Apr 152018
 

Kapal perusak USS Laboon (DDG 58) meluncurkan rudal jelajah Tomahawk. © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Serangan udara yang dilaksanakan oleh AS, Inggris dan Perancis terhadap rezim pemerintah Suriah telah disambut oleh sekutu-sekutu Barat mereka, seperti dilansir dari laman The Telegraph.

Presiden AS Donald Trump pada Jumat malam berbicara kepada rakyat Amerika untuk mengumumkan bahwa tindakan militer telah diambil di Suriah, atas dukungan Inggris dan Perancis.

Tiga sasaran telah dipilih, untuk menyerang pusat rezim yang dipersalahkan oleh Barat karena dugaan serangan gas kimia di pinggiran Damaskus pekan lalu dan menewaskan lebih dari 70 orang dan melukai puluhan lainnya.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May bersikeras bahwa serangan itu “terbatas” dan tidak dimaksudkan untuk mendorong perubahan rezim.

Inilah bagaimana dunia bereaksi:

Iran

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa serangan terhadap Suriah oleh Amerika Serikat, Prancis dan Inggris pada hari Sabtu sebagai kejahatan dan tidak akan mencapai hasil.

“Serangan fajar hari ini terhadap Suriah adalah kejahatan. Saya dengan jelas menyatakan bahwa presiden Amerika Serikat, presiden Prancis dan perdana menteri Inggris adalah penjahat”, sebut Khamenei dalam pidato, menurut akun Twitter-nya.

“Mereka tidak akan mendapat manfaat (dari serangan itu) ketika mereka pergi ke Irak, Suriah dan Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir dan telah melakukan kejahatan seperti itu serta tidak memperoleh manfaat apa pun”, kata Khamenei.

Sementara Presiden Iran, Hassan Rouhani juga memperingatkan bahwa serangan rudal yang dipimpin oleh AS terhadap Suriah akan mengarah pada kehancuran lebih lanjut di Timur Tengah, menurut kantor berita Tasnim.

“Serangan seperti itu tidak akan memberikan hasil melainkan lebih banyak kehancuran. Amerika ingin membenarkan kehadiran mereka di wilayah itu dengan serangan seperti itu”, kata Rouhani seperti dikutip oleh Tasnim.

Rouhani mengisyaratkan bahwa dukungan Iran untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad akan terus tumbuh.

“Bangsa Suriah akan terus melawan agresi asing. Iran selalu membantu dan akan terus mendukung negara-negara yang tertindas di kawasan itu dan di seluruh dunia”, kata Rouhani.

Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan pun mengatakan bahwa rakyat Suriah pasti akan menjawab serangan tersebut dan orang-orang di dunia harus mengutuk agresi ini, menurut laporan kantor berita Fars.

Israel

Sebagai tanggapan terhadap serangan udara yang dipimpin Amerika di Suriah, Israel menyebut bahwa “tindakan membunuh” negara Timur Tengah yang telah dilakukan AS dan koalisi telah menempatkan Israel dalam bahaya.

Seorang pejabat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa presiden Donald Trump tahun lalu telah menjelaskan tentang penggunaan senjata kimia sebagai garis merah untuk tidak disilangkan.

Dia mengatakan bahwa operasi semalam yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Prancis dan Inggris sebagai contohnya. Pejabat itu mengatakan bahwa Suriah terus melakukan aksi-aksi pembunuhan dan menjadi pangkalan untuk tindakan-tindakan ini dan yang lainnya, termasuk Iran, yang menempatkan wilayah Israel, pasukan dan kepemimpinan dalam bahaya.

Pejabat itu berbicara secara anonim sesuai dengan protokol. Dan belum ada tanggapan resmi lainnya dari Israel. Israel telah mengeluarkan beberapa peringatan keras akhir-akhir ini tentang meningkatnya keterlibatan Iran di sepanjang perbatasannya di Suriah dan Libanon.

Irak

Serangan udara yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Prancis dan Inggris di hari Sabtu terhadap sasaran militer Suriah dapat memberikan terorisme kesempatan untuk dapat memperluas wilayah tersebut, tutur kementerian luar negeri Irak pada hari Sabtu.

Serangan udara menandai “perkembangan yang sangat berbahaya”, kata kementerian itu dalam pernyataannya.

