Jun 122014
 

“Contohnya India yang borong 80 Sukhoi, kita tidak bisa,” kata Menhan.

VIVAnews –Β Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan Indonesia meminta Rusia untuk melakukan transfer teknologi atas alutsista yang dibeli. Jika masih tidak bisa dilakukan, RI mengancam akan membeli dari negara lain.

“Justru itu, yang selalu kami minta ke Rusia. Kami mengatakan kepada mereka, apabila tidak bisa transfer of technology (TOT), maka kami akan berpaling ke tempat lain,” ujar Purnomo yang ditemui di Hari Nasional Rusia di Jakarta.

Dia menjelaskan, selain dari Rusia, RI juga mendapatkan tawaran alutsista dari Ukraina dan negara blok timur lainnya. “Dan teknologi yang mereka miliki termasuk bagus,” kata Purnomo.

Ditanya alasan Rusia masih belum mau TOT, Purnomo mengatakan pembelian yang dilakukan harus dalam jumlah besar. Sementara sistem anggaran yang diterapkan oleh RI tidak memungkinkan untuk memborong dalam jumlah banyak.

“Contohnya seperti India yang kemarin memborong 80 pesawat tempur Sukhoi. Nah, kita tidak bisa seperti itu. Apabila semua anggaran hanya dialokasikan untuk membeli alutsista militer bisa repot,” ujar Purnomo.

Hal ini dibantah oleh Duta Besar Republik Federasi Rusia, Mikhail Y. Galuzin. Dia mengatakan masalah ini masih terus dinegosiasikan. “Dari sisi politik, saya melihat tidak ada masalah untuk itu,” ujar Galuzin.

Terus Berjalan
Kendati demikian, Purnomo menyebut kerjasama di bidang pertahanan dengan Rusia terus berjalan.

Terakhir, TNI Angkatan Laut kembali menerima 37 unit kendaraan tempur amfibi tank BMP-3F buatan Rusia pada akhir Januari. Alutsista tersebut diserahkan secara resmi di Jawa Timur.

Dengan adanya 37 tank tersebut, maka kian memperkuat alutsista serupa yang sudah dibeli tahun 2010 silam. Saat itu TNI AL menerima sebanyak 17 unit, sehingga total kini telah terdapat 54 unit tank BMP-3F.

Menurut situs resmi TNI, pengadaan 37 unit kendaraan tempur amfibi untuk AL tersebut memakan dana senilai lebih dari US$100 juta atau Rp1,1 triliun. (ren)

Sumber : Viva.co.id

  296 Responses to “Rusia Enggan Transfer Teknologi”

  1. Pertamax

  2. JKGR.. bikin lemes… tegang… lemes lagi… tegang lagi.. hehhe

    • Gt deh kalau ngadepin yg sexy..

    • Indonesia dan rusia dalam segala hubungannya masih sangat mesra, tinggal bagaimana caranya mendekatkan cita rasa dan tujuan utk segala kepentingan di selaraskan dari hati ke hati, dari dulu sampai sekarang papa Bear masih tetap sama, yaitu selalu membantu Indonesia. karena aq yakin papa Bear hati-nya masih bersama indonesia. tinggal dari kita sendiri saja yg tidak yakin akan ketulusan papa Bear. mestinya Indonesia harus menjawab dengan ketulusan juga.

      lain dengan amerika yg selalu permainkan kita, bagaimana kita sering tertipu dgn permainan akal dan Nafsu melemahkan kita. memamg tidak mudah utk berjalan berdampingan dengan papa Bear. utk mendapatkan sesuatu dari papa bear kita harus tahu apa keinginan papa bear, karena rahasia proses penciptaan pesawat tempur adalah rahasia negara. apakah bangsa kita mampu menyimpan suatu rahasia dari bangsa lain ??. itu tergantung proses hati bangsa kita utk anti korupsi dan anti suap.

  3. ke tiga

    • wowwww saya suka komentar ente, maknyus.

    • Bung STA, saya mencoba melihat dari sisi lain, maaf kalau bertentangan…
      Senjata yang canggih dan mutakhir memang jadi efek penggentar, tapi untuk siapa?? Ibarat di sepak bola, TNI bukan lagi level ASEAN tetapi juga belum bisa diperingkat elit FIFA. Asean tidak lagi menjadi fokus TNI. Sementara lawan potensian TNI adalah peringkat 1ato 2 di dunia. Sementara sang musuh potensial ini selalu berusaha dgn berbagai cara agar TNI tetep berada dikelas “MENENGAH” level ASEAN dengan begitu TNI bisa disetir demi memenuhi keinginan mereka dan kroni-kroninya di ASEAN bahkan mereka bisa langsung melabrak dan bermain kasar demi untuk menjaga hegemoninya.
      Sementara itu….
      TNI yang merasa (saat ini) belum mampu untuk mengalahkan si arogan tadi memilih bersandiwara seolah patuh dan nurut dan terkesan tidak mau berusaha untuk memperbaiki peringkatnya di FIFA. walaupun sebenarnya TNI sudah dan sedang menaturalisasi pemain-pemain baru yang lebih berskil dan berstamina pemain level dunia. Tetep aja TNI harus merahasiakannya karena kalau ketahuan oleh si arogan serakah itu pasti deh langsung digangbang, kelak dikemudian hari kalau seluruh proses naturalisasi udah kelar dan skuad pemain udah terbentuk udah melakukan uji tanding, permainan satu sama lain udah nyetel baru deh TNI memperkenalkan pemain-pemain barunya. dan disaat itu si arogan akan berfikir ulang kalo mau ngelabrak karena kekuatan TNI sudah cukup mampu untuk mengimbangi permaian si arogan. Maaf belepotan bung, tapi ini keyakinan saya, saya berharap dan berdo’a semoga memang benar adanya..

  4. 10 bsar..?

  5. Beli aja 3 skuadron SU35 … 8 KS kilo … dll dsb dst & duitnya dari emas freeport … bisa koq !!!

    • emas nya freeport masih punya org, ga semudah membalikan telapak tangan utk mengambil alih freeport. harus bertahap dan butuh waktu lama, soalnya akan berurusan dgn USA. dan tmn2nya, termasuk tetangga,, ujung2 embargo ekonomi,, mau??

      • kenapa takut di embargo mas?? bahkan klo bisa bangsa kita belajar untuk mengembargo diri sendiri supaya tidak tergantung sama bangsa lain.. mandiri, swadaya,swakelola,swakarya dan swa-swa yang lain…maaf cuma obrolan tukang ojek.

