Jul 042014
 
Formasi Tempur Latgab TNI 2014 (photo: (ANTARA/Seno)

Formasi Tempur Latgab TNI 2014 (photo: (ANTARA/Seno)

Capres dan cawapres Indonesia yang akan dipilih dalam pemilu tanggal 9 Juli kemungkinan akan memperkuat kebijakan Jakarta mengenai klaim wilayah Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan.

Baik Joko Widodo, gubernur Jakarta yang sedang unggul, atau Prabowo Subianto, pengusaha sukses, politikus veteran dan letjen angkatan darat, akan menghadapi tekanan yang semakin mendesak dari Angkatan Bersenjata Indonesia [TNI]. Tekanan itu menyerukan agar bangsa Indonesia membuat garis batas yang jelas terhadap serangan Tiongkok yang ditakuti atas kedaulatan Indonesia di atas hamparan pulau-pulau kecil yang berpotensi kaya energi di kawasan tersebut.

“Ketegangan baru di Laut Tiongkok Selatan menyebabkan kegelisahan di antara sebagian kami di kawasan,” disampaikan Menteri Pertahanan Indonesia, Purnomo Yusgiantoro kepada para pemimpin dunia dalam Dialog Shangri-La di Singapura, tanggal 1 Juni. Acara ini diselenggarakan oleh International Institute of Strategic Studies [IISS] di London.

Purnomo berupaya untuk menghindari permusuhan dengan Tiongkok secara terang-terangan.

“Modernisasi militer Indonesia tidak didasarkan pada musuh negara tertentu,” katanya. “Modernisasi kami terutama merupakan program untuk menjaga – membuat – angkatan bersenjata kami lebih profesional dan lebih mampu untuk menanggulangi sejumlah ancaman keamanan non-tradisional.”

Namun demikian, “anggaran pertahanan kami telah tumbuh secara signifikan dan kami bermaksud untuk terus memodernisasi angkatan bersenjata kami untuk mencapai kemampuan yang diperlukan kekuatan penting kami pada tahun 2020-an” dinyatakan Purnomo.

Suatu konsensus telah muncul di antara para pimpinan politik dan militer di Jakarta, bahwa TNI harus secara drastis menata ulang angkatan bersenjatanya untuk menghadapi berbagai macam tantangan di abad ke-21, dari mereka yang harus ditanggulangi selama 67 tahun bangsa ini merdeka.

Bisa dikatakan, selama ini, TNI harus menanggulangi konflik internal lokal maupun regional yang berkisar dari separatisme sampai bentrokan besar antar etnis dan agama.

TNI ingin mampu menanggapi agresi eksternal
Namun, sekarang TNI merencanakan kekuatan konvensional yang lebih dahsyat, yang mampu menanggapi agresi eksternal secara cepat dan efektif.

“Tiongkok yang sedang mengintensifkan langkah untuk menegaskan klaim atas Laut Tiongkok Selatan telah memberikan dorongan segar bagi Indonesia untuk membangun militer yang mampu mengerahkan kekuatannya dengan lebih terfokus pada risiko eksternal,” dilaporkan Bloomberg News.

“Setelah bertahun-tahun berkonsentrasi pada ancaman separatis di seluruh nusantara yang rentangnya bagai sejauh New York sampai Alaska, Indonesia berencana mengerahkan helikopter serbu ke sejumlah pulaunya di ujung selatan Laut Tiongkok Selatan, dan meluaskan kekuatan angkatan lautnya,” tulis Bloomberg News. “Capres pemilu 9 Juli yang sedang unggul, Joko Widodo, bermaksud meningkatkan pembelanjaan departemen pertahanan hingga 1,5 persen sebagai bagian dari perekonomiannya, yang merupakan terbesar di Asia Tenggara.”

Sebelumnya, pembelanjaan departemen pertahanan Indonesia masih di bawah 1 persen PDB-nya.

Di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama dua masa pemilihan, Indonesia telah menyeimbangkan hubungan bidang keamanan serta perekonomiannya dengan Amerika Serikat dan hubungan baik serta peningkatan perdagangan dengan Tiongkok.

