Jun 212015
 
AS-565 MBe Panther. Β©Istimewa

AS-565 MBe Panther. Β©Istimewa

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) segera memperkuat pertahanan perairan dengan mendatangkan helikopter anti-kapal selam. Sebanyak 11 unit heli canggih ini akan dibeli dari perusahaan penerbangan Airbus.

Rencana pembelian ini rupanya mulai menjadi perhatian internasional. Sejumlah media menganggap pembelian ini dapat meningkatkan kemampuan militer Indonesia dari ancaman bawah laut.

“Skuadron penerbangan, bernama Skuadron Udara 100, akan dibangun untuk memberi dukungan operasional terhadap armada baru 11 heli anti-kapalselam berupa AS-565 MBe Panther,” demikian ditulis thediplomat, Minggu (21/6).

Tidak ada tanggal yang pasti skuadron ini akan mulai beroperasi. Namun, sesuai keterangan dari sejumlah pihak di TNI AL, media ini memperkirakan skuadron akan dimulai saat Panther pertama diterima. Sehingga, unit ini akan terbentuk awal tahun depan.

“Panter ini telah menjadi satu dari platform antikapal selam ringan/menengah terbaik di dunia, di mana terdapat sistem ASW terkini serta kemampuannya untuk dioperasikan dari kapal korvet maupun frigat kecil,” sahut Kepala Regional Asia Tenggara dan Pasifik, Philippe Monteux di Airbus.

Diperkirakan, heli canggih ini akan diterima secara keseluruhan pada akhir 2017 mendatang. Skadron yang ditugasi untuk mengoperasikannya akan ditempatkan di Lanud Juanda, Surabaya.

Helikopter ini akan dioperasikan untuk kapal korvet SIGMA 10514 dan korver kelas Bung Tomo. Sebagai perlengkapannya, heli AS-565 Panther akan dipasangi torpedo ASW Raytheon Mk 46 atau Whitehead A.244/S lightweight, dan termasuk sonar DS-100 helicopter long-range active sonar (HELRAS).

DS-100 merupakan jenis sonar versi 1.38 kHz dari AQS-18A yang lebih populer. Alat ini mampu mendeteksi benda hingga kedalaman 500 menter untuk pemantauan dan pencarian bawah laut. Dengan resolusi proses dopler dan denyut yang panjang, bisa mendeteksi kapal selam meski melaju dengan kecepatan sangat rendah.

Bersama L-3, DS-100 bisa dipakai untuk mendeteksi, menetapkan target dan meluncurkan senjata terhadap target kapal selam di kedalaman atau perairan dangkal.

Merdeka.com

 Posted by on June 21, 2015

  60 Responses to “Rencana TNI AL beli heli anti-kapal selam jadi perhatian dunia”

  1.  

    1

  2.  

    Mantap

    •  

      Mana MEF TAHAP II nih.???
      Apa tidak dilanjutkan Jokowi lagi??
      ATau gengsi bin Tengsin melanjutkan program2 SBY???
      Bagaimana program2 SBY yang lain seperti MP3EI dan lain lagi?
      Apa diberangus, atau mau diganti nama? GImana nih para simpatisan Jokowi..???
      Any comment?

      •  

        ini lah penyakit di negara kita…… Program2 di pemerintahan sebelumnya acap kali diberangus… makanya negara ini nggak kemana-mana sejak kemerdekaan 1945…
        Mulai dari gengsi…. beda haluan partai penyokong…. dlsb

        Sekarang di era ini makin jelas…. PARTAI DAN GOLONGAN DIATAS KEPENTINGAN BANGSA..!!! Pathetic….
        Membohongi Rakyat dengan janji Kampanye adalah Halal, yang penting berkuasa….. Pathetic…

        koment saya untuk seluruh golongan dan kelompok di negara ini.

        •  

          Ya betul bung diatas. Bangsa ini bangsa pendendam apalagi pemimpin dan pejabat.Bangsa ini takan pernah disegani dan tak pernah maju, kalo hanya bisa mengaku2.

      •  

        dari pada anda ingin tau. sebaiknya anda baca proses bagaimana dana itu turun hingga proses pembelian. ada di web kemenhan seberapa lama atau cepetnya. dari anda tanya-tanya dulu tapi anda belum mencari. baca baik-baik dan cermati, bila ada proses yang tidak sesuai dengan peraturan undang-undang anda bisa melapor ke KPK.

    •  

      Pada ngomong apa ini……..hati pada kotor kok ya bisa2 nya pada ikut bicara di publik

  3.  

    Jempolku..

  4.  

    met siang warjag n bung2 smua

  5.  

    Tambah keder aja nih ausi yg suka slonang-slonong

  6.  

    siapa yg menguasai angkasa dia yg menguasai dunia

  7.  

