Jan 132016
 
Radar Voronezh Rusia

Radar Voronezh Rusia

Awal bulan ini 12/1/2016, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan segera memasang tiga radar peringatan dini Voronezh, untuk menambahn empat stasiun radar Voronezh yang sudah beroperasi. Sistem radar baru ini akan memimpin modernisasi skala penuh dari jaringan radar peringatan dini Rusia, hingga tahun 2020.

Stasiun radar Voronezh adalah generasi ketiga dari radar peringatan dini Rusia, yang menyediakan pemantauan jarak jauh dari dalam dan luar wilayah udara Rusia, terhadap serangan rudal balistik.

Dikembangkan oleh Radio Engineering & Information Systems Concern and the Distant Radio Communication Scientific Research Institute, yang berada di Moskow, sistem baru ini membutuhkan waktu satu tahun untuk membangun dan mengoperasikannya, dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yang memerlukan waktu 5-10 tahun.

Menurut pengamat militer Vladimir Tuchkov, waktu konstruksi berkurang karena penggunaan serangkaian modul buatan pabrik, ditempatkan pada pad beton seukuran lapangan sepak bola. Bangunan barak dan tempat tinggal juga dibangun dari modul.

Sistem radar Voronezh memiliki tingkat konsumsi daya yang signifikan lebih rendah dibandingkan dengan yang pendahulunya era-Soviet.

radar rusia

Radar Voronezh Rusia

“Dibandingkan dengan radar Daryal, yang mengkonsumsi 50 MW, dua dari tiga radar Voronezh mengkonsumsi 0,7 MW, dan radar ketiga, cukup tinggi memakan 10 MW. Hal ini bermanfaat tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga dalam hal sistem pendingin air suling yang kurang praktis”.

Dengan radar baru ini, pembangunan satu stasiun radar akan lebih murah, menjadi USD 19,6 juta, dibandingkan radar lama yang membutuhkan dana USD 130 hingga 261 juta.

Tuchkov menjelaskan pengurangan : ukuran, konsumsi daya, pemeliharaan teknis dan operasional yang tinggi dimungkinkan berkat miniaturisasi peralatan, serta penggunaan komputer yang kuat, yang bersama-sama mengoptimalkan kerja stasiun yang memungkinkan resolusi yang lebih tinggi pada daya konsumsi yang rendah.”

Sistem radar Voronezh class meliputi tiga varian, termasuk Voronezh M, Voronezh-DM (menggunakan VHF dan UHF), dan Voronezh-VP ‘high potential’, EHF (extremely high frequency). Sistem ini memiliki rentang pengawasan 4,500 – 6,000 km, dan mampu mendeteksi objek di ketinggian hingga 4000 km.

Komplek radar Voronezhthe di Kaliningrad

Komplek radar Voronezhthe di Kaliningrad (© SPUTNIK/ IGOR ZAREMBO)

Stasiun yang beroperasi saat ini, radar Voronezh-M di Lekhtusi, wilayah Leningrad, yang memantau wilayah udara dari Maroko hingga ke Spitzbergen (Upgrade sedang dilakukan untuk memungkinkan ‘melihat’ hingga ke pantai timur AS); Radar Voronezh-DM di Armavir, Krasnodar Region, memantau wilayah udara dari Eropa selatan ke pantai Afrika utara; Radar Voronezh-DM di Pionerskiy, Kaliningrad Region, memantau wilayah udara Eropa, termasuk Inggris; dan Radar Voronezh-VP, di Mishlevka, Irkutsk Region, memantau wilayah udara dari pantai barat AS hingga India.

Control room Voronezh radar station. (© SPUTNIK/ IGOR ZAREMBO)

Control room Voronezh radar station. (© SPUTNIK/ IGOR ZAREMBO)

Tiga stasiun baru, termasuk dua radar Voronezh-DM dan Voronezh-M, akan berbasis di Yeniseysk, Krasnoyarsk Region dan Orsk, Orenburg Region.

