Nov 292014
 
Rudal RBS15 Mk3 yang diluncurkan dari kapal

Rudal RBS15 Mk3 yang diluncurkan dari kapal

Rudal permukaan-ke-permukaan (SSM) RBS15 Mk3 dikembangkan bersama oleh Diehl BGT Defence dan Saab Bofors Dynamics. Rudal ini merupakan varian terbaru dari keluarga rudal anti-kapal RBS15. Saat ini RBS15 Mk3 dalam layanan atau pesanan dari negara Swedia, Jerman, Polandia dan Finlandia.

Dikembangkan sebagai upgrade dari rudal combat proven RBS15 Mk2, rudal Mk3 berhasil diujicoba pada FMV (Lembaga Materiel Pertahanan Swedia) rentang bulan Oktober 2008. Rudal pertama dirakit di luar Swedia yakni di Jerman pada bulan Desember pada tahun itu.

Rudal RBS15 Mk3 adalah fire and forget, rudal jelajah jenis subsonik yang diluncurkan dari kapal dan truk. Rudal ini dapat digunakan untuk misi anti-kapal dan serangan darat.

Pada bulan September 2005, Jerman menetapkan rudal anti-kapal RBS15 untuk melengkapi korvet baru K130. Pengiriman dimulai pada Maret 2011 dan rudal itu resmi meluncur keluar kapal korvet K130 pada September 2011.

Pada bulan Oktober 2006, Saab Bofors Dynamics mendapatkan kontrak € 110 juta untuk memasok rudal RBS15 Mk3 untuk kapal patroli cepat Orkan Class dari Angkatan Laut Polandia.

Pada bulan November 2007, Saab dan FMV menandatangani kontrak pengadaan Sistem RBS15 Mk3 untuk melengkapi korvet Visby Class.

RBS15 Mk3 tersedia dalam tiga versi – peluncuran via kapal, truk dan udara. Varian peluncuran kapal dapat diinstal pada kapal perang berukuran kecil dan besar seperti kapal patroli cepat, frigat dan korvet. Rudal mudah diintegrasikan dengan sistem manajemen tempur dan dapat dioperasikan sebagai stand alone atau terintegrasi penuh.

Versi peluncuran udara-ke-kapal cocok untuk pesawat tempur modern. Adapun baterai rudal peluncuran lewat truk dapat dikerahkan dengan cepat untuk menyediakan pertahanan pesisir terhadap kekuatan musuh. Platform Peluncuran yang sangat mobile memungkinkan peluncuran rudal dari posisi tersembunyi yang terletak jauh dari pantai.

RBS15 Mk3 diluncurkan dari truk

RBS15 Mk3 diluncurkan dari truk

Bagian depan rudal RBS15 Mk3 meliputi piranti guidance dan elektronik yang diikuti oleh hulu ledak dan bagian bahan bakar. Bagian belakang terdiri dari sayap dan mesin turbojet serta dua motor pendorong paralel. Rudal ini memiliki sayap salib yang dapat ditarik selama penyimpanan.

Rudal RBS15 Mk3 memiliki panjang 4.35m, diameter badan 0.5m dan rentang sayap 1,4 m. Bobot peluncuran dan penerbangan (in-flight) rudal masing-masing 800kg dan 650kg. Rudal RBS15 Mk3 bisa menyerang target dalam kisaran 200 km, dan meluncur dengan kecepatan subsonik 0.9Mach.
Sistem bimbingan RBS15 Mk3

Sistem guidance dan kontrol RBS15 mencakup inertial navigation system, GPS receiver, radar altimeter dan altimeter radar dan Ku-band radar target seeker. Rudal RBS15 tahan terhadap countermeasures musuh. Dua rudal atau lebih dapat diprogram untuk mencapai target secara bersamaan dari berbagai arah untuk lebih menembus pertahanan udara kapal perang.

Rudal ini memiliki radar cross section rendah dan IR signature juga memiliki kemampuan canggih untuk seleksi dan menjejak sasaran seeingga tidak mudah dikecoh. RBS15 MK3 dinyatakan sangat tahan terhadap chaff, jammers aktif, umpan dan penanggulangan elektronik lainnya (ECM).

Rudal RBS15 Mk3 adalah sebuah low sea-skimming missile yang melakukan manuver mengelak tak terduga. Rudal meningkatkan daya dorongnya dalam fase terminal untuk menaklukkan rudal, senjata dan sistem senjata (CIWS). Sistem MEPS memungkinkan pengguna untuk membuat skenario yang berbeda dari peluncuran rudal.

