Oct 272014
 
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (VIVAnews/ Anhar Rizki Affandi)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (VIVAnews/ Anhar Rizki Affandi)

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyatakan, Rencana Strategis (Renstra) pertahanan dan kesejahteraann prajurit 2015 sudah akan selesai pada bulan depan. Renstra ini merupakan bentuk roadmap untuk peningkatan kesejahteraan prajurit dalam jangka panjang.

“Nanti dari tahapan-tahapan itu, kita bisa mengetahui pada tahun berapa dan seperti apa peningkatan kesejahteraan prajurit tersebut,” kata Moeldoko kepada wartawan usai mengikuti upacara pelantikan menteri di Istana Negara, Senin (27/10).

Moeldoko pun melanjutkan, Renstra itu akan disusun secepat mungkin. Moeldoko bahkan memastikan renstra awal ini sudah akan selesai pada bulan ini. “Secepatnya. Bulan depan bisa sudah selesai,” lanjut Moeldoko.

Terkait pemenuhan target Kekuataan Pokok Minimum (MEF), Moeldoko mengakui untuk saat ini prioritas utama MEF ada di pemenuhan alat utama sistem senjata (Alutsista). Namun, Moeldoko menyebutkan, secara simultan, Sumber Daya Manusia (SDM) TNI juga akan diselaraskan.

“Jangan sampai nanti alutsista yang canggih datang, tapi manusianya belum siap,” ujar Moeldoko. (republika.co.id).

  60 Responses to “Renstra MEF II Selesai Bulan Depan”

  1. Mantab

  2. ciek

  3. test,Dilaut Kita Jaya

  4. coba1

  5. byuhhhh,MEF 2 terus berjalan

    semoga list A1 terwujud semua 😆

    mantabbbzzz

  6. Kira2 mw beli apa lg pak
    Destroyer kah
    Akula kah
    Typhoon kah
    Su-35 kah
    S-400 kah
    Dll kah

  7. masih sepi…

  8. Jos tenan iki
    “Jangan sampai nanti alutsista yang canggih datang, tapi manusianya belum siap,”

  9. Betul komandan, alutsista canggih datang, manusianya juga sudah siap. MANTAP.

  10. Siap!!!!!

    Prioritas tetep SU 35 lho ya..

    • mudah2an aja bung. dilihat waktu pelantikan Presiden terlihat dari gerombolan blok barat aja yang merepet pertama kali. kalo begini akan ada ” DUA JALUR CINTA” .

      • Terasa sekali bung@brodin..blok barat langsung ‘mepet’ dan sepertinya blok barat pingin banget kita jauh dengan rusia.
        ‘DUA JALUR CINTA’ berarti bermesraan dengan barat dan timur..he.he..terasa banget kalau NKRI ibaratnya bener-bener gadis yang super cantik padahal sebenarnya adalah pejantan tangguh.

        • yang barat mefet sih urusan si gerombolan berat, tapi yang jelas menhan non-barat, presiden pun udah warning asutrali dan malaysia…

          kan pemuda yang nyosor duluan belum tentu dapet piala citra, sebaliknya yang cool diam-diam menghanyutkan 🙂

  11. kok sekarang warung bung diego sepi ya warjager pada ke mana, kalo gini ilmu yng didapat para warjager jadi kurang, Beberapa hari Sr disini suasana diskusinys cenderung monoton, pencerahan dari para warjager mulai menurun.

    • ayo para warjager disemarakan lagi diskusinya, biar SR katyk saya yang masih kurang pengetahunya makin bertambah, walaupun komen saya gak berbobot, tapi saya seneng SR di sini banyak ilmu tambahan yang didapat justru bukan dari artikelnya saja tapi dari komen rekan warjager dan para sesepuh.

      • betul bung@amoeba..pendatang baru seperti saya perlupencerahan juga dari para sesepuh..biar tambah ilmu..

      • Saya menyarankan para milir SR maupun aktif bisa menyumbangkan ide-ide berita, bisa juga dari bahasan lama terus diangkat lagi bila ada sumbernya bisa dicantumkan ( ijin pada penulis awal , biar tidak ada misskomunikasi ) baik dari milis sebelah ataupun pendapat pribadi maupun ulasan pribadi serta ulasan umum
        demi aktifnya forum JKGR ini ,
        saya pun juga masih membuat , maklum di cicil karena disambi kerja ikut orang tiap hari

    • Selama masih ada yg pertamax, uno, test, ciek, dsb yo gak bakal komentar ada yg berkualitas. Lha ngapain komentra berkualitas, paling yo ketutup tukang tukang sampah itu!

