Aug 182014
 
Tank AMX-13

Tank AMX-13

Kecuali body-nya, semua komponennya tank AMX-13 sudah diperbaharui.


Bandung – Sebanyak 10 tank AMX-13 hasil retrofit PT Pindad siap unjuk kemampuan pada rangkaian HUT TNI, 5 Oktober mendatang. Tank buatan Prancis itu akan tampil berbeda, karena sudah dipermak fiturnya sehingga lebih gahar.

Menurut Direktur Utama PT Pindad, Sudirman Said, Minggu (17/8), retrofit yang merupakan tugas dari Kemenhan itu menyasar tank dengan populasi besar. “Kami akan menyelesaikan retrofit Tank AMX, tank dengan populasi besar sekitar 400-an di Tanah Air. Kecuali body-nya, semua komponennya diperbaharui,” jelas pria kelahiran Brebes itu.

Direktur Operasi Produk Pertahanan dan Keamanan, Tri Hardjono menambahkan, keseluruhan tank yang di-retrofit pada tahap pertama sebanyak 13 unit. Sepuluh diantaranya akan ditampilkan pada hari jadi TNI guna diperkenalkan. “Rencananya, akhir tahun diserahkan. Meski demikian, semua unit yang kita perbaharui telah memperoleh sertifikat lulus pengujian dari Dislitbang AD,”.

Tank AMX-13

Tank AMX-13

Usai disegarkan, tank yang termasuk alutsista sepuh itu berubah menjadi tank modern. Tak lagi mekanik, sistem penggeraknya sudah elektronik. Alat tempur tersebut juga bisa mengadopsi amunisi terbaru.

“Kita barukan sistem automotif-nya, transmisi dan enginennya sehingga memiliki kemampuan tank modern, dan paling utama sistem persenjataannya,” jelas direktur yang berasal dari Purworejo itu.

Dengan sentuhan tersebut, tank kelas ringan itu mampu bermanuver sangat lincah. Di tubuhnya tertanam mesin Navistar asal AS berkekuatan 320 HP yang sanggup melaju hingga 70 Km per jam.

AMX3

Tak hanya itu, tank AD tersebut juga sanggup melahap beragam medan. Hal itu merujuk pada hasil pengujian di trek Jabar selatan yang lengkap termasuk kualifikasi offroad. Di kawasan Sukabumi, tank itu sudah melalui uji pasir, uji pantai, dan tanjakan.

Untuk melindungi sekaligus kemampuan menyerang, ukuran cannon-nya pun diubah. Dari semula 75 mm menjadi 105 mm. Presisinya pun semakin akurat karena digerakan secara elektronik.

“Dengan perubahan itu, AMX-13 memiliki daya jangkau yang lebih jauh. Daya tembak jauh lebih besar, dan bisa digunakan untuk amunisi modern,” jelas Tri Harjono yang sempat menjadi Pjs Dirut Pindad itu. (Setiady Dwi / suaramerdeka.com)

  62 Responses to “Retrofit Tank AMX-13”

  1. Mantap….Lanjutkan…!!!

  2. hebat

  3. 5

  4. mantap PINDAD…yg blm di Retro msh banyak tuh..

  5. Lebih hebat lagi kalo mesin nya dibuat sendiri oleh anak bangsa! Kira2 kapan terwujut

    Tolong pencerahanya

  6. Affirmative 😈

  7. bodynya memang zadul tp isi nya tank modern,,, kyk apa yah???? kayak janda kembang di desa kali yah????

  8. Ane yakin klo masalah ngoprek” nomer satu dah ahlinye …!!! Teruskan biar ga jadi rongsokan tuh barang, klo masih bisa di oprek sekalian semuanya biar yg tua- tua muda lagi & lebih gahar, semoga indonesia semakin pintar en bisa segera bikin mesinye sekalian..!!!

    ….NKRI HARGA MATI….

  9. Untuk system defencenya manah…?kok sudah mengatakan modern..? jangan* update lagi update lagi baru ada system defencenya itu berarti sama saja dengan jualan sama pemerintah….suatu tank sudah di retrofit bukan ditahun berikutnya update lagi hal ini sudah menjadi kebiasaan mark up alutsista mentalitas anak bangsa…saya masih pesimis bila kelak suatu hari, tank ini ada updatenya lagi…?bila mau membangun suatu tank retrofit seharusnya semuanya sudah dijelalin dengan ukuran tank abraham atau merkava…bisa enggak..?serba otomatis setidaknya bukanya retrofit ecek* atau abal*…?…Maaf Gareng terlalu lancang kritikanya…?