        • @ namirah…
          Takut sih nggak ya…cuman mngkn blm siapa aja ada perubahan besar2ran di masyarakat yg berkaitan dgn penurunan kesejahteraan mungkin di sebagian besar elemen masyarakat…contoh baru beberapa bulan dapat kerja terus nganggur lagi…

        • blm saatnya namirah
          Insya Allah di 2030 kalo kondisi ekonomi melesat sperti 5th ini dan stabilitas aman kita akan sama seperti cina
          justru AS yg takut di embargo oleh cina kan

          sama2 berusaha ya
          Aamin
          hehe

        • bener bung ipur, kyk nya bung namirah masih muda, blm tau gmn susah nya cari duit, buat makan anak dan istri, blm lagi klo mereka sakit, harus dirawat dirumah sakit, emang di negara kita apa yang tidak impor? hp aja masih dari luar negeri, bulpen,pinsil, dan banyak lagi, dari made in china, jepang, korea, USA, australia. sampe makanan dan obat2an juga masih dari expor,

          butuh waktu lama utk mandiri semua, menyatukan pandangan, sikap dan prilaku masyarakat indonesia itu susah sekali, karena beda kebutuhan dan cara berfikir,

          tujuan beli alutsista itu kan utk memberi rasa aman pd masyarakat, utk menjaga NKRI, kllo efeknya malah menjadikan kesengsaraan pd rakyat, dan menimbulkan kerusuhan , karena banyak pengangguran, kelaparan, dll. utk apa???

          jalan satu2 nya cuma maju step by step, tidak langsung lari.

          • Bukanya semakin lama maka semakin ketergantungan, Buktinya BBM, andai saja pemimpin dulu tidak memberikan subsidi BBM . Subsidi tidak diperkecil tapi malah diperbesar sekarang BBM menjadi BOM waktu yang melekdak kapan saja.

            mending sekarang mandi keringat daripanda anak cucu kita mandi darah

            maaf kalau salah cuma buruh

        • “butuh waktu lama utk mandiri semua, menyatukan pandangan, sikap dan prilaku masyarakat indonesia itu susah sekali, karena beda kebutuhan dan cara berfikir” –> saya sependapat dengan kalimat ini πŸ™‚
          memang butuh waktu, meskipun pelan2 tapi pasti masih ada koq anak2 bangsa yang ingin mewujudkan kemandirian tersebut, tantangan yg lebih besar ada juga pada birokrasi dan mental korup bangsa ini, dimana dalam hal iptek pun tak luput dari mental seperti ini..tidak semudah membalikkan telapak tangan, jangan samakan negara kita sama seperti Iran/Korut.. salam

          • bilang aja takut. bolivia bisa kok

          • takut terhadap apa bung??apa hubungannya dengan bolivia..salam

          • Bukanya semakin lama maka semakin ketergantungan, Buktinya BBM, andai saja pemimpin dulu tidak memberikan subsidi BBM . Subsidi tidak diperkecil tapi malah diperbesar sekarang BBM menjadi BOM waktu yang melekdak kapan saja.

            mending sekarang mandi keringat daripada anak cucu kita mandi darah

            maaf kalau salah cuma buruh

        • termasuk swa korupsikah..??

      • terkadang orang indonesia sangat bangga dengan setempel luar negeri sampek CD harus luar negeri , tetapi kalo merek bandung, cibaduyut, kaya nggak ada harganya….kita harus melihat diri kita sendiri… AKU CINTA INDONESIA. apa sudah berlaku didiri anda ?

        strategi dagang itu hal biasa…karena tahu bahwa orang indonesia lebih bangga dengan produk luar…makanya mulai dari tisu, sabun colek dsb jarum peniti,dll..dilabelin produk luar, tujuanya biar laku tapi itu aslinya buatan dlm negri…

        maaf obrolan warung kopi

        • ( Ingat kata Soekarno, kalo cari pemimpin, carilah yang dibenci/ditakuti/dicacimaki asing,karna itu yg benar. Pemimpin tersebut akan membelamu diatas kepentingan asing. Dan janganlah kamu memilih pemimpin yang dipuji2 asing, karena ia akan MEMPERDAYAmu..

        • wah untuk saat ini kalimat seperti itu nancep banget bung…untuk siapapun petinggi di negara kita saat ini..kalau yang mikir pasti nancep, kalau yang ngga ya “ra urus”

  6. biasa pengalihan wacana

    • itu pernyataan Pak Menhan yang dipelintir atau apa yah Bung Kuncung hehehe…. benar-benar kayak pengalihan wacana aja jadinya. coba cek deh perpres kita yang isinya kerja sama dengan Rusia itu sudah pada bidang apa aja, ini saya kasih dua contoh yah Perpres No. 44 Tahun 2011, Perpres No. 46 Tahun 2012 :mrgreen:

      wes lah taon politik emang begini ini, media sekarang banyak penggiringan opini, hati-hati buat warjagers semuanya :mrgreen:

  7. yah memang, klo mau dapat TOT harus beli yang banyak,, soalnya pasti kedepannya akan menjadi saingan produksi, dan mematikan pemasaran mereka.
    satu contoh LPD , kita diajarin Dae Sun Shipbuilding-Korea Selatan , trus pas ada tender di philipina utk pembuatan kapal LPD, korea selatan kalah tender dgn kita,, apa itu tidak termasuk mematikan pasaran mereka,

    tp mudah2an ada cara lain utk mendapatkan kemandirian beralutsista,

  8. Waduh…kata Om galuzin masih bisa nego tuch tot-nya?

  9. marshal shaposhnikov itu sekarang punya siapa kah??….kok ada berita kapal ini lagi tour di Sri Lanka.?? ada fotonya pula..

    http://www.dailymirror.lk/news/48112-three-russian-naval-ships-in-colombo.html

  10. Dan kaum pendukung HOAX sekarang gantian masuk angin dan hoax hoex! Bung Nara, where are youuuuu??? Kenyataan memang terkadang menyakitkan..

    • Hehehehe…
      bukannya kaum hoax yang pusing matanya berkunam-kunam…. melihat nya fatamorgana….
      makanya konsentrasi diperlukan jika baca infonya cak nara…

      jika salah tafsir, bisa-bisa keluar dari keyakinan…….
      dibaca hati2, diresapi dengan tenang, dimaknai dengan akal sehat…

    • lah pernyataan menhan sendiri kan banyak yang bertolak belakang bung. contohnya pernyataan 10sq sukhoi vs berita di atas. selain itu coba cermati tawaran light tank (amphibi) dari rusia, pusat maintenance ks dan helo. kalau pendapat pribadi sih terlalu banyak pemain sandiwara.

