Jun 262014
 
Model KF-X fighter jet

Model KF-X fighter jet

Jakarta – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) terus melanjutkan kegiatannya merancang pesawat jet tempur IF-X (Indonesian Fighter Experimental), melalui Kegiatan System Requirement Review (SRR).

Dalam kegiatan SSR tersebut, sejumlah pemangku kepentingan diikutkan, antara lain Kemhan, TNI-AU, KKIP, Bappenas, BPPT, LAPAN, Perguruan Tinggi (ITB, UI, ITS, UGM dan UNDIP) serta beberapa industri lokal terkait seperti PT.LEN, CMI, dan InfoGlobal.

Jet tempur yang dirancang bersama dengan Korea Selatan ini disebut-sebut bakal menyaingi F18, dan harganya pun juga lebih murah.

Dalam siaran pers, Kamis (26/6/2014), PTDI mengatakan, SRR merupakan salah satu tahapan dalam program pengembangan dan rancang bangun pesawat tempur. Pada tahapan ini diharapkan program akan mendapatkan berbagai masukan baik teknis maupun non-teknis dari para pakar pada bidangnya masing-masing, secara independen.

Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut dibagi dalam lima panel. Satu panel paripurna dan empat panel lainnya meliputi:

Requirement study, System Engineering and Technology Readiness.
Configuration Design and Analysis
Propulsion and Subsystems
Air Combat Systems.

Pesawat tempur KF-X/IF-X dirancang bangun bersama oleh para ahli dari Indonesia dan Korea Selatan. Sejak tahun 2011 lalu, tim dari kedua bangsa telah bekerja keras di Korea Selatan untuk menghasilkan konfigurasi yang bisa memenuhi kebutuhan dan persyaratan operasi Angkatan Udara kedua negara.

Disain Pesawat Tempur KFX / IFX

Disain Pesawat Tempur KFX / IFX

Pesawat ini masuk dalam kategori generasi 4,5 yang kemampuannya akan melebihi sejumlah pesawat tempur produk negara lain. Dengan kemampuannya itu diharapkan akan menjadi salah satu pilihan utama bagi sejumlah negara yang membutuhkan pesawat tempur. Sementara untuk pesawat IF-X dirancang bangun sendiri oleh putera-puteri bangsa Indonesia berdasarkan persyaratan operasi murni dari Angkatan Udara Republik Indonesia.

Dengan penyelenggaran acara tersebut di atas, diharapkan tim KFX/IFX mendapatkan masukan untuk dapat dijadikan pegangan  dalam melakukan tindakan ataupun berupa rekomendasi untuk perbaikan rancang bangun (desain).

“Bagaimanapun bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan program pesawat tempur yang kita rancang sekarang ini bukan saja akan menjadi salah satu sumber kekuatan alutsista dalam negeri, melainkan juga akan menjadi salah satu posisi tawar NKRI yang diperhitungkan. Putera-puteri terbaik bangsa yang terlibat dalam rancang bangun pesawat tempur KF-X/IF-X adalah para pionir yang melahirkan generasi pertama pesawat tempur dan ini akan menjadi bagian sejarah penting bangsa Indonesia ke depan,” tutur Direktur Utama PTDI Budi Santoso.

Pesaing pesawat ini adalah F18 buatan Amerika Serikat dan Dessault Rafale buatan Prancis. Produksi tipe IFX di dalam negeri menghemat pengeluaran anggaran karena harga jual lebih murah.

Pesawat untuk varian Indonesia yakni IFX akan diproduksi di markas PTDI di Bandung, Jawa Barat. Jet tempur KFX mulai diproduksi secara massal pada tahun 2020. Saat ini tenaga ahli PTDI sedang mempersiapkan rancangan pesawat tempur generasi 4,5 tersebut. (detik.com).

  101 Responses to “Rancang Bangun Jet Tempur Indonesia”

  1. Number one

    • saya sangat bangga atas perkembangan IF-X indonesia, hal ini mungkin bisa djiadikan DRONE kita sebagai komitmen Presiden yang akan datang…INDONESIA PASTI BISA…AMIN

      salam Warjag semua.