  10. Yg kurang adalah proteksinya,kalo bisa dipasang body armor versi litbang tni ad yg katanya gak kalah sama reactive body armornya rusia,bahannya dari keramik komposit baja (mohon konfirmasi dari warjager laen), ato kalo bs ditambah lapis baja di bagian depan atas, belakang dan menutup roda rantai yg merupakan tempat paling rawan kena atgm

  11. wah meriam nya ga ke besaran tuh..? ntar kalo tanjakan atau turunan bsa bsa salto sendiri tuh tank…
    ckckckck ap ga sebaiknya pke caliber 20mm saja ..?

    trus roda rantainya kelihatan rapuh bgt.. nginjak ranjau se kilomsaja bisa leps tuh rante,, trus ga ada pelindung na lg,,

    kalo dr gambarnya sih bukan amx yang sekarang deh,, soalnya wktu 2007 saya pernah lhat amx yang lg coba di retroft gambarnya sepert skrg ene

  12. ini baru tua-tua keladi… 😉

  13. Yang dikejar bukan proteksi.. tetao ada yg dikorbankan.. klo mao nambah proteksi.. ambilkah contoh masang ERA mau nambah bobot brapa lg.. ini dgn ganti meriam gebuj nya aja dah keliatan gambot.. dgn speed 70 km per jam mungkin yahh.. yg diharapkan kemampuan hit and run..
    Sdh tentu retrofit ini kan makan biaya yg sangat besar tp mgkn sebanding dgn peningkatan lapangan kerja dan pendapatan bagi pindad sndiri.. toh duitnya muter didalam negeri sebagian kecuali mesin dan b3berapa perangkat pendukung.. tp tentu pengalaman dan pembelajarannya yg tdk ternilai..
    Asal jgn yg di museum diambil lg trus diretrofit.. nohhhh sperti jg di markas kostrad di gambir.. biarkanlah menjadi penjaga halaman depan markas kostrad tsb. Hehehehee

  14. maaf oot, ikut prihatin …
    tmt hari ini dirut pertamina mengundurkan diri …
    apa mungkin kena patuk ‘ular’ ???

  15. Dipatuk gimana? lha wong msh sebangsanya kog? hehehe.. ngundurkan diri krn rezim skrg sdh mw berakhir.. nah doi cepet2 nonjob biar dapet posisi baru yg lbh mbahenol di kabinet mendatang. ada benang merah dgn isue mbok megatron dgn mr jackas ke us dlm rangka siapa2 yg dapet restu uncle sam utk menggawangi dan menjaga sgl kebijakan mrk baik dari ursn politik, ekonomi mwpn sda RI ttp di jabat org2 mrk yg sdh di didik utk sll setia di pihak mrk. tunggu dan saksikan tgl mainnya. sorry oot..

  16. Dengan hormat, atas ane ngerusak suasana baca dan topik… apa2an sih bahas tank jd ke politik.. basi lahh

  17. sayang nya kemaren latihan perang antar tank tidak ada, klo ada duel antar tank menggunakan amunisi latihan mungkin lebih seru lagi kali yah,, jadi ketauan kelebihan dan kekurangan nya,, meski secara spesifikasi sdh ada , tp dilapangan mungkin berbeda,,(mungkin kemampuan nya)

  18. Dengar2 biaya retrofit teng jadul ini sampai 11M/biji? mahal amit utk retrofit teng ringan yg sdh sngat krg busa deterjennya, di tinjau dari armor, teknologi dan persenjataannya sdh sangat riskan dan ckp membahayakan awak dan komandannya. di retrofit macam manapun design teng ini sdh layak dimuseumkan krn turet teng ini cm bisa dongak naik trn tp gak bs geleng2 ke kiri ke kanan sprt turet umumnya, jd jk mw menembak di posisi jam 3, driver kudu memutar roda track dgn posisi teng menghadap lawan. waduh.. rempong amit..mmg ada diberitakan di cangkokan teknologi gyro stabilazer tp pungsinya msh tanda tanya klw melihat design turet jenis begini. menurut saya dgn duit retrofit jk benar sampai segitu banyaknya,lbh baik sdh di stop aja, ckp 10 biji aja jd sampel dan sisa dananya klo dari jumlah populasi teng ini yg mencapai 300 an, jk merencanakan meretrofit setidaknya 100 biji AMX13 lbh baik TNI memborong T72 punya ruskiye yg stoknya melimpah, harga bisa dpt separuhnya dan sdh terbukti battle provent di palagan perang trs kelasnya sdh mbt dan lbh tinggi baik dari armor dan senjatanya jg teknologi sensor dan bidikannya sdh lbh ditingkatkan oleh ruskiye skrg ini, dan satu lg keuntunganya klw memakai otak dagang haji sukri juragan besi, klw duit retrofit teng amx13 dibelikan T72 TNI maka kita dapat MBT T72 dgn populasi dua kali lbh byk dari AMX13 itu artinya kalau pake cara bisnisnya haji sukri TNI sdh bisa menutupi setidaknya seper empat biaya retrofit jk kelak TNI sdh bosen dgn mainan T72 dan berencana meloak kan teng tsb ditambah dgn AMX13 yg jelas2 lbh rombeng dari T72 utk semuanya di loak kan kpd haji sukri. gimana bpk2 jendral terhormat dan pak haji sukri .. se7 gak? win-win solution. hehehe..