Pada tahun 2013, “hubungan dagang bilateral antara kedua negara [Indonesia dan Tiongkok] berjumlah hingga $52,45 miliar, dan nilai ini diperkirakan mencapai $80 miliar pada tahun 2015. Investasi langsung Tiongkok di Indonesia mencapai jumlah $292,1 miliar [tahun 2013], kenaikan yang dramatis dari $141 miliar [tahun 2012],” diberitakan Jakarta Globe tanggal 28 Mei.

Anggota ASEAN khawatir
Konflik teritorial yang terus meningkat antara Tiongkok dengan Jepang, Filipina dan Vietnam, mengkhawatirkan Indonesia. Filipina dan Vietnam merupakan beberapa dari 10 anggota kemitraannya di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara [ASEAN].

Tiongkok terus mengalami jalan buntu dengan Vietnam setelah mengirimkan peralatan pengeboran minyaknya Hai Yang Shi You 981 ke perairan wilayah yang diklaim oleh Hanoi. Filipina telah menghabiskan dua tahun terakhir menantang upaya Tiongkok untuk mengendalikan perairan Scarborough Reef.

TNI “sedang mengembangkan sekitar 40 persen kekuatan dasar minimum, atau MEF, sebelum tahun 2029, untuk menjaga wilayahnya, dengan menambahkan tank, kapal selam, helikopter dan jet pemburu ke gudang persenjataannya,” menurut pengamatan yang diberikan kepada mereka oleh Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin. “Berdasarkan MEF, pemerintah akan mengakuisisi 274 kapal angkatan laut, 10 skuadron pemburu dan 12 kapal selam diesel-listrik baru,” tulis Bloomberg News.

“Indonesia memilih untuk tidak ikut campur dalam perselisihan negara tetangganya dengan Tiongkok atas Laut Tiongkok Selatan, dan bukan merupakan penuntut resmi atas daerah yang dipersengketakan. Tetapi, dalam beberapa bulan belakangan ini, negeri ini berkata bahwa penafsiran Tiongkok atas peta 9 garis putus-putus-nya – yang menjadi dasar untuk klaim teritorialnya – kini menyusup ke dalam zona perekonomian eksklusif Indonesia,” tulis Bloomberg News.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa telah memimpin kekuatan moderat untuk menghindari konflik dengan Tiongkok, dan mengupayakan resolusi perundingan yang damai atas semua konflik teritorial di kawasan. Namun tetap saja, ia menyerukan pada bulan April, mendesak Tiongkok untuk menjelaskan peta yang sudah diterbitkannya, yang menyatukan tuntutan maksimalisnya di Laut Tiongkok Selatan.

Indonesia memperkuat hubungan dengan A.S.
Posisi Indonesia yang lebih kuat juga mencerminkan frustrasi yang terus meningkat di Jakarta atas kegagalan ASEAN sebagai suatu organisasi untuk bersikap lebih tegas dan koheren terhadap agresi Tiongkok yang terus meningkat di Laut Tiongkok Selatan. Seperti Filipina dan Vietnam, Indonesia telah menanggapi dengan memperkuat hubungannya dengan Amerika Serikat.

Ralph Winnie, kepala program Tiongkok di Eurasian Business Coalition, mengatakan kepada Asia Pacific Defense Forum [APDF] bahwa reaksi ini bertentangan dengan pertumbuhan perdagangan dan impor Tiongkok dari kawasan itu.

“Tiongkok telah memperoleh banyak sekali keuntungan dari hubungan perdagangan yang terus berkembang secara damai dan pesat dengan Indonesia serta investasinya di sana,” katanya kepada APDF. “Pengaruh Beijing telah meluas lebih besar daripada sebelumnya, tanpa menimbulkan risiko konflik yang signifikan dengan Indonesia, Amerika Serikat, atau bangsa lainnya di kawasan Asia Tenggara.”

“Tiongkok yang secara agresif memburu sumber daya energi di Laut Tiongkok Selatan, dan mendukung berbagai kebijakan yang populer di antara konstituen nasionalis di dalam negerinya, bertentangan dengan kebijakan tradisional tersebut,” kata Winnie.

“Tiongkok tentu saja ingin mempertahankan hubungan baiknya saat ini dengan Indonesia, dan meluaskan investasinya di sana, dan Jakarta menunjukkan tanda-tanda yang menginginkan agar proses ini berlanjut,” kata Winnie. “Tetapi, Tiongkok juga berkomitmen untuk menetapkan dirinya sebagai kekuatan dunia yang besar.”

