Nov 222018
 

Kapal Induk USS Ronald Reagan (CVN 76) bersiap untuk berlabuh di North Island Naval Air Station di Coronado, Calif., setelah pelayaran perdananya pada tanggal 6 Juli 2006. (U.S. Navy photo by Chief Mass Communication Specialist Spike Call via commons.wikimedia; https://commons.wikimedia.org/wiki/File:USS_Ronald_Reagan_(CVN_76)_prepares_to_moor_on_North_Island_Naval_Air_Station_in_Coronado,_Calif.,_after_its_maiden_deployment_July_6,_2006_060706-N-HX866-004.jpg)

Sekelompok pendukung kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat diizinkan masuk ke Hong Kong pada hari Rabu, kurang dari dua bulan setelah Cina menolak kunjungan serupa terhadap satu kapal perang AS.

Keputusan pihak berwenang di Beijing untuk memungkinkan Angkatan Laut AS berlabuh di kota semi-otonomi Cina ditafsirkan sebagai upaya untuk meredakan ketegangan menjelang KTT G-20 pekan depan di Argentina, di mana Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump diharapkan bertemu.

Departemen Kelautan Hong Kong mengatakan bahwa Kapal induk USS Ronald Reagan, kapal penjelajah kendali rudal USS Chancellorsville, dan kapal perusak rudal USS Benfold dan USS Curtis Wilbur dibebaskan untuk kunjungan ke Hong Kong. Kehadiran empat kapal perang AS tersebut akan membawa sekitar 7.000 personel militer AS ke wilayah Cina.

Kunjungan itu dilakukan hanya dua hari setelah Angkatan Udara AS menerbangkan pesawat pengebom B-52 di sekitar Laut Cina Selatan, di mana Cina telah membangun benteng militer di pulau-pulau yang diperebutkan.

Sekitar dua bulan lalu, ketegangan sempat meningkat setelah setelah kapal perusak AS dan Cina berada dalam jarak 45 yard. Kapal USS Decatur disebut melakukan operasi “kebebasan navigasi” di dekat pulau-pulau yang diklaim Cina di Laut Cina Selatan. Para pejabat AS menyebut tindakan kapal Cina itu “tidak aman.”

Sumber: CNN

Bagikan:

  7 Responses to “Redakan Ketegangan, Cina Izinkan Kapal Induk AS Sandar di Hong Kong”

  1.  

    Sebagai fans boy nya cina gue engak seneng berita kayak gini ni…….seharusnya kan….aaaah sudah lah…

  2.  

    apakah MBAH BOWO bisa tenang di sana ?

  3.  

    Bahaya jg gak klu China-AS bs akur bs bagi2 kue di LCT dan LST, negara2 dikawasan bs jd sapi perah.

  4.  

    oh ternyata dia ngamuk2 kemarin di LCS ingin liat kota hongkong toh………bhahahaaaa

 Leave a Reply