  19. Coba jelaskan sesepuh disini mana..?tank retrofit ini batle proven untuk perang..?
    Mau ngomong dotkrinnya TNI daya gerak,gebuk,cepat,senyap man behind the gun…menang dan mati tanpa nama/jasa yg berharga di kemudian hari…?preet..!!!..ganti aja yg infonya hoak mungkin lebih mak nyuuss…miapah…?sorry lagi terlalu geli melihat retrofitnya…

  20. Domplang, kenapa gak dimodif jadi tank yang gendong SAM+ radarnya yg digunakan tidak untuk berhadapan dengan RPG atau pun tank tapi untuk support kavaleri, untuk tank selayaknya sudah dibuat tank medium yg lebih baru.

  21. kecil kecil caberawit..
    sekali gigit musuh langsung koit…
    ini sesuai dengan doktrin perang masa depan,tank ringan yg mampu melibas MBT

  22. Kadang sesuatu itu terlihat sebagai kecerdasan.

  23. Sepertinya kekhawatiran wajager semua tak perlu ada. Kan sudah diuji coba. Sy yakin para ahli kita sudah memperhitungkan semuanya. Kan sudah diuji coba disegala medan. Masalahnya kan pada doktrinnya. Ini tank mau digunakan untuk apa, dalam pertempuran yang bagaimana, dstnya. Kalau mau sempurna semua, yakin sy, tak kan ada produk manusia yang sempurna. Yg ada ya saling melengkapi. Maaf ni kalau sy sudah bangga sekali. Memanfaatkan body yang ada dengan jeroan baru. Jadi kan bermanfaat.

  24. body armor amx13 ini tipis, terlalu nekad jk dipake perang, apalagi dlm perang dgn cara taktik gerilya mwpn utk perang kota, dimana kekurangan teng ini armornya ringkih, turet tdk bisa merespon musuh disamping dan tdk punya sensor thermal imaging yg bs mengendus musuh bersembunyi dibalik pohon/dinding sambil bersiap menyalvo dgn senjata, gak usahlah selevel atgm sprt mantis, dgn granat berpeluncur roket sejenis bazooka dua biji aja dikiri kanan tuh awak yg ada didalam udh klepak klepek yah krn kekurangan dari proteksi dari yg saya sebut diatas ditambah lg smkn awaknya smkn semaput krn posisi awaknya dikabin yg sempit, biarpun lg mujur body armornya tdk pecah atwpn tembus tp krn kabin yg sempit, efek daya kejut akbt getaran gelombang ledakan tsb berdampak langsung kpd awak krn brd di dlm kabin yg sempit. pembuluh darah akan pecah organ dalam remuk dari telinga dan mata akan berdarah2.. tolonglah jangan korbankan prajurit2 terbaikmu jendral hny krn alutsista usang yg dibuang sayang, dan sebaliknya tdk trll berpikir sayang kpd nyawa2 prajuritnya. sebaiknya jk ttp dipertahankan lbh baik teng jenis ini dgn design turet sprt ini diberikan kpd kesatuan artileri utk dijadikan sbg teng arileri dgn diberi laras meriam howitzer sbg bantuan artileri penggempur barisan belakang dgn membombardir kubu lawan sblm teng sekelas mbt melabrak diikuti yonmek dan ifv sbg penghantar infanteri menduduki wilayah penyerbuan dan sbg proteksi terhadap sisa pasukan musuh yg mengincar alutsisa dan ranpur kita. intinya ini teng di upgrade utk dijadikan artileri sprt model caisar nexter atw dijadikan sprt astros versi tracked ataw sekalian dibuat mirip2 pantsir dgn dibekali bbrp peluncur rudal shorad sejenis mistral, javelin atw startreak utk proteksi dari pespur mwpn helo sejenis apache dll yg fungsinya lbh vital utk melindungi alusista dari udara dibandingkan utk kaveleri sprt skrg yg krg dpt diandalkan utk era skrg dan yg akan dtg utk melawan teng2 lawan sprt pendekar alay mwpn leo dan merkava miliknya negeri kutu temasek dan dari teng abrahm punya sonotan.

  25. AMX-10 kapan ya giliran diretrofit????

  26. Di jerman marder yg mau discrap melimpah kalo dibeli kiloan trus diretrofit bisa dapat banyak tuh

  27. maleslah kalo ngomongin tank retrofitan,apa gak bisa beli yang baru,macam F 5 tiger yang masa aktifnya dipanjang panjangin terus,nunggu ada yang jatuh dulu.kalo ini tank mungkin nunggu ada yang ngglempang di selokan dulu

  28. Up Grade yg mak nyuss…karya Pindad berikutnya yg ditunggu tunggu : All New Anoa, Medium Tank (20-30T), Canon Panser dst..purwarupa nya ditunggu..

  29. Sabar bung Banzai.. Salam damai,..

 Leave a Reply