Jan 072019
 


Rafale (foto : Common Wikipedia)

Sementara India masih meributkan pembelian 36 pesawat tempur Rafale dari Prancis, negara tetangganya Pakistan telah membeli dan membangun pesawat tempur JF-17 dari China dengan cepat.

Bahkan sebelum Angkatan Udara India (IAF) menerbangkan 36 pesawat tempur Rafale, Angkatan Udara Pakistan (PAF) sudah menambah jumlah JF-17 hingga sebanyak 62 unit.

Diantara dua pesawat ini mana yang lebih unggul? Apakah Rafale atau JF-17 jika keduanya mungkin bertemu dalam pertempuran udara di masa depan? Di sini kita sedikit melihat spesifikasi dari Rafale dan JF-17.

Jet tempur Rafale dibangun pada awal tahun 2001 dan dikembangkan oleh perusahaan Dassault Aviation Prancis. Di sisi lain JF-17 dikembangkan pada tahun 2007 oleh Aviation Industry Corporation of China bekerja sama dengan Pakistan Aeronautical Complex.

Berat dan volume :

Panjang jet tempur Rafale adalah 15,3 meter, lebarnya 10,9 meter dan tinggi 5,34 meter. Panjang jet tempur JF-17 adalah 14,93 meter dengan lebar 9.45 dan tinggi 4,72 meter.

Dari segi berat kosong pesawat serta berat maksimum beban yang dapat dibawa, Rafale tampaknya memiliki keunggulan. Berat kosong Rafale adalah 9.5 ton sedangkan bobot pesawat dengan persenjataan penuh 24.5 ton. Berat kosong JF-17 adalah 6.5 ton dan berat maksimum bisa 12.3 ton.


JF-17 Thunder Pakistan (foto : Common wikipedia)

Kecepatan dan Jangkauan:

Dari segi kecepatan, JF-17 sedikit lebih unggul dengan kecepatan maksimum Mach 1.9 (1058 knot) sedangkan Rafale dapat terbang hingga kecepatan Mach 1.9 (1034 knot).

JF-17 juga memiliki keunggulan dalam hal jangkauan operasional. Jarak maksimum jet JF-17 adalah 3.482 km (1880 mil laut) sedangkan Rafale adalah 1.850 km (999 mil laut). Tapi Rafale bisa diisi bahan bakar di udara untuk meningkatkan jangkauannya.

Persenjataan:

Jet Rafale dilengkapi dengan kanon internal GIAT 30 / M791 kaliber 30 mm dengan amunisi hingga 125 butir. Selain itu, setiap jet memiliki 14 hardpoint eksternal yang dapat membawa rudal udara ke permukaan, bom presisi, tangki bahan bakar, dan senjata andalannya rudal udara ke udara MICA.

Jet tempur JF-17 dilengkapi meriam internal GSh-23-2 kaliber 23 mm. Selain itu, JF-17 memiliki tujuh hardpoint eksternal untuk membawa berbagai amunisi bom presisi, rudal udara ke permukaan, dan rudal udara ke udara andalannya PL-10 dan PL-12.

Dari segi persenjataan dan beban yang mampu diangkutnya Rafale lebih unggul dari JF-17.

Frame dan Struktur

Dari segi frame dan kekuatan struktur, Jf-17 mampu menahan beban 3G sampai maksimal 8G, sedangkan pada Rafale bisa menahan beban G-Force dari 3,6 G sampai 9G. Dalam situasi darurat konon bisa mencapai 11G.

Dari gambaran diatas, sangat mungkin Rafale India lebih unggul dari JF-17 Pakistan., meski dalam situasi perang udara sebenarnya banyak faktor tidak terduga yang bisa saja membalikkan keadaan.

jakartagreater.com

  6 Responses to “Rafale India VS JF-17 Pakistan, Siapa Lebih Unggul ?”

  1.  

    JF-17 vs Rafale?

    Berarti JF-17 termasuk diperhitungkan dong 😀 sampe Tejas aja lewat 😆 hahaha

  2.  

    Dassault Rafale yang mendapat julukan “Squall” dalam Bahasa Inggris) merupakan pesawat tempur serbaguna generasi 4.5, bersayap delta, dan bermesin dua buatan Perancis yang dibuat oleh Dassault Aviation. Rafale dirancang sebagai pesawat yang tidak hanya mampu berpangkalan di daratan, tetapi juga bisa dioperasikan di kapal induk. Program pesawat Rafale terdiri dari tiga versi pesawat tempur mesin-kembar multi-peran, versi kursi tunggal Rafale C, versi kursi ganda Rafale B dan versi AL (kapal induk) yaitu Rafale M. Tiga versi pesawat tempur ini dilengkapi dengan mesin, sistem tempur dan navigasi, sistem managemen pesawat dan sistem kontrol penerbangan yang sama. Mereka semua dapat melakukan semua tipe misi dari penyerangan daratan sampai superioritas udara….https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/dassault-rafale-pesawat-tempur-multi.html

  3.  

    JF sulfur oh pilihan malon. .

  4.  

    Tejas gak masuk hitungan ni

  5.  

    Suruh lawan ini aja dulu yah kejauhan xixixi…

    https://jakartagreater.com/perusahaan-as-tawarkan-mig-29ub-untuk-dijual/