Jul 282017
 

Pesawat tempur SEPECAT Jaguar (photo : WW military)

Perancis kemungkinan akan menyumbangkan 31 pesawat tempur Jaguar ke India. Jaguar saat ini tersimpan di Ch√Ęteaudun (Eure-et-Loir), dan ditawarkan ke India sebagai hadiah, dengan harapan India akan memesan lebih banyak lagi pesawat tempur Rafale.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menawarkan sendiri pesawat Jaguar saat pertemuannya dengan Perdana Menteri Narendra Modi pada 3 Juni lalu.

Nantinya Jaguar bisa digunakan India sebagai suku cadang atau bahan kanibal untuk armada Jaguar yang masih dimiliki Angkatan Udara India (IAF).

Kesepakatan hibah itu itu tidak mengherankan karena platform Jaguar tidak banyak digunakan oleh Angkatan Udara Prancis.

Ada dua keuntungan dari hibah Jaguar yang bisa didapatkan Perancis, selain percuma menyimpan Jaguar yang sudah tidak terpakai, Perancis juga bisa mengharapkan lebih banyak pesanan pembelian peralatan militer dari India.

India sebelumnya telah menandatangani kontrak untuk membeli 36 pesawat tempur Dassault Rafale dari Prancis dengan harga US$ 8,8 miliar dolar. Rafale diperkirakan akan dikirim pada tahun 2019.

Saat ini, India masih memiliki armada 130 pesawat tempur Jaguar IM / IS (satu kursi) dan 30 Jaguar IB (dua kursi). Sekitar 60 unit dari Jaguar ini akan dimodifikasi menjadi standar DARIN III oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dan sisanya akan tetap menjadi standar DARIN II sampai dipensiunkan.

Upgrade standar DARIN III yang direncanakan mencakup radar multi mode dan auto-pilot baru, dan HAL juga mempertimbangkan pemasangan mesin yang lebih bertenaga (Honeywell F125IN menggantikan Rolls Royce Adour Mk 811) untuk meningkatkan kinerja, terutama pada ketinggian menengah.

HAL juga telah membangun 120 deep-penetration strike Jaguar dengan transfer teknologi dari perusahaan BAE Systems.

Defence News India

Bagikan:

  4 Responses to “Rayu India, Perancis Sumbang 31 Fighter Jaguar”

  1.  

    Dirayu dengan hadiah kakek-kakek apa India mau ya ?

  2.  

    kapan ya..kita di rayu..Rusia…hueheheh

  3.  

    Hahahaha… Anjir 30 Jaguar Eks Prancis Mungkin Nilainya Cuma 450Jt USD Sedangkan Jika Di Balas Dgn 30 Unit Pembelian Rafale Oleh India Yg Nilainya Sekitar 8 Milliar USD Pasti CEO Dassault Guling-2

  4.  

    Setiap artikel kalau yg ada 2 kata kunci “Rolls Royce” saya langsung badmood…
    Hueheheheeeee

 Leave a Reply