TNI mendukung retorikanya dengan peningkatan pengerahan militer di kawasan, dilaporkan APDF sebelumnya.

IHS Jane melaporkan pada bulan Maret bahwa Indonesia tengah memodernisasi pangkalan udaranya di Ranai, Kepulauan Riau, yang merupakan perbatasan dengan Laut Tiongkok Selatan, dan meluaskannya untuk mengoperasikan pesawat pemburu Sukhoi Su-27 dan Su-30 buatan Rusia.

Apa pun hasil dari pemilu 9 Juli, pemenangnya akan memikul tugas berat untuk meluaskan dan memodernisasi kekuatan TNI untuk membela kedaulatannya atas 17.000 pulau negara ini yang terbentang luas, setara dengan bentangan Amerika Serikat.

Apakah langkah yang seharusnya diambil Indonesia untuk menata kembali militernya? (Martin Sieff/ Apdforum.com).

  150 Responses to “Restrukturasi Militer Indonesia untuk Hadapi Ancaman”

  1. Bismilllah…….

    • “Baik Joko Widodo, gubernur Jakarta yang sedang unggul, atau Prabowo Subianto, pengusaha sukses” …wah ada sedikit kampanye nih….???

      70% wilayah Indonesia adalah lautan, maka kekuatan TNI wajib difokuskan ke laut (TNI-AL)

      Terjadinya perang sangat amat kecil terjadi, namun yang terpenting DETEKSI DINI segala mungkin, yaitu dengan menambah Patroli Laut, KCR-40 adalah yang paling cocok, atau kapal patroli yang lebih kecil. jumlah idealnya harus mencapai RATUSAN yang setiap hari wajib melakukan patroli rutin di seluruh Indonesia.

      TNI-AU menjadi prioritas kedua sebagai PEMUKUL paling cepat, yang selalu standby dimintai bantuan.

      Sedang TNI-AD menjadi prioritas terakhir, dan akan dijadikan penjaga perbatasan wilayah darat, serta pasukan pamungkas apabila betul-betul terjadi perang

      jadi yang menjadi prioritas sekarang adalah TNI-AL, untuk menghemat anggaran bisa juga memanfaatkan kapal Transport, bisa LST atau LPD, untuk patroli sambil membawa bantuan Kargo untuk wilayah perbatasan….yang sayangnya jumlahnya semakin menipis karena pensiun dan juga Persenjataannya yang tidak lengkap.

      • Yup betul ada udang di balik rempeyek

      • nah itu, makanya kita perlu tol laut…hohohoh, kapal2 transportnya yg besar2 kan bisa digunakan..

      • “tak ada pemimpin yang ideal. Namun pilihlah pemimpin yang paling kecil mudaratnya, kalau engkau menghadapi dua pilihan yang sama-sama tidak baik, maka pilihlah yang tidak baiknya lebih sedikit, atau baiknya lebih banyak,
        akan lebih berbahaya lagi kalau ada pemimpin yang dipimpin”

        • Halus tapi mengena bung melektech.

        • Bukannya semua pemimpin dipimpin oleh pemilik kedaulatan tertinggi yaitu rakyat bung melektech? :mrgreen:

          “Vox Vopuli Vox Dei…suara rakyat suara tuhan” 😀

          • setuju bung wer…
            asik romannya deh baekan nih bung wehr ma bung melek,,,,,
            ihhiiyy,, jgn brantem lagi yak hahahah canda ;D

          • Ada satu kandidat capres yang dipimpin sama si Mbok 😉

          • Kalau mayoritas masyarakatnya atheis komunis itu suara terbanyak juga.. apa suara tuhan juga.. padahal mereka tidak mengakui adanya tuhan..

          • Apapun pilihannya, pemenangnya haruslah nomor
            3. PERSATUAN INDONESIA
            Yang menang janganlah JUMAWA yang kalah hendaklah LEGAWA.

