Feb 272019
 

Jet tempur multirole generasi kelima Su-57 Rusia. © Dmitry Terekhov via Wikimedia Commons

Setiap generasi pesawat tempur memiliki tingkat kecanggihan yang baru. Kemampuan teknis, kemampun terbang dan manuver pesawat juga semakin meningkat. Peralatan modern juga menjadi semakin kompleks dan fleksibel. Lalu kelebihan teknis apa yang dimiliki pesawat tempur generasi lima?

Situs berita Vestifinance menerbitkan wawancaranya dengan Sergei Bogdan , pilot uji pesawat tempur Rusia, dan Kepala Dinas Studi Sukhoi. Sergei Bogdan adalah pilot yang pertama terbang dengan pesawat tempur Su -35 dan pesawat tempur generasi lima T-50, yang saat itu bernama Su-57.

“Pesawat Sukhoi dibedakan karena kemampuan manuvernya yang luar biasa,” jelas pilot itu. Pesawat tempur Sukhoi dirancang untuk mendominasi di wilayah udara, atau superioritas udara.

Terobosan revolusioner dalam stabilitas dan kontrol penerbangan dapat dicapai dengan penggunaan mesin dengan daya dorong vectoring. Mesin seperti itu telah dipasang pada pesawat tempur generasi 4 Su-30.”.

Pesawat tempur Su-35 dan T-50 kuat dalam bermanuver dibandingkan Su-30, karena menggunakan sistem kontrol yang lebih canggih dan mesin lebih kuat, tulis Vestifinance.

Saat memacu dengan kecepatan tinggi dan sudut putaran yang ketat selama manuver, pesawat menghadapi hambatan udara yang sangat besar, yang secara aktif mengeremnya.

Mesin yang lebih kuat pada pesawat tempur Su-35 dan T-50 memberikannya tenaga akselerasi yang lebih baik pada saat keluar dari manuver ketat.

“T-50 secara fundamental tidak berbeda dengan pesawat tempur dari generasi empat dalam manuver tempur udara, tetapi memiliki keuntungan karena memiliki tingkat hambatan udara yang lebih rendah karena persenjataannya berada di kompartemen dalam. Pesawat memiliki daya dorong yang lebih baik dan lebih sedikit resistansi. Dengan cara ini, pesawat menampilkan karakteristik energi dan kecepatan akselerasi yang lebih baik, “jelas Sergei Bogdan.

“Selama penerbangan uji coba dengan melakukan manuver yang tinggi dari Su-35 dan T-50, kami melakukan beberapa gerakan baru yang tidak mungkin dilakukan oleh pesawat lain. Secara khusus, manuver putar balik (Kulbit) yakni ketika pesawat menanjak ke atas, lalu berbalik dengan cara tertentu sebelum kembali ke arah yang berlawanan dan menukik ke bawah “.

Berbagai tugas operasional yang bisa dilakukan oleh Su-35 dan T-50 juga semakin meningkat. Jika sebelumnya sebuah pesawat tempur Rusia memiliki tiga hingga lima jenis senjata yang bisa ditembakkan, sekarang daftar persenjataan itu bisa mencapai sekitar lima puluh persenjataan yang ada di arsenal persenjataan Rusia.

Sputnik

 Posted by on Februari 27, 2019

  6 Responses to “Rahasia Kehebatan Su-35 dan Su-57”

  1.  

    Hanya menantikan mesin gen terbarunya yg trbuat dr titanium, berilium, tantalum & tungstan, yg bodynya trbuat dr anti radar & memiliki material penyerap radar
    😆 😆

  2.  

    Dua” nya harus dapat dimiliki dalam jumlah yang memadai

  3.  

    Andai indonesia bisa memilikinya…tp jgn dibyr dgn rempah rempah..ya ginilah akibatnya su 35 pun gak nyampe” juga kesini..

  4.  

    “Setiap generasi pesawat tempur memiliki tingkat kecanggihan yang baru. Kemampuan teknis, kemampun terbang dan manuver pesawat juga semakin meningkat.”

    Patron standar ini gak dipahami oleh yankee, makanya dari elang botak yang cukup lincah, sekarang malah bikin pigeon dan kalkun terbang 😆