  2. dua deh…

  3. Bensin

  4. smoga sapa pun ri1 ttp lanjuutt aamin… heehe btw

  5. modelnya kereen…

  6. Jayalah NKRI..! Malam teman* warjager,,slm kenal..

  7. sipp..

  8. Semoga lancar tanpa kendala…

  9. Admin tolong banned ip nih orang. Ngetrol mulu

  10. Ini dia berita yg membuat ane bangga..semoga segera terealisasi kfx/ifx nye…malah klo bisa biar lebih cepet di produksi dimari..pengen liat tuh pespur terbang dimari apalagi hasil karya putra bangsa sendiri..tambah cinta & bangga sama INDONESIA..!!

    …NKRI HARGA MATI…!!!!

  11. Sip deh paling setara f16 blok 52; ngga mungkin untuk saat ini lebih ok dari rafale f3 atau next gen gripen

  12. rencana trus..kpan trbangy..gk sbar nnggu..

  13. mudah2an sukses hingga menjadi panggar tangguh bagi NKRI,n smoga pemerintahan INDONESIA slanjutny respons,n kerja sama bikin drone dng RUSIA.thanks …artikel Bung Diego.

  14. Aslkm selamat Malam buat Para senior jkgr,,Maaf sekian lama jd SR kali ini memberanikan diri tampil di forum ini..he_he_he_ “Buat para senior mau tanya nih,,? Di tempat saya setiap pagi ada pesawat tni latihan..kurang lebih 18pesawat yg dibagi jd 3formasi..yg formasi paling belakang pada bagian depan dan ekor berwarna Merah maron..itu kira* pesawat latih jenis apa ya…? Maaf pertanyaan tukang macul..

  15. Tolong buat admin bagi yg ngetrol yg ga jelas apelagi menghina komennye dihapus az lah,klo bisa di banned sekalian ..disini tmpt nyari ilmu dan berbagi ilmu..!!

  16. Slm kenal bung Lontong.. Sy tinggal di barat daya jogja,kurang lebih 1 km dr laut selatan jawa..he_he_maaf belepotan,maklum wong ndeso.. 🙂

  17. semoga menjadi kenyataan, meskipun bertahap. Indonesia memang layak menjadi negara besar, harus berlanjut siapapun presidennya.

  18. Aminnn….semoga prototype nya segera bisa terwujud IFX Asli NKRI

  19. lbh baik kita kembangkan sendiri … sy yakin PTDI bisaaa !!! buat sendiri IFX … kumpulkan jenius” anak bangsa & negara hrs bantu dana nya

    • Bisa sih bisa bung. Saya yakin itu, tp kalau masalah duit,,,,tunggu dulu. Kita join dengan korsel aja kita cuma ngasih 20% dari total pendanaan. Kalau niat sih ada itu duit. Cuma kan lebih enak masuk kantong pribadi duitnya daripada harus untuk riset

  20. kalau lihat panel bahasannya sepertinya lebih matang perencanaan dan wujudnya ke depan. saya optimis 2020 bakal lahir perpur buatan dalam negeri. apapun itu. ini seperti orang mau nyiapin pernikahan. kalau korea ga jadi akadin tuh KFX IFX, maka kita akadin sendiri aja ama seadaanya. Noh panitia udah dibentuk, tugas dah dibagi, kebutuhan dah dicatet, perlengkapan sedikit demi sedikit dah dipesen. tinggal nunggu hari H aja. Korea molor, kita tetep jalan terus.

  21. negara yg besar adalah negara yg menguasai teknologi kelautan dan kedirgantaraan semoga kita bisa kuasai itu semua ,jet tempur, pesawat angkut militer/sipil, helicopter, drone,kapal selam, freeget/korvet, kapal patroli,LPD/LHD, LST,rudal, radar dll mantab
    NKRI harga mati

  22. Assalamualaikum wr.wb
    wahahahaha q baca komennya banyak yg ngeremehin :v
    sebenernya banyak konsep” yg pandai cuma belum tersampaikan aj dalam bentuk produk :v
    kl menurutku hanya org” konyol yg cuma bs ngeremehin aj :v
    jika hal tersebut sebuah perang dan org tersebut terlalu meremehkan sehingga lupa akan potensi ancaman pasti udh modyar tu :v
    kalau salah ya maaf 😀
    maaf oot 😀

