Apr 102016
 

Perjanjian pembelian 36 pesawat tempur Rafale antara Perancis dan India kembali mengalami kebuntuan. Perbedaan yang serius terkait masalah harga dan opsi TOT bisa menjadian pembelian ke-36 Rafale ini gagal total, India menginginkan 36 pesawat Rafale dengan harga sekitar US$ 8 milyar sementara Perancis tidak akan melepas Rafale dibawah US$ 12 milyar.

Perancis saat ini sudah mendapatkan pesanan pesawat tempur Rafale dari Qatar dan Mesir, bahkan mungkin Malaysia. Dengan jalur produksi yang semakin padat dan ketat, Perancis tidak mungkin bisa berlarut-larut menunggu kesepakatan akhir dengan India.

Rafale adalah pesawat tempur canggih dan sangat multiguna, type terbaru bahkan bisa menggotong persenjataan nuklir. Diklaim sebagai pesawat generasi 4++, Rafale juga memiliki kemampuan ‘stealth half’ yang sangat membantunya menembus pertahanan udara musuh, hal ini di buktikan dalam serangan terhadap rezim Khadafi, Rafale mampu menembus pertahanan udara Libya, melumpuhkan situs-situs pertahanan udara dan menghancurkan tank-tank Libya.

India sebenarnya sangat mengharapkan pesawat tempur Rafale bila dibandingkan pesawat tempur lainnya buatan Rusia atau Eropa, terutama untuk segera menutup kekurangan armada udaranya menjelang dipensiunkannya pesawat tempur MiG-21 dan MiG-27. Apalagi tetangga saingannya, Pakistan yang akan segera mendapat kekuatan tambahan 8 pesawat tempur F-16 canggih dari AS.

Posisi Perancis bersama Rafale kini berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu ketika terjadi kesepakatan awal pembelian 126 pesawat tempur Rafale oleh India, saat itu Rafale belum mendapatkan satupun pembeli dari negara lain. Kini keadaan sudah jauh berubah, Rafale sudah terbukti sebagai pesawat tempur omnirole yang dapat diandalkan dan mulai menjadi pilihan beberapa negara Timur Tengah dan mungkin Asia.

Dan kini bukan waktunya bagi India mempersulit pembelian pesawat tempur Rafale, didesak semakin kritisnya kekuatan udara karena pensiunnya pesawat tempur yang sudah tua dan belum siapnya pesawat tempur ringan buatan dalam negeri Tejas. India harus bertindak cepat memutuskan membeli pesawat tempur Rafale atau kalau tidak, India bisa membatalkan dan membeli pesawat tempur dari negara lain secepatnya.

 Posted by on April 10, 2016

  87 Responses to “Rafale Bukan Pesawat Tempur ‘Murahan’”

  1.  

    Tetep STelulimo…..

  2.  

    Petromax

  3.  

    Beli mig 35 ja.

  4.  

    Pertamax

  5.  

    Pertamak habis bung, tinggal pretalit…………salam.

  6.  

    Pasti harganya aja mantap

  7.  

    Malon beli Rafale..?? Sewa Gripen aja tak da uwang..:)

    •  

      Anggaran pertahan militer Malon di potong tahun ini..mau beli Rafale..mimpi @ fakta..

    •  

      Hutang indonesia kecil jika di bandingkan dgn KDNK yg besar,hutang malaysia besar di bandingkan dgn KDNK yg kecil..contoh..si A gaji usd10 ribu hutang dia ada usd3ribu si B gaji usd4ribu hutang ada dlm usd3 ribu..Pada saya hutang malaysia dah pada tahap membahayakan..bahaya bkn pada menteri dan keluarganya tapi bahaya pada rakyat nya nanti..terutama apabila ekonomi terus merudum dan tak mampu bayar hutang..haa saat itu ramai la rakyat malaysia jadi pekerja asing di negara orang spt skrg ini ramai rakyat malaysia bekerja di ladang 2 buah epal di australia..

    •  

      @soak
      silahkan di baca bung, hutang amerika sebesar 4 bandara kalau di dolar kan. wkwkwk!!

  8.  

    jangan bandingkan dgn SU-35 yg akan dipakai TNI AU

    antara Rafale dengan MIG-35 bagusan mana ?

    secara MI-35 adalah pesawat pencegat serangan udara musuh
    MIG-35 kalau ditempatkan di daerah perbatasan ( untuk mencegat sergapan musuh ), 10 unit SU-35 taruh di tengah2 buat mendukung MIG-35 bagus juga sepertinya, semakin mantap pertahanan udara NKRI,. opini pribadi sih…

  9.  