“Tindakan AS dan koalisi seperti itu dapat menimbulkan konsekuensi yang berbahaya, mengancam keamanan dan juga stabilitas di kawasan itu dan memberikan kesempatan lain kepada terorisme untuk berkembang setelah digulingkan dari Irak dan sebagian besar dipaksa untuk mundur ke Suriah”, katanya.

Kementrian Luar Negeri Irak meminta kepada para pemimpin Arab untuk membahas situasi pada pertemuan puncak yang akan diadakan di Arab Saudi pada hari Minggu.

Arab Saudi

Arab Saudi telah menyatakan dukungan penuh untuk serangan yang dipimpin AS pada instalasi militer pemerintah Suriah, dan mengatakan itu sebagai tanggapan terhadap “kejahatan rezim” kepada warga sipil.

“Arab Saudi sepenuhnya mendukung serangan yang diluncurkan oleh AS, Prancis dan Inggris terhadap Suriah karena mereka mewakili tanggapan terhadap kejahatan rezim”, kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Pernyataan itu, yang disiarkan oleh situs berita resmi Saudi Press Agency, mengatakan bahwa serangan itu didorong oleh “penggunaan senjata kimia rezim Suriah terhadap warga sipil tak berdosa, termasuk wanita dan anak-anak”.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya telah menjadi pendukung utama kelompok oposisi Suriah yang memerangi pemerintahan yang sah, Bashar Al-Assad.

Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik serangan Barat terhadap rezim Suriah, rezim Bashar Al-Assad “pantas” mmenerima pembalasan atas serangan “tidak manusiawi” yang terjadi di Damaskus.

“Kami menganggap operasi ini sesuai”, kata Erdogan pada pertemuan partainya di Istanbul. Dan menambahkan, “Rezim telah melihat bahwa serangannya yang meningkat dalam beberapa hari ini melawan para pembangkang… tidak akan dibiarkan tanpa dijawab”.

Cina

China mengatakan pihaknya “menentang penggunaan kekuatan” setelah dilaksanakan serangan udara pimpinan AS terhadap Suriah dan menyerukan “kembali ke kerangka hukum internasional”.

“Kami secara konsisten menentang penggunaan kekuatan dalam hubungan internasional, dan menganjurkan untuk dapat menghormati kedaulatan, kemerdekaan dan integritas teritorial semua negara”, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Hua Chunying mengatakan tindakan militer sepihak yang melewati Dewan Keamanan PBB akan “menambah faktor-faktor rumit baru untuk resolusi atas masalah Suriah”.

“China percaya bahwa solusi politik adalah satu-satunya jalan keluar yang realistis untuk masalah Suriah. China mendesak semua pihak terkait untuk kembali ke kerangka hukum internasional dan menyelesaikan masalah melalui dialog dan konsultasi”, tambahnya.

China adalah salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Sabtu bahwa mengatakan serangan udara terhadap rezim Suriah “perlu dan sesuai” setelah adanya serangan senjata kimia yang menewaskan puluhan orang di Douma.

“Kami mendukung fakta bahwa sekutu kami… AS, Inggris dan Perancis mengambil tanggung jawab mereka. Intervensi militer diperlukan dan tepat”, kata Merkel, dan menyebut, “Semuanya membuat kita percaya bahwa (Assad) memikul tanggung jawab untuk serangan Douma”.

Pada Sabtu Merkel mengatakan bahwa tampaknya rezim Suriah telah menggunakan senjata kimia terhadap orang-orangnya sendiri pada beberapa kesempatan di masa lalu.

Merkel menambahkan: “Satu abad setelah berakhirnya Perang Dunia I, kita harus terus berjuang melawan erosi konvensi (internasional) tentang senjata kimia”. “Jerman akan melakukan, dengan cara yang ditentukan, upaya diplomatik untuk mendukung ini,” kata Merkel.

NATO

Kepala Pasukan Gabungan NATO menyatakan dukungannya untuk serangan Barat di Suriah. Jens Stoltenberg mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Saya mendukung tindakan yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Inggris Raya dan Prancis.