      • Gak usah begitu, warjag ini merupakan ajang sharing pengetahuan dan patriotisme, yang rebutan pertamax itu berarti semangat dan hormon testosteronnya berlebih, dan perlu pencerahan karena mungkin cita-citanya berkaitan dengan bela negara tapi belum kesampaian…

        Komen itu tidak menunjukkan ada tidaknya isi/pengetahuan dalam otak anda bung, tapi sekedar merefleksikan warna pikiran masing-masing, ada yang pendiam, sr, ada yang semangat, bahkan ada juga yang sedikit parno 🙂

        Terima saja dengan lapang dada, maka semua warjager lainpun akan menerima anda apa adanya…

      • kalo menurut sya komentar uno,pertamax, dsb tu bukan nyampah bung, itu menunjukan antusiasme warjag untuk berlomba menunjukan eksistensinya kalo kami pecinta warjad, kalo gk cinta ngpain dibela2in mantengin warjag biar gk ketinggalan tiap artikel. Kalo yang ngetroll itu baru sampah busuk yang bikin diskusi gak nyambung, suasana panas, n para sesepuh yang sering kasih artikelpada ngambek n jarang kirim artikel, gemees jadinya pengen tak tapuk sandaljepit tu mulute yang suka ngetroll, biar kapok n gk suka ngrecokin diskusidisini.

    • ane setuju dgn pendapat bung amoeba..untuk mencapai pertamax itu susahnya minta ampun..walaupun blm membaca isi berita…tp itu menunjukkan bentuk apresiasi yg luar biasa thdp warjag…

  12. borong pak moel yg dr papa bear..jgn su 35 dua skuadron

  13. maksud nya su 35 jga dua skuadron

  14. Kadang saya bingung,,, klo pertumbuhan ekonomi kita tumbuh subur, knp harus beli su35? Knp ga yg lebih canggih nya lagi, PAKFA
    Thn 2016 pakfa mau produksi, kita bs pesan kedua setelah india,

    Dan lagi klo memang rusia baik sama kita, kemungkinan ga sampai 3 thn pesawat nya jadi,
    Pesan 1 atau 2 skuadron aja dlu,
    Klo pesan 2016 kemungkinan paling lambat dtg 2019. Dgn begitu kita sdh masuk ke negara yang memiliki pespur siluman, dan tetangga lebih ramah lagi nanti ma kita,

    Klo su 35 sangat mudah di deteksi radar nya australia / singapura,, knpa kita tidak beli yg siluman nya aja sekalian , biar bikin keringatan tetangga, kan katanya doktrin TNI udah berubah,,, soo sekalian yg serem nya aja, jgn yg tanggung

    • setuju bung Andri cahyadi mudah mudahan apa yg bung katakan didengar sama orang orang yg diatas sono. amin

      • Yang pengin beli buanyak bung, yang bikinnya ngos-ngosan 🙂

        Kita pesen su-35 aja belum tentu dikirim sebelum 2018. Apalagi nyang entu….

        • Justru karena su 35 ini udah byk yg pesan bung M,J,, china, venezuela, vietnam, belarusia jg, dll, belum rusia nya sendiri,

          Klo T 50 kyk nya baru india, itu juga versi lain nya,, klo kita bs ngerayu rusia, kyk nya bs di beri kemudahan, soal nya rusia saat ini tengah krisis, dan butuh kawan baik utk memperluas jaringan ekonomi nya, sampe2 yg tadi nya su35 pesanan china di tolak, skrg di kabulkan,,

    • Kalo kita punya PAKFA bisa dipastikan tetangga panas-dingin, keringetan plus langsung pingsan dan gak mau bangun lagi bung@andri..he.he.

