Dec 252016
 

Permukiman Israel di Jerusalem Timur

Jerusalem – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Sabtu, mengkritik pemerintahan Presiden Barack Obama karena Amerika Serikat menyatakan abstain dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa sehingga memunculkan resolusi PBB yang menuntut Israel mengakhiri pembangunan permukiman.

“Pemerintahan Obama telah melakukan manuver licik dan anti-Israel di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa,” kata Netanyahu soal resolusi yang disahkan Jumat oleh Dewan beranggotakan 15 negara itu.

Netanyahu menyiratkan bahwa Israel kemungkinan akan memutuskan hubungan dengan PBB. Ia mengatakan dirinya telah memerintahkan agar aliran dana 30 juta shekel (sekitar Rp105 miliar) dihentikan bagi lima badan PBB yang “sangat bersikap memusuhi”.

“Tidak ada yang paling konyol selain menyebut Dinding Barat sebagai ‘wilayah yang diduduki’,” kata Netanyahu.

Ia mengacu pernyataannya itu pada Jerusalem Timur, wilayah yang direbut Israel pada 1967 dan akan dijadikan Palestina sebagai ibu kota negaranya di masa depan.

Kabinet Israel telah menyatakan tekad untuk bereaksi dengan mencaplok secara penuh wilayah-wilayah permukiman.

Pemungutan suara Dewan Keamanan PBB dilangsungkan setelah Israel mengeluarkan Undang-undang Regulasi, yang melegalisasi pembangunan permukiman Yahudi di tanah-tanah Palestina yang diduduki Israel.

Resolusi Dewan Keamanan mendesak Israel untuk “segera dan sepenuhnya mengakhiri pemukiman di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Jerusalem Timur.” Resolusi menyatakan bahwa pembangunan permukiman oleh Israel “tidak memiliki keabsahan hukum dan merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum internasional.” Amerika Serikat, yang merupakan sekutu terdekat Israel, biasanya melindungi Israel dari keputusan-keputusan seperti itu.

B’Tselem, salah satu organisasi terbesar di Israel pendukung hak-hak asasi manusia, menyambut baik keluarnya keputusan Dewan Keamanan.

“Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa hari ini merupakan penegasan internasional bahwa pembangunan permukiman Israel adalah tindakan ilegal serta membahayakan hak-hak asasi manusia rakyat Palestina,” kata organisasi itu melalui pernyataan.

“Resolusi ini bukan tentang ‘anti-Israel’, melainkan resolusi yang berimbang, yang menentang pendudukan, bukan menentang Israel,” demikian bunyi pernyataan.

Sekitar 500.000 warga Yahudi tinggal di Tepi Barat dan Jerusalem Timur, yaitu wilayah-wilayah yang direbut Israel dalam perang 1967. Sejak itu, Israel menguasai tanah-tanah tersebut kendati dunia internasional mengecamnya.

Amerika Serikat secara resmi menentang pembangunan permukiman dan menganggap kegiatan itu sebagai penghalang perdamaian.

Menurut hukum internasional, pemukiman tersebut adalah tindakan ilegal.

  25 Responses to “Resolusi PBB : Permukiman Israel di Jerusalem Timur, Ilegal”

  1. Israel edan…

  2. Dasar zionis kelapa

  3. perangi israellll

  4. Tumben USA abstain… Biasanya sllu menggunakan hak veto nya membela si setan kecil ini..
    Entah karena menang udah muak dgn manja nya si setan kecil ini.. Atau memang ini merupakan strategi USA ,, agar bisa mendapatkan dukungan dari dunia arab..???

  5. Klw di kecam lagi bisa” ada invansi lagi ni. Semakin menderita aja saudara” kita di palestina sana ..
    Ya allah jaga dan lindungi saudara” kami di palestina sana,semoga penderitaan dan kesabaran mereka di ganti dengan pahala yg berlipat gandan,dan serta di ganti dengan kemudahan dan kemakmuran bagi rakyat palestina. Aminnn ..

  6. Ya begitulah tindakn arogan zionis israel berarti paklek sam dah dpt pencerahan

  7. rakus bnr negara satu ini

  8. Hahaha gol obama d injure time…105 milyar rupiah kecil boss dgn kkayaan sluruh harta negara2 pbb….

  9. Spt biasa….hanya angin lalu…resolusi tanpa sanksi…
    Coba Iran..?Coba korut..?Coba rusia..?resolusi langsung sanksi..Israel??

  10. pelan2 tapi pasti sudah saatnya dajjal keluar dari tempat persembunyiannya…karna anaknya telah kalah…dajjal sudah letih main petak umpet… cilup bla, cilup bleh, cilup droo…

  11. ILEGAL,,,, saya suka kata ini.
    saatnya serahkan tanah dan pemukiman itu kepada rakyat Palestina

  12. Smoga segera bung..enyah dari muka bumi…

  13. Israel mau nantang perang lagi mas bro….

  14. Assad akan meminta kpda Putin utk membantu Hamas….. biar kolap tu israil….wkwkwkwkwkwk

  15. Di Indonesia jg modelnya begini..di pulau reklamasi di buat apartemen. Yg punya cina2 daratan.

  16. Tahun 2015 akhirnya bendera palestina berkibar di PBB,16 oktober Unesco mengakui Al aqsa milik ummat islam (Tembok Ratapan berada dalam kompleks Al aqsa),dan kini Resolusi PBB mengutuk pembangunan Pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan Yerussalem Timur,tak sia-sialah dukungan diplomasi yang terus menerus dari Indonesia,Malaysia,venuzuela dan beberapa negara lainya.
    Kini israel semakin Terkucil di dunia internasional,meski masih mempunyai kekuatan sebab dukungan Lobby zionis internasional,dan Para Bankir Yahudi,Setidak Jerman yang dulu selalu mendukung Tindakan israel kini mulai jaga Jarak.
    Setidak israel mulai terkucil di dunia internasional,Uni Eropa yang dulu Solid mendukung israel kini beberapa negara Anggotanya Mulai menarik diri#Freedom Palestina

  17. ini hanya permainan luar tangga..amerika gk boleh berdiri tanpa dipegangi israel..mau diletak mana tu muka y george soros g bush sama steven hawking dn satu lgi grandfather albert einstin..hahaha

  18. ini comment nga bermutu… memangnya segitu mudah serang israel… bung tidak ada urusannya antara indo dengan israel apalagi TNI disuruh serangan pembukaan.. memangnya ente mau lihat indo di acak2 sama sekutu2nya israel…? ini cuma abstain bukannya pasti US menjauh dari isreal…

  19. Amerka memilih abstain jg karena kekalahan mereka yg mndukung gerakan oposisi di suriah dipukul mndur oleh pasukan assad dan rusia,dan kmenangan itu di sambut rakyat sperti kmerdekaaan dgn begitu menjadi jelaslah berita kebohongan Usa yg mengatakan suriah hrs di intervensi karena presiden suriah trpilih melakukan pelanggaran ham berat. Yang jelas sebenarny suriah mereka intervensi karena hanya suriah yg berani menentang keras israel atas palestina,yang berani memblokir ekspor impor trhadap negara zionis itu,yg berani di gunakan sebagai negara penyalur rudal untuk pasukan hamas di palestin. Yang tdk akn pernah negara arab manapun berani melakukan hal itu.dengan konskwensi yg amat besar. Semoga ALLAH segera menimpakan kehancuran bagi ISRAEL &AMERIKA

 Leave a Reply