      • bung alugoro,

        gak ada yang salah pada pernyataan menhan (kata kunci ‘intends’)

        BEIJING β€” Indonesia intends to acquire 180 Sukhoi Flankers and also to buy Lockheed Martin F-16s, Defense Minister Purnomo Yusgiantoro says, setting out plans for a massive expansion of the Southeast Asian country’s air combat force.

        http://forum.milavia.net/air-power/indonesia-plans-180-flankers-plus-f-16s/

        judul link senada; indonesia-plans-180-flankers

        menhan merencanakan, perekonomian negara menentukan…

        • memang benar bung Danu. penggunaan kata “intend” memang bagi saya kata kunci. analogi saya : seorang presdir ingin membeli 180 mobil yang besar biaya operasionalnya. kira2 sang presdir itu hanya berilusi saja tanpa memperhatikan kemampuan finansial yang mendukung ataukah sebelumnya sudah pegang analisis keuangan yang menyakinkan. 180 bukanlah jumlah yang sedikit lho. lain halnya jika hanya 18 unit/ 1sq. walaupun realita di pemberitaan ternyata hanya menambah 6 unit sukhoi saja.

    • @Bravo< Paling2 yg hoex2 ya ya yang suka sama hoax2……………

      πŸ˜›

  11. Bung Ac bener sekali bung,mungkin bs TOT tp dengan syarat kl sdh produksi masal tinggal joint atau bagi fee..hehe,itung2 bayar lisensi.

  12. Pak menhan lagi jajal Su-35s to…. πŸ˜€

  13. Seprtinya lebih lirik ke Jas Gripen nih TNI AU, ada TOT dan maintenance lbh murah

  14. Berita,statement..kadang ga sesuai dg kenyataan..ya namanya juga strategi militer…tau- tau malah dah dikasih…mana kita tau..!!! Apalagi negara ini sudah menjadi sorotan bangsa lain..ada yg suka, ada juga malah banyak yg ga suka & ketar- ketir dg kebangkitan bangsa ini…NKRI HARGA MATI..!!!

  15. Hmm.. judul berita nggak enak banget. Lebih suka judulnya [ RI Bisa Borong Alutsista, Rusia Transfer Teknologi ] :mrgreen:

    • kalo saya maunya “RI mem-borong alutsista Rusia Plus TOT”.. hehe.. πŸ˜›

    • @Data<
      memang, mending makan singkong ttp itu nyata daripada makan keju tp cuma "MIMPI".
      Lebih baik mengetahui kekurangan kualitas & kuantitas peralatan tempur TNI sehingga kita semua bs mendorong pengambil kebijakan agar TNI lebih kuat daripada mempercayai informasi yg menyesatkan seakan2 peralatan tempur TNI sudah gahar & garang, ketika kita mempercayainya bs menjadikan kita jumawa & sombong, padahal nyatanya kalo JASSM-ER-nya RAAF masuk layanan dan di cantelin di Growler atau F-35 Lightening apa RI tidak babak belur…??

      • tidak tuh bang…bila RI beli dagangan aye…LASER WEAPON.
        malah rudal dan f35nya jadi makanan empuk…hhhmm yummy

        • @Oke
          LW ini hasil R & D dari DARPA, tu barang masih dlm proses riset, jangankan untuk di export, negara pengembangnya saja masih belum menggunakannya. Jadi intinya kalo nunggu LW operasional ya msh lama ( & seandainya sdh operasional tentunya sekutu terdekat USA yg akan di prioritaskan ), sedangkan JASSM-ER pesanan Australia thn ini kemungkinan sdh masuk layanan, menyusul Growler & F-35 Lightening

          • @ Alexander The Great

            sebenarnya LW itu sudah banyak di pasaran..sejak thn 80 an
            tetapi MATA kita di tutup dgn berita2 f22,f35,su35,t50,s 500.,fregartd..,dll, sedangkan yang SUDAH TAU., mereka telah mengembangkannya.terlebih dahulu, seperti jerman,china,israel, india,pakistan,,inggris,prancis,brasil,usa,ausie,rusia,…dll
            dan sejak dulu juga sudah pada jadi….
            bagai mana dengan kita…?
            tape deh…..

            hmm ….yummy
            nikmatnya ..Chocolate Coffee

      • Well.. saya kan hanya bilang, “Lebih suka judulnya…”

  16. Kalau memang List A1 real, nggak mungkin tanggepan rusia kayak gini

    • @Becak, ketika panduannya dr tulisan @Nara ttg list yg A1 dr bocoran kemenhan, ya sama saja seperti tong kosong, bunyinya keras tp tak ada isi trus siap2 saja matanya berkunang2 & pingsan bagi yg menelan mentah2 isinya.

      πŸ˜›

  17. ‘Tenang-tenang…..tenanglah kawan…walo persoalan datang menghujan…..tenanglah tenang tenanglah kawan’
    Iwan Fals mode on…..

  18. “PERLU PEMIMPIN YANG BERMENTAL DAN BERIDEOLOGI SEPERTI MANTAN PRESIDEN SOEKARNO” biar bisa TOT dgn mamarosi. klo kita sehati dan sepikir dgn mamarosi bisa pasti kita dianggap sahabat dan ga ragu2 untuk TOT.

    Maaf cuma pemikiran janitor sekolahan

  19. “PERLU PEMIMPIN YANG BERMENTAL DAN BERIDEOLOGI SEPERTI MANTAN PRESIDEN SOEKARNO” biar bisa TOT dgn mamarosi. klo kita sehati dan sepikir dgn mamarosi pasti kita dianggap sahabat dan ga ragu2 untuk TOT.

    Maaf cuma pemikiran janitor sekolahan

  20. “.. Hal ini dibantah oleh Duta Besar Republik Federasi Rusia, Mikhail Y. Galuzin. Dia mengatakan masalah ini masih terus dinegosiasikan. β€œDari sisi politik, saya melihat tidak ada masalah untuk itu,” ujar Galuzin ..”

    koplak .. ini yang jujur sebenernya siapa sih ? … :mrgreen:

  21. itu pernyataan Pak Menhan yang dipelintir atau apa yah Bung Kuncung hehehe…. benar-benar kayak pengalihan wacana aja jadinya. coba cek deh perpres kita yang isinya kerja sama dengan Rusia itu sudah pada bidang apa aja, ini saya kasih dua contoh yah Perpres No. 44 Tahun 2011, Perpres No. 46 Tahun 2012 :mrgreen:

    wes lah taon politik emang begini ini, media sekarang banyak penggiringan opini, hati-hati buat warjagers semuanya :mrgreen:

    • eh bung @ PS….
      Salam hormat dari saya…rakyat jelata yg kerjanya cuma kuli saja…

    • Wartawan apa pada ga baca ya perpres beginian ndan..apa ga mao tau yah.. :mrgreen:

      • wah ndak tau juga saya Bung wartawannya tau ndak hehehe…. :mrgreen:

      • wartawan kayaknya lebih ke update berita dulu dari hasil wawancara ketimbang mengkonfirmasi/menganalisa lebih jauh lagi. kalau dilakukan seperti itu beritanya akan lama keluar/cetak. sehingga banyak berita yang simpang siur kebenarannya. belum tentu juga semua wartawan tsb mengerti mengenai militer lebih dalam. IMHO

        salam kenal bung semuanya dari penjual jagung

        • wartawan bodrex masuk angin…..heran betul wartawan hanya liat yg tampak tidak mau nyelem…coba belajar sama kopaska atau sama denjaka….wkwkwkwk bs gak naik2x dipermukaan…wartawannya malas apa wartawannya suka punya pemikiran kurang jernih karena sarapannya mie instan atau bagaimana ini ndan ?