Rudal dapat dilengkapi dengan hulu ledak heavy HE blast-fragmentation yang sangat efisien dalam menembus lambung dari setiap kapal modern. (NavalTechnology.com).

Rencananya rudal RBS15 Mk3 akan dipasang di KRI New Klewang dan saat ini PT Pindad telah bekerjasama denga SAAB Swedia, untuk pembuatan rudal.

  89 Responses to “RBS15 Mk3 Akankah Pengganti C-705 China”

  1.  

    apunten kapayunan

  2.  

    ka tilu

  3.  

    klewang jilid 2 tuuu

  4.  

    dilanjut……………..ketiga bro…|

  5.  

    Sepertinya ini lebih baik dr pd C-705 china

    •  

      jauh lebih baik bung,,

      •  

        Benar sekali tp sayang kecepatannya belum supersonic. Kalau jd ambil grippen, mk3 ini nungkin bisa diskon besar tentunya dengan TOT.

        Dari dulu kita itu banyak tertarik dengan sam medium. Dari Produk Rusia, nato, barat dan asia (termasuk korsel) semua dipelajari (brosur dan dokumen-dokumennya sampe numpuk di meja kerja saya) dan beberapa kali sempet nonton live uji cobanya tp ya itu cuma tertarik saja. Eksekusinya nunggu persetujuan istana

  6.  

    Boorrrrrrroooonngg

  7.  

    Yakhont Rusia saja deh lebih menjanjikan πŸ˜€

  8.  

    Semoga ada TOTnya dan Pindad bisa bikin yg lebih canggih untuk anti dot LHD sonotan.

  9.  

    Trus gmana tuh..perkembangan ToT C705..hilang gitu kabarnya..ada tau mkin..

    Salam

  10.  

    pake R-Han aja ….

  11.  

    Saya kurang tau yang mana Lebih ungguL , RudaL C series PLA atau RBS15mk3 SAAB???

  12.  

    di tandemin ke klewang bakal jadi batu sandungan canbera nih,

  13.  

    SAAB SAAB ….. *sigh

  14.  

    Kapan yah pabrik propelan kelar di bangun?
    Kayanya, lapan dan pindad baru akan kelihatan ada peningkatan kemampuannya mulai dari saat itu.
    Semoga!

  15.  

    ada yang perhatiin gambar yang terbang dari truk,,
    model nya mirip yang udah di ujicobakan di pamengpeuk garut dulu.. (produk lapan tapi lupa jenis nya,yang ada warna merahnya)

  16.  

    Jadi tot c705 rudal cina gagal gitu ..???

  17.  

    Baru rencana y
    Semoga benar2 terealisasi mantap buat kemajuan kemandiriaan alutsista ,.. Yg penting dpt TOT….

  18.  

    masing2 rudal punya keunggulan dimata user,mudah2an keunggulan masing2 dapat dipadukan.menjadi rudal nasional yg dpt diandalkan utk menggentarkan musuh.amin…NKRI HARGA MATI.

  19.  

    mantap getno wae ojo kesuwen

  20.  

    jangkaunya berapa km???

  21.  

    Apa Malah Gak pusing nanti kalo jadi di akuisisi utk KRI saja selain rudal RBS15-Mk3 Rudal sejenis dalam KRI TNI-AL sudah banyak rudal yg di Instal mau dri Yakhont,C-802,C-702,MBDA-Exocet MM38/MM40 Block2/MM40 Blok-3
    Apalagi TNI belum punya Network Centrick Warfare System yg Memadai krn kita membeli 2 macam Alusista dri Blok barat dan timur sehingga mengakibatkan susah untuk terintegrasi antara Alusista dri barat dan timur

  22.  

    pake Iskander nya Om Putin … dijamin abissss … he he

  23.  

    kekurangan nya cuma 1,,, kecepatan nya masih sub sonic,, kemungkinan ditembak SAM aster15,atau Vl mica itu 50-50, kecuali mampu terbang rendah di atas permukaan air agar tidak terdeteksi keberadaannya,

  24.  

    agak ajaib juga arah semburan roketnya, harusnya lebih efektif jika lurus ke belakang…

  25.  

    meybi bung, kl tdk slh ingat di artikel2 yg lalu, c series yg di ambil ujungnya doang (siker ato apalah, lupa) leher ke bawah lemah s*hw*t, ada yg di tembak malah nyungsep ke laut,

    knp ga nyoba bljr k jepun jg, rocketnya dah bisa bawa 6 ton ke GTo

    •  

      kalo ga slah,kampung nobita abis kna kacang atom ASU.
      kagak boleh jual senjata keluar,teote,ngembangin militer di bawah pengawasan ASU,, de el el.
      jadi kalo minta teote Insya allah kagak bakalan di kasih ma lurah nobita.

