Oct 242018
 

KRI Nagapasa (403) TNI AL. (credit: TNI AL)

Jakarta, Jakartagreater.com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu belum memastikan akan melantik Tim Pelaksana Komite Senjata atau biasa disebut Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang rencananya dilakukan pada Selasa, 22-10-2018.

“Jadwal pelantikan struktur baru KKIP masih belum ditentukan. Bisa minggu depan, kan tergantung saya,” kata Menhan Ryamizard di kantornya, Jakarta, Selasa, dirilis Antara, Selasa, 23-10-2018.

Menurut mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini, rencana jadwal pelantikan Tim Pelaksana KKIP masih menunggu jadwal yang ditentukan oleh dirinya. “Tergantung saya. Saya mau ke China pada Rabu (24/10/2018),” tegasnya.

Menhan Ryamizard juga merespon anggapan bahwa tidak ada komunikasi antara Kemhan dengan Komisi I DPR RI terkait dengan struktur baru KKIP tersebut. Menurutnya, hal itu lantaran belum ada kepastian jadwal pelantikan.

“Kan belum dilantik masa dikasih tahu. Kan kalau diubah-ubah orangnya gimana,” ungkapnya. Ryamizard menjelaskan, perombakan di struktur KKIP memang karena sudah waktunya karena orang-orang lama yang ada dalam struktur tersebut memang sudah perlu diganti.

Menurut dia, ada dua orang yang akan mengisi posisi sebagai Wakil Ketua Pelaksana KKIP yang baru tersebut.

“Lihat saja nanti (komposisinya). Yang pasti wakilnya dua. Ada Irjen juga,” paparnya.

Ryamizard menegaskan struktur baru pimpinan pelaksana KKIP yang berada di bawah komando Kementerian Pertahanan juga mengakomodasi pihak swasta dan bukan hanya militer.

“Iya, dong harus. Swasta itu penting. Di luar negeri coba lihat industri pertahanannya swasta semua. Contoh, yang buat kapal selamnya, yang buat pesawatnya di Amerika Serikat, Korea, Inggris, itu swasta,” tuturnya.

Ryamizard: Pergantian Tim KKIP Tidak Berunsur Politis

Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu, menegaskan, pergantian Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang baru tidak ada unsur politis, dirilis Antara, Senin, 22-10-2018.

“Kenapa,  Enggak ada. Enggak ada,” kata Menhan Ryamizard pada Senin 22-10-2018 di Jakarta. Menhan Ryamizard menjelaskan, perombakan di struktur KKIP memang karena sudah waktunya sebab orang-orang lama yang ada dalam struktur tersebut memang sudah perlu diganti.

Purnawirawan Jenderal bintang 4 itu memastikan, pelantikan struktur baru KKIP itu akan dilaksanakan pada Selasa 23-10-2018. Ada 2 orang yang akan mengisi posisi sebagai Wakil Ketua Pelaksana KKIP. “Lihat saja nanti (komposisinya). Yang pasti wakilnya 2 orang. Ada Irjen juga,” ujar  Menhan Ryamizard Ryacudu.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu juga menepis isu yang menyebut Tim Pelaksana KKIP ada yang dekat dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Ryamizard Ryacudu, menegaskan, tidak ada kubu-kubuan dalam pembentukan struktur Tim Pelaksana KKIP tersebut. “Kenapa kubu Prabowo, saya temannya Prabowo, memang saya kubunya. Saya satu leting dengan Prabowo, saya satu leting dengan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono),” kata Menhan .

Menurut Menhan Ryamizard Ryacudu, tidak boleh ada permusuhan dalam membangun Indonesia meskipun berbeda pandangan politik karena semua anak bangsa harus bersatu.

“Enggak ada masalah. Memang harus musuh-musuhan, Enggak boleh. Masa soal partai kita harus musuh-musuhan, enggak bagus. Soal partai, kita NKRI pecah enggak boleh,” jelas Ryamizard Ryacudu.

Ketua Tim Pelaksana KKIP Laksamana (Purn) Sumardjono dan wakilnya, Marsekal Madya (Purn) Eris Herryanto, dan jajarannya dikabarkan akan diganti.

  2 Responses to “Rencana Pergantian Tim Komite Kebijakan Industri Pertahanan”

  1.  

    ganti sp sj yg penting demi kemajuan dan bkn krn politik.

  2.  

    2 atau 3th yg lalu sy kecewa dan ragu akan kepemimpinan pak RR, tp dgn makin k sni saya pribadi sbg rakyat indonesia merasa ykin dgn kepemimpinan dan strategi pak RR

 Leave a Reply