Renungan Presiden SBY di TMP Kalibata

TMP Kalibata ( Edward/ detik.com)
TMP Kalibata ( Edward/ detik.com)

Jakarta – Presiden SBY memimpin apel kehormatan dan renungan suci memperingati HUT ke-69 RI. Apel dan renungan ini berlangsung khidmat dengan bercahayakan obor.

Dalam pidatonya, SBY mengajak para pejabat negara yang menghadiri apel dan renungan, mengenang jasa para pahlawan. SBY menyebut ada 8.692 pahlawan dari TNI/Polri.

“Badan perjuangan 791 pahlawan, tokoh nasional 39 dan tidak dikenal 43,” sebut SBY di TMP Kalibata, Minggu (17/8/2014) dini hari.

Dalam apel, SBY memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang jumlahnya 9.565 orang sekaligus mendoakan arwahnya. “Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan semua itu adalah perjuangan kami juga. Jalan kebaikan saudara adalah jalan kami juga,” sambung SBY.

Saat apel berlangsung selama 15 menit, listrik di kawasan TMP Kalibata dipadamkan. Praktis hanya cahaya dari obor yang menerangi lokasi.

Penjagaan di sekitar TMP juga diperketat dengan mengerahkan 1.100 personel gabungan TNI dan Polri. Arus lalu lintas di jalan Kalibata depan TMP pun dialihkan ketika acara berlangsung.

?Apel ini dihadiri juga oleh Wakil Presiden Boediono, sejumlah pejabat negara, para pimpinan TNI/Polri, para pejabat perwakilan negara sahabat. Usai mengheningkan cipta bagi para pahlawan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membacakan doa.

Apel kehormatan dan renungan suci ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan pada tengah malam menjelang tanggal 17 Agustus, sebagai peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. (Detik.com).

TERPOPULER

Tinggalkan komentar