          • Hmmm…bung HJR…di negara komunis mana yg suara atheis adl.mayoritas? Di cina saja 80 persen rakyatnya beragama 😀

          • Di eropa barat banyak tempat ibadah yg isinya cuman kaum manula, sedangkan yg muda muda banyak yg tdk beragama tp mengakui adanya Tuhan (monotheisme). Shg tdk heran kalo tempat ibadah disana banyak beralih fungsi. Imho

          • Mungkin saya salah tangkap.. kata-kata suara rakyat suara tuhan.. karena saya kurang setuju.. kalau suara rosul suara Tuhan saya masih bisa terima.. itu sajah..
            tapi reaksinya diluar expektasi saya.. kalau ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.. Salam kenal untuk bung wehrmacht, wedus, dan Arbizzam.. saya lama SR tapi komen-komen bung banyak mewarnai warjag ini…

        • pas banget bung…Pemimpim yg di pimpin jadinya kyk gmana ya ntar NKRI…masa kl mau mutusin sesuatu harus sowan dl.hehehehehe..peace ah

          • @wedus, anda menolak black campaign atau negative campaign terhadap Jokowi, tapi malah melakukan black campaign thd Prabowo. Anda sadar kan yang anda katakan itu juga fitnah dan black campaign karena belum tentu benar?

            Anda tidak suka orang berprasangka buruk thd Jokowi tp anda sendiri berprasangka buruk thd Prabowo. Emang golongan jasmev suka lebay dan aneh2.

        • ada benarnya juga,tak ada pemimpin yang sempurna, kecuali nabi/rosul…pilih yang sedikit mudharatnya diantara semua

        • Satu ju – Satu ju wae lah……

        • Sangat setuju bung melektech.
          Pilihbyg kecil mudharatnya untuk kepentingan bangsa dan negara
          Salam hangat bung

        • Niat banget mas kampanyenya,..kebanyakan org tuh males baca yg beginian, ga usah terlalu memuja dan menjelekan org,.. Dosa! Jadi orang santai aja kecuali kamu memang dibayar untuk ini … tp tetep aja dosa !

        • Siapapun nanti yang jadi presiden, semoga Indonesia tetap jaya, persatuan Dan kesatuan di junjung tinggi, tetap damai tetap aman, kesejahteraan rakyat meningkat, ekonomi terus tumbuh secara positif, pertahanan dan keamanan terus meningkat, NKRI harga mati!! Tambah alutsista sebanyak-banyaknya pak Presiden.. maaf, cuma usul dari seorang tukang Batik yang tidak berguna..

        • hidup pak SBY,tidak banyak janji tp sudah terbukti,sering di hina,lecehkan,&caci maki tapi tetap sabar karena beliau bekerja banyak mengasilkan & berhasil,tdk sprt jakarta 1 ke banyakan janji

        • Gak usah perlu terlalu bersemangat bung…. teguh kan pilihan mu pada idola mu dan kami pd pilihan kami, bila nanti ternyata pilihan anda tidak menang jangan kecewa. Disini semua sifatnya hanya spontanitas tdk ada yg sangat bersemangat seperti anda bila terlalu bersemangat untuk membela salah satu capres perlu dipertanyakan dari manakah anda berasal???

        • ga asyik ah, bahasannya Capres. Yang dibahas kan seharusnya Tema di atas bung2 sekalian.

      • bung@M,,,sedang unggul,,,kalimatnya agak dipaksakan hehe

  2. lorooo!!!

  3. 3

  4. Indonesia harus bermain cantik menghadapi Tiongkok

    • Sebenarnya aku gak begitu suka dengan “nama” anda, tapi saya suka dengan pendapat anda…
      Benar kita harus waspada dengan negara MUSANG + Tiongkok, tapi pemerintah kita bener2 sip kok, saya kira kita sedang menggunakan taktik “Keep your friends close, but your enemies closer” dari Sun Tzu.
      Terbukti meskipun kita punya masalah ZEE dengan Tiongkok, kita makin mendekat tuh ke Tiongkok. dan tiongkokpun terkesan “segan” ke Indonesia

    • bedanya sama yg laen, yg sama2 musang, cina yg paling vulgar menunjukkan ambisinya menguasai teritorial negara lain,bahkan sampai menggunakan ototnya,

  5. 4

  6. Limo rek

  7. <10??