    Ga salah nih kalo Indonesia beli ASW AS565 MBe…. Perancis bukannya gi ngambek waktu bandar narkobanya mo dihukum mati !!!???….

  8.  

    Setuju.

  9.  

    Kabarnya dari 11 hanya 3 yg akan di pasang sonar.
    Lha yang 8 gimana?

  10.  

    Perasaan kalau kita belanja Alutsista selalu jd PERHATIAN..yg lain beli nyantai2 aja..apa kita yg GR atau beritanya yg dilebih2kan..wajarkan buat ngamanin wilayah Teritori kita baik Darat, Laut dan Udara sebesar & seluas Indonesia perlu PERTAHANAN yg kuat..UPIL aja yg negaranya KECIL pny senjata yg berJIBUN nyantai2 ja..

  11.  

    Baru Rencana aja. Masih bisa di gagalkan sma Manusia” yg pengen lihat Indonesia tetap loyo.. Selalu Rencana.

  12.  

    Biase aje kaliii ………., dunia, ASu cs memang kepo, rencana ini sudah ditindak lanjuti sejak era SBY, seharusnya jauh lebih banyak dr 11 unit …….. !!!

  13.  

    Kalau di hitung2 uangnya sdh berapa bungkus nasi padang kalau di beli ya,,,,,
    Heeemmmmmmm

  14.  

    Semua negara yg punya angkatan laut punya hely aks,sudah biasa dan umum tidak perlu di besar besarkan,kita aja yg tertinggal.

    •  

      lho itu berita kan dari lamannya IHS Jane bung tgl 19 juni. Pastinya setiap negara akan berhitung ulang bila ada perubahan konfigurasi militer di sekitarnya, jadi hal biasa juga kalau jadi perhatian tetangga…

      •  

        IHS Jane juga pasang berita untuk melengkapi Le-Bourget, dan namanya berita militer juga jarang-jarang ada belanja terjadi setiap episode/terbitan, jadi ini artikel harian biasa bagi mereka, bukan lantas terkaget-kaget pada Indonesia.

        Kalo disitu ada penandatanganan oleh Vietnam ya yang ditulis vietnam, kita aja yang gede kepala he…he….

  15.  

    Yang benar bukan jadi perhatian dunia, tetapi jadi perhatian tetangga yang suka slonong boy dan suka usil memgganggu tetangga.

  16.  

    ya cukuplah beli 1 skadron heli ini, kalau bisa dilengkapi 16 unit….. nanti dibagi 4 kawasan ……… timur, tengah, barat, dan pusat …. masing masing 4 unit.

  17.  

    Jgn 1 skuadron cak 8 skuadron biar jgn cuma jadi pembicaraan tapi jadi perdebatan dunia

  18.  

    Untuk yang berikut nya tunggu Varian yang terbaru ….kalau perlu beli jenis Helix …

  19.  

    maaf, jika saya boleh ber andai andai ,….. TNI AL punya kekuatan sbb :

    – 100 ribu pasukan ( 40 ribu marinir , 60 ribu pasukan reguler )

    – 012 kapal perang kelas destroyer,. @ yakhont 16 unit + radar 500 km
    – 040 kapal perang kelas freegat ….. @ yakhont 08 unit + radar 350 km
    – 120 kapal perang kelas korvet……. @ c802 / exocet block 3 ( 08 unit ) + radar 250 km
    – 240 kcr 40,60,70,90 …………. ……. @ c705 / c802 / exocet block 2 ( 04 unit )

    – 040 lpd / lst …………………………….
    – 012 kapal bcm ………………………..

    – 018 kapal selam ……………………..( changbogo, kilo, amur, ) @ rudal 300 km 4 unit

    – 400 tank amphibi …………………….
    – 100 tank reguler ……………………..
    – 040 mlrs m-70 grad class …………
    – 120 mlrs r-han 122 …………………..

    – Radar terpasang di 4 markas armada @ jangkauan 1000 km

    – 60 heli angkut / tempur ringan …………..
    – 16 heli anti kapal selam ………………….

  20.  

    gak ada tulisan yg berkaitan dgn perhatian dunia kayanya tuh yah soal beli helikopter

  21.  

    Helikopter ASW Merupakan Salah Satu Alutsista Yang Bakal Melengkapi Kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu Angkatan Laut Kita Untuk Menjamin Keutuhan NKRI.

  22.  

    Jangan lupa pemasangan sonar bawah laut di tiap tiap ALKI secara permanen …
    Sotong nya jangan lupa ya …

  23.  

    Katanya dulu Bapak Moeldoko kepincut dan mau milih SH60 Seahawak untuk TNI AL .. diantara kandidat lainnya adalah seasprite, augusta dan panther ternyata Panter yah yg kepilih .. mungkin pertimbangannya buatan amerika indikasi mahal dan rawan embargo sedangkan panglima memandang bahwa PTDI lebih welcome dgn produk Eurocopter dari pada buatan Sikorsky …

    Well, kalo boleh pendapat kita pribadi mending beli Kamov 28 Rusky aja lebih murah, gahar dan trengganas dan bebas embargo … mudahan TNI AL juga punya kayak vietnam … dan beli 1 Skadron ..

