Republik Ceko Kembali Pesan 20 Unit Pandur II Versi Khusus

9
23

Kementerian Pertahanan (MoD) Republik Ceko pada 30 Januari 2017 memberikan kontrak senilai CZK 2,07 milyar (USD 82 juta) kepada Tatra Defence Vehicle untuk pengadaan 20 unit kendaraan lapis baja Steyr Pandur II 8×8 versi khusus untuk Angkatan Darat Republik Ceko (ACR).

Tatra Defence Vehicle memperoleh hak perakitan dan pemasaran eksklusif untuk kendaraan lapis baja Pandur dari induk perusahaan Steyr, General Dynamics Land Systems Eropa pada tahun 2015.

Tatra Defence Vehicle akan memberikan 6 unit kendaraan Pandur yang dikonfigurasi sebagai platform komandi dan kontrol serta 14 unit kendaraan dikonfigurasi sebagai platform komunikasi untuk ACR, saat ini terdapat 107 unit kendaraan lapis baja Pandur yang beroperasi bersama ACR dengan bermacam-macam konfigurasi. (IHS Jane, Rabu)

Pemerintah Republik Ceko menyetujui pengadaan 20 unit platform kendaraan khusus pada tahun 2015. Namun karena jadwal pengadaan untuk sistem pertahanan lainnya dari Kementrian Pertahanan mengyebabkan tidak ada ruang untuk pemesanan Pandur hingga pada anggaran 2017.

Harga 20 unit platform tersebut diperkirakan mengalami peningkatan sekitar CZK 800 juta dari harga awal sebesar CZK 1,27 milyar sejak ACR memperbarui persyaratan dengan tambahan perlindungan balistik, sistem teknis dan IT onboard serta lebih modern.

“Kenaikan harga ditinjau oleh dua ahli yang ditunjuk pengadilan independen yang memutuskan bahwa harga saat ini mencerminkan upgrade teknologi yang dimasukkan ke dalam kendaraan baru tersebut”, kata Wakil Menteri Pertahanan Republik Ceko, Daniel Kostoval kepada media pada tanggal 30 Januari 2017.

JakartaGreater

9 KOMENTAR