Des 112015
 
Jakarta

Jakarta

Di antara beberapa kota yang ada di Indonesia, Jakarta adalah salah satu kota yang terbilang cukup menjanjikan selain Surabaya dan Bandung untuk mengais rejeki bagi masyarakat pedesaan. Bahkan menurut sebuah portal real estate global yang bernama Lamudi, Jakarta termasuk lima kota yang ada di negara berkembang yang dianggap sebagai silicon valley atau jantung perusahaan selain Medellin (Kolombia), Amman (Yordania), Lahore (Pakistan), dan Lagos (Nigeria).

Predikat Jakarta sebagai jantung perusahaan tentu saja bukan isapan jempol semata. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya gedung-gedung pencakar langit yang tegap berdiri hampir di seluruh wilayah Jakarta, dari mulai gedung pemerintahan, perusahaan dan lain sebagainya. Kondisi seperti inilah yang kemudian menyebabkan banyak orang dari seluruh penjuru Indonesia untuk mengadu nasib di ibu kota. Tak sedikit dari mereka ada yang berhasil tapi tak sedikit pula ada yang kemudian mengalami kegagalan dan tinggal di jalanan.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), kenaikan Jumlah penduduk di DKI Jakarta periode 2010-2014 meningkat mencapai 1,43 persen. Selain itu, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI, saat ini jumlah penduduk kota Jakarta sudah mencapai 12,7 juta orang pada siang hari dan 9,9 juta orang pada malam hari.

reklamasi jakarta

Masalah lainya yang dihadapi oleh pemerintah daerah Jakarta terhadap lonjakan jumlah penduduk tersebut adalah masalah pemukiman atau tempat tinggal. Jika jumlah penduduk Jakarta mengalami pertambahan namun tidak diseimbangi dengan luas daratan yang ada, maka akan menjadi permasalahan sosial yang baru seperti kepadatan penduduk, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.
sebagainya.

Di beberapa negara maju seperti China, Singapura dan Belanda kepadatan penduduk juga menjadi persoalan yang sangat urgent. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, pemerintah setempat mengubah kawasan pantai yang rusak menjadi sebuah lahan baru yang memiliki nilai yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu dengan kondisi Jakarta yang cukup memprihatinkan tersebut, reklamasi adalah sesuatu yang lazim dilakukan. Karena tidak mungkin jika pemerintah DKI Jakarta harus mengorbankan lahan-lahan yang produktif untuk dialihfungsikan menjadi lahan pemukiman. Apalagi, reklamasi teluk Jakarta yang nantinya akan selesai pada tahun 2018 dampaknya sudah dikaji secara mendalam oleh pemprov DKI bersama dengan pakar kelautan, perikanan dan tata ruang kota. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dampak negatif yang selama ini dikhawatirkan oleh sebagian masyarakat.

Kiriman : Kristiyono Nugroho

  16 Responses to “Reklamasi Laut Sebagai Solusi Keterbatasan Lahan”

  1.  

    Salah satu penyebab Jakarta tenggelam ya reklamasi pantai itu………….

  2.  

    Indonesia masih luas ga perlu reklamasi pantai, jgn semuanya dipusatkan di jakarta, sekarang aja klau musim hujan banjir dan macetnya minta ampun. Berikan kesempatan pada daerah lain. Apalagi ditambah reklamasi tambah macet lg berapa ribu kk yg akan ditampung disitu. Efeknya luar biasa

  3.  

    Sayang sekali hanya org exclusive berpenghasilan tinggi yg di izinkan tinggal di karenakan biaya nya mahal. Coba lihat sang investor pasti akan membuat apartmen mewah dan tempat wisata spt di dubai.. kalau tdk salah ini projectnya agung komodo bkn ?

  4.  

