Oct 212016
 

rafale-1

Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Hussein menyatakan keinginan Angkatan Udara Malaysia (RMAF) untuk mengakuisisi pesawat tempur Multi Role Combat Aircrafts (MRCA) akan tergantung pada keadaan perekonomian negara.

Pembelian pesawat tempur multiperan ini untuk menggantikan pesawat tempur MiG-29 yang sudah memperkuat Angkatan Udara Malaysia sejak tahun 1990-an.

unnamed
Menurut Hishammudidin, pada tahun 2020 nanti Malaysia sudah harus membuat keputusan tentang pembelian pesawat MRCA. Sudah menjadi rahasia umum jika ada dua kandidat utama pesawat tempur yang diincar Malaysia, yakni Rafale dari Perancis dan Typhoon dari Inggris. Angkatan Udara yang nanti memutuskan pesawat tempur multiperan yang diinginkannya, sedangkan masalah ketersediaan anggaran akan menjadi keputusan Departemen Keuangan, dan Hishammuddin juga menekankan pentingnya transfer teknologi yang harus didapatkan Malaysia setelah mengeluarkan biaya pembelian pesawat yang besar.

Hishammuddin menyatakan, meski MiG-29 sudah berusia tua, penting bagi RMAF untuk tetap meningkatkan dan mempertahankannya agar tetap mampu beroperasi sampai tahun 2020, karena Angkatan Udara tidak akan dapat memiliki Typhoon atau Rafale dalam waktu dekat. Masih membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum salah satu pesawat tempur tercanggih itu memperkuat sayap udara Malaysia.

  69 Responses to “Rafale Atau Typhoon, Masih Lama Memperkuat Malaysia”

  1. Kok bisa

  2. Tak de wong ternyata

    • nunggu antrian dan pencairan dana..

    • kalau miskin, kenapa orang kita cari kerja kesana bung ?
      TKI, TKW………mikiiiirrr

      • Langsung mingkem

        Wakakaka….

      • Saya jawab ea…karena urusan alutsista itu urusan negara yang membayar’a..sementara TKI indonesia itu perorangan siapa yang punya duit ea punya pembantu . Apa bedanya dengan Indonesia , banyak yang berkomentar Indonesia itu miskin , kenyataan’a ada ratusan ribu bahkan mungkin jutaan warga negara Indonesia yang sekolah di luar negeri , yang biaya perbulan’a lebih besar besar dari upah TKI di malaysia..

        Mingkem dooong …pinteran dikit apa sebelum menghujat

        • Noer aini az-zahra bnt nasrihin @ indonesia emang kaya bung, kaya dari hasil jual kekayaan alam yg tidak akan bisa kembali lagi (emas, minyak, batu bara dll ) dan tidak lupa juga melalui BISNIS TKI (pahlawan devisa negara)…

      • @Indonesia_Raya : Mencari pekerjaan / mencari penghidupan yang lebih layak adalah hak semua manusia yang sudah syarat umur.
        Banyak ragam untuk melakukannya, di antaranya menjadi Tenaga Kerja di negara asing.
        Mereka adalah pahlawan devisa negara.

  3. lama banget…
    keburu IFX mengudara…

    kasian mal*n…

    xixixi…

  4. sebenarnya saya udah lama ngikutin ni warung cuman sekarang baru nongol salam kenal untuk seluruh warjager semoga saya bisa menambah wawasan tentang militer dari para sesepuh 🙂 mohon bimbingan nya

  5. jangan suka menghina gt, ga baek teman2..
    gimana pun mereka kan tetangga kt juga
    tetangga yg baek, yg suka geser2 patok perbatasan, tetangga yg suka klaim budaya org, suka ngeklaim karya negara lain menjadi buatan tempatan, suka usil, merasa paling jaguh sekolong langit, merasa paling haibat sekawasan asia tenggara, merasa paling kaya pdhal kismin en mau bangkrut.
    itulah melon tetangga kt yg baek budi.
    skrg mereka berencana borong jet pejuang canggih,
    ngimpiiiiiii

  6. Wah anda benar bung

  7. Mari kita kumpul wang koin buat bantu melon bro

  8. yaa itulah beruk malay ngr sok sokan jaguh seasean, indonesia th. 2022 dah dpt mulai buat pespur sendiri malon msh berkutat pembelian pespur itupun kl punya wang hakhakhakhak

  9. tanam trus jual pisang dulu baru ntar kl udh ada duit baru beli si rafael atau typhon he..he..he…..

  10. Ya udah kalo begitu,kalo tak ada wang buat beli pesawat tempur malingsial boleh minta hibah cuma2 senjata rongsokan dari brunei lagi

  11. Klo tak mampu beli pesawat sungguhan krn tak de wang, beli mock up nya je..lmyan di taruh di pangkalan buat diliat liat smbil berkhayal klo mock up nya bisa terbang.

  12. pejabat n rakyat beruk melon sama aja takde otak.

  13. ngr malay pejabat & rakyatnya yg tak punya otak makanya sering ngomong ngelantur.

  14. buat malay: daripada pusing, minta sama mama eli nuklir buat self destruction, tempatin di KL. Jangan lupa set timer nuklir bom sampai batas akhir pengadaan pesawat rafale./Tipon

  15. mungkinkah warga malays saat ini baca coment’ kita bung.. klu aku kira rasanya tidak bung, soalnya klu ada artikel tentang malays past warga kita bgitu mantap coment’nya, jd ga tau alesanya apa ko tumben ga ikut nimbrung ngariung..

  16. Jiplak..saja semuanya biar cepet maju..
    Jiplakan yg berkualitas..grade KW1 itu baru moncer..

    Orang bodo kalah sama orang pinter..orang pinter hasilnya dimanfaatkan oleh para penjiplaxx..