    • untuk saat ini ” bad news is good news” bung PS πŸ™‚ kita tidak bisa menelan mentah2 semua berita di media saat ini, ketika ada statement yang berbeda jangan dipercaya mentah2 100%, kalau kita seksama dan teliti serta ngga emosian pasti akan paham.. salam

    • Halo bung PS, lama gak terdengar kabarnya. Jadi kangen.

      Apa mungkin memang ini berita yg dipersiapkan? Jadi kalau nanti tiba2 muncul berita pembelian alutsitan non-Rusia lalu publik tdk akan terkejut krn sudah “dipersiapkan” melalui informasi2 seperti ini?
      Tentunya setiap kejadian kan harus ada urutan toh?

      • hehehe…. kita tunggu aja Bung kedepannya, yang jelas ada kok alutsista non Rusia yang mau datang :mrgreen:

        • Akur ndan..mari disambut :mrgreen: gak kalah keren koq πŸ˜€

        • Bung PS Ane baca di forum militernya rusia katanya 7 blade skewed propeller nya Typhoon itu noisy ya?

          So KS yang berada di tanjung datuk itu apakah bener typhoon?

          Salam hangat.

          • ya betul Bung, yang ditanjung datuk bukan typhoon :mrgreen:

          • Bung PS, Kalau bener noisy kan bahaya mudah terdeteksi KS lawan. Apakah hal ini sudah dipertimbangkan sebeluk diakusisi?

            Apakah re-powered using diesel electrict dapat menjamin KS ini bisa stealth.

            Pada tahun 2005 TK-17 sudah di refit dan upgrade using bulava missile, apakah ini ada hubungannya dengan Perpres N0 44 Tahun 2011?

            Salam hangat.

          • Pak PS maksudnya hehehe sorry sorry πŸ˜€

          • @Ind,
            πŸ˜›
            apalagi yang ini, bikin perut mules saja…

    • Halo bung PS…

      apa kabar lama gak komen nih, hehehehe. ditunggu artikel dan infor2 barunya, terutama dari latgab
      semoga sehat selalu

      salam

    • @ bung PS..maksudnya yang dipelintir wartawan bagian mananya ni?
      Yang Indonesia tidak membeli secara borongan atau yang tidak dapat ToT..bisa kasih sedikit pencerahan?

      • hehehe… sebetulnya dua-duanya Bung, nanti kalo saya jelasain detail yang borongan dari Rusia kita udah beli apa aja saya kena tegor Pak Moel lagi hahaha… :mrgreen: ToT nya masih berjalan kok, banyak tenaga ahli dan tekhnisi kita yang masih belajar di Rusia sana, tipa tahun juga dikirim terus. :mrgreen:

    • Lam kenal bung@ ps iya nih kayanya di bikin samar2 (biar pada bigung dulu ha…..)biar kagak bisa di baca, memang harus butuh banyak referensi biar tau alurnya he……

    • pk pocong syerem kalo ga salah,,, kalo ga salah .. salah x yaaa…!!!! saya kenal.. skrg saya tahu !!! hahaha ooh bgtu toh carana.. yowes aku ikutan cara jkgr…

      sorry pk pocong punya 2 nick yaa… hehehehe saya juga ikut ahh… pke nm samran

    • Hmm.. apakah ini suatu upaya agar alokasi dana alutsista ditambah?

  22. hehe…koment pak pur dengan doktrin baru TNI (senggol bacok/pre emptive strike) yg dikumandangkan panglima jendral muldoko “bertentangan”…ya gimana mau senggol bacok la wong unit TNI banyak yg udah “kakek nenek”….atau sering ada yg bilang…unit yg “itu lagi2″…jika doktrin senggol bacok benar adanya, maka komentar pak pur hanyalah “kamuflase” belaka….ujung2nya di mana bung @ naraaaaaaaa…..maaf cuma pendapat rakyat jelata yg kerjanya hanya jadi kuli saja….

  23. bungIpur . ane Ikutannn jadi kuli negara…

  24. Hehehe bukanya kita sedang rakit SU 35 dimari om PS

  25. @Bung PS : Coba bantu copas dari Om Google :

    PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR 44 TAHUN 2011
    TENTANG
    PENGESAHAN PERSETUJUAN ANTARA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
    DAN PEMERINTAH FEDERASI RUSIA TENTANG KERJA SAMA PENGGUNAAN
    ENERGI ATOM UNTUK MAKSUD DAMAI (AGREEMENT BETWEEN THE
    GOVERNMENT OF THE REPUBLIC OF INDONESIA AND THE GOVERNMENT
    OF THE RUSSIAN FEDERATION ON THE COOPERATION IN THE
    PEACEFUL USES OF ATOMIC ENERGY)

    =====================================================================

    PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR 46 TAHUN 2012
    TENTANG
    PENGESAHAN PERSETUJUAN ANTARA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
    DAN PEMERINTAH FEDERASI RUSIA TENTANG KERJA SAMA TEKNIK
    MILITER (AGREEMENT BETWEEN THE GOVERNMENT OF THE
    REPUBLIC OF INDONESIA AND THE GOVERNMENT OF THE
    RUSSIAN FEDERATION ON MILITARY
    TECHNICAL COOPERATION)

    • @Raymond
      Matikan napa tu Capslock, entar anda di kira anak SD yang baru pandai ngetik pake keyboard

      πŸ˜›

      Emang anda pikir tu berita Istimewa…??
      RI dari th ’74 sdh memiliki beberapa reaktor nuklir
      Cek link ini :
      id.wikipedia.org/wiki/Badan_Tenaga_Nuklir_Nasional

  26. Ijin gabung
    Newbie

  27. baru dapet kabar nih…di ceritain sama saksi mata
    kalo beberapa waktu yg lalu (lupa tgl menurutnya ) saat lagi on the road di
    sekitaran daerah mall di serpong terlihat dgn mata kepalanya dan banyak masyarakat
    sekitar dan mereka berhenti menyaksikannya….bahwa di udara melintas 3 unit helikopter berwarna hitam..bersayap dan ada “bawaannya” serta kecepatannya melebihi helikopter sipil..
    suaranya sangat keras melaju dari arah wetan menuju kulon dgn formasi garis lurus…., sayangnya
    dia lupa merekam kejadian langka tsb…namun yakin bahwa yg melintas adalah “apache” karena bentuknya
    yg mudah di ingat lewat film2 holywod dan berita2….FYI bahwa di daerah sekitar terdapat helipad
    untuk sipil (daerah L…. Karawaci) di mana helikopter sipil acapkali landing dan take off..jadi bisa dgn
    mudah di kenali mana heli sipil dan militer, …jadi benarkah apache telah hadir !!??