    • Lha india yg ikut modali pak fa aja sampai hari ini belum jelas nasibnya kok, apalagi kita yg kalau beli ketengan 😀

      • Klo pakfa dah bs di buat ma india sendiri, otomatis akan bersaing dgn rusia, dari segi pemasaran nya nanti, contoh nya kasus LPD KRI makasar yg joint ma korea, pas kemaren ada tender di pinoy, korea kalah ma kita, padahal kita belajar buat LPD ma korea,

        Hal itu cuma akal2an rusia, agar bs secepat ny rusi punya pasar sendiri sebelum direbut india,
        Pesawat nya udah jadi dan udah terbang beberapa kali, tp pilot india tidak boleh menerbangkan nya, dgn alasan larangan terbang bagi pilot asing / pesawat asing di udara rusia,

        Rusia sendiri kurang begitu percaya ma india akhir2 ini, contoh kasus rudal SAM israel yg dibuat bareng india, utk melumpuhkn rudal yakhunt,
        Klo dah gtu, rudal yakhunt berkurang pemesanannya,
        gara2 india joint produk SAM dgn israel,

        • klo alasan dilarang ada pilot lain di kawasan rusia ane rasa gk ah
          wong pilot kita aja latihan pake pesawat rusia pula
          gk cuma pesawat, kapal selam pun kita yg oprasiin gk masalah

          • Yang saya baca di salah satu situs begtu bro, maka nya india sempat tanda tanya,,, knp pilot nya sampai sekarang ga pernah menerbangkan T50(pakfa) padahal prototipe nya udah jadi,
            Malah denger kabar mau di produksi thn 2016..
            Tp india ga banyak dpt ilmu,, uang sdh keluar bnyk,, tp ilmu blm dpt,

      • Klo pakfa dah bs di buat ma india sendiri, otomatis akan bersaing dgn rusia, dari segi pemasaran nya nanti, contoh nya kasus LPD KRI makasar yg joint ma korea, pas kemaren ada tender di pinoy, korea kalah ma kita, padahal kita belajar buat LPD ma korea,

        Hal itu cuma akal2an rusia, agar bs secepat ny rusi punya pasar sendiri sebelum direbut india,
        Pesawat nya udah jadi dan udah terbang beberapa kali, tp pilot india tidak boleh menerbangkan nya, dgn alasan larangan terbang bagi pilot asing / pesawat asing di udara rusia,

        Rusia sendiri kurang begitu percaya ma india akhir2 ini, contoh kasus rudal SAM israel yg dibuat bareng india, utk melumpuhkn rudal yakhunt,
        Klo dah gtu, rudal yakhunt bs berkurang pemesanannya,
        gara2 india joint produk SAM anti yakhunt dgn israel,

    • Maaf, maksudny bung Andri bukan bung Andi

  15. Kesejahteraan keluarga prajurit TNI. Keluarga cukup makan, punya papan, terjamin kesehatannya, anak-anak berkesempatan sekolah, ada jaminan hidup di hari tua. Jangan hanya buruh saja yang diperhatikan. Apalagi sekarang tuntutan buruh semakin tidak rasional.

  16. wani mbancak i aku… Seng Pak MOL kui mesti milih Su 35 😀

  17. setahu dan sepengalaman saya TNI tidak punya/kekurangan specialist, jadi personel yg sudah disekolahkan/ yg sudah terdidik dan mahir tidak ditempatkan seterusnya di bidang tsb tapi cenderung akan dirotasi dengan alasan prajurit harus siap di segala tugas atau tanggungjawab yang diberikan….nah di sisi ini saya melihat kekurangan tsb, semoga sekarang pola pembelajaran dan strategi nya sudah berubah …
    TNI tetap jaya.

  18. untuk renstra tahap selanjutnya semoga pengadaan SU 35BM dpt terealisasi dngn tepat…saran ane, kayanya kohanudnas mang kudu punya pesawat tempur biar ga terlalu mengandalkan penerbang tempur tni au plus perisai s400 buat menghadang pesawat tetangga yg suka selonong boy, terutama yg dari selatan yg katanya abdi dalamnya negeri paman gober ,,

  19. saya menunggu gripen e/f .. sekalian erieye plus tot..

  20. izin nyimak ..

