Home » Alutsista » Radar Canggih Lengkapi Destroyer Baru Amerika

Radar Canggih Lengkapi Destroyer Baru Amerika

JakartaGreater – Perangkat SPY-6 yang sekarang terintegrasi pada destroyer baru yang sedang dibangun Amerika Serikat, USS Jack Lucas (DDG 51 Arleigh Burke-Class Destroyer Flight III upgrade), adalah sistem radar jarak jauh next generation yang sangat sensitif, yang dirancang untuk secara signifikan meningkatkan pelacakan ancaman, identifikasi, dan serangan balik, dirilis Sputniknews.com pada Minggu 13-12-2020.

Angkatan Laut AS akan melengkapi Kapal Destroyer baru DDG 51 Flight III Upgrade, dengan senjata generasi berikutnya, termasuk senjata laser dan elektronik, senjata serang presisi jarak jauh, dan juga serangan Rudal di cakrawala.

Kemajuan teknologi utama di sini berkat radar AN / SPY-6 Raytheon (sebelumnya dikenal sebagai Radar Pertahanan Udara dan Pertahanan Rudal), yang mampu mendeteksi objek ancaman yang mendekat 2 kali lebih jauh dari kebanyakan radar yang ada.

“Ancaman bermanuver secara berbeda, dan semakin cepat Anda dapat memverifikasi apa objek itu dan melihatnya dengan cepat, Anda dapat mengetahui senjata apa yang akan digunakan untuk melawannya”, ujar Scott Spence, Direktur Sistem Radar Angkatan Laut untuk Sistem Pertahanan Terpadu di Raytheon, kepada Warrior Maven.

Berbagai macam ancaman yang mampu diidentifikasi oleh radar SPY-6 termasuk Drone musuh, helikopter, pesawat terbang rendah, dan Rudal balistik yang masuk “pada satu sistem terintegrasi”.

Menurut pejabat Raytheon, efisiensi radar SPY-6 diaktifkan melalui Gallium Nitride, semikonduktor senyawa kimia yang dapat meningkatkan sinyal berdaya tinggi pada frekuensi gelombang mikro.

Kapal perusak DDG 51 Flight III adalah kapal perang kelas baru, yang dirancang untuk meningkatkan operasi Angkatan Laut di laut lepas.

Pada bulan Juni 2020, Raytheon menyelesaikan pengujian jarak dekat pada array radar SPY-6 pertama, Naval News melaporkan, yang memungkinkannya dipasang pada USS Jack Lucas.

“Ketika radar SPY-6 telah diluncurkan dari fasilitas pengembangan radar kami, maka radar itu siap untuk mempertahankan armada permukaan”, kata Spence saat itu.

USS Jack H. Lucas (DDG-125) akan menjadi kapal perusak kelas Arleigh Burke, varian pertama dari Flight III.

Destroyer dengan bobot 9200 ton ini dibangun pada 8 November 2019 oleh Huntington Ingalls Industries, dan diharapkan beroperasi pada tahun 2023.

Tinggalkan Balasan