemen Luar Negeri untuk FMS dikeluarkan pada November 2016. Diasumsikan bahwa hingga 72 mesin akan diserahkan, dengan jumlah pembelian mencapai US$ 21,2 miliar. Ini berarti bahwa peningkatan pesanan akan konsisten dengan izin Kongres AS yang masih berlaku untuk menjual pesawat tempur ke Qatar.

Dibangun untuk Qatar, F-15QA (Qatar Advanded), sejauh ini, adalah versi paling sempurna dari pesawat tempur Strike Eagle F-15E yang terkenal. Dibangun menggunakan dasar jet tempur F-15SA (Saudi Advanced) yang juga terbaik. Pesawat tempur Qatar mendapatkan tambahan dua titik hardpoint dibawah sayap untuk persenjataan (hingga 11 titik), kokpit juga dilengkapi dua layar besar multi-fungsi (10×19 inci), radar AESA – AN / APG-82 (V) 1, serta sistem helm-mount JHMCS untuk pilot dan operator senjata.

Qatar telah melakukan pembelian senjata besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir, selain pembelian 36 jet tempur Rafale, Qatar juga mengakuisisi 24 jet tempur Eurofighter Typhoon.

TERPOPULER

6 pemikiran pada “Qatar Kemungkinan Tambah Pembelian F-15QA Hingga 48 Unit”

  1. engak perlu mengklaim stlong bigit kalou produk memang ungulan.
    padahal spek nya didowngrade tapi kalou yahut punya barang pasti jadi inceran.
    eeeeeiiiiittttt,tapi tunggu dulu tidak semua bisa pesan nih pespur,karna kesian kalou ditawarkan pada negara yang finansial nya kurang mapan.
    karna bukan kaleng kaleng jadi harga nya juga cukup wow apa lagi kurang marem kalou tidak sekalian armament yang kelas satu juga.

  2. belajar yang rajin dek semumpung lagi muda,jangan kebayakan minUm ciu apa obat obatan gitu,jadi dah tua nya engak nyesel amat,sengak engak nya ngak keliatan bener beg0 nya kayak siruskimin apa tungkir gitu.
    xixixixIxixi
    prustasi nih anak buah ruskimin apa tungkir,master rusiah nya engak moncer.
    xixixixixixixi

Tinggalkan komentar