Jul 072016
 

Perayaan Idul Fitri tidak serta merta membuat pemerintah Arab Saudi menghentikan investigasi terkait tiga peristiwa bom bunuh diri, yang menimpa negera mereka beberapa waktu lalu.

Dua jenazah tergeletak di area parkir akibat serangan bom bunuh diri di dekat Masjid Nabawi Arab Saudi, Senin (4/7). Pelaku meledakkan diri ketika aparat keamanan tengah berbuka puasa. (Facebook.com/Haramain)

Dua jenazah tergeletak di area parkir akibat serangan bom bunuh diri di dekat Masjid Nabawi Arab Saudi, Senin (4/7). Pelaku meledakkan diri ketika aparat keamanan tengah berbuka puasa. (Facebook.com/Haramain)

Investigasi terhadap peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di tiga kota yaitu Jeddah, Qatif, dan Madinah dipastikan akan tetap berlanjut. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud bahkan bersumpah akan mengganjar para pelaku teror dengan hukuman berat.

“Kami akan membalas perbuatan para teroris ini tanpa ampun. Mereka telah merusak mental dan jalan pikiran generasi muda,” kata raja berusia 80 tahun itu dalam pidato tahunannya menyambut Idul Fitri.

Raja Salman berpesan agar rakyat tidak takut dan tetap merayakan Lebaran seperti biasa. Sejauh ini, aparat baru bisa mengidentifikasi satu pelaku saja, Yakni, pengebom di Jeddah yang meledakkan diri di dekat Konsulat Amerika Serikat (AS). Sedangkan identitas dua pelaku ledakan lain di Qatif dan Madinah belum dipublikasikan.

Kendati demikian, Saudi yakin ada campur tangan militan Islamic State of Iraq and Syria alias Islamic State (IS atau ISIS) dalam insiden tersebut.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud dalam pidato di salah satu stasiun televisi sesaat setelah insiden serangan bom bunuh diri.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud dalam pidato di salah satu stasiun televisi sesaat setelah insiden serangan bom bunuh diri.

Dewan Syura Saudi menyebut para pelaku sebagai musuh Islam. Sebab, mereka menarget tempat-tempat yang disakralkan umat muslim. Selain di Jeddah, pelaku juga menyasar masjid.

Sebuah masjid Syiah di Qatif dan Masjid Nabawi di Madinah menjadi sasaran serangan bom. Serangan menjelang magrib di Madinah itulah yang menuai kutuk dari segala penjuru bumi.

“Masjid Nabawi merupakan salah satu tempat yang paling suci bagi umat Islam. Serangan menarget lokasi tersebut pada bulan Ramadan adalah serangan bagi semua muslim di seluruh dunia,” kata Zeid Ra’ad al-Hussein, komisioner tinggi HAM PBB yang juga anggota Kerajaan Jordania.

Hingga kemarin, kecaman masih berdatangan dari negara-negara di luar Jazirah Arab. Seperti diberitakan sebelumnya, dalam serangan bom bunuh diri pada Senin (4/7) saat bertepat dengan umat muslim setempat berbuka, di halaman Masjid Nabawi di kota Madinah dikejutkan dengan ledakan bom bunuh diri yang menewaskan empat orang anggota aparat keamanan.

Bom bunuh diri di Madinah itu merupakan satu dari tiga serangan yang terjadi di tiga kota Saudi dalam satu hari. (marksman/ sumber : jpnn.com dan jawa pos.com)

Bagikan Artikel :

  11 Responses to “Raja Arab Saudi Akan Balas Perbuatan Para Teroris”

  1. OKE LAWAKAn LU ORANG GAK LUCU DAN OOT LU ORANG BERHAK DAPAT NASI BUNGKUS

  2. Maafin aku Mbah, aku rindu Mbah Bowo asli, bukan jadi2an kayak yang satu ini, suka niru2 karakter orang lain,. Malulah kau jadi orang

  3. Heh orang2 udah bilang kamu ini gak lucu, gak bermutu, udah diusir pula…

    Punya malu gak kamu ini??
    Atau emang dididik ortumu gak punya malu?