  24.  

    GR kaleee…

  25.  

    ngiler kali Bung Sekotong liat aksinya pada waktu pencarian dan penyelamatan air asia .. he he salam kenal Bung ..

  26.  

    maaf, jika saya boleh ber andai andai ,….. TNI AU punya kekuatan sbb :

    – 050 ribu pasukan ( 20 ribu paskhas , 30 ribu pasukan reguler )

    – 016 pesawat tempur anti gerilya super tucano
    – 032 pesawat tempur ringan hawk 100 / 200
    – 016 pesawat tempur ringan / latih t-50 golden eagle
    – 010 pesawat tempur ringan f-16 block 15
    – 023 pesawat tempur ringan f-16 block 25 ++
    – 016 pesawat tempur berat sukhoi 27/30 .
    – 016 pesawat tempur berat sukhoi 35 ( pengganti f-5 )
    – 032 pesawat tempur typhoon ( pengganti hawk 100/200 .. ToT IFX )
    – 048 pesawat tempur sedang IFX ( penambahan 3 skadron baru )
    – 016 pesawat tempur berat sukhoi t-50 pak fa ( pengganti f-16 block 15 )

    – 040 heli angkut /serang ringan
    – 040 radar mobile + rudal pertahanan jarak 10km, 35 km, 120 km dan 300 km …………..
    – 042 Radar terpasang di markas komando / + garis terluar jangkauan @1200 km

  27.  

    maaf, jika saya boleh ber andai andai ,….. TNI AD punya kekuatan sbb :

    – 350 ribu pasukan ( 100 ribu kopasus , 250 ribu pasukan reguler )

    – 320 unit Rudal pertahanan / Rudal Serang multiroll jangkauan 10km – 300 km
    – 300 unit MLRS all tipe jangkauan 10km, 30km, 70 km, 150km, dan 300 km
    – 400 unit MBT Leopard
    – 400 unit Medium Tank Marder / Pindad
    – 1000 unit tank ringan all type / pindad ,,,,,,

    – 064 unit heli tempur berat / all type / PT.D.I.
    – 1000 unit Anoa AWS
    – 100 unit Radar all type / mobile / PT.LEN,….

    – 040 lpd / lst …………………………….
    – 012 kapal bcm ………………………..

    – 018 kapal selam ……………………..( changbogo, kilo, amur, ) @ rudal 300 km 4 unit

    – 400 tank amphibi …………………….
    – 100 tank reguler ……………………..
    – 040 mlrs m-70 grad class …………
    – 120 mlrs r-han 122 …………………..

    – Radar terpasang di 4 markas armada @ jangkauan 1000 km

    – 60 heli angkut / tempur ringan …………..
    – 16 heli anti kapal selam ………………….
    Reply

    Hend says:
    June 21, 2015 at 2:04 pm

    Amiinn
    Reply

    freddy says:
    June 21, 2015 at 1:16 pm

    gak ada tulisan yg berkaitan dgn perhatian dunia kayanya tuh yah soal beli helikopter
    Reply
    Kolonel Buku says:
    June 21, 2015 at 1:22 pm

  28.  

    Selama ini kapal perang kita menggunakan heli yang tidak dirancang khusus untuk ditempatkan di atas kapal. Sekarang mau di lengkapi hely yang diperuntukkan untuk itu. Tugas utama hely ini untuk mencari dan menghancurkan KS.
    Kita punya rudal Yakhont tapi belum maksimal dalam penggunaannya karena tidak ada yang membantu kapal untuk menjejak target over the horizon karena lengkung bumi. Nah dengan adanya hely ini apa nanti Yakhont bisa menenggelamkan target yang jaraknya 300 km dari kapal?
    Tolong jika ada yang bisa ngasih pencerahan .Makasih.

    •  

      betul bung komerat (kok merat?), itu juga jawaban kenapa yakhont tidak dipasang di semua van speijk class…ternyata menunggu si tukang keker nangkring di masing-masing kapur….

  29.  

    mantaf pak Rr , beli dan juga bikin untuk sar

    jempol utk pemerintah sekarang

  30.  

    heli nyari kapal selam kan ga sebentar &ga mungkin mondar-madir ke darat cuma buat ngisi bensin, jadi mungkin yg jadi perhatian dunia adl, kapal apa yg bisa bawa helinya & sekalian bisa ngisiin bensinnya…?? (opini doang)

  31.  

    Selama Menhannya pak RR, nggak bakal dibeli untuk mendeksi kapal selam cukup dengan pancing, TNI tdk perlu alusista yang serem2 yang penting semangat !!!