Sep 112017
 

Prototype tank medium KAPLAN MT, FNSS-Pindad (Yusuf Akbaba @ssysfakb)

Jakarta – Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Indonesia, Sutrimo Sumarlan, mengatakan kepada Koresponden Anadolu Agency, 8/9/2017, telah melakukan pembicaraan dengan Wakil Menteri Industri Pertahanan Turki Bidang Ekspor Pertahanan, Ismail Demir, di Jakarta, mengenai pengembangan aliansi bisnis yang berkaitan dengan pertahanan kedua negara.

Sumarlan mengatakan Turki merupakan sekutu dekat dan mitra strategis Indonesia, terutama di industri pertahanan. Turki juga melihat Indonesia sebagai mitra strategis,

Selama pertemuan itu, kedua pihak menyamakan komitmen untuk kerjasama bidang pertahanan dan membahas perkembangan yang  telah dicapai dalam proses tersebut. Kedua negara juga telah saling menukar informasi mengenai produk yang mereka kembangkan di bidang industri pertahanan.

Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Indonesia menyatakan prototipe tank kelas menengah “KAPLAN MT” yang dikembangkan bersama oleh Turki dan Indonesia, dievaluasi kemajuannya dan mencatat bahwa prototipe KAPLAN MT tersebut akan diproduksi oleh Indonesia, untuk dipamerkan pada parade militer Indonesia.

Sumarlan menegaskan Turki sepaham dengan Indonesia untuk sepenuhnya secara bersama menguasai teknologi produksi tank kelas menengah, dan Turki juga mengajukan aliansi bisnis mencakup desain dan teknologi kapal selam, untuk  joint production dan transfer teknologi.

Ismail Demir mengunjungi Indonesia untuk mengembangkan aliansi bisnis antara Turki dan Indonesia di bidang industri pertahanan.

Kedua negara memutuskan untuk bermitra melalui PT Pindad dan FNSS Turki, untuk produksi tank berukuran sedang. Pindad diharapkan akan memperkenalkan prototipe tank itu pada bulan Oktober untuk kemudian diproduksi sebanyak 20 unit pada akhir 2018.

FNSS Turki mengumumkan berkolaborasi dengan PT Pindad dalam produksi bersama tank “KAPLAN MT” di Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-13 (IDEF 2017) bulan Mei 2016. (Anadolu Agency).

  24 Responses to “Rencana Produksi Tank Medium FNSS-Pindad”

  1. keren…

    • Kira Kira seukuran dengan tank M48 atau M60 ? Atau seukuran dengan tank T54/64 atau T 59 …? …itu sudah Termasuk tank medium …
      Semoga Tidak seukuran tank Sherman.

  2. Yang ini lebih keren dari Armata. Juga lebih keren dari Terminator.

  3. Cakep bwt digabung sama yonif mekanis, leo bisa gerak sendiri, sambil dikasih support sama m109.

  4. Prototype nya tahun berapa di keluarkan ya?

  5. Kan udah berita ini, baru kemaren…akhir 2018 kan?

  6. Designnya bagus, ciri khas tank modern. Ketimbang design tank Pak Wardy punya tetangga sebelah yg katanya kelas berat. Walaupun cuma tank medium, kalo head to head dng si Wardy yg kelas berat, masih unggulan si Kaplan lah…… (mungkin…hehehe)

  7. Sistem tempur dan proteksinya secanggih MBT termutakhir sekarang gak ya?

  8. Di era sekarang… Tank mesti di test melawan RPG, atau senjata2 anti Tank… karena, di era modern Tank menjadi sasaran dari banyak sekali rocket2 pintar berpemandu, seperti yang ditunjukan di perang Suriah, Irak maupun Yaman…

  9. Hehe… Tinggal dikasih Skyshield gantiin canonnya jadi deh SPAAG baru xixixi…

  10. Banyak keuntungan jika kita bisa membuat tank sekelas ini..paling kecil aja keuntungannya..kita bisa upgrade marder jdi marder revo..yg asli desain kita..

  11. Lama gak buka jd ketinggalan buanyakkkk

 Leave a Reply