  23. Dari 20% pembiayaan yg kita tanam, apakah nanti kita haroes membayar lg oentoek 50 pesawat yg akan kita trima ? Mohon infonya sesepoeh

  24. lanjutkan…insya allah sukses….amien ya rabb…

  25. GIMANA NASIB PROYEK RAHASIA Jet Tempu Bhassbol J-10BD ‘Bango’

    • gak usah kuatir bung , udah jalan kok udah nongkrong d sidoarjo menurut clue bung Nar

    • kemaren waktu ultahnya puspenerbal udah ada yg liat penampakannya di Juanda koq, malah ujicoba tembak sasaran jg. ane lupa namanya yg komen. ada disini koq yg kapan hari komen.
      ane tanya ma adik ipar ane yg kebetulan rumahnya di sebelah selatan juanda, jg bilang gitu, suaranya kenceng banget, bangunin tidur siangnya kata adik ane. pas dilongok keatas, ternyata pespur cm agak beda dari f16, gitu kata adik ipar ane.
      ane yakin kalo itu jitenbi..

      maaf cm komentar kuli..

      • Saya juga dapat info dari rekan2 seangkatan saya dari kesatuan biru langit pespur ini sudah di rakit. Posisinya dimana belum boleh saya ungkap. Untuk uji coba saya belum dapat info lebih lanjut karena rekan2 saya seneng maen di udara jd susah dikejar, kalau saya senengnya di darat aja..kakakakakakaka

      • @sempak : meskipun sudah ada clue dan fotonya serta desus2 dari juanda, tetap saja diteriaki hoax bung..xixixi…lihat saja ke sebelah:) salam

    • seharusnya J10B Bango dikasih lihat ke publik ..biar bangga sebagai anak bangsa kenapa harus dirahasiakan..

      ada yang bisa kasih clue-nya…

    • maaf ….Jet Tempu Bhassbol J-10BD ‘Bango’ pespur apa itu ya. ?

  26. Trus gimana nasib LFX ????

  27. trus gimana nasib rx750 yang bkal jadi supersonik

  28. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!! Absen pagi

  29. akhirnya
    semoga cepat diproduksi massal sblm 2020
    Aamiin Ya Robb
    perpur favorit no2

  30. info dari blog sebelah, J10 DB Bango sudah dalam tahap uji terbang. Saran sy Untuk Jangka pendak IFX sepertinya perlu dikembangkan agar bisa memanggul persenjataan timur juga. Agar bebas embargo

    • Alhamdulillah info yang sedap menjelang PUASA
      Ane mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa bagi teman-teman warjager yang menjalankannya
      Salam Indonesia Raya, Love NKRI

  31. kira2 bisa g yach bikin pesawat siluman rasa nusantara?, sebuah pesawat yg menggabungkan antara iptek dan ilmu warisan nenek moyang, seumpanya pesawat terbang d kasih ilmu menghilang, jadi selain tdk terdeteksi radar juga tak bs terlihat secara kasat mata… jadinya mengembangkan iptek sekalian melestarikan ilmu leluhur…. muehehehe… maaf klo ngimpi kesiangan.

    • Salam kenal bung GP,..
      Ide anda boleh juga, tapi bagaimana kalo tentaranya aja di kasih pelajaran aji halimun, terutama satuan-satuan elit TNI jadi begitu ada perang langsung deh di terjunin kekandang-kandang musuh sabotase tuh seluruh armada tempur mereka dan kasih racun seluruh makanan mereka, jadi menang mutlak tanpa sebutit peluru pun…
      hehehe.. bijimana oke?? Ngimpi bin ngayal mode on…

      • Salam kenal jg bung IB.. stuju bung, sebenernya klo ada yg bs manfaatin ilmu warisan leluhur, sy kira akan jg akan bs menghemat anggaran militer… tp udah ah bung IB, Kita sudahi mimpi kita, takutnya nanti kita d ketawain warjager yg lain.. hehehehehe…

        • lho? kenapa takut bermimpi?

          yg namanya ilmu itu saaaaangat luas, dan hanya milik Allah, selama hidup kita diwajibkan oleh-Nya mencari, belajar, memahami dan mengamalkan.

