Apr 292016
 

Tank T-90 ‘Vladimir’ pernah menjadi perbincangan hangat setelah hanya mengalami kerusakan ringan saat dihantam rudal TOW (Tube launched- Optically tracked-Wear guided) buatan Amerika di perang Suriah dua bulan lalu. Video tertembaknya Tank T-90 tersebut sudah ditonton hingga setengah juta kali di YouTube.

Lalu apa yang menjadi rahasia kekebalan tank T-90 yang juga diberi nama si perancangnya, Vladimir Potkin ?

T-90 adalah tank tempur utama generasi ketiga Rusia yang mulai memperkuat Angkatan Bersenjata Rusia pada tahun 1993. T-90 adalah versi modern dari tank T-72B dan menggabungkan banyak fitur yang terdapat pada tank T-80U.

T-90 dirancang untuk menjadi pengganti tank tempur utama T-64, T-72 dan T-80. Platform T-72 dipilih sebagai basic dari tank T-90 karena murah, sederhana dan berkualitas.

Mempertahankan tata letak seperti tank T-72, dengan kompartemen kontrol didepan,dan kompartemen tempur di tengah. Lambung dan turret pada tank baru hampir tidak berubah, tapi ada upgrade yang sangat penting – bagian atas depan dari turret mendapat tambahan perlindungan dari tujuh blok dan satu container ( yang terdiri dari 20 kotak ERA dan ditempatkan di atap turret).

T-90A dilengkapi mesin dan turret baru dan dilengkapi dengan sistem penglihatan termal. Mesin yang berkekuatan 1.000 hp pada 2.000 rpm. Tank juga dilengkapi dengan Explosive Reactor Armor generasi ketiga yang mampu menahan tembakan amunisi M829A2 and DM43A1 kaliber 120 mm, yang biasa dipergunakan tank Abrams M1A1 dan tank Leopard-2.

Senjata utama tank T-90 adalah meriam smoothbore 2A46M-2 kaliber 125 mm, dan mampu menembakkan empat tipe amunisi yang berbeda, Armor-Piercing, Piercing, High Explosive dan Kumulatif dengan sistem remote, yang memungkinkan amunisi meledak pada titik lintasan yang di inginkan
Meriam T-90 juga dapat menembakkan beragam rudal anti tank seperti rudal Reflex dan Cobra, dengan rudal tersebut T-90 mampu menembak helikopter yang terbang rendah.

Seperti tank modern Rusia lainnya, meriam 2A46M menggunakan loader pengisian amunisi otomatis yang mengurangi jumlah kru menjadi 3 orang (komandan, penembak, dan driver). Sistem autoloader dapat membawa 22 amunisi siap tembak dan dapat memuat amunisi dalam waktu 5-8 detik.

Fire Control System pada tank T-90 adalah salah satu sistem tempur yang terbaik di dunia. Sistem ini dapat menghitung kecepatan tank, jangkauan dan sudut kecepatan dari target, suhu udara, kecepatan angin dan tekanan atmosfer. Fire Control System ini juga mampu memperhitungkan sudut kemiringan laras meriam yang memungkinkannya menembak cepat sebelum ditembak tank musuh.

Tank ‘Vladimir’ merupakan tank pilihan yang sangat ideal untuk melindungi pangkalan udara Rusia di Suriah yang berkontur gurun dan padang pasir.

Sputnik

Bagikan:

  46 Responses to “Rahasia Kehebatan Tank T-90 Vladimir Potkin”

  1.  

    tank yg sip

  2.  

    Petalite dah

  3.  

    sudah yg ke 15

  4.  

    yahh jika Indonesia ingin menambah jumlah mending beli T-90 atau T-14 Armata hehehehe

  5.  

    Tank dengan bobot ringan… bahan bajanya tidak sekuat tank barat seperti Abram, Leopard apalagi Chalenger. Tapi lebih lincah dan enak untuk off road. Kompensasi kelemahan baja T90 dengan perlindungan aktif yg mirip punya israel.

  6.  

    Hebat ni tank…klau dibandingkan dgn tank liopard 2 RI lbih hbt mn…

  7.  

    Karena bobotnya yang ringan, deploynya jadi lebih mudah.

  8.  

    Membuat LST(Landing Ship Tank), persyaratan nya jadi lebih mudah.

  9.  

    Abram, Leopard atau Chalenger percaya diri tdk pake ERA( Explosive Reactive Armor) yg membahayakan infanteri teman.

    •  

      Kan ada pakek armo mudulat bisa di bongkar pasang..