  8. 10 besar

  9. big ten

  10. yeee…20 bsarrr

    • akhirnya no 11…lumayannn…
      oiya…kremesn nya ndan NARA kmaren kn krjasama pmbuatn sista antra pindad,pt pal,.pt di sm turki.

      tbak2n ane
      PINDAD :pmbuatan medium tank OTOKAR IFV TULPAR,,sm OTOKAR ARMA 8X8(PINDAD ANOA-2)
      PT DI : heli serang t129 (adopsi heli serang nasional)
      PT PAL : KASEL U214 class
      mantaap….

      • Bung Garudadidadaku pasti goggling semaleman ya, salut untuk keuletan anda!.

      • kalau tidak salah pindad kerjasama dengan FNSS bung garuda..cmiiw. kalau coppernya versi mangusta bisa jadi patronasenya digabung gandiwa. tentang wiro…sudah jelasss…

        • wah..kalo ma fnss kmungkinan pars dong?mrip punya malay..
          kalo sy pribadi sng liat otokar,,,tulpar sm otokar 8×8..tp pindad yg lbh tw kbtuhan..mslah dsain bs drncang lg kmudian.
          hoo..wiro sableng toh,,,ktinggln brita sy.
          thnks bung BLAZE..slm hgt.

  11. Anaak baruuu

  12. artikel tsb sdh menggambarkan situasi yg riil di LCS Laut Natuna, TNI pun sdh bersiap & kesiapan tsb sy kira karena di lapangan sdh pernah terjadi gesekan, tugas deplu utk melakukan diplomasi & tugas TNI utk menghadapi Tiongkok di Natuna.
    sekarang sdh jelas keadaan sebenarnya di Natuna, hanya orang pengecut yg bilang gak ada masalah & gak mau ikut campur di Natuna

    • Yuup….benar itu bung den bdg,sudah saatny kita memilih pemimpin yg berani mengaung seperti macan dalam menghadapi msalah LCS, bukan bisanya cuma cengar-cengir kaya kuda.

    • Prabowo : “Australia Phobia terhadap indonesia”

      Dan besoknya, australia pun langsung geger…(katanya)

      Siapa tau ada yang mo bahas ini…

  13. Semoga stlah 9 juli trpilih presiden yg trbaik buat negri ini sehingga mmpu mneruskn program presiden sby.. trutama dlm bidang pertahanan dan ketahanan, krn didepan tantangn n ancaman indonesia semakin kompleks khususnya tntang LCS ..

  14. Bahasa diplomasi politik dan militer tentu saja berbeda, pa Marty terkesan masih abu2 tapi TNI & Komisi 1 DPR RI tampaknya sudah sepakat membangun kekuatan militer adidaya NKRI

  15. Klo buat perang sih masih jauh untuk INDONESIA..percaya ga klo seandainye INDONESIA sekarang perang pasti rame bisa jadi WW III..!! Yg paling utama penguatan alutsista dulu untuk ngimbangin tetangga” yg rese ..klo mo extreem lagi kasih dana buat belanja militer yg besar, klo alutsista lengkap & gahar ” otomatis pasti efek deterent nye langsung berasa..denger2 ada dana abadi belanjain az tuh buat beli alutsista sebesar 1000 t..klop dah, lagipula nih negara kan kaya uang segitu mah gampang banget dicarinye..cuman masalahnye tuh uang …bocor…bocor…bocor….!!! Klo ga bocor trs, nih negara ga perlu MEF 1,2,3,4 DST…kelewat lama, keburu diserang duluan dah…tapi tetep syukur Alhamdulillah selama 2 periode kepemimpinan SBY bangsa ini mulai bangkit,ekonomi meningkat,belanja pertahanan naik drastis…terima kasih pak SBY…!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  16. Berbau kampanye nih….

  17. “Mohon maaf Sebelumnya”…
    Ini forum diskusi militer tapi topiknya berbau politik yang mengunggulkan salah satu calon.. #????…

  18. kecewa juga ngiiatin iklan politiknya,, harusnya jkgr ntral

  19. TNI wajib dan harus berjaya untuk melindungi Nusantara..

  20. . dot

  21. Emmm mohon para sesepuh wajag, saya rasa perlu ada yang d sunting lagi artikelnya.. Saya rasa jelas udah gak netral wkwkwkwk
    Mohon koreksinya untuk kenyamanan forum diskusi hehehe

  22. dari kemarin buka warjag kok nemuin iklan kampanye no 2 knp ya sy lg gak ngerti mohon pencerahan para sesepuh.
    matur nuwun

    • iklan gak pp bung, asal bayar aja ke empunya warung hehehehehe……

      • Secara taktik saya salut sama ide iklan tim sukses capres no 2. Mereka buat iklan di Google, sehingga website apapun itu (ntah mendukung ataupun tidak ya ‘terpaksa’ mengiklankan capres no 2).

