Rantis Komodo Varian Recon

37
264

Jakarta – Dalam Indo Defence 2014, PT Pindad meluncurkan Kendaraan taktis militer Komodo 4×4 versi Reconnaissance yang dilengkapi body antipeluru yang mampu menahan tembakan senjata mesin 7.62 mm. Rantis Komodo ini telah digunakan oleh Kopassus dan Brimob.

Komodo versi Recon ini berbasis chasis truk Sherpa Renault yang dilengkapi transmisi otomatis dengan mesin Renault 4 silinder yang menghasilkan 230 HP dengan kecepatan maksimal 80km /jam.

Dengan kapasitas tanki 165 liter, Komodo varian Recon ini memiliki kemampuan jelajah maksimum 450 km. Selain dilengkapi dengan body anti peluru, Komodo juga menggunakan kaca anti peluru 38mm. Dengan berat 7,5 ton kendaraan taktis ini mampu menampung beban maksimal 1,5 ton untuk membawa 5 orang prajurit dengan peralatan tempur lengkap.

Rantis Komodo bisa dipasang turret senjata mesin 7,62 mm atau 12,7 mm. Kendaraan Komodo varian Recon memiliki panjang 5,4 m, lebar 2,3 m dan tinggi 2,2 m. Saat ini TNI AD memesan 40 kendaraan yang 8 diantaranya telah dikirim.

TNI juga tampaknya tertarik dengan Komodo varian mobile artillery command post dan telah menandatangani kontrak pengadaan 56 unit. Pesanan akan dikirim tahun 2015, dilengkapi platform peluncur rudal anti-serangan udara Mistral buatan MBDA. (Armyrecognition)

37 KOMENTAR

  1. Komodo terbukti kuat waktu dipake brimob menuju ke sasaran target operasi di poso karena ada laporan 2 ledakan keras .. tiba2 di berondong AK47 dengan kaliber 7.62mm … bolong2 bekas tembakan mulai kaca dan body tapi tidak tembus ke dalam tidak ada yg terluka … grill pelindung mesin pun ada bekas tembakan tapi mobil tetep jalan .. hebat ( bisa dicari berita dan gambarnya di google )

  2. ayo diperbanyak jangan cuma kopassus yang dikasih satuan lain juga harus pake, ketika rame perang lampung- bali, marinir di angkut pake rantis tua, truk tua mogokan lagi,umur kendaraanya dengan yang bawa tiga kali lipat tua mobilnya, gemana kalo perang….. !?

  3. Pagi indonesia khususnya indonesia bagian Timur , sudah 3 Hari Makassar Demo terus , MuLai dari jaLan ALAUDDIN , PETTARANI , sampai Perintis kemerdekaan , kepada teman2 warjager berdomisiLi di makassar jangan Lewati titik ini , ngomong2 Rantis komodo Varian Recon ini termasuk MRAP bukan yaah kayak BUSHMASTER sampai CASPIR Afrika SeLatan ?! 🙂

  4. Percuma kalo kemandiriannya belum seratus persen, pindad kalo diumpamakan buat mobil kaya karoseri. buat body tapi mesin masih impor. Bayangkan kalo sewaktu-waktu indonesia kena embargo luar negeri, luluh lantak ntu kendaraan gk bisa kepake. Menurut ane sudah sepatutnya kemandiriian indonesia di mulai dari dasar, pemanfaatan bahan tambang sampai menjadi bahan baku, bahan baku sampai menjadi produk, itu baru namanya mandiri 100%.