Jul 282018
 

Radar canggih berbasis Gallium Nitride (GaN) AN/TPS-80 © Northrop Grumman

JakartaGreater.com – Northrop Grumman telah mengirimkan AN/TPS-80 Ground/Air Task-Oriented Radar (G/ATOR) pertama yang menggabungkan antena yang memiliki daya dan efisiensi tinggi dari teknologi gallium nitride (GaN), serta lebih meningkatkan kemampuan operasional sistem, seprti dilansir dari rilis pers Nothrop Grumman.

Sistem ini dikirim lebih cepat dari jadwal dan merupakan sistem G/ATOR ketujuh yang dikirimkan dalam tahap awal produksi tingkat rendah (LRIP) dari program tersebut.

Teknologi GaN memberikan penghematan biaya dan berbagai manfaat kinerja termasuk meningkatkan sensitivitas sistem dan meningkatkan keandalan. Semua G/ATOR baik fase LRIP dan produksi tingkat penuh selanjutnya akan menggabungkan teknologi GaN tingkat lanjut ini.

Pengiriman sistem GaN G/ATOR pertama ini mengikuti pengiriman enam sistem LRIP kepada Marinir yang dimulai pada awal 2017. Dengan menggunakan 2 dari enam sistem tersebut, Korps Marinir mencapai Initial Operational Capability (IOC) G/ATOR dari misi pengawasan udara pada bulan Februari tahun ini.

Empat sistem yang tersisa akan membentuk IOC untuk misi kontra baterai akhir tahun ini. Tujuannya, sistem G/ATOR, Marinir yang terlatih, dan juga dukungan logistik terkait kini dalam layanan operasional dengan Marinir.

“Korps Marinir adalah yang pertama menerima kiriman radar AESA multi misi yang diproduksi menggabungkan teknologi GaN tingkat lanjut ini”, menurut Roshan Roeder, wakil presiden divisi avionik C4ISR dan darat di Northrop Grumman. “Penggabungan teknologi canggih ini dalam produksi radar adalah unik untuk Korps Marinir dan memungkinkan G/ATOR untuk menyediakan kemampuan misi tambahan ke warfighter dengan biaya terjangkau”.

Baik Korps Marinir dan Northrop Grumman terus membuat persiapan rinci untuk berhasil melaksanakan program produksi tingkat penuh, yang dijadwalkan akan dimulai pada awal 2019.

Selain itu, mengingat desain arsitektur terbuka dari AN/TPS-80, Northrop Grumman pun dianugerahi kontrak melalui Kantor Sekretaris Pertahanan tahun 2016 untuk mendukung penambahan misi kendali tembakan.

AN/TPS-80 G/ATOR adalah radar AESA multi-misi canggih yang menyediakan kesadaran situasional 360 derajat secara “real time” terhadap berbagai ancaman termasuk pesawat bersayap tetap, helikopter, rudal jelajah, sistem otonom tanpa awak (UAS), roket, artileri dan mortir.

Ini dapat dengan cepat disebarkan ke seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan Korps Marinir AS dan termasuk teknologi pembentukan sinar maya dan digital terbaru yang memungkinkan radar untuk melakukan tugas multi-misi hanya dengan biaya operasi dan pemeliharaan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan sistem radar USMC yang ada saat ini.