          baik dan buruk bukan karena ilmunya, tapi penggunaannya atau cara mengamalkannya

          contoh ilmu yg mulai dipelajari di negara maju, salah satunya telepati -berkomunikasi bathin- betapa hebatnya suatu negeri kalo bisa menguasai ini. tdk perlu beli radar dan alkom yg mahal2

          satu impian juga : ilmu teleportasi,
          nah apalagi kalo ini bisa jadi kenyataan?
          menurut legenda, pernah ada seorang alim (ilmuwan) jaman Daud/David menguasai ilmu teleportasi dan mengalahkan jin ifrit, sekali lagi ini menurut legenda lho.. :mrgreen:

          atau yg saat ini yang sudah umum : contoh hipnotis massal.
          kalau Allah memberi ijin seseorang menguasai ini, lalu saat perang dipakai buat menidurkan pasukan musuh, apa ga hebat?

          -maaf hanya asal komen-

          • salah satu ilmu warisan leluhur buat
            perang yg ane tau adalah…ilmu “nabok / gebok” orang bisa hangus tuh orang…!
            hehe…maaf cuma dapet ceritanya aja…tapi blom dapet ilmunya….

        • Berawal dari mimpi kita punya sesuatu untuk diharapkan, didoakan, dan diusahakan 💡

  32. Maaf, apa SRR itu akan punya taring ke Korsel utk memberikan suatu saran dan keinginan dari Indonesia agar KFX/IFX sesuai kebutuhan TNI AU. Ini kan oroject Korsel Kita hanya nimbrung doang karena cuma punya share 20% semua dari mesin, desain, avionik system dll Korsel aja yg nentukan Kita hanya mengikuti doang, Sorry klu salah butuh pencerahaan atas comment ini….

  33. Bukan hanya pantas bung, tapi memang besar

  34. good news..how about drone,cyber and hybrid?

  35. Proyek KFX/IFX sampai saat ini hanya sebatas pemikiran saja. Masih jauh dari kenyataan.

    Lebih baik STOP. Dan mencari rekanan yang baru.
    Karena Korea sendiri masih belum mampu merealisasi KFX/IFX ini.

    Silakan kalau tidak percaya.
    Tabik,

    • korea pasti akan disetir sama Amerika….khan anak asuhnya, jadi mana mungkin akan berbaik hati sama indonesia…betul juga cari negara lain yang bener2 mau kasih ToT sama kita..dan ga terlalu dibayang-bayangi sama ASU..

    • siap ! percaya bung broto … setahu sy Korea jg msh lobby amrik utk dpt tekno nya, apa kalo DI jln sendiri msh mampu lanjut smp beres ?

    • bner bgtu?..saya sependapat,tp msh tetap berharap jk proyek ini terealisasi…
      Knpa kita tdk melirik perancis yg sdh memiliki teknologi tinggi pswt tempur ya?..jk kita punya ide dan memiliki design canggih pswt tempur masa dpan tentu lbh bs didiskusikan/diandalkan kpd prancis drpd korsel

    • @mas Paladin dan @mas DenBdg.

      Betul begitu.
      Indonesia jangan terombang ambing diantara produsen besar. Kalau sudah ada maket dan rencara kenapa tidak digandeng rekanan dari Eropa yang masih berani “mbalelo” terhadap hegemoni Amerika?

      Misalnya MBB dan BAE-AP.

      Tabik,

      • pilihan tepat bung@broto … lbh baik balik lg ke “guru besar” ’76
        siap utk turun gunung bung ?
        wsslm

        • Mas DenBdg,
          Sudah pasti, kalau ada undangan dan aturan yang jelas dari pemerintah, jangankan saya yang dari Lockheed, mas B dan Bang NK ahli stress stuktural dari Boeing dan dik MK test engineer dari Raytheon juga bersedia bergabung kalau aturannya jelas. Toh kami kami ini sampai saat ini masih mempertahankan status sebagai WNI, padahal sering dianjurkan menjadi US citizen.

