Feb 282012
 

“Bloody hell thats a big missile!”…. “I thought “DAMN! That thing looks as big as the vessel!”. ..”Big missile and bloody fast from watching that vid”.

Itulah komentar sejumlah pemerhati militer internasional, setelah melihat rudal Yakhont di KRI Oswald Siahaan-354 (eks Fregat Van Speijk), yang berlayar di Samudera Hindia dengan melakukan formasi tempur bersama KRI Imam Bonjol-383, KRI Teuku Umar-385, serta KRI Sultan Thaha Syaifuddin-386.

Pakar militer Singapura, Koh Swee Lean Collin menyatakan, ujicoba rudal supersonik Yakhont anti kapal ini, telah menerobos batas kemampuan tempur laut di Asia Tenggara. “The Yakhont missile could potentially intensify the ongoing regional naval arms competition, ujar Koh Swee Lean Collin.

Betapa menggentarkan bagi negara lain, rudal yakhont asal Rusia ini memiliki panjang 8,9 meter, lebar 0,8 meter dengan berat 3 ton. Rudal Yakhont memiliki jangkauan tembak 300 km dengan kecepatan 2,5 mach.

Dalam ujicoba di Samudera Hindia 20 April 2011, rudal supersonik ini hanya membutuhkan waktu 6 menit, untuk menembak sasaran sejauh 250 Km. Karena kemampuannya itulah hegemoni angkatan laut negara di Asia tenggara telah dipatahkan oleh kemampuan rudal Yakhont. Hal ini berbahaya bagi beberapa negara Asean yang sedang mengalami konflik perbatasan. Untuk saat ini posisi Indonesia Superior.

Rudal Yakhont dapat menjelajah 5- 15 meter dari permukaan laut, dengan 2,5 kecepatan suara, sehingga mampu memperpendek waktu peringatan dini bagi kapal yang sedang disasar.Lebih ngeri lagi rudal ini memiliki cara terbang yang unik sehingga mampu menghindar dari pendeteksian radar modern negara tetangga.

Vietnam juga memiliki rudal Yakhont namun ditanam di dalam tanah sebagai pertahanan. Sementara rudal Indonesia dapat bergerak dengan efektif sehingga mampu memperluas parameter pertahanan pantai. Rudal rudal buatan Eropa dan Amerika seperti Exocet dan Harpoon yang banyak digunakan kapal kapal Asean, hanya memiliki jangkuan tembak, tidak lebih dari 200 km.

Untuk di kawasan Non Asean, pasific barat, hanya China dengan rudal Sunburn dan Taiwan dengan rudal Hsiung Feng III yang dapat mengimbangi rudal yakhont Indonesia.

Dipasangnya rudal yakhont di TNI- AL, setelah malaysia meluncurkan kapal selam modern Scorpene dan Singapura dengan kapal selam Vastergotland boats eks Swedia.

Namun jangan senang dulu. Dalam tahun anggaran 2010, Indonesia baru membeli 4 Rudal Yakhont. Satu ditembakkan dalam ujicoba yang konon overshot karena KRI Oswald Siahaan-354 tidak memiliki radar sejauh 300 km. KRI Oswald Siahaan dipandu Kapal Selam Cakra dalam ujicoba tersebut, namun tidak optimal. Kini Indonesia tinggal memiliki 3 Rudal Yakhont. (Jkgr).

Bagikan :

  25 Responses to “Indonesia Superior Berkat Rudal Yakhont”

  1.  

    Dari mana anda tahu bahwa Indonesia membeli Yakhont cuma 4 biji ?? tolong kasih link.nya ke saya !!!

  2.  

    Tahun 2012 dari berita yang saya baca akan nambah lagi. 🙂

  3.  

    Vietnam punya bastion system, itu land based yakhont dgn peluncur mobile (baca: truck mounted) bukan ditanam di dalam tanah. Capedeeehhh..

  4.  

    Selain Yakhont SSC-5 “Bastion”, Vietnam memasang model Silo-launching.

    Yakhont SSC X 5 ada dua model: Based on Launch Vehicle dan launch Silo.

    Link: http://www.scribd.com/doc/32202151/Thayer-Vietnam-Bastion-Land-Based-Cruise-Missile

    Model Yakhot darat:

    Link: http://www.missilethreat.com/cruise/id.103/cruise_detail.asp

  5.  