    10 unit SU35, 11unit SU-30MK2, 4unit SU-27MK tempatkan di Balikpapan dan Madiun
    MIG-35 tempatkan di riau, pontianak, makassar dan sorong
    pertahanan yg cukup ideal…
    ( opini pribadi lagi 😀 )

  10.  

    rafael boleh lah dari pada gripen mah..ini mah menurut saya lho..jangan bilang ini murah itu mahal ya…klo bisa untuk pertahanan di usahakan yang terbaik dan sesuai kebutuhan….salam sejahtera sodaraku semua..selamat week end..

  11.  

    Boleh lah kita beli gripen, tapi HARUS FULL TOT, bagaimana kawan…. sudikah prancis melakukan nya?????

  12.  

    Pesawat gak bermutu,gak menarik gak udah di beli

  13.  

    wah.. malon ternyata Mau beli rafale,su 34 dan su 35 tapi,,paling2 nanti yang kebeli JF-17 Thunder
    😀

    •  

      Wakakka.. emang negara laen gak utang? Gw jd pengen ketawa.. indonesia negara yg terbuka jd warganya tahu dapur pemerintahnya.. jgn kaya negara laen yg nutup2in hutang.. saya terjun di loan pemerintahan saya tau loan negara anda bos.. kalian tu di jajah abis2an.. mo bukti.. cb liat pembangunan negeri kalian liat kontraktornya.. banyak dr luar kan? Coba belah harganya bos.. makannya indonesia gak serta merta mau infrastruktur pake loan, mau bukti.. liat ajah pembangunan indonesia 90% lebih TKDN nya asli Indonesia.. rasanya pingin bongkar ajah panu n kudis negara anda.. cm saya terikat menjaga rahasia ajah..

  14.  

    Satu kata “Kemahalan”…..

  15.  

    yg bagus itu kombinasi Sukhoi dan Mig.
    Su-35 + Su-30 + Mig-35 = mantap

    •  

      iyah…
      10 unit SU35, 11unit SU-30MK2, 4unit SU-27MK tempatkan di Balikpapan dan Madiun
      MIG-35 tempatkan di riau, pontianak, makassar dan sorong

      pertahanan yg cukup ideal…
      ( opini pribadi lagi ???? )

  16.  

    Harga utk 36 unit = US$ 8 milyar (dari 12 US$ yang diinginkan perancis) andai deal pada US$ 8 milyar wowww,,,bisa utk beli 4 Sqa F16 , bisa dpt 5 Sqa SU 35BM full armament…hanya negeri petro dollar yang mampu beli + atau negeri yang masih tega lihat rakyatnya miskin…

    •  

      Perancis nggak mau lepas di bawah USD 12 milyar untuk 36 unit ? Mahal Amat !!!

      USD 12 milyar dibagi 36 alias 12/36 alias 1/3 milyar dolar per unit alias USD 333 juta per unit !!!

      Bukan pesawat murahan tapi terlalu mahal !!!!!

  17.  

    Uedaann.. sapaa yg bilang murahan?? Sinii berantem samaa sayaa!! Ga liat saya kemringet ini tawar-tawaran sama wong india..!!!

  18.  

    Galau,,, coba kalo kirim rani mukherjee, atau rashami deshaee, pasti langsung goll

  19.  

    Ups jgn sok tau.. loan kita msh lbh banyak loan produktif kok.. coba klo ngomong loan/hutang dilliat dl detailnya mana yg swasta mana yg pemerintah, terus bagi lagi mana load produktif mana loan konsumtif, trus bagi lagi loannya cash/turnkey.. klo kita banyak cash itu buat menjalankan roda ekonomi.. kalo loan turnkey keuntungan balik ke negara asal + bunga.. ok .. klo gak tau jgn sok tau..

  20.  

    mudah2n kerajaan malaysia tak ambil ni peswat juang rafale..lbih baik su.35 and su.34+++s.400..walaupun keceptan su.35 lbih cepat rafale yg jark tempuh bolh mncapai.3.700 km su.35 hanya 3.600 km..tpi sukhoi bolh mmbawa rudal and senjate yg lbih mematikan..dn tentu rusia bolh mnjamin semua aset2 merela tanpa ade embargo mcm amerika yg punya sekutu france..!!

    •  

      dek malay@.. keseringan nongkrong di jkgr ampe saban tiap detik mantengin ,lama lama jadi fans shukoi lho..?..secara mayoritas warga disini jami ‘ atul roskiyyah..kah kah kah kah..

    •  

      Percaya lah malaysia tidak akan membeli aset utk dlm tempo sekurang2nya 5 thn lagi..kalau beli pun ia dlm kuantiti kecil..penyebab nya satu jer..Malaysia dah jatuh miskin skrg..

      •  

        @tetuko..awak mana faham berapa budget invest untuk malaysia..pasal kitapun bolh beli su.30 mkm..tak payg upgrade bagus kerajaan bolh beli lg su.35 yg oeswat jyang ni bolh mengudara dlm jarak tempuh yg bolh lama..kita sdh beli startrek dn drone terbaru..bolhpun beli sukhoi untuk keseimbangn kawasan..

