Des 032014
 

kapal-tenggelam

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti punya usulan agar kapal asing pelaku pencurian ikan (illegal fishing) bisa langsung dibom, lalu ditenggelamkan. Selama ini cara sederhana menenggelamkan kapal adalah dengan cara dibakar.

“Penenggelaman kapal, dibom saja kali,” tegas Susi di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/12/2014).

Karena pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak punya alat pengeboman, Susi meminta bantuan TNI AL dan TNI AU.

“Aku nggak ngerti. Urusannya sama KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) dong. Ya pasti kalau nggak KSAL atau KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara),” katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, mekanisme penembakan bisa langsung dieksekusi pihak KKP dengan menggunakan peluru berkaliber 12.17 mm.

“Nanti kalau ada kejadian baru kita beri tahu. Banyak cara, dibolongin juga tenggelam kok. Kapal ikan itu bukan kapal besar,” tuturnya.

Akan tetapi, Indroyono membuka peluang agar eksekusi penenggelaman kapal dilakukan TNI AL dan TNI AU. Mengenai prosedur penenggelaman, ia menyerahkan kepada dua instansi itu.

“Kita juga bisa pinjam Angkatan Udara, bisa pinjam juga Angkatan Laut. Apakah caranya dibom? Mereka lebih tahu teknisnya,” jelas Indroyono. (finance.detik.com).

  77 Responses to “Ragam Cara Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan”

  1.  

    pertamax

  2.  

    Tenggelamkan saja bu kami mndukungmu

  3.  

    bu susi mantab,….

  4.  

    Mantab…. lanjutkan Bu Susi

  5.  

    Rasanya dari kemaren akan akan ntar malah diketawain jiran jiran kalo indonesia gak berani.

    •  

      gampang diucapkan tapi agak sulit dilakukan.
      saya pikir mereka sedang membuat prosedur dan mencari landasan hukum untuk penenggelaman ini.

      saya berpikir, kabinet sekarang ini sering mengeluarkan statement atau kebijakan yang impulsif tetapi tidak diiringi kajian yang mendalam. ketika ditantang atau melakukan eksekusi akhirnya mereka kelabakan dan ternyata tidak semudah yang diucapkan.

      semoga kabinet ini cepat belajar dari blunder-blunder yang terjadi di awal.
      selamat bekerja!

  6.  

    hajaarr…..

  7.  

    bagus pak

  8.  

    Katanya kabinet kerja……pd ngemeng mulu tindakanya mn…..??

  9.  

    ”berpikir dulu sebelum bertindak” siapkan rudal atau bom kapal maling ikan di sekitar wilayah NKRI

  10.  

    yang dulu no action – no talk…

  11.  

    Kemarin sempat baca tp lupa sumbernya.., klo gk salah di tempo. kalo asal ditenggelamin mlh akan menghilangkan barang bukti.
    Diproses dulu scr hukum sbg brg bukti stlh proses selesai baru bs dtenggelamin.
    Klo langsung ditenggelamin mlh akan merusak proses hukum.

    Cm ngeshare aja..

  12.  

    Satu lagi nih asbun., yaudah kalo begitu anda jadi presiden dagelan aja atau pindah negara atau pindah alam 😀

  13.  

    Senyap.

  14.  

    Kok bung danu jadi mengarah kebijakan 10 th yg lalu.?
    Yg lalu kan udah selesai masa tugasnya, yg incharges sekarang kan di kawal bareng2 agar statement dikeluarkan tidak ada jeda utk penindakannya…,agar g ada kesan kurang. Koordinasi sperti bung xtrada ungkap diatas.

    •  

      lha, istilah tong kosong itu kan dari ‘ki lurah’ yang lalu, dengan sendirinya harus dijadikan tolok ukur apa2 yang telah dilakukan ybs…

      •  

        Mungkin dengan cara menjelekan orang lian lewat medsos bisa menaikan popularitas partainya yang sudah turun drastis dan ki lurah merasa lebih baik dari ki joko, padahal dengan dia menjelekan lawannya ki lurah tidak jauh lebih baik dari ki joko, harusnya ki lurah malu waktu ki joko di elu-elukan rakyat untuk maju jadi capres, itu bukti bahwa rakyat sudah muak dengan cara kepemimpinannya.

      •  

        imho, untuk kelautan pokoknya angka mati.

        impor garam, 1 kapal disubsidi 1,25M/thn, hasilnya 60 juta/th.
        ini lebih bodo mana, nelayan atau yang ngurus nelayan ?

        •  

          ….para petani kita tidak/belum mampu memenuhi kebutuhan garam secara nasional. banyak faktor yang menjadi penyebabnya…

          > lha tugas pemerintah untuk mengatasinya, sekali lagi ini udah yang paling simple, dan ternyata masih gagal

          …pertumbuhan sektor kelautan dalam 3-4 tahun terakhir selalu diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi secara nasional…

          > harusnya bisa lebih tinggi jika lebih galak terhadap pencurian oleh asing, cuma thousand friends kan lebih penting ?…

        •  

          terus drone belum ada kabar lanjutan, kita tunggu apa hanya sekedar komoditas kampanye…

  15.  

    Nyasar lagi….hadeuhh! nih komen utk no.10

  16.  

    Masih mending sekarang dengan kabinet kerja dari pada dulu kabinet tidur,###########

    Peringatan :
    Tolong berbahasa yang sopan

    Admin

  17.  

    kalian sma sja kya anggota dpr..bikin muak,.

  18.  

    Di Bom pakai JDAM Buatan Indonesia P100

  19.  

    Walach…kok jd pd brantem..?

  20.  

    #########################

    Peringatan
    Jangan menghasut/agitasi, berkata yang kasar dll

    Admin

  21.  

    PNG aja bakar nelayan kita ga perlu proses hukum, kumpulin barbuk dll….knp kita keliatan nya taat banget hukum dan konstitusi, padahal dilapangan aparatur kita menganut azaz senggol bacok ….ckckckckc

  22.  

    perintah juragan= tenggelamin aja kapal pencuri ikan biar yg lain kapok mudah omongnya, pelaksanaannya msih 0 ;
    – giliran mau patroli = bbm kurang/ga ada/utang ke pertamina 6 T
    – mau tenggelamin kapal = bingung caranya, pake bom mahal, apalagi pake rudal, murah y dibakar = gak dilakukan masih wacana di media
    – buat barbuk bingung prosedurnya
    – hebat?

  23.  

    hasil liyane durung ono blas to, memang komen gampang, ky pak lurah saiki y plonga plongo, ha hai juga

  24.  

    Sudahlah jangan bertengkar, sesama pemuda yang cinta NKRI tu ya yang rukun, berbeda pendapat boleh, tp jangan sampai mengeluarkan kata2 kasar dan kotor,apalagi sampai nyebutin nama2 penghuni kebon binatang, gak baik itu, di sini yang baca ada yang nasih skolah di tingkat SMP sederajat, gak enak sama adek2 generasi penerus bangsa, kita smua bersaudara bung, punya nasi sepiring ya dimakan bareng, punya nasi sebakul kl gak habis dimakan sendiri ya dibagikan ke yang lain.. Hehe malah cerita nasi,, maklum, pul kerja laper nih,, hehe.. Salam damai untuk seluruh WARJAG..

  25.  

    Sampai saat ini sudah berapa puluh kapal pencuri ikan yg ditenggelamkan ?????????????