Apr 102017
 

Angkatan Udara India berencana untuk mengakuisisi pesawat Mig-29N yang telah pensiun dari Angkatan Udara Malaysia. “Angkatan Udara India sangat tertarik untuk membeli Malaysia Mig-29N” seperti ditegaskan oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Langkah dari Angkatan Udara India ini mendapatkan penghargaan dan dikritikan pada saat yang sama, seperti dilansir dari Defence Update.

Angkatan Udara India mengambil langkah ini untuk menghentikan menipisnya kekuatan tempur di angkatan udara yang bahkan saat ini pesawat tempur yang beroperasi tidak sampai 70% dari seluruh armada yang ada. Dalam hal ini Angkatan Udara memainkan kartu pintar dan telah berencana untuk kesepakatan dibarter saat ini.

Dengan demikian, Angkatan Udara India bersedia untuk membagikan suku cadang Su-30MKI dengan Malaysia. Malaysia sangat membutuhkan suku cadang dari Su-30MKI untuk digunakan pada Su-30MKM-nya. Perdana Menteri Malasia mengkonfirmasi kesepakatan barter antara kedua negara dengan menyebut “Ada kemungkinan juga bahwa mereka [India] akan membeli pesawat MiG 29 kami untuk direparasi. Kami dibalas dengan menerima suku cadang untuk program pesawat Sukhoi kami”.

MiG Malaysia ini telah berusia sekitar 22 tahun, yang akan diakuisisi oleh Angkatan Udara India dan meng-upgrade hingga setingkat UPG. Saat ini MiG-29 UPG adalah salah satu MiG-29 yang paling canggih di dunia. Upgrade MiG-29 tersebut termasuk radar AESA Zhuk-ME, mesin turbofan RD-33 seri 3, probe IFR, sistem kontrol senjata dan avionik canggih.

Upgrade UPG India akan menelan biaya US $ 13 juta per unit, sedangkan Mig-29 baru seharga US $ 22 juta. Langkah cerdik ini akan menghemat US $ 9 juta per unitnya (diluar biaya akuisisi US $ 4 juta per unit dalam bentuk suku cadang). Setelah upgrade, pesawat akan memiliki lebih banyak kemampuan. India belum pernah memperoleh jet tempur bekas sebelumnya.

Keputusan India dinilai bijaksana karena jet tersebut dapat melayani Angkatan Udara India selama 15 tahun kedepan. Angkatan Udara India sedang mencoba untuk mendapatkan jet ini untuk mengisi kesenjangan, mengupgrade kemampuan tempur mereka lebih mematikan dan menjaga kekuatan angkatan udara sampai Rafael dan jet tempur generasi kelima memasuki layanan.

Mig-29 mungkin memiliki reputasi yang menyusahkan dan pemeliharaan yang rentan tetapi tak diragukan lagi masih sebagai salah satu jet tempur utama untuk Angkatan Udara di India dan membawa reputasi menakutkan bersama mereka. Dengan hampir 110 unit Mig-29 yang dioperasikan oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut India.

India adalah operator terbesar kedua dari Mig-29 di dunia setelah Rusia dan ketika Malaysia meminta bantuan kepada Rusia dan India untuk menyingkirkan Mig-29N tua berusia 25 tahun, itu jelas merupakan sumbangan dari pemerintah India. India telah setuju untuk menguji apakah 12 unit Mig-29N yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Malaysia dapat di upgrade dan memasuki layanan dengan Angkatan Udara India.

Angkatan Udara Malaysia pada tahun 2009 telah menyebutkan bahwa mereka meminta harga US 67,6 juta untuk 16 unit pesawat, atau sekitar US $ 4,2 juta per unit. Jadi kemungkinan saat ini India bisa memperoleh dengan harga US $ 4 juta per unit dan apakah masih bisa memperoleh diskon dari Malaysia saat ini masih belum terlihat.

Myanmar adalah negara terakhir yang memperoleh jet tempur Mig-29 dengan desain airframe asli dari Rusia seharga US $ 31 juta per unit. Sementara itu, Iran adalah negara pertama yang menunjukkan ketertarikan untuk memperoleh jet tempur ini dari Malaysia dan merupakan klien pertama yang setuju dengan harga yang ditawarkan, namun pemerintah Malaysia memutuskan untuk tidak menerima tawaran dariIran tersebut.

India dan Malaysia telah sepakat untuk melakukan barter tersebut. Menurut laporan Media Malaysia, jet tempur MiG-29N TUDM masih dalam kondisi yang baik dengan sedikit airframe yang telah melebihi 2.000 jam terbang, dengan upgrade ke Standar UPG di India maka MiG-29 tersebut nantinya mampu melayani India selama 15 tahun.

Bagikan Artikel:

  44 Responses to “Rencana Cerdik Angkatan Udara India Dibalik Akuisisi Murah MiG-29 Malaysia”

    • Dibawah PM Najib, malingsia emang top markotop….