    •  

      Sorry bung.. sepertinya anda gagal paham mengenai ERA. izinkan saya luruskan, bahwa balok2 ERA itu sama sekali tdk membuat membahayakan personil infanteri yg berada didekat tank tsb. lah.. ERA itu hnylh balok2 baja yg mempunyai tingkat stagnan tinggi yg ditempelkan di armored atwpn di sekeliling turet. jd pungsinya melindungi lapisan terluar dari impack peluru piercing sabot yg berbentuk sprt linggis yg dpt menjebol lapisan baja tank. nah gunanya ERA utk menahan linggis terbang itu msk kedalam menjebol tank. jd ERA itu sama sekali tdk membahayakan infanteri yg biasanya mengawal di sekitar tank tsb. kec: balok ERA tsb lepas dan jatuh nimpoki jidat sang infanteri. wkwkwk.. mungkin yg bung maksud tsb sistem proteksi blast yg bernama SHITORA. ya kan?

      Salam..

  10.  

    Salam kenal,,mantaaaf

  11.  

    Ini baru namanya TANK TOP…!!

  12.  

    Apapun tanknya minumnya tetep teh botol sos*o.. Hhe”

  13.  

    Armata ngga pernah kedengaran yah??

  14.  

    rusia tak habis2 nak buat senjate canggih dn moden.

  15.  

    yang jelas leopard nkri lewat…jauh

    •  

      Siapa blg bos, leopard itu ttp MBT plg jago, plg laris di dunia… Klo urusan Tank emg Jerman jagonya. Inget kan PD 2 Tiger vs Sherman, brp banyak Sherman USA rontok saat duel ma Tiger Jerman

      •  

        Leo bisa saja yg terkuat asal boleh menembakkan depleted uranium ammo, kalau blm boleh berarti masih banyak yg lbh baik dari leo.
        Leo itu tank yang dibatasi oleh politik..

      •  

        @ Penjelajah Berat,

        Sayang nya leopard ngak pernah terlibat perang alaf baru ini. Pengen lihat leopard ikut perang di syria dan iraq, mau tahu sejauh mana kemampuan nya, tapi ngak ada. Cuma mbt russia T55, T62, T72 dan T90, di iraq british challenger 1/2 dan USA M1A1/M1A2 saja di sana.

        •  

          @salam
          Tahu gak kamu knp leopard tdk terlibat diperang syria dan irak.? Tahu gak kamu negara mana saja yg terlibat perang di Syria dan Irak.?
          Dan tahukah kamu pembagian tugas dlm koalisi perang di Irak dan Syria.?
          Supaya kamu paham sangat, mari kilas balik pertempuran Desert Strom ( perang teluk 1&2). Siapa komando serangan darat. Kenapa pasukan timur tengah banyak dilibatkan disitu. Kalau kamu sudah paham, maka pasti kamu bisa jawab mengapa. So….dont judge before u know the truth. Ok kawan.?

  16.  

    Pokokx saya demen tank ini drpd leopard…
    Klo saya jd presiden… Saya akan beli tank ini 300 unit + amunisinya dan tidak lupa ToT nya… Ha3

  17.  

    Gimana kabar proyek tank medium pindad ya!!!

  18.  

    Ya kalo beli Alut Sista Tank yg komplet dah, radio komunikasi, alat bidik otomatis, laser pengukur jarak dll.

  19.  

    Beda bobot hampir 20 ton dgn Abrams tp ini tank perlindungannya oke bgt, cocok wat Marinir

  20.  

    Maksud gue juga gtoe . . . Nie tank cocok buat angkatan laut. . . Biar leopard yang pake angkatan darat.

  21.  

    Kok di WOT game ga ada ya??? padahal g mo maenin ini tank, adanya baru Leo 1, ini tank lawan IS-7 menang mana??? 🙂

  22.  

    T90 bareng leopard mntap

  23.  

    russia belajar dari kesalahan mereka saat menghasilkan t 80 yang “mengikuti” desain m1 abram menggunakan mesin turbin gas yang ternyata tidak efisien dan praktis. itulah sebabnya russia dalam mengembangkan t 90 tidak mengambil basis t 80 tetapi t 72. menurut saya t 90 masih bisa diandalkan untuk pertempuran saat ini, walaupun mereka sudah memiliki armata.

  24.  

    Beli udah 100 unit pake pembiayaan leasing dalam negri, adira, oto atau baf finance, syaratnya jg gampang ktp sama kk aja…

  25.  

    Desain sederhana tapi kemampuan sangat di perhitungkan.

  26.  

    @dagang somay, wekekekek….. maap gan…. 🙂 g hanya mengkhayal karena di masa sekarang udh ga ada heavy tank kaya jaman dulu, gimana seandainya heavy tank IS-7 yg punya ketebalan armor 150mm diupgrade pake ERA plus dikasih mesin turbine engine kaya abrams, battle combat management baru, electric turret + canon 130mm uhhhh THE BEAST.

 Leave a Reply