  21.  

    daripada mau beli rafale lebih baik si rafele dipinjam dulu baru di duelkan dengan dengan si shukoi baru liat hasilnya lebih mantap mana…?

  22.  

    pusing amat utang itu ga bikin miskin asal disiplin mbayar

    contoh perhitungan hutang dunia http://www.economist.com/content/global_debt_clock

  23.  

    klo indonesia belinya kaya emak 2 komplek..nunggu india deal dulu…klo indihe dapet .murah pasti ikut beli dengan harapan ada tot beberapa bagian saja yang di butuhkan tuk pengembangan IFX…kitu geh meureunan namanya juga analisa budak angon…xixixi..

  24.  

    TNI AU pake MIG-35 aja…. tempatkan di riau, pontianak, makassar dan sorong

    sementara yang ada..
    10 unit SU-35, 12unit SU-30MK2, 4unit SU-27MK tempatkan di Balikpapan dan Madiun
    2 Skuadron F-16 di Natuna dan Ternate
    Super Tucano tetap di Malang
    Heli Tempur taruh di Natuna, Sorong

    …angan angan anak pakl RW 😀 …

  25.  

    klu saya bilang udah deal trus dibyar lunas dan udh ikut ngeronda di nusantara pasti nanti diblang Hoax…klu saya bilang malaysia jga udh deal bli nie rafale tpi pke sistem kredit lewat bank pasti saya diblang mabuk kecubung….
    mending saya absen aj deh,slam hangat buat bung2 semua….NKRI harga Mati…

  26.  

    Harga pesawat RAFALE per unit USD 333jt, LUAR BIASA MAHAL!!
    Coba duitnya diapakai beli es cendol, dijamin semua warjager udah bisa berenang di lautan cendol.

  27.  

    1,2 Triliun

  28.  

    Yg komen mengejek krn beli su 35 pakai utang pasti ngk pernah belajar prinsip ekonomi mungkin status kerjanya mungkin hnya soerang buruh
    Gini ya SU 35 bila dibeli indonesia pesanannya baru bisa dibuat thn 2018 otomatis rugi dong

  29.  

    Alot kayak dodol?

  30.  

    cuiiihhhh macam ngara awak sahaja bolh beli sukhoi miskin sangat…!!

  31.  

    Ya mungkin bisa bung. Tinggal bom hanggarnya dulu sebelum sempat lepas landas. Hhe”

  32.  

    kata tetangga pak rr, pak pangab di moscow sudah tanda tangan utk 10 unit SU-35, yang 6 unit bingung, mau SU-27 atau SU-30,
    karena TNI AU sudah menggunakan 12 unit SU-30 MK2 & SU-27 SK/SKM

  33.  

    kata tetangga pak rr, pak pangab di moscow sudah tanda tangan utk 10 unit SU-35, yang 6 unit bingung, mau SU-27 atau SU-30,
    karena TNI AU sudah menggunakan 12 unit SU-30 MK2 & 4 unit SU-27 SK/SKM

  34.  

    Nanti kalau KFX/IFX dah jadi, nak beli tak ? :v

  35.  

    russia jgn jual su35 ke malon..malon bikin rusak pasaran..contohnya ks scorpenne..padahal itu ks bagus tapi di tangan malon jd seperti produk gagal.akhirnya bikin malu produsen dan nama baik scorpene.

  36.  

    Btw, india sukanya kok pake jet multirole ya ??

  37.  

    @embek ok bro, terima kasih infonya..

  38.  

    Ah biasa aja nih pespur , mungkin sama aja jika anda beli ikan asin di pasar tradisional sama di mall , produk sama harga beda ..

    Di piker karo ngopi …

  39.  

    su 35 dan mig 35 …tak akan menang lawan jf 17 block 3…radar pakai AESA,…
    su 35 dan mig 35 pakai radar PESA ….masuk saja ke sumur…
    http://quwa.org/2015/08/30/jf-17-iii-jf-17-block-3/
    ha ha ha

  40.  

    lumayan neh.. kalau 16 pesawat F-5 Tiger yang dioperasikan Skuadron Udara 14 Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur di jual ke Timor Leste, bisa buat tambahan beli Rudal Sukhoi

    qiqiqiqiqiqiiiiiiii

  41.  

    Simpulan post ini iaitu :

    – peningkatan penganggur di malay n indo
    – karena tak da job asyik lah habiskan waktu buat comment
    – beli atau tak su 35 dan rafale tetap saja hidup dan negara jalan terus,
    – kalo memang kaya (bener) beli trus bagi untuk negaramu
    – kalo tak kaya diam sahaja lah, percuma ribut bergaduh tak ada efek

    Kerja sana itu sudah…