          Tabik,

    • Iya bener bung brotosemedi, saya baru aja ngopi bareng dengan teknisi utama kita yg dikirim ke Korea kebetulan beliau lagi datang ke mari karena menjalani puasa pertama bersama keluarga. Dan saya sudah denger penjelasan teknisnya, di proyek ini kebanyakan muatan politisnya dibanding hasil yg akan kita terima. Kita tunggu pemerintah baru, karena bobrok proyek ini bisa aja terbongkar.

      • Hmm.. gawat juga, mengingat proyek ini langkah awal agar bisa mandiri bikin pespur 😐 semoga tim teknisi punya langkah antisipasi.

      • bung Jalo, kalau perlu pisau,ini sy ada pisau yang tiap hari sy asah krn sy pakai utk menyembelih ayam. Bisa dipakai utk membedah lho. xixixi. miris.com

      • bung jalo terus terang dr dulu sy tdk yakin sm kerja sama ini,karena jelas merugikan RI,kita hanya buang” uang dan tenaga, duit yg sebenarnya bisa dipake untuk memperkuat AU RI dlm wktu singkat menjadi habis percuma. sy tdk prnh meragukan kemampuan teknisi kita, tapi faktor politislah yg akan menghambat semuanya. tapi kalau g salah ini pernah masuk list A 1 ya klu qt akan segera menerbangkan pespur buatan sendiri.

        • Bung faadhil, memang skrg ada 7 program prioritas dan kemandirian pesawat tempur.salah satunya. Sejymlah project untuk mengantisipasi sudah ada seperti LFX, lalu ToT jika mengakusisi Typhoon, dll. Ingat project KFX/IFX ini direkomendasikan pada tahun 2011 dan saat itu belum ada UU nomer 16 tahun 2012 jadi saya kurang percaya. Dari dulu sudah ada opsi ToT seperti dengan Cheko dan beberapa negara, kalau jalan mungkin skrg kita sudah bisa pespur light class, dan tinggal dikembangkan aja. Skrg ambil hikmahnya aja, meski duit yg keluar tidak sebanding dengan ilmu yg didapat tapi perlu bersyukur kita sudah mulai kembangkan pespur. Sekarang mari kita kawal, jika ada penyelewengan oknum2 tersebut harus dihukum berat karena merugikan negara.

          • bung jalo
            favorit saya pespur lfx dan ifx
            entah kapan bisa melihatnya mengangkasa dengan segala keangkerannya bagai gatotkaca

          • Klo saya nungguin rancangan lapan aja bung jalo..ga kalah gahar koq..dirancang sesuai lg ama keinginan user ama kondisi kondisi negeri kita..semoga terwujud ya nanti..hehehe

          • sy sepakat dengan pengembangan pespur lokal bung jalo karena itu adalah suatu kewajiban untuk menjadi sebuah negara besar, saya hanya ingin kita bermitra dengan negara yg lebih kuat dalam menangani tekanan dari negara adidaya untuk membatalkan proyek ini.

      • Mas Jalo,
        Kita yang dari LM saja sering dibuat pusing dengan tingkah laku Korea ndablek itu. Istilah orang jawa “esuk tempe sore dhele”. Lagipula mereka saya lihat sering meremehkan wakil RI karena mereka bilang sumbangannya gak sampai 20 persen.

        Lupa dia bicara dengan siapa hahaha…. 🙂

        PS bocoran: Kemarin 8 ekor Apache buat INA sudah sampai ke pabrik untuk dimodif Avionik dan Perangkat senjata yang baru.

        Sudah sampai disitu aja ya 🙂

        Tabik,

        • Wow mantap bung Broto. “Dimodif avionik dan perangkat senjata baru”, berarti inimbukan barang baru yang bung? Tipe D kah?

        • saya sependapat dengan bung Broto mengenai korea ndablek itu..memang ndablek,plin-lan alias tidak pernah konsisten..
          thanks atas bocoran informasinya 🙂 salam

          • @DewaKembar,
            Sebenarnya terhitung baru, karena pesanan terakhir USArmy, karena config mereka sudah mengembangkan yang F, kemarin kawan dari Boeing yang bilang.

            Yang kita dapatkan masih factory pre-owned, dari kelas D yang akan di rombak avionic dan perangkat senjata menjadi sekelas E standar USArmy sekarang karena biar bisa memanggul pinsil yang baru katanya.