    • Sering bung yg komen disini bilang liat apache…padahal mi35 hehehe…

    • @June,
      Lihat SIPRI dulu, cek list weapon tranfers, belum ada list di situ ttg pengiriman AH-64 ke RI. Kalopun saat terjadi pengiriman barang tu ke RI, gak mungkin media baik itu TV, newspaper, online adem ayem & bungkam.
      Kesimpulannya anda telah salah lihat
      πŸ˜›

  28. tuhkan…berarti emang belum beli dah…alutsista yang gahar-gahar…

  29. Siapa bilang kita gak bisa beli borongan …

    Berdasarkan informasi di JKGR … kita sudah dan sedang melakukan permbelian alutsista besar-besaran dari berbagai negara …. baik untuk keperluan TNI-AL, TNI-AU maupun TNI-AD (walaupun duitnya gak jelas dari mana) … 20 KS bermacam jenis (KILO; U214; U212); Rafael, Typhoon, Slava dan masih banyak lagi …. …

    So .. Apakah Pak Pur juga bohong kali ini?

    • bung DZP,

      dananya sih udah jelas, talangan nyi roro kidul dan sudah masuk di kemenkeu.

      cuma rusia masih bingung, ini duit negara mana dan kursnya berapa…

      • Waduh bung danu…
        se’akan-akan Rupiah ga laku !!

      • Hehehheehe

        • bung jalo sdh dateng,,bantinga mode on ! πŸ˜€

          • hahahahahaha, memang saya suka banting ya bung rules?? saya cuman mau teman-teman sebangsa saya pintar, TNI saya kuat, dan negara saya menjadi bangsa raksasa, kalau tidak mau dikritik kita akan menjadi negara berkembang (segitu-gitu terus tidak ada kemajuan)

          • Betul bung jalo klo kritik membangun itu harus .biar kita tdk selalumerada benar. Krn tidak semua kritikan itu jelek dan mengancurkan. Semangat

      • Maaf baru ke baca bung danu
        Kalo yang ini ngga usah di omongin nanti rakyat seperti saya iri lho. Itu lho bung pembelian barang antik harus diawasin. Dulu ada kapten polisi intel dari mabes terus saya kasih tau urusan cuci mencuci. Eh tugasnya di tinggal balik ke jakarta. Payah. Seperti pt java andalas ( cari aja di web ) tlg diliat. Rakyat seperti saya ngga bakalan bisa masuk tuh

    • anda debat sm bung nara aja nggak berani.beraninya ya pas dia nggak ada.emang mental sales anda.

      • @ HQ

        yah ngak berani lah….dia kan hebat di sini..?
        hebat HOAX NYA..

        • @Oke
          πŸ˜€
          πŸ˜€
          πŸ˜€
          Kalo hebat se belom…………………… ( masalahnya hoax-nya terlampau mudah terbaca & tercounter oleh berbagai sumber berita yg valid )
          Ttp kalo si @Nara mmg bs membuat berita yg tidak bisa di bantah baru itu namanya King Of Hoax,

          πŸ˜›

          • Maaf Menurut saya, apa maksud dan tujuan nya meyerang org dgn bahasa seperti itu……kalo pun ada dendam pribadi atau urusan perut…jgn di sampaikan di sini…langsung aja kirim surat cinta ke org nya..
            Dan Bagi yg nda Suka sama tulisan org yaudah jangan di baca….. Nanti kena struk berat malah…..Maaf Nelayan…..Di perbatasa.

          • @Alex..terlepas mslh hebat ataupun gk, bung nara sdh berkontribusi memberi pengetahuan tentang dunia kemiliteran di warjag ini.
            apa yg sdh di share oleh bung nara minimal membuat kami newbie ini mejadi tau apa itu SUKHOI, apa itu kapal selam. krn kamipun gk pernah menganggap Para Narasumber di sini Hebat seperti kata ente, kalimat lebih pasnya LEBIH TAU dari pada kami2. rasa kebanggan terhahap NKRI menajdi membumbung tinggi setelah baca artikel @bung nara,bung jalo, bung PS, bung satrio dll.
            ane sendiri gk merasa di rugikan atau di bohongin klpun info 2yg di share di sini ternyata gk ada.
            Ruginya buat ente apa?
            salam kenal ya @alex…salam NKRI

          • Yup, saya setuju dg Anda Bung @boom, apapun jgn hanya menyerang dg spt itu, klo mmg punya sanggahan, tolong skalian buatkan artikel sanggahannya disertai dg analisa yang jg bs menjadi kontribusi mencerahkan kami, klo hanya menyerang dg kata2 spt itu, sy kira, tkg becak jg bisa asal bisa ngomong dan ngetik aja.

          • salam kenal bung King40, maaf saya ganti NN..bosen..hehehehe

          • 4 jempol buat ente , salam kenal bung boom

          • Bung Boom@

            Sing sabar….biasanya koment yang tidak bermutu itu mencerminkan isi orangnya…. kalau ngetrolnya santun kita juga seneng bacanya…kalau bahasa yang digunakan kasar..ya itu watak aslinya…he..he..he.he.he…he…

            Namun coba perhatiakan Koment koment yang lain, salah satu contohnya komentnya Bung OKe lah…..kadang-kadang dia support apa yang disampaikan oleh sesepuh di warjag ini, tapi kadang-kadang kontra……..ini pasti punya maksud….(kontra intelijen)…coba lihat jam jam komentnya..kadang tengah malam..kadang kadang pagi sekali, yang lain masih pada tidur..eh…masih ronda di warjag…apa tidak istirahat ini orang….mungkin dia yang ikut jaga negara ini…he..he…he..he.he… masak hari hari mantengi ini warjag..emang tidak ada kesibukan yang lain….(Kerja kantor atau lainya)….

            Peace…… bung OK lah@…salam kenal…

            Maklum… analisa tukang pecel….

