Reinkarnasi Kapal Dagang Menjadi Mesin Perusak

Kapal Frigat adalah kapal yang dirancang untuk mempertahankan kapal induk dari serangan kapal selam. Biasanya kapal ini memiliki bobot yang tidak terlalu berat, hanya berkisar 3000 ton. Bahkan, kapal frigat milik Angkatan Laut Inggris hanya berbobot kurang dari 3000 ton.

Untuk persenjataan, kapal ini dilengkapi dengan rudal antipesawat, senjata, meriam otomatis, rudal kapal selam dan torpedo. Frigat juga membawa peralatan sonar untuk melacak kapal selam.

Namun siapa sangka pada awal abad ke-16 dan 17 frigat merupakan kapal dagang yang ramping dengan sistem penggerak layar atau dayung. Baru pada akhir tahun 1600, Angkatan Laut Inggris mengadopsi frigat dan dirubah menjadi kapal perang dengan dilengkapi 30 sampai 50 senjata.

Pada tahun 1855 lahirlah frigat bermesin uap yang dibuat oleh Inggris dan diberinama kapal escort. Tidak mau kalah, Angkatan Laut AS akhirnya juga membuat sejumlah kapal frigat dengan bentuk yang lebih besar. Tahun 1975 nama kapal frigat kemudian digunakan secara internasional.

Sharing

Tinggalkan Balasan