Jul 032014
 

image

Kabinet Jepang telah mengubah interpretasi konstitusi untuk memungkinkan negara itu menerapkan haknya atas bela diri kolektif. Keputusan ini menandai perubahan besar dalam kebijakan keamanan Jepang setelah perang. Dalam sebuah rapat hari Selasa (1/7), kabinet Jepang menyetujui apa yang disebutnya sebagai “Keputusan Kabinet atas Pengembangan Pengesahan Keamanan yang Lancar Berkelanjutan untuk Memastikan Kelangsungan Hidup Jepang dan Melindungi Rakyatnya”.

Pemerintahan Jepang sebelumnya menetapkan bahwa negara mereka memiliki hak terhadap bela diri kolektif. Hal ini mengkoreksi interpretasi Konstitusi yang mengutuk perang.

Kabinet mengatakan bahwa sebelum interpretasi ulang, pemerintah yang lalu mempertimbangkan menggunakan kekuatan yang diizinkan hanya dalam hal serangan bersenjata terhadap Jepang.

Namun, kabinet sekarang mengatakan bahwa dengan situasi keamanan di sekeliling Jepang yang terus berubah. Sebuah serangan bersenjata terhadap negara asing dapat mengancam kelangsungan hidup Jepang, tergantung dari maksud, skala dan cara serangan tersebut.

Dokumen itu mengatakan bahwa pemerintah telah menyimpulkan bahwa konstitusi harus diinterpretasikan untuk mengizinkan penggunaan hanya kekuatan yang diperlukan bagi bela diri di bawah kondisi-kondisi tertentu.

Ditambahkan, bela diri kolektif ini termasuk serangan bersenjata pada satu negara asing yang punya hubungan dekat dengan Jepang, serta yang disebut bahaya nyata suatu ancaman bagi kelangsungan hidup Jepang dan dasar penjungkirbalikan hak rakyat.

image

Dokumen tersebut mengatakan sudah sewajarnya untuk mendapatkan kepastian kekuasaan sipil. Pemerintah akan menetapkan dalam rancangan undang-undang bahwa sebelum memerintahkan Pasukan Bela Diri Jepang menggunakan kekuatan, pada prinsipnya diperlukan persetujuan parlemen sebelumnya.

Tanggapan Tiongkok Tanggapi
Tiongkok mengeluarkan sebuah peringatan terhadap keputusan Kabinet Jepang untuk mengizinkan negaranya melakukan hak bela diri kolektif.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri TIongkok Hong Lei menggelar jumpa pers Senin (1/7). Hong mengatakan Pemerintah Jepang baru-baru ini membuat perubahan-perubahan serius. Ia mengatakan Jepang sering membuat isu soal persepsi sejarah dan juga implementasi militer serta langkah-langkah keamanan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya oleh Jepang.

Hong mengatakan, Tiongkok tidak dapat menahan diri dari menyangka bahwa Jepang tengah berusaha mengubah arah perkembangan perdamaian yang telah berlangsung sejak Perang Dunia Kedua. (Berita Satu).

Berbagi

  69 Responses to “Perubahan Kebijakan Keamanan Jepang”

  1.  

    joss

    •  

      dengan berlakunya kebijakan ini apakah jepang akan bebas jual beli senjata strategis tanpa campur tangan usa bung?

      semoga sehat selalu buat para warjager semua

      •  

        Secara formal mungkin bebas,tp dibalik itu asu pasti memberi tekanan,halangan bila perlu ancaman bila jepang menjual sista kpada negara yg dianggap bisa merugikan kepentingan asu..contoh prancis yg menjual kapal perangnya ma rusia,bgt keras reaksi protes asu ma prancis

      •  

        yang pasti ada tekanan, tetapi perlu dilihat juga bung kepada siapa pihak jepang nanti akan menjual produk alutsistanya..

        •  

          Setuju bung DK. melihat kedekatan Jepang dengan Indonesia selama ini, bukan tidak mungkin mereka jg akan mau bekerja sama membangun kapal selam dengan Indonesia. Apalagi kalau dilihat bantuan2 Jepang untuk proyek2 infrastruktur di Indonesia sudah ada lebih lama jika dibanding Korsel.

  2.  

    Makin rame LCS

  3.  

    Seken. . .

  4.  

    wah podo ngantuk …sik sepi

  5.  

    Kedua kahh

  6.  

    10 besar…

  7.  

    nomer piro

  8.  

    5

  9.  

    petromax

  10.  

    10 besar

  11.  

    wow….apa selanjutnya?….