          • @ Siluet

            ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha haha ha ha ah ah ha haha ha ha ha hahahahahaha

            mungkin yang lain cuma PEGAWAI negeri,atau swasta….jadi pas jam 8 masuk dan 4 harus pulang kandang,..kalau telat ,..dipotong gajinya…….. yang jelas punya mereka kerjaan tetap.!

            kalau saya PENGANGGURAN ABADI,..gitu loh bang..pernah coba sih jadi sales sabun,.dan salas panci..tapi ngak mencapai target di pecat deh

            TAPI SEMUA TERGANTUNG SDM orang yang membacanya juga guyon sy tp itu ngak lama lagi aq off…di karantina

          • Neng oke lah, webnya sdh siap tayang blm nih,, ditunggu lohh..hehe

      • kemenhan=mana percaya
        sales=baru percaya

      • ha ha ha ha…..
        apa katamu saja deh.

        santai aja x

      • Wkwk bung okelah repot amat sih ya.. Kalo percaya ya silahkan Engga ya silahkan jgn menyerang personal lah apalagi dgn menghina seseorang seperti itu.
        Hahaha

    • πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
      Iku lhak sengkuni Cak…

    • Udah lah neng
      Ikhlaskan aja ngga usah di perpanjang. Orang sabar pantatnya lebar xixixi. Pahalanya besar loh maapin orang.

  30. kalau mecermati peryataan pak pur di atas, kesimpualannya pak pur ingin agar indonesia memborong
    alutsista rusia,maaf kalo salah

  31. @frans:benar…ngak.nya…info…a1…bagi saya it bukan sesuatu yg bisa mengurangi jiwa nkri saya…kita hidup ditanah nkri nggak seharus nya kita pesimis n menelan suatu informasi secara mentah mentah….krn menurut saya apa yg dilakukan petinggi militer kita untksaat ini adalah yg terbaik….jadi….nkri…tetap harga mati….n jayalah…indonesia

    maaf.newbie..salam…hangat…bung frans.

  32. buat borong alutsista ga bisa gunain pinjaman (infonya dikasih pinjamn) yg diberikan uncle bear ya?

    “RI tidak jadi borong alutsista RUSIA, dalam negri sudah bisa buat”
    kalo seperti ini jauh lebih baik

  33. bung taufik, bentuk segi-3 yang paling sempurna setahu saya ini,

    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/2e/A-12avenger2.png

    yang tidak berumur panjang karena diaborsi…

  34. Eeeeh ada mbak frans.
    Gimana kabar referundum nya mbak?
    Jadi?

  35. Kata pak pur kita gx bisa dapet TOT dari rusia karna gx bisa borong alutsista dari sana seperti india..
    Sedangkan KEPRES menyebutkan bahwa pembelian alutsista harus disertai dgn TOT..
    Berarti kalo nanti sampe kedatangan alutsista dari rusia berarti jumlahnya gx sedikit alias borongan walaupun yg di beritain cuma sedikit yg kita beli tapi pasti banyak yang di umpetin..
    #mudah mudahan

    • @Erwin…
      saya setuju dengan anda bung gimana kita pinter2 aja menelan informasi yang ada.

      • Iya bung..
        Soalnya kalo urusan alutsista sdikit orang yg tau pasti..
        Jd buat apa kita gontok2’n karna pendapat masing2 dri informasi2 yg ada..
        Lebih baik kita berdoa saja kalo informasinya baik semoga terlaksana..
        Kalo informasinya kurang berkenan ya kita doakan semoga tidak terjadi.. πŸ™‚
        Salam kenal @ om BIE

  36. wah..granat yg ini sdkt beda nih..kaga perlu tiaraaap..mangaaaap..masuk ke mulut br meletus

  37. Perkataan pak pur sama mikail berbeda? Apa yg beginian masuk ke rumus [tidak=ya belum=sudah] ΒΏ :mrgreen:

  38. Perlu pembenahan sistem keuangan di Dephan, ada penilaian WAJAR DENGAN CATATAN dari BPK, artinya bisa dimengerti, bahwa dana yang dialokasikan besar tapi yang d beli kok rongsokan amrik, less deterrent. Perlu ada yang berani dan siap dimusuhi di dephan ini. Banyak dana dana yang tidak bisa diketahui rinciannya. Jujur kita lebih kaya dari India, lebih kaya dari vietnam, tapi kenapa kita gak berani belanja senjata untuk pertahanan negara kita, sebenarnya, laut kita luas, menyimpan jutaan ton ikan , minyak dan gas, pantainya bisa jadi tempat wisata atau tambak2 ikan dan udang serta tanah kita subur. Harapan kita, semoga pemimpin masa depan kita mau berubah drastis dab berani menegur bila ada kekeliruan. amiiin

    • ada penilaian WAJAR DENGAN CATATAN dari BPK, artinya bisa dimengerti, bahwa dana yang dialokasikan besar tapi yang d beli kok rongsokan amrik, less deterrent. Kita memang membutuhkan BPK yang memahami secara umum Alutsista dan bisa objektif melihat dan menilai senjata yang dibeli..Soal senjata apakah itu berteknologi ‘western’ atau ‘non western’ harusnya soal no dua, soal nomor satunya adalah soal seberapa canggih,efektif dan murah senjata tsb..agar kita tidak jadi negara pengimpor senjata bekas dan rongsokan terbesar didunia bila selalu berpandangan asal western bekas dan mahal ga kenapa kenapa dibeli. bila berpandangan begini dephannya dan presidennya ya harus di warning oleh BPK…

  39. saya ngefans sampean loh Bung Danu, commentnya teknis, analisisnya Ok dan banyak pranala luar
    koq sekarang berubah ya?
    who are you? what you done to the real danu?

    • Ya biasa bung. Ajudan siapalagi. Kalo ipnya beda biasanya yang punya warung yang nanya. Dan lucunya semua sesepuh ngga ada pict id kecuali bung jalo, Bung nowy dan Bung donnie. Plus yang punya warung tentunya.

    • Satu lagi Bung Jalo bung, sekarang komentnya terkesan hati-hati dan sedikit ada rasa bantingannya. Apa karena surat cinta dari den karung??
      Maaf lho bung Jalo, Mudah-mudahan hanya perasaan saya saja….

      • Bung ib
        Yang pertama ngomong bung jalo ngebanting itu saya. Tapi presepsinya sekarang jadi jauh dari yang saya momongin. Gini lho. Untuk R&D kenapa yang punya efek deterjen tinggi yang bisa musuh berkeringat kok semua layu sebelum berkembang(kecuali yang sangat tinggi omongannya sih tni minta spek tinggi) tapi kok beli anoa 1000 biji dengan kontrak 800 juta dollar(dari warung sebelah itupun udah lama banget taun 2013 kalo ngga salah) kan mending untuk danain R&D separuh. Soalnya walaupun kita punya anoa 10 ribu biji efek deterjen nya apa coba. Memang kita butuh mobilisasi tinggi hanya saja sedia payung sebelum hujan adalah baik kalo di kawasan udah musim pancaroba, kalo belum ya…udahlah saya ngga mau komen aneh aneh. Saya cuman nunggu wacana milwa jadi apa ngga.