“Ini akan mengurangi kemampuan rezim untuk menyerang lebih lanjut rakyat Suriah dengan senjata kimia”, ujarnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Sabtu menyerukan penghentian serangan udara dan bagi semua negara untuk menghindari tindakan yang akan dapat meningkatkan situasi di Suriah setelah Amerika Serikat, Prancis dan Inggris melakukan serangan.

Guterres menunda rencana perjalanan ke Arab Saudi untuk menghadapi dampak dari aksi militer di Suriah tersebut.

“Saya mendesak semua negara anggota untuk menahan diri dalam keadaan berbahaya ini dan untuk menghindari tindakan yang dapat meningkatkan situasi dan memperburuk penderitaan rakyat Suriah”, kata Guterres.

Ia melanjutkan bahwa setiap penggunaan senjata kimia adalah tidak menyenangkan. Penderitaan yang ditimbulkannya sangat mengerikan, kata Guterres. Pimpinan PBB itu mengatakan pentingnya untuk bertindak sesuai dengan piagam PBB dan juga hukum internasional.

Dia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menyetujui pembentukan penyelidikan yang akan mengidentifikasi para pelaku serangan kimia yang terjadi di Suriah minggu lalu.

Uni Eropa

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk telah mengatakan Uni Eropa akan berdiri dengan sekutu-sekutunya “membela keadilan”.

“Pemogokan oleh AS, Prancis dan Inggris memperjelas bahwa rezim Suriah bersama dengan Rusia & Iran tidak dapat melanjutkan tragedi kemanusiaan ini, setidaknya bukan tanpa balasan”, tulisnya di Twitter.

Jean-Claude Juncker, Presiden Komisi Uni Eropa juga mengatakan penggunaan senjata kimia “tidak dapat diterima dalam keadaan apa pun”.

Boris Johnson akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Uni Eropa di Luksemburg pada hari Senin dalam pertemuan yang didominasi oleh serangan di Suriah, menurut James Crisp dari Brussels.

Selama akhir pekan, para diplomat dan kementerian Inggris akan berhubungan dengan rekan-rekan Uni Eropa mereka untuk meletakkan dasar bagi diskusi tentang serangan udara Jumat malam. Para Menteri Uni Eropa ini diharapkan agar mendukung bahasa yang mengutuk penggunaan senjata kimia dari kesimpulan Dewan Urusan Luar Negeri.

Indonesia

Indonesia menyatakan keprihatinan atas serangan udara sementara sangat mengutuk penggunaan senjata kimia yang menyebabkan hilangnya banyak nyawa tak berdosa di Suriah, menurut laporan Nicola Smith.

“Indonesia turut prihatin dengan tindakan sepihak oleh pihak manapun, termasuk penggunaan rudal Tomahawk, sebagai tanggapan terhadap tragedi serangan senjata kimia di Suriah”, tutur jubir kementerian luar negeri, Arrmanatha Nasir.

Jakarta berpendapat bahwa mengambil tindakan militer tanpa ada izin sebelumnya dari Dewan Keamanan PBB tidak sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional dalam penyelesaian sengketa secara damai.

Indonesia lebih lanjut meminta kepada Dewan Keamanan PBB untuk segera mengambil langkah-langkah dalam menyelesaikan krisis di Suriah, tulis The Jakarta Post.

“Bagi Indonesia, perdamaian dan stabilitas di Suriah hanya dapat dicapai melalui dialog dan proses politik yang inklusif”, kata Arrmanatha.

Filipina
Sementara itu, kementerian luar negeri Filipina menyarankan semua warganya di Suriah untuk tetap di rumah mereka masing-masing sampai pemberitahuan lebih lanjut, kata juru bicara Elmer Cato.

Menurut Cato mengatakan bahwa pejabat Filipina di Suriah, Crescente Relacion, telah “mendeskripsikan kurang lebih satu jam serangan rudal” di Suriah tersebut sebagai “Tahun Baru di Manila”, sebutnya

Kanada

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, telah mengesampingkan partisipasi Kanada dalam serangan tersebut, tapi mengatakan bahwa Kanada mendukung keputusan oleh sekutunya AS, Inggris dan Prancis.

“Kanada mengutuk dalam istilah yang paling kuat penggunaan senjata kimia dalam serangan pekan lalu di Ghouta timur, Suriah” kata Trudeau, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dari Lima, Peru, di mana dia menghadiri KTT Amerika.