  12.  

    jepang memang harus bangkit,amerika harus hapus perjanjian paska PD II agar jepang dapat membangun militernya yg dahsyaaaaaat….klo jepang diberi kebebasan mengembangkan industri militer strategis,maka akan ada keseimbangan kawasan,china gak bakalan brani klaim sana sini…tugas amerika jd ringan,asean pun tenang…banzaiiiiiiiiiiiiiiiii……..

  13.  

    Spt tdi ada artikel sblum ini dah..kna tilang pa ya hehehe

    jakarta greater – great Indonesia – Indonesia keren

  14.  

    akhirnya ada sedikit keterangan dari bung nara

  15.  

    Menurut sudut pandang @bung Nara apakah advantage/disadvantage secara militer bagi Indonesia? Manakah diantara keduanya yang lebih banyak +/-nya. Tq

  16.  

    Kebangkitan militer di,ASIA..tlh dimulai…jangankan jepang ,INDONESIA az sudah ganti dokrin PRE EMPTIVE STRIKE..kekuatan militer” dunia yg dominan di negara eropa akan segera beralih ke asia seiring meningkatnya ekonomi di kawasan..disinilah awal semua mata dunia tertuju ,untuk melihat kebangkitan ASIA..dimana negeri tercinta ini juga segera bangkit menjadi MERCUSUAR DUNIA.(.ramalan yg akan segera terwujud..!!!)

    …NKRI HARGA…!!!

  17.  

    yup,sudah tidak bisa dibendung lagi…pengaruh kepentingan Jepang dikawasan mengharuskan mereka merubah kebijakan militernya..

  18.  

    Amandemen uu ini sudah dari dulu digaungkan.Semenjak shinzo abe naek jadi pm sbetulnya hal ini sudah bisa diprediksi bkal direalisasi..dan kebetulan keadaan saat ini bisa djadikan alasan kuat untuk mendukung untuk dapat direalisasi…hal ini tak dapat di hindarkan baik hari ini atau besok..tingal kita pintar2 saja menyikapinya supaya bisa menjadi satu atau banyak peluang buat kita..

  19.  

    salam hangat ndan…

    izin nanya ndan…
    1. bagaimana cegah tangkal jepang dan ausi yg bikin soryu class di ausie… apa sudah di agendakan…

    2. ndan gimana kelanjutan…….. Akhirnya,…Era Baru Alutsista Trimatra di Depan Mata… khan masi jilid 2… jilid berikutnya bagaimana…. khan to be continue kata terakirnya….

    •  

      bung @Nara, moga2 alutsista trimatra-nya sgr dilanjut ke part 3 dan 4 biar terpuaskan rasa penasarnya warjagers semua..berharap mode on dak dipending

  20.  

    21…….bioskop dah
    salam hangat bwt smua warga jkgr

  21.  

    pd 1 & pd 2 sudah pd 3 jangan sampai terjadi…peace…piss..damai

  22.  

    Setelah 70 tahun…. kini China(Tiongkok) mulai bersiap…. Semoga bukan dendam masa lalu yang menjadi dasarnya.

  23.  

    bung [email protected] mau tanya ni..pre emptive strike doktrin yg baru dpakai tni..memukul baik dr dlam zee dn dluar zee..yg msih gagal paham apkh tni hrus memukul duluan mskipun musuh tdk menembak duluan..apkh ini tdk menimbulkn protes at perang krna kapal mau pn paspur msih dlaut international..

    •  

      bung nar, kalau qt tidak punya kapal induk apakah effective jika menyerang agak jauh keluar zee atau bahkan nglubrug negara tsb yg misalnya bukan tetangga dekat?

      •  

        Pre emptive strike terhadap armada lawan yang masih berada diluar ZEE tidak harus menggunakan Kapal Induk Bung, kalo menurut saya armada KS malah lebih mengerikan dibanding Kapal Induk hehehe… belum back up dari armada Kapal Atas Air. :mrgreen:

        •  

          mkasih bung PS tanggapannya, benar juga bung, pespur yg dibawa utk air to ground atau air to air mungkin ydkbselamanya superior, salam kenal bung mkasih bung PS tanggapannya, benar juga bung, pespur yg dibawa utk air to ground atau air to air mungkin ydkbselamanya superior, salam kenal bung PS

      •  

        wah…nikname pkai wayang juga, salam kenal bung werkudoro

  24.  

    @bung nara, apakah selama ini pasukan bela diri jepang blm/bukan AB ? Lalu apakah dlm real battle mrk jg dipersenjatai / cm bare hand martial art ? Kalo di indonesia bs disamakan dng organisasi / ormas apa kah ? Terimakasih salam kenal dr newbie galau

  25.  