            Tabik,

        • Thanks bung Broto untuk info tambahannya. Dan lagu, KFX/IFX itu mengikuti masalah di Korea bukan tanah air.

          Sukses terus disana bung…

  36. Setuju sekali Bung Brotosemedi.

  37. Putera-puteri terbaik bangsa yang terlibat dalam rancang bangun pesawat tempur KF-X/IF-X adalah para pionir yang melahirkan generasi pertama pesawat tempur dan ini akan menjadi bagian sejarah penting bangsa Indonesia ke depan,” tutur Direktur Utama PTDI Budi Santoso.

    pernyataan yang menarik^_^

  38. Secara waktu pembuatan kfx/ifx juga terlalu lama baru kelar 2020 utk prototype nya kl tdk diundur, itupun mgkn versi mesin tunggal gen 4.5 (versi downgrade dr C103iA Stealth).
    Secara korsel kn tlh berpengalaman membuat pespur T50 jd utk pengembangan pespur kfx mesin tunggal seharusnya tdk perlu waktu yg begitu lama.

  39. le ngarep-arep wis kawit biyen suk kapan olehe dadi ?

  40. Kalau melihat perkembangan tehnologi saat ini yg sangat cepat dan kualitas SDM kita. Rasanya kalau 2020 yo kesuweeeeeeen! Mudah-mudahan presiden yang akan datang bisa mempercepatnya. Amin. Jayalah Negeriku INDONESIA

  41. stop press :

    Developing Countries Fighter Aircraft Challenge Western Military Planes

    Source : Defenseworld.net Analysis ~ Dated : Wednesday, June 25, 2014 @ 02:40 PM

    Developing Countries Fighter Aircraft Challenge Western Military Planes

    The sky high cost of fighter aircraft acquisition is forcing developing countries to embark on their own programs in the process challenging the price and performance of American and European fighters.

    Turkey, South Korea, India, China and Pakistan claim to beat out western aircraft on cost. Though their technology may be inferior to that of Western or Russian aircraft, the level of equipment and armaments on these aircraft is considered ‘sufficient’ for their air forces.

    What should worry airplane manufacturers such as Lockheed Martin, Boeing, Eurofighter, Dassault and Saab is that some of the fighter plane manufacturers from the developing countries are eyeing the export market for relatively lower-priced fighter aircraft. This has come at a time when some countries in Asia, Africa and South America are looking to replace their Vietnam-era planes such as the F-5s, Mirage F-1s and MiG-21s with more modern planes.

    The South Korean KFX project which is aimed at producing F-16-class fighter jets is slated to fructify by 2023 and deploy 120 units over the following several years. “The KFX may prove that smaller nations, when combining funds and resources, can produce a near fifth-generation aircraft that approaches the capability of a fighter produced by countries with far greater resources, such as the U.S., Russia and China. But this is unlikely. KFX, if completed, may be appealing to less wealthy nations who cannot afford the F-35”, Richard Weitz, director of the Center for Political-Military Analysis at the Hudson Institute was quoted as saying in the New York times.

    Japan, whose military industry was blunted after World War II, is trying to get back into the global defence business. Its planned Mitsubishi ATD-X ShinShin developed by Japanese Ministry of Defense Technical Research & Development Institute is a first of its kind jet fighter with some advanced technology not even available in western fighters.

    This fighter plane is being developed as a 5th gen fighter to form the mainstay of the Japanese Self Defence Forces. Japan plans to replace its aging fleet of F-4s and F-15s planes.

    The U.S. RAND Corporation published a report on China’s arms exports, claiming that the J-10 fighter jet sold for less than US$40 million; whereas by contrast, the U.S. F-16, a similar class aircraft in active service, costs US$65 million. FC-1 fighter jets, K-8 jet trainer and light attack aircraft produced from joint research and design between China and Pakistan.

    Reports say that Myanmar is looking to purchase a license to domestically produce the J-17 aircraft, which is called the FC-1 Xiaolong in China. If the report is accurate, it would make Myanmar the first foreign purchaser of the jet. Currently, only Pakistan’s Air Force operates the J-17.

