Jul 082017
 

Kendaraan Tempur Lapis Baja yang dikembangkan bersama Jerman dan Belanda. © defensie.nl

Perusahaan Rheinmetall telah ditugaskan untuk memodifikasi 38 kendaraan transport lapis baja multiguna Boxer untuk Bundeswehr Jerman, seluruhnya akan di konfigurasikan untuk peran komando, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Pada tanggal 28 Juni yang lalu, badan pengadaan Eropa, OCCAR, telah menyerahkan kepada konsorsium Boxer yaitu ARTEC, sebuah kontrak untuk meng-upgrade kendaraan tersebut ke status A2.

ARTEC diharapkan dapat meneruskan pesanan itu ke mitra konsorsium Rheinmetall MAN Military Vehicles dalam beberapa minggu ke depan. Bagi Rheinmetall, nilai kotor kontrak tersebut mencapai sekitar € 21 juta atau € 18 juta tanpa PPN. Pesanan itu akan selesai pada pertengahan tahun 2020.

Modernisasi kendaraan komando Boxer dengan status desain A2 akan melibatkan seluruh modifikasi yang mempengaruhi modul misi dan sasis. Antara lain, kendaraan akan dipasang dengan teknologi visualisasi pengemudi yang canggih, sistem persenjataan, modul peralatan IT dan sistem komunikasi.

Ini akan mengarah kepada perbaikan yang berhubungan dengan penanganan, perlindungan, efektivitas tempur, jaringan dan juga logistik, peningkatan lebih lanjut kendaraan yang telah “battle proven”, meningkatkan perlindungan maksimal dari keluarga kendaraan 8×8 ini.

Ruang lingkup kinerja mencakup produk massal dan layanan sekaligus. Secara umum, item satu kali itu berhubungan dengan kegiatan pengembangan seperti keamanan sistem, analisis kompatibilitas lingkungan, analisis dukungan logistik dan dokumentasi interaksi elektronik.

Selain 38 unit kendaraan komando, Bundeswehr atau Angkatan Bersenjata Jerman juga akan melakukan upgrade 124 unit kendaraan pengangkut personel lapis baja Boxer, 72 ambulans lapangan yang sangat terlindungi dan 12 unit kendaraan latih untuk status A2.

Upgrade sasis ke status desain A2 mencakup kit instalasi visualisasi sistem “fit-for-driver”, modifikasi gas buang dan aliran pendingin udara, reposisi penarik kabel, stasiun pengemudi, dan penutup lampu belakang.

Selain itu, pelabelan disesuaikan dengan Teknologi Identifikasi Otomatis (AIT) Bundeswehr yang sedang diperkenalkan. Selanjutnya, persyaratan hasil lokakarya keselamatan sedang dilaksanakan, termasuk pemeriksaan fungsi ABS dan pemantauan kunci diferensial.

Modifikasi modul kendaraan komando untuk status desain A2 tersebut juga akan mencakup pemasangan sistem peredam kebakaran, pelabelan AIT, stasiun senjata jarak jauh FLW200 yang dapat dioperasikan dari berbagai lokasi di dalam kendaraan dan tampilan umum untuk komandan dan pemimpin seksi, transmisi sinyal video dari sistem visualisasi pengemudi ke stasiun komandan, serta perubahan kapasitas penyimpanan eksternal, konfigurasi antena dan pengisian.

Komponen tambahan akan diintegrasikan ke dalam paket IT kendaraan itu, termasuk kabel adaptor DVI, LAN, Y dan transformator DC/DC. Kendaraan yang diupgrade tersebut juga akan dilengkapi dengan kemampuan suara melalui protokol internet atau VoIP.

Bagikan:

  6 Responses to “Rheinmetall Modernisasi Boxer Komando Bundeswehr”

  1.  

    Boooorrrrrooooongggg

  2.  

    msh bagus ini dbanding boomerang….

  3.  

    Jerman dan russia pengolahan bajanya …sama2 bagus…yg membedakan hanya harga..dan tentengan..pasti harga sama kualitas sama..produk russia tentengannya lebih banyak…

 Leave a Reply