    Kondisi penurunan permukaan tanah atau land subsidence di kota Jakarta disebabkan:

    -Tingginya tingkat pengambilan air tanah untuk keperluan persediaan air di Jakarta.
    -Banyaknya gedung-gedung tinggi di Jakarta, yg mengurangi tingkat kepadatan daratan di Jakarta.
    -Ekstraksi air tanah yang cukup banyak sehingga lapisan antara tanah bagian atas dengan bawah tidak kuat.
    -Keberadaan gedung-gedung tinggi terus memberikan tekanan thdp permukaan tanah.

    Akibatnya:
    -Ketinggian muka tanah di DKI menurun setiap tahun.
    -Tidak akan ada lagi sungai yang mengalir di Jakarta karena kondisi penurunan muka tanah tsb.
    -Turunnya permukaan tanah menyebabkan air mudah tertampung/tergenang mnyebabkn banjir di Jakarta.

    Geologi:
    -Daratan Jakarta terdiri dari sedimen laut yang lunak.
    -Tanah lempung di jakarta dapat menyerap air hingga kadar tertentu. Jika misalnya terjadi hujan selama empat hari, maka tanah lempung yg memiliki karakter jenuh/batasan tidak akan bisa menyerap air lagi. Hal ini diperparah dengan banyaknya pembangunan dengan beton dan aspal.

    Wallahu’alam..

  5.  

    reklamasi.?

    makan bnyak SDA lainya itu, buat lahan baru, bikin kerusakan baru. pindah aja ibukotanya

  6.  

    betul bung,…..bangun saja papua …..bikin gedung pencakar langit , apartemen, pabrik, kantor , perumahan….niscaya gak ada lagi masalah di papua

  7.  

    ada sebab pasti ada akibat…

  8.  

    Saya yakin nin cuma proyek buat ambil duit rakyat…akan banyak maksiat dan mudharat nya nih pembangunan….hanya kaum borjuis aja yang akan menikmati surga dunia ini….kalau niat membangun bangun dulu kenyamanan dan kerapian kota masing2 dengan di sesuaikan jumlah kepadatan penduduk.

    dan meningkatkan kemajuan dan pembangunan di kota2 di kepulauan indonesia…jangan cuma jakarta kalau perlu industri dan ekonomi di pindah dan di bagi ke kota2 lain…

    Percayalah pembangunan pulau reklamasi model seperti ini tidak akan membawa kemajuan untuk rakyatnya…hanya orang kaya dan borjuis yang menikmati…diskotik2 dan prostitusi legal kaum elit akan bebas dan terlindungi dengan aman di tempat ini….

    jangan lupa jakarta belum berbenah…atur tata kota dan kerapian nya dulu…dari pada reklamasi pulau bangun kota2 di jawa,papua,sulawesi,kalimantan dan sumatra….jangan fokus di jakarta saja jakarta akan mati jika pusat ekonomi dan pemerintahan berpindah harus nya jakarta sebagai pusat pemerintahan saja sedangkan ekonomi dan perindustrian di sebar ke seluruh indonesia…

  9.  

    reklamasi bukan solusi dari akar masalah kenapa daerah lain tidak berkembang seperti djakardah

  10.  

    BUAT PULAU REkLAMASi yg LUUWAASSS & BUWESSSARRR Ri agar bsa bersaing HebaT dgn 2OO negara yg MUAJU PESAT BESAR

  11.  

    GEDUNG NEGARA ASiNG kita tiru/contoh persis,kita jipLakk BANGUN YG LbiH BUWESSAARR BUAT PULAU REkLAMASi yg LUUWAASSS & BUWESSSARRR Ri agar bsa bersaing HebaT dgn 2OO negara yg MUAJU PESAT BESAR

  12.  

    GEDUNG Tinggi menjuLang NEGARA ASiNG kita tiru/contoh persis,kita jipLakk BANGUN YG LbiH BUWESSAARR BUAT PULAU REkLAMASi yg LUUWAASSS & BUWESSSARRR Ri agar bsa bersaing HebaT dgn 2OO negara yg MUAJU PESAT BESAR