    Jadi bodoan mana yg jiplak sama yang pinter..?? Kan beda tipis saja..jadi jiplak sajalah..daripada keburu botak hasilnya lama..

    Ayo budayakan menjiplak teknologi canggih..(cangkeme enggah enggih)

  17. jual pisang dulu setandan…. hihihi

  18. Awas…lon!!!!!…engine dirante dulu.

  19. masalahnya lagi’ duwit.. memegang pemerintahan tidaklah semudah memegang paha bini orang.. duwit negara tentunya bkn cuma buat beli alutsista tok.. memang bikin botak mikir negara..

  20. malay dibully kesian kesian

  21. Aku senang membaca komen2 kalian… Yessss… Hahaha..

  22. Malaysia baru saja membentangkan budget 2017 sebanyak 260 billion dan untuk pertahanan sebanyak 15 billion turun sebanyak 2 billion sebelum ni. Apa2 pun kesejahteraan rakyat lebih diutamakan seperti kesihatan, pendidikan dan sosial. Beza kalau kami rakyat malaysia cuma bawa RM 1.00 sahaja untuk khidmat kesihatan dan ubat ubatan.

  23. Rudal buluh runcing?????kah kah kah kah

  24. Cian deh, melon, kere..kere..kere..

  25. jgn salah….itu merupakan langkah cerdas meley untuk menghabiskan umur airframe semua skuadron tempurnya lalu mengganti semuanya dengan skuadron UFO generasi ke 9 untuk ttp menjadi yg terjaguh di kawasan…

  26. Yup.. Su 30 MKM meley emang paling jaguh.. Super maneuver, sampai2 eject pon bisa kat hanggar. Enjin takda pon masih bisa terbang. Terbaik dunia akherat lah.

  27. Hahahaha
    su30 mkm memang hebat dan canggih, tp sayang pilot malay hanyalah segerombolan beruk.
    Beruk malay ini benar2 merusak reputasi kehebatan sukhoi family

  28. Teksi@ mkm malay punya enjin kah? Buahahahaha… itu Hishamuddin sendiri yg bicara kalau malon lagi kere kah kah kah.. nunggu thn 2020 ifx kita dah sliweran di atas petronas. Hey teksi terus lah bermimpi di kebun pisang.. buahahaha

  29. Sedikit masukan untuk bung @jojo : 6×6 ataupun 8×8 untuk PT PINDAD sendiri lebih diperuntukan mobile yang semi extime (kota – pegunungan)
    Dalam hal ini PT PINDAD memproduksi Anoa berdasarkan efektifitas.
    Bukan berarti PT PINDAD tidak dapat memproduksi 8×8 atau yang lainnya.
    Btw saya setuju dengan pendapat bung jojo, semoga saja hasil ToT untuk matra darat, laut dan udara sukses.

  30. Pakcik malaysia bukan buat dari hasil ToT tetapi hanya merubah nama buatan negara lain. Ingat anoa pun kena rubah jadi “rimau” hehe adnan aifv malaysia beli lisensi itu pun belum boleh buat sendiri,
    Gowind ganti nama jadi kedah class nak pakcik klaim ? Lawak ye pakcik.
    Justeru yang mau bagi ToT ke malaysia itu Pelindo batam pakcik galangan kapal indonesia juga yang beri ToT.
    Pakcik Jgn putar balik fakta ok

  31. jari jempol semua ngakunya salah ketik

    kwak kwaakk kwaaakkk

  32. menurut saya . pembelian pesawat gripen adalah keputusan jaka panjang sambil menunggu kfx/ifx . banyak keuntungan yg didapat . contohnya pasti jumlah pembeliannya dapat banyak . harga perawatan dan jam terbang murah . dan TOT pasti didapatkan . untuk saat ini pun kita tidak darurat perang . tapi darurat penjaga langit nusantara hehehehehe .

  33. kasihan si teksi, beruk dungu MAL0N yang kelaparan gara gara pisang habis

    kwak kwaakk kwaaakkk

  34. Curi logat, bahasa..??? Emang melayu drmn…??? Ngaca dlu sebelum nungging :v

  35. Ish… ishh… ishhhh…
    tak da wang ternyata…
    Curi logat aja bisa keki kan..
    lah elo ngaku2in budaya…
    ishh ishh ishhh… mnding KS scorpene yg ada di buat boleh terbang… begaye nak beli typhoon atau rafale… ntr eject lagi… kah kah kah
    diem2 aja udeh d dlm kulkas samping telor.

  36. malaysia tahun 2020 sudah memiliki pesawat tempur generasi ke 5..lihat aja di tahun 2020 pasti sudah berseliweran…

  37. Tahniah..

  38. Lha orang miskin kok pada DIKETAWAIN Kalian sungguh terlalu….
    baiknya tuh DIDO’AKAN biar cepat mampuzzzzzz

  39. pilihan tepat buat mal*n antara ef typhoon/rafale. untuk pertempuran udara dgn kemampuan bvr mengandalkan rudal meteor, dan serangan udara ke darat untuk menghancurkan pangkalan militer/bungker mengandalkan rudal storm shadow/scalep eg..

    klo di gunakan untuk bermain politik untuk menghadang/menakuti lawan rafale pilihan tepat karena bisa membawa rudal asmp-a.

    banyak nabung ya lon biar ke beli jng di rasuah.

  40. Ayo lon simpan duit dari sekarang, ntar kalau sang abang selesai proyek IFX jangan lupa beli yang banyak yah,
    Daripada 1mdb hilang diembat UMNO mending beli IFX la. Betul betul betul

  41. Bung Tukang Ngitung.Phd mana yaa?
    nih ada babaran baru dari si eneng hhehe,upsss 🙂

 Leave a Reply