Rencana Penenggelaman Kapal Pencuri Ikan Disiapkan

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo:Kompas.com)
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo:Kompas.com)

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko tak main-main dalam upayanya menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo untuk menenggelamkan kapal illegal fishing. Jenderal bintang empat ini meminta KSAL Laksamana Marsetio untuk membuat rencana matang terkait hal itu.

“Kita rencanakan untuk penenggelaman kapal illegal fishing. Saya perintahkan KSAL untuk disiapkan perencanaan dengan baik,” ujar Moeldoko usai membuka Latgab Detasemen Penanggulangan Teror (Gultor) dan Paskhas di Halim Perdanakusuma, Jaktim, Senin (1/12/2014).

Perencanaan yang matang, kata Moeldoko, sangat diperlukan karena jangan sampai malah menjadi kontraproduktif untuk Indonesia di mata internasional. Namun kata dia, sikap tegas Indonesia harus tetap ditunjukkan.

“Jangan sampai kita masuk dalam situasi kecaman global yang harus diwaspadai. Tapi sikap tegas harus kita tunjukkan sesuai perintah presiden,” ujar Moeldoko.

Jokowi dalam kesempatan sebelumnya menyatakan dalam upaya penenggelaman kapal illegal fishing itu, para awak kapal harus diselamatkan terlebih dahulu. Senada dengan itu, Moeldoko menekankan perlunya kehati-hatian.

“Jangan seolah itu kapal yang ada manusianya ditembak pesawat tempur. Nanti kita sampaikan, kesannya kapal yang masuk wilayah kita ditempak pesawat tempur. Jangan sampai begitu,” ujar Moeldoko. (Detik.com).

Tinggalkan komentar