  4. Comment: raja Salman bisa bertanya pada Hillary clinton tentang jaringan tertinggi daesh dan negara bekingnya,, dan kenapa cuma Israel dikawasan semenanjung Arab yg tidak ada serangan bahkan meski di Golan,, padahal anggota daesh yg tertangkap sudah banyak yg bicara bahwa mossad terlibat …

  5. Halah met slamet jangan kampanye disini !!!
    Lagi pula blm waktunya kampanye !!!

    • Koplak bgt nih tni fans. Bikin malu pake2 nama tni. Jokowi itu sdh jd presiden, jd ga perlu kampanye lagi. Presiden itu panglima tertinggi tni. Jd sbg tni fans, kamu kudu byk buka2 buku lagi ya he3x.

  6. Allah berfirman dalam surat An-Nahl ayat 126 :

    ?????? ??????????? ???????????? ???????? ??? ?????????? ???? ??????? ?????????? ?????? ?????? ??????????????
    Artinya :

    Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.

    Kedua : Boleh membalasnya dengan sikap setimpal atau kejahatan setimpal.

    Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 194 :

    ?????? ???????? ?????????? ???????????? ???????? ???????? ??? ???????? ??????????

    Oleh sebab itu barang siapa yang menyerang kamu, maka seranglah ia, seimbang dengan serangannya terhadapmu

    Dalam Tafsir Al-Qurthubi dijelaskan sebagai berikut :

    ??? ???? ??? ??? ??? ???? ?????? ??? ???? ??? ???? ??? ???? ??? ??? ???? ??? ???? ??? ????? ??? ????? ??? ??? ???? ?? ?????

    Artinya :

    Barang siapa yang menzalimimu maka ambillah hakmu yang dizalimi tersebut, barang siapa yang mencacimu, maka cacilah ia sesuai dengan cacian yang setimpal, barang siapa yang mempermalukanmu maka permalukan dia, dan janganlah kamu melebihi itu seperti mempermalukan kedua orang tuanya, anaknya atau kerabatnya yang lain. (Tafsir Qurthibi Jld. 2 hal 360 terbitan Daar Al-Shaab Kairo th. 1372 H).

    Imam At-Thobari dalam tafsirnya menegaskan :

    ???????? ????? ??? ??????? ???? ?? ??? ?? ?? ??? ???? ????? ?????? ??? ????

    Maksudnya :

    Kejahatan orang yang pertama merupakan perbuatan zalim, dan balasan kejahatan yang setimpal dari orang kedua (dizalimi) merupakan ganjaran bagi orang pertama, sebab hal ini merupakan balasan perbuatan zalim atas orang zalim tersebut (Tafsir At-Thobari jld 1 hal 133, terbitan Daar Al-Fikri Beirut th. 1405 H).

    Allah juga berfirman dalam surat An-Nahl ayat 126 :

    ?????? ??????????? ???????????? ???????? ??? ?????????? ????
    Artinya :

    Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu.

    Imam Al-Qurthubi berkata : perinsip ini berlaku dalam segala sesuatu.

    Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan juga maksud ayat tersebut bahwa suatu kejahatan boleh dibalas dengan kejahatan setimpal. (Tafsir Ibnu Katsir jld 1 hal 229, terbitan Daar Al-Fikri Beirut th. 1401 H).

    Allah berfirman dalam surat As-Shoura ayat 40 :

    ???????? ????????? ????????? ??????????
    Artinya :

    Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa.

    Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan dengan singkat dan padat tentang ayat tersebut dengan mengatakan : kejahatan yang pertama adalah kezaliman dan balasannya dalam bentuk kejahatan serupa adalah keadilan. (Tafsir Ibnu Katsir jld 1 hal 52, terbitan Daar Al-Fikri Beirut th. 1401 H.

  7. Jangan gunakan nick name orang lain. Saya hanya mau menjaga ketertiban. Tolong dipatuhi, supaya forum ini lebih tertib.

  8. Jangan gunakan nick name orang lain. Saya hanya mau menjaga ketertiban. Tolong dipatuhi, supaya forum ini lebih tertib.

  9. Ngomong opo to le? Copas tulisan yg sama di setiap postingan.

 Leave a Reply