    5 macan asia..jepang,korea,indonesia,india dan china…
    China ditempatkan yg terakhir krn kwalitas produk china enggak bgt,suka menjiplak dan melanggar hak cipta,dr gadget,genset,motor,mobil sampe pesawat dan alutsista dibuat dgn cara menjiplak..msh kalah kreatif sm india,indonesia,apalg sm korea dan japan jauh bgt

  26.  

    LCS semakin panas, gozila mulai mengaum…semoga jepang bisa menjadi partner yang baik buat indonesia.

  27.  

    Terimakasih pencerahanya @bung nara, makin bertambah nih ilmu saya…salam satu jiwa merah putih

  28.  

    Kebangkitan Jepang bisa menambah tensi kesiapan angkatan perang kawasan Asia Timur, Tenggara, Selatan.
    Kita bisa bharap Jepang mampu utk mengimbangi agresifitas Cina, bila terjadi konflik, posisi geografis head to head akan ditentukan oleh kemampuan kecepatan rudal menghancurkan target militer strategis. Semua jenis alutsita udara & laut & darat akan diuji kmampuannya.
    Sampai dg th 2020, Jika perang beneran pake non nuclear weapon … dua2nya bakal babak belur mirip PD II, sy pegang Cina msh unggul atas Jepang, dg dasar :
    1. kualitas alutsista seimbang
    2. kuantitas alutsista lbh unggul Cina
    3. prajurit lbh byk Cina

  29.  

    Bukan khawatir kok malah senang. Ally bisa berubah jadi Enemy yang PD2 juga sama dijajah.

  30.  

    coba kalo diam diam ilmunya disisipin di Nusantara, pasti manyos

  31.  

    setuju dengan bonex. Jepang yang kuat memang dibutuhkan untuk mengerem RRC.

    menurut saya militerisme Jepang tidak akan kembali. justru yang harus diwaspadai adalah militerisme RRC.

    apalagi RRC masih dikuasai partai politik tunggal di mana suara rakyat tidak didengar. jika salah arah, segelintir orang yang berada di pucuk Partai Komunis Cina bsa membahayakan kawasan. sementara pemerintah Jepang masih dikontrol rakyatnya karena menganut demokrasi. cmiiw

  32.  

    Ada caranya selain membiarkan jepang mempersenjatai diri bung bonex….

    Politik tradisional inggris adl.tdk membiarkan adanya satu hegemoni yg mendominasi eropa…sejak era magna charta hingga sekarang,dari era napoleon hingga perang dingin tradisi ini tetap mereka pegang…tujuannya adl.setiap negara eropa mendapat bagian dan hak yg sama…seperti uni eropa sekarang yg merupakan rintisan ratusan tahun inggris…

    Dulu saat seluruh kontinen eropa sdh di kuasai jerman hitler mengulurkan tangannya pada inggris untuk berbagi kekuasaan.intinya inggris jgn ganggu kepentingan jerman di eropa maka jerman gak akan mengutak atik inggris dan imperiumnya di seluruh dunia.inggris tidak mau…inggris hanya mau bicara damai apabila seluruh eropa sdh di bebaskan dari cengkeraman jerman…maka menyeranglah jerman dlm battle of britain…itulah harga buat perdamaian eropa…

  33.  

    jepang terkekang oleh peraturan US,

  34.  

    KALAU TIDAK ADA PERATURAN PERJANJIAN, MAKA JEPANG TELAH MENGUASAI DUNIA. ITU MAKANYA SMPAI SKRG US TERAUMA APABILA JEPANG DILEPASKAN SEPERTI NEGARA LAIN.

  35.  

    assalamualaikum semua, ijin nyimak. percaya ga percaya warjager klo salam saya di warung ini sudah sampai yang ke SEJUTA , maka saya sudah bisa jadi nara sumber di warung ini , tinggal partner saya : CUCUNE Bung Nara ,CUCUNE Bung Jalo , CUCUNE Bung Diego , CUCUNE Bung PS,CUCUNE Bung Erich , CUCUNE Bung Yayan dan PUTUNE sesepuh 2 yang lain hehe3 hehe3 . http://www.ngarep. com.

  36.  

    Menurut saya, mau tidak mau kita harus dukung jepang sbg penyeimbang kekuatan…..

    Pandangan org awam.

  37.  

    syukurlah bila jepang saat ini masih neutral ally untuk saat ini, semoga pemerintah baru dapat memformulasikan agar mef kita dipercepat karena dimasa yad sekutu musang berarti plus jepang bin tambah banyak lagi disekitar kita. Tq atas pencerahannya @ndan Nara

  38.  

    maaf loncat, respond no.16 – @ndan Nara

 Leave a Reply