    The JF-17 is a lightweight single engine multi-role combat aircraft developed jointly by China and Pakistan

    It can be armed with a variety of bombs and missiles including PL-5EII, PL-9C and PL-12 AAMs, C-802A anti-ship missiles, general purpose bombs, and laser guided munitions and countermeasures on its 7 hard points (four under wing, 2 wingtip, 1 under fuselage). The aircraft’s standard set of armaments are supplemented by a 23 mm GSh-23-2 twin barrel cannon or 30 mm version of the same.

    The standard export price for the JF-17 Block I is $20 million and Block 2 being $25 million. Pakistan Air Force is the lone operator of the JF-17 with 54 aircraft operational including 6 prototypes.

    Pakistan is the most likely buyer for the J-31, at this moment following their joint development work on the JF-17 Thunder advanced fighter.

    J-31 is a twin-engine, mid-size fifth-generation jet fighter. It is said to be equipped with twin Russian RD-93 engines.

    Turkey hopes that the indigenous TF-X will fly by 2023. Turkey’s aerospace powerhouse, Turkish Aerospace Industries (TAI), has been debating three designs.

    Turkey’s Defense Industry Executive Committee (SSIK) decided to design, develop, and manufacture an indigenous next generation air-to-air combat fighter which would replace Turkey’s F-16 fleet and work together with the F-35.

    India’s Light Combat Aircraft (LCA) , also called Tejas has been long in development but the program has accelerated over the last few years with a limited series of aircraft flying with the Indian Air Force. The aircraft is the Saab Gripen class and is rumored to satisfy the Indian Air Force’s demand for a replacement for the MiG-21.

    http://www.defenseworld.net/news/10706/Developing_Countries_Fighter_Aircraft_Challenge_Western_Military_Planes#.U6 z6COdHLgx

    • Assalamualaikum wr.wb
      q gk setuju ma beberapa katanya

      The KFX may prove that smaller nations, when combining funds and resources, can produce a near fifth-generation aircraft that approaches the capability of a fighter produced by countries with far greater resources, such as the U.S., Russia and China. But this is unlikely. KFX, if completed, may be appealing to less wealthy nations who cannot afford the F-35”, Richard Weitz, director of the Center for Political-Military Analysis at the Hudson Institute was quoted as saying in the New York times.

      Indonesia itu bangsa yg besar serta memiliki sumber daya yg lebih besar d banding amerika, walaupun sumber daya amerika dan china di gabung belum tentu bs nyaingi sumber daya Indonesia.
      Namun kenyataannya pendanaan Indonesia lebih kecil daripada amerika padahal sumber dayanya melebihi mereka.

      hal inilah yg perlu d perbaiki bersama” semoga bisa diperbaiki segera, karena bila tidak Indonesia akan menjadi negara tempat pembuangan sampah negara” maju bilamana sumber daya Indonesia habis, sedangkan Indonesia memerlukan pemasukan pendapatan untuk belanja negara, q mencurigai ada banyak hal di esdmnya.
      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

  42. Bagaimanapun bangsa indonesia adalah bangsa yang besar……he….he…..

  43. Apapun bisa dilakukan oleh Indonesia dengan syarat 1. Uang jangan dikorupsi 2. Maksimalkan pendapatan dari SDA dengan tidak digadaikan kepada asing dan tidak dicuri oleh asing, 3. Sejahterakan rakyat 4. Pilih pemimpin yang mementingkan kemakmuran rakyatnya, bukan agen asing yang hanya menginginkan Bangsa Indonesia tidak punya kemampuan.dan mendahulukan kepentingan asing.

  44. Kalo Bisa ,… itu LM di pindahin aja ke Indonesia,… biar R&D semakin baik,…
    Kalo Bisa,…. minimal bikin Copyannya lah,….
    he he he,… “Ngarang”,….!

  45. Di harapkan pengembangan IFX sebaiknya memiliki tehnologi yang tidak kalah bersaing dengan F22, SU 35 bahkan F35. inovasinya harus seprti itu, jika tidak bagaimana mungkin IFX mampu bersaing tanding di udara dengan rifal 2 yg lain. masalah biaya. Kita Indonesia negara sangat kaya. Mengenai sumber daya. Rekut semua orang2 cerdas baik didalam maupun diluar negeri. Panggil mereka semua. beri fasilitas. apa yang tidak bisa!!!.

 Leave a Reply