        “Supreme excellence consists of breaking the enemy’s resistance without fighting.”
        ? Sun Tzu, The Art of War

      • setujuuu bung MasterPoker119……

        bandwith nya warjag harus digedein… jgn sampai not found nanti…
        usul aja buat bung sergio… sekalian SEO in aja….
        lalu narik iklan… biar ga memberatkan momod…

        ehmm… coba aku cek ke alexsa dulu ah….
        ngacir…..

      • Matur nuwun buat sesepuh untuk pencerahannya saya agak ketir ketir juga nih sebagai kawulo alit alias rakyat jelata kalo nanti pilpres terjadi goro goro alias huruhara menilik opini liar yg sekarang berkembang begitu banyak kepentingan sampai kampanye hitam yang begitu sengit padahal dulu dulu nggak ada.semoga damai selalu negeriku.
        Matur nuwun SR MODE ON

  23. Hehehe… mungkin biar berimbang dikit lah, jgn sampai jkgr isinya pendukung no 1 semua, gak apa2 yg penting selama masih penggiringan opini halus gak mendeskriditkan personal berlebihan.

    Jokowi yg sedang unggul dan prabowo pengusaha yg sukses tp siapa ya yg paling ikhlas untuk rakyat Indonesia???

    • Ane coblos sesepuh warjag aje :mrgreen:

    • Bung Rafly, Saya pilih yg jujur dan Anti korupsi ayo siapa??? hahahahaha

    • kalo nomor 2 jadi RI 1 anggran pertahanan kita naik jd 1,5 mantabbbb, kalo no 1 bakalan ancur negara, sebab hatta gagl sebagai menko perekonomian , dan parbowo, punya utang 14 T itu menunjukan prabowo tidaklah sukses sebagai pengusaha, apalagi jadi pemimpin negara, yang tentu memerlukan keberanian dan kecerdasan, dan itu tidak dimiliki prabowo

      • Maaf bung Pangeran Borneo… disini bukan lapak politik, disini kita hanya diskusi ttg militer, strategi, alutsista, dll… Kita disini belajar berdiskusi yang baik walaupun berbeda pendapat tanpa menyinggung orang lain.. Salam

      • Ya..ya..ya.. sah2 saja pendapat anda karena anda pendukung no 2, anggaran militer naik tp koq ambles dipersoalkan? no 1 pun sama punya komitmen utk memperkuat TNI.

        Ya..ya..ya.. bung hata gagal, tp koq GDB RI masuk 10 besar? Dana penguatan anggaran pertahaan saat ini dari mana sumbernya kalau bukan membaiknya perekonomian RI?

        Ya..ya..ya.. Prabowo punya hutang sebagai pengusaha, ya jelas lah dalam berusaha pasti ada hutang dan piutang negara pun berhutang untuk menjalankan pemerintahan yang pentingkan tidak masuk kategori bad debt.

        Indikator keberanian dan kecerdasan bukan dilihat dari berhasil punya hutang atau tidaknya orang itu, keberanian dan kecerdasan bisa di hitung dari seberapa besar amanah yg diterima di jalankan dengan sepenuh hati dan didiselesaikan dengan tanggung jawab tidak loncat2.

      • naikin capres masih jamak, tapi mbok yao jangan menyudutkan capres lain lah, kacuali nggak pede ngusung tuh capres..