        • Saya tau maksud anda bung, Sebenarnya Maksud saya ingin mencubit bung Jalo soal komen2 beliau akhir-akhir ini saya lihat terkesan berhati-hati semenjak dapat teguran dari den karung, soalnya dibeberapa artikel sebelumnya komen-komen saya soal kehati-hatian beliau dalam komennya tidak direspon.

          • Bukan karena dpt teguran dr den karung sepertinya…
            Kalo benar dpt teguran, kemungkinan besar hanya akan menahan atau paling tidak melempar koment yg bersifat multi tafsir.
            Namun yg terjadi dalam komentnya terasa sekali unsur bantingannya dan berbeda sekali dari sebelumnya.
            Coba perhatikan koment dr orang orang tsb saat para sesepuh warjager hadir dan berkomentar atau sekedar menjawab pertanyaan, pasti orang tersebut ikut mengamini dng koment yg seakan pro dan jg mengetahui sangat.

            Jayalah NKRI…..NKRI harga mati….( bung@ frans…masbuloh.?)

          • @ Bank Ruskye
            Kira-kira apa ya yang terjadi gerangan..?? Masak langsung tiba-tiba berubah aja gitu..

          • Saya yg selama ini yg silent rider aja sepaham dengan bung @IB, @Ruskye n @freaxout…ada yg berubah dengan bung @Jalo. Tapi anehnya bung @Diego pernah mengamini perubahan ini, coba deh cek di komentar artikel minggu2 ini. Semua kejadian ini berbarengan juga dengan menghilangnya bung @Nara, @yayan, @afiq dll. Dan hematnya komentar bung @PS sekarang…hihihi..Mohon maaf bung2 semuanya..hanya pandangan silent rider

          • inilah salah satu permainan intelijen tingkat tinggi πŸ™‚
            permainan sedang dijalankan untuk kontra intelijen πŸ™‚

    • @ DIESEL

      saya ngefans sampean loh Bung nowyoudont, commentnya teknis, analisisnya Ok dan banyak pranala luar
      who are you? what you done to the real nowyoudont ? where are you..??

    • bung DIESEL,

      ini kisah nyata sebagai jawaban gak langsung, 3 tahun lalu kakak ipar meninggal mendadak (jantung), beberapa hari setelah dimakamkan putrinya (4 tahun) bertanya ‘bu, kalau saya menangis tiap hari, apakah Tuhan akan mengembalikan ayah?’. logika balita, walau tetap mengharukan.

      setiap WNI yang waras pasti mendambakan TNI yang kuat dengan alutsista canggih, tapi mimpi setiap hari tidak akan menghadirkan aneka pespur canggih di hanggar TNI AU dan kapal2 perang blue water dengan aneka rudal gahar di pangkalan TNI AL.

      PR dong kerjain dulu,

      >katanya renegosiasi harga gas tangguh akan dilakukan awal 2014?
      ini udah tengah tahun (kalau perlu bilang ‘go to hell with your C-705 ToT’, beli teknologi dari israel)

      >udah berapa kali tanker penyelundup BBM tertangkap (1x selundupan = 1,000 ton)
      pada niat ngurus negara gak sih, yang dulu juga gak ada kabar lanjutannya…

      > http://jakartagreater.com/jet-tempur-f-35-unjuk-gigi-di-paris-air-show/
      danu says:
      June 30, 2013 at 7:26 pm
      Ucapan pak Harto kepada Dr Ing BJ Habibie pada 28 Januari 1974 mungkin perlu dipahat di granit (cast in stone) dan dipajang di beranda/lobby Istana, Kemenristek dan gedung DPR β€˜Adalah tugas dan kewajiban saya untuk mendapatkan pengertian dari rakyat, dan semua akhirnya dilaksanakan untuk kepentingan rakyat. Rakyat mau berkorban asal jelas pengorbanannya untuk masa depan anak cucu mereka yang lebih baik. Rakyat itu tidak neko-neko, yang susah diatur adalah pimpinannya para politikus’.

      gimana mau beli alutsista canggih jika hanya memikirkan pencitraan, lalu duit 280T dibakar dalam setahun untuk subsidi BBM ?

      (di thread Dicari Capres Penjaga Alutsista Asli Indonesia setidaknya saya sudah berpartisipasi sumbang saran opsi lain untuk memanfaatkan dana subsidi BBM)

      • belum impor garam $ 80 juta, jika diproduksi sendiri lumayan 1 tahun dapat 1 Su 35 + peralatan pendukung…

        kedele, bawang, jeruk, wah…

        • mendingan jf17 block 3…gen 5 ..loh dapat 4 unit ..lohh

          • Pengen dunk JF-17 buat angkatan laut.

          • tuhkan neng udah jgn mlu mluin diri neng jadi spg barang bgtuan,, ga belajar kisah pilu saya yaa..? bertahun tahun saya promo TOR M1 SM TOR M 2

            EH MLAH S300 sm pentsir yang di beli,, ckckckck pdahal tor yang plg qt butuhkan untuk skrg ene.. tanggung kalo beli sam jarak jauh tapi tdk bisa mengkover seluruh wilayah darat kita..

            karna uang tak cukup buat beli banyak,, al hasil hanya ibu kota yang tejaga ckckck sementara ank anak kota sam pnggul jarak pendk..

            jujur pesawat ga perlu sedekat itu untuk membombadir,, jadi kita peerlu tor M ser… atau tungguska kek… jangan pntsir. ga gahar,, sering meleset…

          • jangan deh….kalau anda cinta NKRI

            pakailah ini..untuk ANGKATAN LAUT,ANGKATAN DARAT,ANGKATAN UDARA..
            murah dan sangat mematikan tak perlu amunisi dan dapat di pakai untuk jangka waktu yang sangat lama

            http://www.youtube.com/watch?v=cCBwLJjzDJQ

            ada yang buatan israel,USA,rusia,..