    • Ente baca yg teliti.. menyingkirkan mig29 sebelum jrt rafale generasi ke lima masuk layanan..
      Hahaha…. bgaimana mind set anda. Logika anda.. haha
      . mig generasi ka 4 oge te ka urus komo rafale gen 5..
      TONG SOK AYA AYA WAE SATEH KUYAA.@!!!

    • Ente baca yg teliti.. menyingkirkan mig29 sebelum jrt rafale generasi ke lima masuk layanan..
      Hahaha…. bgaimana mind set anda. Logika anda.. haha
      . mig generasi ka 4 oge te ka urus komo rafale gen 5..
      TONG SOK AYA AYA WAE SATEH KUYAA.!!!

    • Suku cadang sukhoi malay di ganti suku cadang bajaj india

  1. Ok

  2. India cerdik berarti malay dikadalin. Ditawar semurah murahnya. Seperti nego rafale. Dan kemudian jual suku cadang semahal2 nya. Ujung2nya malay yg tekor malah harus tamvah uang.

    • hihihi…..

    • Saya tebak cuma suku cadang tambahan bung. Si malay suku cadang ga ada dari india.

    • bukan seperti itu bank @Ruskye, malay udah cerdik soalnya saat India menawarkan barter dengan pisang mereka tidak mau, mereka lebih milih barter onderdil aja, karena dalam benak mereka onderdil itu lebih banyak, berarti pisangnya belum di ecer bung 😆 wkwkwkw

    • Cara dagang khas ular pak Takur ko dilawan……. xixi….

      • iya bro, gua kenal orang india, kalau minta apa apa maunya paling murah sekaligus paling bagus, ngototnya ga ketulungan…. , ati ati saja bisnis sama mereka, bakalan rugi terus.

      • Apa Kata Russia soal ini…?
        Jelas Russia akan percaya Dan yakin sama Omongan nya perancis …bahwa Malaysia Tidak becus ..tidak professional Dalam mengoperasikan Alutsista yang dibeli nya sendiri ..
        Beli submarines scorpene Dan Mig 29 .. Tapi Tidak bisa mengoperasikan secara baik…professional and awet …payah sekali …
        Itulah kelebihan TNI ..
        Pesawat tempur Hawk nya ..tidak Dijual saja sekalian Ke Indonesia? Hawk 209 nya TNI AU banyak sekali yang rontok …rusak Dan..crash..

  3. Jadi tulisan di facebook fans ada benarnya, udah ramai yang minat mau Mig29 sejak lama.
    Coba f5 indonesia apa laku? Ada yang mau gak ya. Ato jual aja kilo ke madura.

  4. Cerdik lah…biasanya barter Ama pesawat lagi..ini cuman Ama sparepart…wkwk

    • Artinya spareparts orisinal dari Russia susah didapat, bisa jadi karena embargo…… tapi bisa juga karena tak ada duit, ini yg paling masuk akal.

      Spareparts Sukhoi mahal ??…. kalo ada duit tidak ada yg mahal….. 😆

  5. Betul…3x…hidup najib

  6. :lol::lol::lol::sad:

  7. Hihihi… Kate negara Terkaya di Kawasan tapi Kok Nak Beli suku cadang Sukhoi aja Harus Barter Dulu…

    #Malay dah Bangkrut
    #Hidup Najib

  8. Judulnya saja, sdh membuat saya bahagia, bahkan saya terharu membaca judulnya 🙁

  9. Siap2 negosisasi gagal atau paling engga alot ma india … gak percaya? Liat aja .. paling dikasih part SU30 yg engga esensial

  10. Tuh kan beli pespur bekas bukan sesuatu yg jelek;USMC aviation paling sering beli pespur bekas mulai dari Harier bekas; F 5 tiger bekas… padahal USA loh! Beli bekas juga

  11. Asyiik disaat jet pejuang malay mw dbarter ama suku cadang karena tak de wang jet sukhoi Ri malah di upgrade biar setara su 35
    Bravo tni

  12. baca judulnya saja udah pengen joged .untuk itu mari kita dengarkan lagu india dengan judul sepotong pisang sambil joged india … aca aca. nehi..nehi..

  13. semakin lama semakin ci*ta pada najib, ape-ape mau dijual,..

    la kalo udah gak ada pesawat , mu jual ape lagi,..

    wkwkkwkkwkw

  14. kebiasaan orang india kalo nawar sampai berdarah darah, pengalaman ngadepin pembeli india, nawarnya ngajakin berantem, padahal barang yang dibeli sepele. pelitnya pool!

  15. Hebat jg India Pespurnya banyak jg dr beruang siberia, tar lg pespur dr malay yg diupgarde total!

  16. Mantap India… tawarlah yg lebih rendah wkwkw biar untungnya lebih gede :D

  17. dah miskin kah malai? sampai harus barter dgn suku cadang,kenapa gk beli baru aja.malay sibuk cari suku cadang su 30.tapi indonesia sedang memesan su 35

  18. dulu sombong sama kami.tapi skarang barter pesawat demi suku cadang

  19. DINEGO AJA SAY PASTI BISA SAY DI NEGO SAMPAI OKAY!

 Leave a Reply