      • utang 14T ?28 juta kali.jangan asbun ah

    • HADEWUUHH….IKUTAN KAMPANYE AHHH….MENURUT ANE NIH…..KEDUA CALON PUNYA PLUS MINUS NYA. DENGAN WAKIL YANG SAMA-SAMA BERPENGALAMAN DI PEMERINTAHAN. KEDUA CAPRES JUGA PUNYA PENGALAMAN YANG MASIH TERBATAS. MR JOKOWI TERBATAS PADA PEMERINTAHAN SEKALA KOTAMADYA SOLO DAN BELUM TERUJUI SEPENUHNYA DI PEMPROV, APALAGI NEGARA. MR PRABOWO BARU PENGALAMAN DI TINGKAT NASIONAL NAMUN TERBATAS DI TNI (DANJEN KOPASSUS) YANG BEDA HANYA SATU. MR JOKOWI BACKGROUND NYA SIPIL NON TNI. MR PRABOWO BACKGROUND NYA TNI (MESKIPUN DIEMBEL-EMBELI “DIPECAT”-KATANYA). YANG COCOK DENGAN BACKGROUND SIPIL, MONGGO COBLOS MR JOKOWI. YANG COCOK BACKGROUND TNI YA COBLOS MR PRABOWO. SEMUA PILIHAN MEMPUNYAI RESIKO YANG BELUM DIKETAHUI. YANG PENTING JANGAN GOLPUT. BAHAYA, BISA DIMANFAATIN. PEACE FOR NKRI. KALAU TULISAN INI DIANGGAP TENDENSIUS, IKHLAS DI-EDIT.

  24. Terlalu lebai artikelnya .

  25. #1Prabowo for presiden

  26. Artikel ini rasanya ada sesuatu yang aneh gini yaaa bacanya.. semacam ada penggiringan opini publik untuk kesan lebih jauhnya tidak lagi menjadi non blok dan menjadikan china sebagai musuh bersama.
    Payaaah
    Buaya kox mau dikadalin
    Hehehehe

  27. Yg penting borong dulu deh SU-35 180 ekorr.. yg di katakan Pak Pur…..untuk capres selanjutnya borong Pak Fa sudah beres deh

  28. untuk mengejar modrenisasi alutsista , idealnya anggaran pertahanan kita bukan cuma 1,5 persen tp minimal 3 persen … sama besar dengan tetangga tetangga kita.Tp yang perlu di ketahui,jumlah 3 persen GDP kita jauh lbih besar jumla nilai dan nominalnyah dr pd tetangga kita karna kita adalah negara dengan perekonomian terbesar 15 dunia.

  29. Saya harap presiden mendatang bukan hanya tegas pada rakyatnya sendiri saja tapi sama warga negara lain terutama us kayak ayam mau disembelih udah terang terangan ditantang cuman diem aja itupun yang nantang cuma seorang jurnalis ato memang yang dikatakan jurnalis itu memang benar???????

    • Maaf bung sukro kl celoteh si allan itu gak perlu di dengarkan itu salah satu ular musuh garuda, ular itu punya sifat tdk akan rela sang garuda menjadi kuat. Buat apa kita nanggapin pernyataan orang sipil yg dasar argumennya gak jelas, sekarang berpulang ke diri anda apakah mau kita diobok2 ular atau kita akan acuhkan anggap angin lalu yg kerap menerpa sang garuda ketika berusaha untuk terbang tinggi ke angkasa???

    • benar bung…si allan ini siapa pula, tiba2 muncul dari langit kah..sudah jelas ini ular beneran,kalau masyarakat awam tidak waspada akan sangat mudah tergiring oleh opini2 yang tidak jelas.

      • iya…bagian dari CIA kemungkinan orang ini dan ketika membuat statement terbaru menyudutkan salah satu calon presiden, kita sudah tahu siapa sebenarnya yang paling disenangi induk semang dari si allan ini 🙂

  30. Artikel sebelum’y ada iklan salah 1 capres di kolom yg biasa’y mejeng berniaga.com
    Sekarang artikel ini terasa banget kampanye’y..
    Hmm kebawa suasana pemilu mungkin ya..

  31. goooooooooooooooooooooooo

  32. Peace…man !!!, salam 2 jari…hehehehe

  33. saya setuju dengan pendapat bahwa siapapun presidennya nanti, ia harus memperkuat TNI menjadi jauh lebih kuat dari saat ini, agak pelik memang mana yang harus didahulukan tetapi menurut pandangan saya matra udara harus didahulukan alasannya sederhana : hanya pesawat tempur yang mampu terbang di atas daratan dan lautan, ini berarti jika sistem pertahanan Indonesia (tiga matra) mampu mendeteksi ancaman secara dini maka sebagai respon tercepat adalah dengan mengirim satu flight pesawat tempur bersenjata lengkap di titik manapun di wilayah RI.