Dua sistem lain mulai dikonstruksi di Republik Komi dan di daerah Amurh, dan lainnya direncanakan di Murmansk Region untuk tahun depan.

Setelah selesai, jaringan peringatan dini baru akan menggantikan sisa-sisa jaringan Soviet, yang mengalami penurunan yang serius dalam kemampuan, setelah runtuhnya Uni Soviet.

Sputniknews.com

Bagikan:

  35 Responses to “Radar Voronezh, Sistem Peringatan Dini yang Dasyat”

  1.  

    mantaaaap

  2.  

    Meemantau hingga maroko, canggih juga ni barang..

  3.  

    Radiasinya gede gk yah ?

  4.  

    Klo kita punya ini seluruh wilayah mana aja yg bisa masuk target radar

  5.  

    Kita mau bikin tahun ini dah dibayar lunas (kata Mbelong sih; Togog kagak percaya)

  6.  

    Harusnya kita punya RADAR ini (voronezh) buat imbangi radar JINDALEE Australia..btw blh di EKSPOR ga ni RADAR..kalau ada RADAR INI ada RUDAL S 400 dan SU 35 BM trisula maut yg negara lain mau Intervensi pasti mikir2..

  7.  

    Artikel radar oth….
    Artinya?apa yg rusia punya…indonesia jg boleh punya…
    Hehehe

    •  

      Masih bagus beli diketeng daripada duitnya cuma buat beli’in kotang pustun-pustun

      xixixixixixixixixixi

    •  

      Bung Boim tercinta..
      Pertama adalah konsep dulu…redbear can have…nusantara indeed…
      Untuk duit ato budget…monggo di baca lagi artikel artikel mengenai skema pembayaran dn kerjasama dr edisi artikel jkgr dr taon 2013….banyak jalan menuju roma…
      yg paling mudah…nanti liat rombongan jokowi waktu ke rusia mei…sapa aja yg ikut…monggo di trawang yo mas…
      Hehehehehe

  8.  

    tenang radar kita 2014 udah cover 94% wilayah NKRI….

  9.  

    Indonesia hrs punya ckup 4 sdh cukup efektif

  10.  

    Kok 94% mas..?? Kita saja masih kurang 32 buah radar. Itu juga standar MEF

  11.  

    tni pny unit bisnis yg dikelola sendiri lsg maupun perwakilan dalam dan luar negeri.radar bagus msg2 kowilgab satu dah sip..:) belum kg inovasi ilmuwan2 indinesia.makin bangga ma TNI,bersatu bangun indonesia sodara2..media kita bnyk racunnya.

  12.  

    Kita punya satu dan taruh di pangkalan udara pontianak aja, kita bisa melihat dengan jelas semua aktifitas di seluruh kawasan negara asia tenggara,,tinggi nya hingga 4000 km bung..kalo beneran brarti edan banget nih radar….di bangun cuman dalam waktu 1 tahun…

  13.  

    bikin ngiler ya yang beginian
    btw, 3 stasiun radar kok yang disebutin cuma yeniseysk sama orsk bung, voronezh DM barnaul di altai gk dimasukin bung?

  14.  

    yang dimaksud radar oth itu apa seh mas?
    masnya ada yang tahu tidak?

  15.  

    radar lokal perlu di tingkatkan

  16.  

    bagus sih.cuman ketinggianya kurang.

  17.  

    jokowi pesen 3 radar & s 300 ya om putin. mau ditempatkan di sabang, sulawesi utara & merauke. jgn lupa T-50 nya 24 biji mau ditempatkan di KALTARA (persiapan serang si malon). sekalian pesanan su35 yg kemarin itu tambah lagi 12 biji jadi 24 biji buat di makassar. itu dlu ya om putin. mau ngambil alih FREEPORT dulu om klo berhasil mau pesan KILO CLASS 30 biji buat jaga indonesa. mohon doa nya om putin agar kami bisa mengambil kembali FREEPORT kami yg telah lama pergi.

 Leave a Reply