Sebelumnya pada hari Jumat, Kanada menjadi negara terbaru yang menyebut bahwa Suriah bersalah atas serangan senjata kimia mematikan di Ghouta pekan lalu di depan pintu Presiden Suriah Bashar Al-Assad, meskipun saran Rusia untuk sebaliknya.

“Ketika datang ke penggunaan senjata kimia ini, jelas bagi Kanada bahwa senjata kimia digunakan dan bahwa mereka digunakan oleh rezim Assad,” kata Chrystia Freeland, menteri luar negeri Kanada.

Australia

Australia, sekutu dekat AS dan anggota aliansi keamanan Five Eyes, bukan bagian dari serangan terhadap Damaskus dan Homs, tetapi telah mengeluarkan pernyataan yang memberi dukungan kepada tindakan pasukan koalisi.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan bersama dengan menteri luar negeri dan pertahanan: “Penggunaan senjata kimia oleh siapa pun, di mana pun, dalam keadaan apa pun adalah ilegal dan benar-benar tercela.

“Rejim Assad tidak boleh dibiarkan melakukan kejahatan seperti itu dengan impunitas. Mereka mengirim pesan tegas kepada rezim Assad dan para pendukungnya, Rusia dan Iran, bahwa penggunaan senjata kimia tidak akan ditoleransi”, kata Turnbull.

Turnbull menyebut bahwa serangan udara itu adalah sebagai respon yang dikalibrasi, proporsional dan ditargetkan.

Bagikan:

  12 Responses to “Reaksi Dunia Terhadap Serangan Udara Suriah”

  1.  

    “Indonesia turut prihatin dengan tindakan sepihak oleh pihak manapun, termasuk penggunaan rudal Tomahawk, sebagai tanggapan terhadap tragedi serangan senjata kimia di Suriah”, tutur jubir kementerian luar negeri, Arrmanatha Nasir.

    Saya pun prihatin pak, itu koq cuma 32 biji yang kena, padahal udah pake EA-6B lho…

  2.  

    SELAMA RUSIA DAN REPUBLIK ISLAM IRAN RAYA MELINDUNGI SURIAH, BARBARIKA CS TIDAK AKAN MENANG.

    BERBAGAI MACAM CARA BIADAB BARBARIKA MENGHANCURKAN DAN MELENGSERKAN PRESIDEN SURIAH. MULAI DARI MENDUKUNG PEMBERONTAK, MENCIPTAKAN TERORIS DAN MEMFITNAH SENJATA KIMIA, TP SEMUA ITU GAGAL.

    BARBARIKA CS TDK BERANI MENERJUNKAN ANGKATAN DARAT SEPERTI DI LIBYA, IRAK DAN AFGAN, SERANGAN UDARA MENGHANCURKAN TP TIDAK AKAN BERHASIL MENUMBANGKAN PRESIDEN BASHAR AL ASHAD.

  3.  

    yang lucunya dari sekian banyak peryataan dan himbawan …adalalah pernyataan cina dan indonesia…hampir sama,,,seolah sudah didialogkan…atau sudah di rencanakan…ah entah lah mungkin perasaan dek aming saja….xaxaxaxaxa….

  4.  

    Keberadaan amerika kadang dibutuhkan, tp lebih berguna lagi jika amerika itu tidak ada lagi sama sekali…… (Bentar lagi pasti bakal2 ada yg ngamuk2 bin ngepot)

    😎

  5.  

    Belum ada hasil investigasi Independent sudah melakukan aksi tanpa mandat PBB! Oh iya 3 jagoan neon kan pemegang veto PBB ya tapi mengindahkan 2 pemegang veto lainnya Rusia-China.he3. Akan menarik klu 3 vs 2 pemegang veto adu bacot dan otot dimajelis (arisan) Umum PBB, apalagi turun gelanggang membawa gerombolan masing2 bakal bs ww gombel seri 3 nih!he3

  6.  

    Saya hanya prihatin. Fungsi PBB tidak ada. Jangan2 bila suatu saat di Indonesia ada yang jahil meledakkan bom ici chlorine. Indonesia akan diserbu Amerika cs. Hiii…ngeri

 Leave a Reply