  21. kalau emang bulan depan udah jadi,berarti list nya itu yg udah disiapkan pemerintahan kemaren..ga mungkin secepat itu karena banyak faktor yg dipertimbangkan.artinya kecenderungan blok mana yg lbh bnyak diambil bisa tergambarkan sdikit lewat mef kemaren

  22. ijin tanya rekan warjag untuk Kogabwilhan perkembanganya bagaimana, kok sekarang beritanya surut lagi,mohon pencerahanya bagi yang punya infonya, makasih sebelumnya :mrgreen:

  23. Saya sangat setuju indonesia belanja Alutsistanya dari papa bear, tapi maaf saya belum jelas mengenai kecanggihan dan keunggulan dari SU 35 BM yang sangat di inginkan para warjager untuk di akuisisi. Mohon Senior2 dan sesepuh bisa memberikan pencerahan nya…..
    Salam hormat….
    #maaf orang kampung,kurang wawasan……

  24. Bung popi, sebenar nya dlu yg bikin ngeri bukan KRI irian aja, ada lg yg lebih ngeri, 16 KCR komar class dgn rudal styx, 12 KS, dan pesawat pembomb,

    Klo menurut saya yg paling ngeri itu KCR komar, ukuran nya kecil tp bawaan nya rudal yg gede,, kyk nya jenis friget juga bs langsung di tenggelam kan ma rudal styx nya,,

    • oh ya bung andri kira kira klewang kita yang generasi baru kedepan bisa gotong rudal yang sekelas styx di era trikora gak bung? biar tambah sangar n gahar n tetangga usil minder n kabur dari laut RI, kalo bisa kira kira rudal yang ada sekarang dari jenis apa bung, mohon pencerahanya.
      salam kenal Bung@ Andri Cahyadi :mrgreen:

    • betulll

      rudal dg …hulu ledak 500 kg , jauh lebih mengerikan efek hancurnya daripada yakhont.
      cuman kalah jarak tembak …dan kalah kecepatan serta kalah kemampuan sea skimming aja tuh styx ama yakhont.

      kapal komar kita dari janes dipensiunkan tahun 1985… tapi kalau ndak salah kok aku pernah lihat video di youtube tuh kapal kelas komar masih aktif tahun 2000 keatas……aku juga terkaget2, waktu melihat videonya kelas parchim juga menembakkan missile Ashm gitu, terus KCT lagi nembak torpedo.

      tapi aku lupa link videonya…tuh yang ngasih malah orang australia.

      • berarti emang banyak sekali misteri yang belumterkuak tentang alutsista kita, na YNi tu paling jago kalo kucing kucingan, kalo misalnya styx masih ada di penympanan arsenal TNI AL, n bisa dioperasiken saya rasa kalah kecepatan dan sea skimming bisa diatasi dengan fitur klewang kita yang katanya bakalan ultra stealth n ponya speed diatas 40 knots, jadi klewang tinggal mendekat aja sampai jarak tembak efektif kan gk kdtek radar musuh tu, bis tu tembakin styx, n kabur dengan top speednya, jadinya aksi hit n run yang sangat efektif dan mematikan bagi kapur lwan yang segede gaban n lemot jalanya.

  25. lancroooooooooooooooottttttttttttkan

  26. Harapan kami sebagai anak negeri, dilanjutkan yang direncanakan, ditambahkan apabila kekurangannya…siapapun presidennya kami yakin masih presiden indonesia, dari indonesia oleh indonesia untuk indonesia…

  27. Mungkin kata yg pas adalah Siap enggak siap harus siap. Apapun alutsista yg telah di datangkan, prajurit kita hrs selalu siap …. Selalu siap mengoperasikannya, hrs siap dgn teknologinya. Demi mengawal NKRI, Merdeka sepenuhnya .

  28. Malam Semua..untuk Renstra 1 kita sudah cukup berhasil dengan mendatangkan alutsista gahar{GHOIB} termasuk 1 ska su 35 , 1ska su 34, 1ska TU-22 M3,Pespur J-10BD ,dengan 2 kilo yang sekarang ditambah 10, 17 heli sikorsky, 3 chinook….dan masih banyak lagi yang belum sy sebutkan.

  29. Jgn gt.. smw presiden ri pny care yg sama dg negeri ini,pngadaan sukhoi pertama kali jg jmn mbokde,,hny mslh ekonomi n kcenderungn mbokde yg agak pro rusia bikin dia lngser n dpropagandakn negatif

 Leave a Reply