    Memang tidak semua ancaman efektif dihadapi oleh pesawat tempur tetapi yang dipentingkan disini adalah kecepatan reaksi satuan pemukul TNI dalam menghadapi hotspot atau konflik dan memang hanya pesawat tempur lah yang dalam hitungan menit atau jam mampu menjangkau titik konflik atau hotspot tersebut, baru kemudian matra lain menyusul

  34. yuup betul bung STMJ, saya setubuh dengan anda…

  35. betul om STMJ, secara tidak langsung mengatakan bahwa Indonesia keluar dari Non Block

  36. Ayo kita semua berjabat tangan dan berpegangan tangan yang erat, jangan terlepas lagi. DEMI. KEJAYAAN NKRI YANG BESAR. DAN. KUAT….

  37. Mungkin pernyataan Menhan untuk mengalihlkan isu aja Bung, Krn belanja militer RI besar2ran dgn maksud untuk mengimbangi isu LCS krn dominasi Tiongkok disana, klo pak Menhan g pinter alesan, Sonotan, Sonora ma si Upil bs panas dingin melihat penguatan Alusista TNI bung, mff cm analisa tukang jaga pos kampling…

  38. Efek deterent yang paling dahsyat disamping Alutsista yang Gahar…Adalah Terwujudnya Pemerintahan yang bersih. Pemerintahan yang bersih dari korupsi akan menjadi benteng yang kuat bagi terwujudnya Persatuan dan Kesatuan NKRI. Masyarakat akan dgn sukarela berkorban untuk bangsa dan negaranya tanpa paksaan. Apa artinya Militer kuat tapi pemerintahnya bobrok. Pemerintah bersih dan Amanah, Ekonomi Tumbuh, Rakyat Sejahtera, Militer Kuat adalah harapan KITA. Salam sejahtera.

  39. Assalamu’alaikum. Bung Admin, kog di sampul JKGR ada iklan kampanye yg “NJELEHI” ya, apa gak bisa di buang? Maaf, salam…

  40. kok skarang artikel2nya banyak berbau politik yh?….
    jadi enek bacanya kalau ad unsur politisnya…..

  41. hehehe….salam bung rulesz

  42. Hehehe berarti secara tdk langsung/halus kalimat ‘Baik Joko Widodo, gubernur Jakarta yg sedang unggul atau Prabowo Subianto, pengusaha sukses…..’ juga mengarah kesitu juga ya ???!!!!
    Anda cermat bung@STMJ…. 😀

    • Termasuk itu bung Banyumili,,,penulisnya sendiri orang bule, setidaknya dari situ kita bisa tahu mana yang diminati asing dan mana yang tidak.IMHO

      #saya tidak kampanye lho, tidak yang gelap, halus atau terang – terangan. Hanya opini 😀

    • jeli bung STMJ…kalimat bahwa RI memperkuat hubungan dengan usa, kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan salah satu tokoh juga sudah terlihat mana yang lebih disenangi…#bukan kampanye# 🙂

  43. Saya pilih bersekutu dengan bu Pertiwi saja. Perihal dengan tetangga, Indonesia tetap hablum minannas 😀

  44. Saya pilih bersekutu dengan bu Pertiwi saja. Perihal dengan tetangga, Indonesia tetap hablum minannas 😀

  45. poro sesepuh, sederek warjager sedoyo… ngapunten sanget…

    permios nitip link….

    http://www.youtube.com/watch?v=fZSCu8DX3J4

    ……..

  46. ayahanda saya juga bung,,,,,salam jari

  47. sonotan sonora itu dmna sih, penasaran bgt ama ini

  48. Waahh,,, sy setuju dgn BUng@Meleketech…… Mosok ya Pemimpin malah diPimpin lagi,,,,, bahaya tuh,,,

  49. Berapa pun jmlh jarinya jkt masih macet dan banjir. Spt anak sd kelas 1 gk naik kelas ngeles supaya pintar harus dikelas 2 dulu …

    Ilusi

  50. kalo aku milih yg klop dihati
    kalo ditanya no.1 ape no.2 jwban ane suka2 ane dhunk

  51. KIRIMAN LEOPARD DIBATALKAN…….KARNA JOKOWI TIDAK SETUJU DGN LEOPARD…..ALAMATLAH KAPAL KARAM……..HAHAHAHAHA

 Leave a Reply