    •  

      Jepang sdh menawarkan barang ke kita yaitu kapal selam tipe soryu, pesawat angkut kawasaki c2 dan pesawat ampbi shinmaiwa

    •  

      Pernah baca kita dapat lisensi dari paman panda rudal c-series, mungkinkah ini yg anda maksud ya bung@ hadi?…. Cuma yg versi udara ke darat.

      •  

        Katannya sih rudal yg dilisensi ke kita ini memiliki kemampuan ngeles yg yahut alias memiliki kemampuan menghindar dari sergapan PFT (pebble flame thrower), dan ini yg sangat dibenci oleh pihak sekutu. Katanya siiich….

  26.  

    sangat mantap neh … moga trus lanjut & bisa dibuat disini, kemampuan se level ma yakont, bila ditembakkan salvo mampu ngatur teamwork sendiri artinya bila ngincer carrier aussie, 2 rudal RBS akan nyerang dari dua arah berbeda dalm waktu bersamaan … sulit di cover ciws …hasil tekno yg terbaru

  27.  

    coba main di sini patriotgaruda.com..nanti bung ketemu dengan mereka..imho

  28.  

    Jangan berharap rudal ini bisa menenggelamkan kapal* gang barat…
    mereka sudah ada jammingnya/anti dotnya…beli rudal barat untuk menghajar kapal*dari gang timur dan beli rudal* dari timur untk menghajar kapal* dari gang barat…ilmunya zig-zag saja simpel tapi mematikan..

    •  

      Itu jaman dulu bleguk….

      •  

        kau yang super duper duper bleguk. bisa tolong kau sebutkan teknologi jamming yang bisa melumpuhkan rudal
        jgn kau bilang dari serial last ship ato fillm die hard 4.0 ato dari game ini dan itu tp realitanya tdk sprt itu artinya sama aja lhu kebanyakan ngayal
        jammig butuh power ? daya yg jauh lebih kuat setidaknya 3-5 kali lipat untuk mengacaukan obyek yang dimaksud sebagai contoh jika kita ingi mengacaukan suati radar tertentu dibutuhan power jammer yg jauh lbh gede drpd radar tersebut. untuk obyek yg statis sj berapa power yg dipake aplg untuk obyek yang bergerak dgn kecepatan tinggi akan butuh poer yang jauh lebih gede

        amrik pernah mencoba super jammer tp ternyata selain butuh biaya gede krn butuh power gila2an tp resikonya gede krn bisa meyerang sistem pertahanan sendiri makanya amerika sampe sekarang emoh membuat super jammer krn tdk lbh efektif dan efisiensi dibandingkan dgn sam, ciws ato chaff / flare

        sewaktu ktt apec d bali penerapan jammer standar sempat dipake amrik melumpukan komunikasi di bali ttp bagaimana dgn bandara ngurah rai? oke2 aja atuh!!kenapa karena penerbangan sipil memliki datalink dan manajement system serta keamanan yg jauh lebih tinggi dibandingkan sistem lainnya sprti radio, ponsel dll. kl untuk penerbangan sipil tak masalah bgmn dengan militer dgn grade yg jauh lebih tinggi

        di amerika sendiri sj super jammer tdk akan dipake kapal perang krn mau tdk mau dibutuhkan kapa tonase gede yg isinya penuh dgn instrumen elektrik semua dan sekarang saya tanya apakah uss yang dipake hanya utk fungsi jamming, jawabannya tdk ada

        yg punya kapal berkemampuan jamming luar biasa itu cuma tongkok tp dipake oleh armada coast guard bknnya angkatan laut,

        sekarang stop khayalan kau dan kembali ke realita

  29.  

    TOT RBS 15 MK3 minimal harus beli 1 Sukadron Gripen sepertinya..:)

  30.  

    mmpng dlm posisi berhubungan hangat di si beruang, sharusnya dpt jg tot Kh-35 Uran.. cocok utk menabok LHD di selatan..

  31.  

    Yang ini sepertinya pakai proplan cair dan lebih bagus dari c750, indonesia wajib teoteh….