    Link yang bung diego kasih tidak menyebutkan vietnam sudah membeli versi silo launched. Disana hanya dibilang versi silo launched kemungkinan jg ditawarkan untuk eksport. Bisa kasih source lain yg jelas2 menyebut vietnam udh beli yakhont versi silo launched?

    •  

      kenapa ga sekalian lokasi silonya???
      kalo vietnam pengen terang2an punya misil , dia bakal taruh di alun2 kota bung,namanya ditanam di silo ya dirahasiakan laah..

      •  

        Lah buktinya si penulis blog ini berani memastikan bahwa vietnam punya yakhont berbasis silo, hebat nggak tuh. Padahal sumber berita yang dijadikan rujukan aja nggak menyatakan hal itu. Kl gitu ada dua kemungkinan: si penulis blog ini punya data intel A1 atau cuma ngawur.

        Intinya adalah memberitakan sesuatu dgn benar, kl memang penulis blog merujuk ke salah satu sumber berita, pastikan bahwa sumber tsb benar2 menyatakan hal tsb. Jangan sampai salah dlm mengambil kesimpulan. Lah sumbernya aja cm nulis bahwa “yakhont berbasis silo versi eksport kemungkinan jg ditawarkan untuk ekspor” nah tau2 di blog ini muncul tulisan vietnam punya yakhont yang ditanam di silo.

        •  

          Tolong riset lagi bentuk kerjasama Rusia dan Vietnam tentang pengembangan “pabrik” rudal Yakhont di Vietnam. Vietnam membutuhkan silo silo rudal untuk melindungi pulau Hainan yg konflik dengan China.

          Silo rudal bukan barang baru di Vietnam. Silo rudal yang tua akan diganti oleh Silo “Yakhnot” versi Vietnam. Rudalnya antara varian SS-N-26 atau SS-N-25. Salam.

          •  

            Ya sy sdh google, dan hasilnya tdk ada satupun artikel luar negeri yg menyinggung bahwa vietnam punya yakhont berbasis silo.

            Soal analisa anda ttg kerjasama vietnam dan rusia dlm pengembangan yakhont, kesimpulan yg anda ambil masih berupa asumsi, dugaan, perkiraan, atau deduksi sepihak tanpa didukung oleh referensi yg memadai. Ya, bisa saja vietnam membuat silo untuk yakhontnya, tapi tidak ada bukti konkrit bahwa vietnam mempunyai yakhont silo based yg operasional. Sama halnya bisa saja iran mengembangkan senjata nuklir, tp selama tidak ada bukti konkrit ya kita sebaiknya tidak langsung menyimpulkan begitu saja bahwa iran punya senjata nuklir. Salam.

  6.  

    hemmmmmmmmmm. jangan bangga dulu punya yakhnot, jangan bangga punya changbogo, dan jangan bangga mau beli mbt leopard ? bahaya dari utara sedang mengancam, dengan superioritasnya militernya akan segera merampas semua pulau di laut china selatan.
    Bahaya dari utara itu mempunyai ratusan kapal selam, ratusan kapal perang, memiliki kapal induk dan akan segera meluncurkan beberapa kapal induk terbarunya, belum lagi ribuan pesawat tempur siluman buatan sendiri, jutaan tentaranya akan segera melibas dan melumpuhkan kekuatan yang menghalangi, dan juga nuklir yang maha dahsyat. Hayo negara siapa yang berani menghadapi negara ini bila sudah mulai mengekspansi ?

    •  

      Amerika Serikat nggak akan tinggal diam dong.

      Lagian china blm teruji sebagai negara agressor kok, taiwan aja blm berhasil dia kembalikan ke pangkuan “ibu pertiwi” kan?

      •  

        benar bro… kepada negara manapun , indonesia pantang menyerah..

      •  

        Justru Amerika akan mendukung china perang melawan indo & rusia, mengapa.?.. karena bila negara china & rusia berperang maka amerika sangat senang. Mengapa..?.. karena rusia & china adalah musuh bebuyutan amerika & sekutunya,jika negara rusia & china hancur maka tidak ada musuh yang sepadan untuk menghancurkan amerika

    •  

      Nggk mungkin krn china adalah mitra rusia & rusia adalah mitra paling dekat indonesia, jika china perang dg indonesia pasti indonesia di bantu rusia, mengapa.?.. karena indonesia adalah mitra paling dekat rusia & letas geografis indonesia lebih strategis, mengapa lebih strategis.?.. karena negara tetangga indonesia seperti thailand, malaysia, singapura, australia merupakan sahabat dari amerika serikat maka dari itu jika amerika macam2 maka akan dihancurkan negara tersebut ( Thai, Malay, Sing, Aus ) melalui indonesia.

