Des 042018
 


Dassault Rafale (foto : Wikipedia)

India baru saja menerima unit pertama pesawat tempur multi misi Rafale dari Perancis. Pesawat tempur genersi 4++ tercanggih yang akan menjadi pesawat tempur terbaru dan pesawat tempur garis depan India.

Sementara di sisi lain, China sudah menerima puluhan pesawat tempur Su-35 dari Rusia. Su-35 adalah pesawat tempur tercanggih dari keluarga Su-27 yang menjadi andalan Angkatan Udara Rusia di kancah perang Suriah.

India pernah berseteru memperebutkan perbatasannya dengan China, dan bukan tidak mungkin suatu saat kedua pesawat tempur terbaik dari dua kubu ini bisa bertemu dalam pertempuran udara di masa depan.

Su-35 digadang-gadang sebagai pesawat tempur superioritas udara terbaik, namun India yang bakal diperkuat Rafale tidak khawatir dengan ‘bombastis’ promosi Su-35.

Memiliki beberapa kelebihan, India yakin Rafale yang berdesain baru bisa mengalahkan Su-35 yang merupakan desain lawas dalam pertarungan jarak jauh ataupun jarak dekat, Rafale akan bisa membungkam kelebihan Su-35 dengan beberapa sistem penginderaan dan persenjataan terbaru

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan Rafale yang menurut India merupakan senjata ampuh untuk bisa merontokkan Su-35.

1. Desain yang ramping, tambahan sayap canard dan bahan komposit dengan sistem asupan udara yang tersembunyi membuat Rafale mampu bermanuver sangat lincah dan cepat untuk menghadapi Su-35 yang berbobot berat meski juga memiliki daya dorong besar.

2. Dilengkapi sistem radar AESA RBE2-AA, yang merupakan salah satu sistem radar tercanggih. RBE2-AA mampu mencium dan mendeteksi target pada jarak hingga 200 km. Selain itu Rafale diperlengkapi dengan sistem pertahanan elektronik terintegrasi Spectra.

Dari segi persenjataan, Rafale dilengkapi senjata rudal BVRAAM Meteor yang memiliki jangkauan serang hingga 100km , rudal dengan sistem panduan radar tersebut menyerang bahkan sebelum pesawat tempur musuh sempat menyadari pesawatnya telah ditargetkan.

Selain rudal Meteror, Rafale juga dilengkapi rudal BVRAAM MICA IR yang memiliki jangkauan serang lebih jauh daripada rudal R 73 buatan Rusia.

Dengan segala kelebihan dari Rafale, mungkin India tidak akan terlalu mengkhawatirkan kedatangan 24 pesawat tempur Su-35 China.

 Posted by on Desember 4, 2018