    •  

      semua rudal anti kapal diatas jangkauan 60 km pake propelan cair / avtur krn bermesin turbojet, ramjet & turbofan
      rudal anti kapal jarak pedek macam styx, sea skua ato penguin masih pake roket

      rudal anti kapal masih satu basis dengan rudal jelajah yang mengharuskannya terbang rendah untuk menghindari jangkauan radar dan tentunya lbh efektif memakai mesin jet yang berbahan bakar cair dibandingkan dengan yang memakai roket

      •  

        Yup.. roket berpendorong solid propellan terbatas jarak jangkaunya, tergantung panjang dan diameter serta kecepatan reaksi pembakaran dari lubang bintang ditengah solid propellant tsb, semakin besar bintangnya maka smkn cepat pembakaran dan semakin kencang laju roket tsb, efeknya berdampak semakin kecil radius jarak tempuhnya. contohnya seperti rudal2 manpads. kecepatannya tinggi tp jarak jangkaunya pendek. Kalau berbasis jet sprt turbofan, turbojet dan ramjet maka ramjet adalah yg tercepat. kecepatannya bisa tak terbatas krn memakai konsep memanfaatkan dari kecepatan laju rudal tsb dengan semakin cepat rudal tsb maka pemadatan udara terkompresi yg masuk melalui lubang intake depan rudal tsb smkn besar dan semakin terkompresi dan akan semakin berlipat ganda krn udara tsb di bakar dan terjadi pemuaian yg berakibat thrus di nozel semakin kuat mendorong rudal mencapai kecepatan sangat tinggi sprt yakhont/brahmos yg sdh supersonic dan akan melangkah ke hypersonic bahkan tdk menutup kemungkinan ke arah rudal2 ultrasonic yg kecepatannya nanti diatas 10 mach lbh. itulah kelebihan ramjet dibanding turbojet dan turbofan yg masih menggunakan blade utk mengisap dan mengkompresi udara dari seberapa besar turbin diruang pembuangan udara memutar rotor blade dan itu yg mnjd kelemahan mesin turbojet dan turbofan yg msh memakai sistem mekanis utk mengkompresi udara. Salam bung..

        •  

          kalo nggak salah air breather , tapi tetap butuh booster di awal , boosternya pakai solid propellant

          •  

            utk berbasis ramjet mmg perlu booster dari solid propellan utk akselerasi awal sampai pemadatan udara terkompresi terpenuhi baru ramjet dapat bekerja. dan sebagain lg mmg di desain penggunaan booster utk mencapai laju maksimal saat rudal akan mencapai fase akhir menuju sasaran yg gunanya memaksimalkan imfac dari kecepatan kinetic agar kepala rudal menjebol bodi kapal dan meledak di dalam. Salam bung Ahmad…

  32.  

    pamer hoax terus. rumor rafale bakal dibeli kenyataanya kini 3 besarnya kustru f-16 block60, gripen ato su-35. kemanakah rafale

    hoax kirov, slava, udaloy dll nyatanya mereka terus aktif hingga tahun 2025, ingat rusia dalam 5 tahun kedepan tdk akan membuat kapal perang baru, justru rusia sedang membangun galangan kapal perang baru dengan bantuan prancis di vladivostok menggantikan galangan kapal perang ex uni soviet di ukraina & belarusia

    hoax s400. china sebagai pembeli pertama baru dapat barang tahun 2017

    saatnya melihat realita!!!

  33.  

    muantap bung Pedro.

  34.  

    mantap ini nih temanx c803,c703,sama bulava,lebih mantap lg klo d tes d kapal nelayan asing tanpa surat2 wkwkwk…klo klo kapal malaysia gmn y tp sy cukup bangga menjadi rakyat nkri yg d didik untuk cinta tanah air..maju nkri thats first lion for asia

  35.  

    sudah lelah dengan berita C705 yang tak kunjung jadi, mending dialihkan ke yang serius saja, mending ToT sama Swedia saja

  36.  

    wkwkwkw….jgn pada ribut kawan yg pasti misi kita beli plus tot untuk kamandirian alutsista dlm negeri yg pasti entah itu,brahmos,yakhon,c805,c705,rbs mk3 itu contoh pembelian dgn tot yg jelas cukup sy ungkapkan”sempurna” malon,ausi,singaparo liat macan asia lg berbenah untuk kembali menjadi macan d asia jgn usik nkri lg because nkri harga mati…

  37.  

    semoga dapat TOT setelah pembelian… wkwkwkk

  38.  

    Missile ini jauh lebih baik dari pada missile China C702…Dan meyakinkan …
    Kalau beli Dan dapat TOT ..Kenapa kok ditunda??

 Leave a Reply