  7.  

    Russia, Vietnam to Jointly Manufacture Anti-Ship Missiles

    16:45 15/02/2012MOSCOW, February 15 (RIA Novosti) – Russia and Vietnam are planning to start in 2012 joint production of a modified anti-ship missile, head of the Federal Service for Military-Technical Cooperation Mikhail Dmitriyev said on Wednesday.

    “We are planning to build facilities in Vietnam for the production of a version of the Russian Uran [SS-N-25 Switchblade] missile in a project that is similar to joint Russian-Indian production of the BrahMos missile,” Dmitriyev said.

    The Uran subsonic anti-ship missile can be launched from helicopters, surface ships and coastal defense batteries. It has a range of up to 250 kilometers (135 nautical miles) and carries a 145-kilogram high explosive warhead.

    Russian-Indian joint venture BrahMos Aerospace Ltd, set up in 1998, manufactures supersonic cruise missiles based on the Russian-designed NPO Mashinostroyenie 3M55 Yakhont (SS-N-26).

    Sea- and ground-launched versions have been successfully tested and put into service with the Indian Army and Navy.

    http://www.freerepublic.com/focus/f-news/2846733/posts

  8.  

    Nah gt dong, jadi keliatan sumber berita yg dijadikan rujukan 🙂

    Sy komentari dikit ya..

    Firstly, rudal uran (SS-N-25 Switchblade) yg pabriknya lg dibangun di vietnam dgn lisensi dr rusia itu beda dgn rudal yakhont (SS-N-26 Oniks). Kl nggak salah kecepatan uran jauh lebih lambat dibandingkan yakhont yg udh bs mencapai mach 2,5.

    Secondly, di artikel itu jg tdk disinggung tentang penempatan yakhont di silo2 bawah tanah. Ya sy tau vietnam punya banyak silo, dan bs saja yakhont punya mereka dimasukin ke salah satu silo yg nganggur. Tp dari perspektif jurnalisme, belum ada bukti konkrit atau sumber referensi pendukung yg menyatakan bahwa ya benar bahwa vietnam sudah mengintegrasikan yakhont mereka ke dalam silo bawah tanah dan statusnya sudah operasional. Kl kita simpulkan sendiri tanpa referensi pendukung itu berarti namanya bukan jurnalisme faktual, itu hanya dugaan dan sangkaan dari si pembuat berita. Salam.

  9.  

    Two thumbs Up. Nice to hear that. Thanks Bravo…..

    •  

      No problems at all, glad to help out.

      Sebenarnya blog ini isinya bagus dan gaya ulasannya juga OK, tapi sy heran kenapa di forum-forum lain (terutama kaskus) sering di-complain sebagai penyebar hoax. Bahkan beberapa orang di kaskus sempat menyarankan blog jakartagreater ini diblacklist lho sebagai sumber referensi berita. Makanya sy sengaja melihat langsung untuk membantu meluruskan informasi-informasi yang mungkin keliru. Yang pasti sy cuma punya niat baik dan mencoba memberikan masukan-masukan konstruktif (meskipun terkadang nadanya agak pedas). Trims.

      •  

        Kami tunggu terus masukannya.
        Terima Kasih Denbravo. May Allah bless and keep you, always…

        •  

          Naah gitu doong.. happy ending story… salut buat Denbravo dan Diego yg saling menghargai masukan. Tetap eksis ya di jalur info militer, utk pencerahan dan penyemangat nasionalisme bangsa Indonesia…
          oya, btw… TNI gak cm punya 4 (malah sisa 3) rudal Yakhont kan? Aneh jg kalo cm punya segitu… heheee….

  10.  

    kalo menyangkut jenis is ok…. kupas abis Bro…….. ttpi tetap hrs ada yg terbtas ut kita bahas ….. yg penting kita sdh saling paham secara garis besar… kuantitas terutama…. (contoh:: kapal selam aja kita semua dah paham apa iya cuma 2…sssshhhhht)……. Lanjutkan bahasnya….. salut utk semua di sini….

 Leave a Reply