            NKRI MACAN DUNIA

          • @ taufik cooy

            TOR M1 SM TOR M 2,S 300,PANTSIR..kalau perlu s 400,s500
            kalau perlu fregart,ks,kapal induk,roket,f22,pakfa..,f35,su.35.rudal yakhont,misile balistik,harpon,tank leopart,tank,tank t 90/91.tank markeva..
            itu makanan paling enak buat dagangan saya bang..!
            dagangan aye LASER WEAPON bang

            pokoke semua rudal,semua pesawat tempur,semua kapal perang semua tank,.semua bangunan markas ITU MAKANAN.DAGANGAN aye..bang

            aye jualan LASER WEAPON., kemarin di pecat karena tak mencapai target penjualan..

            xixixi

        • Makanya ada salah satu capres yang bilang kalo kebocoran negri ini sangat besar lebih seribu triliun per tahun. Kalo bisa separuh aja di tambal jangan tanya alutsista negri ini bung danu. Dalam keteguhan untuk ibu pertiwi yang adil makmur dan sejahtera butuh kesabaran dan tiap orang berbeda. Dan hanya sedikit sekali yang tetap seperti itu ketika menjabat

          • capres no 1 ketika menjabat danjen dikenal sangat inovatif dan kreatif memikirkan berbagai taktik, jenis senjata dan perlengkapan baru bagi pasukannya.
            ini bekal penting untuk dibawa ke bidang manapun.

            bagi saya kedua capres berimbang, perbedaan ekstrim ada pada cawapres, prestasi JK sebagai wapres monumental (dan saya sangat kecewa pada cawapres pilihan PS -walaupun saya 1 almamater dengan ybs).

            dialah arsitek ekonomi amburadul saat ini, apakah situasi ini akan diperpanjang?

          • Bung danu
            Akur tu bung. Saya juga kalo ps jk oke banget. Kalo ngga salah kemarin karena keduluan aja. Gara gara ketuanya tuh ngga tau malu. Ngurus lapindo ngga becus mau jadi capres/cawapres, hadeh repot musuh muka cadas bukan tembok lagi. Terus gimana nih masak ps ngomong gitu ngga ada solusinya. Dia kan ngomong kalo nggaada bawahan yang salah. Cuman atasannya aja yang salah. Hal ini ngga di singgung sama capres sebelah. Bikin enek aja. Beda visi boleh tapi hal beginian masak ngga kepikiran. Tau dah cape kalo mikir jalan pikiran orang. Mudah mudahan yang jadi presiden siapapun itu wajib nambal kebocoran ini dan berhasil 20% per tahun jadi 5 tahun aja udah 100%

          • Klo kita bicara Jk bicara jg rezim gud dur… Bkn kh jk di pecat gusdur sbg mentri… N gus dur hrs menjelaskan itu pd rapat tertutup dg dpr mengenai borok jk…
            Klo menurut org dekat GD dia terlibat korupsi N kkn…

        • Anda percaya perkataan salah satu capres tentang kebocoran yg seribu triliun lebih per tahunnya.? Anggap kita semua percaya omongan tersebut.
          Saya hanya ingin sedikit mengajak utk menelaah pernyataan tersebut.
          Kata ” Bocor ” berarti kita asumsikan adanya lubang kecil pada suatu wadah besar dng isi yg penuh. Dikatakan ” Bocor ” karena dr lubang tersebut menetes/merembes sesuatu yg ditampung oleh wadah tersebut.
          Kalo lubangnya besar maka tidak cocok memakai kata ” Bocor ” melainkan ” Bolong “.
          Lalu logikanya berapa banyak isi uang negara yg ada dalam wadah apabila yg (hanya) menetes/ merembes karena bocor aja jumlahnya (cuma) lebih dr 1000 Triliun.? Tdk mungkin hanya 2 atau 3 tetes bukan.?
          Jadi silahkan menafsirkan sendiri….hehehe

          NKRI …harga mati

          • Yang ngomong bukan dia aja bung kpk juga coba cek komen warjagers ke belakang

          • bung BR,

            kebocoran itu kan tidak dalam bentuk uang, misal 1,000 ton minyak mentah yang akan diselundupkan, kayu yang dicuri dan dibawa melintasi perbatasan dsb…

  40. @bung rz : anda sangat jeli… terutama mengenai “tersembunyi”. Sangat lugu sekali dlm pengadaan alutsista yg terklarifikasi strategis tanpa cover up sama sekali, bisa bisa brgnya blm datang tp sudah heboh kemana2, malahan tim ular datang mengganjal πŸ™‚

  41. otoritas pajak Indonesia jika berjalan dengan benar dan didukung secara politik maka ngumpulin duit 2000 triliun pertahun bukanlah mimpi yang muluk-muluk …… taruhlah 200 triliun khusus untuk alutsista per tahun sedeep tho ????

  42. Kita juga punya kerjasama dengan Korea Selatan dalam penggunaan tenaga nuklir…Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2011. Lalu dengan Amerika Serikat pada Perpres No.54 Tahun 1981, dan sejumlah negara lainnya…

    • Dalam bentuk apa om..inuki dilibatkan gak nih?

      • Karena sudah ada yg save maaf saya delete… πŸ™‚

        • Ditunggu om πŸ˜€

          • Itu sudah, masalahnya regulasi kerjasama ini masih sedikit, seperti Truk Kamaz, lalu Depo perbaikan pesawat Sukhoi, Kerjasama galangan kapal selam, hanggar khusus Helikopter Rusia, dll.

            Lalu untuk ToT seperti Truk Kamaz, BMP-3F (Learning By Seeing), dan alutsista lainnya seperti Alat telekomunikasi, manufactur, dll… Lalu rencana untuk fasilitas helikopter Rusia, Teknologi peroketan, Kerjasama peluncuran Satelit di Biak, dll… Maksud dari pak Pur itu berkaitan dengan alutsista strategis seperti SU-35, kita butuh ToT seperti yg tertera di UU Nomer 16 Tahun 2012, cuman skema pembelian kita seperti disebutin pak Pur. Nah ini masih negosiasi, karena Rusia memberikan ToT jika kita membeli seperti India. Makanya di tanyamoeldoko.com Panglima TNI mengatakan bahwa itu masih cita2…

          • Berarti tot jalan dong..dan gak perlu ngeborong banyak kan πŸ˜€
            Oiya saya msh bingung soal hanggar khusus dan fasilitas helikopter rusia..akan kemana arahnya nih om..mohon sharenya..

          • Kalau ToT memang sudah jalan, dulu kita pernah dapat ToT dalam teknologi peroketan seperti yg sudah diaplikasikan di roket kartika. Semenjak orde baru dan Uni Soviet berganti ke Rusia, kita memerlukan biaya yg tidak sedikit agar bisa dapat ToT. Untuk ToT yg saya sebutin itu baru sejumlah ToT, yg dicari Kemhan dan KKIP adalah kerjasama ToT dalam hal alutsista strategis, sayang sekarang Rusia sudah matre apalagi masalah konflik yg terjadi skrg sehingga sangat sensitif dengan politik internasional. πŸ˜€

            Untuk hanggar khusus itu untuk pusat perawatan.

        • Wah..ini mengikat ya om..ada point tentang hasil kerjasama ini tidak boleh dijual kepihak ketiga..mantap..makasih udah share yg lengkap om Jalo..

        • bung jalo top punya photocopy perjanjian itu…….
          saya suka dgn pasal 5 ayat 4 dan 5 soal informasi rahasia

          • betul, harap buru2 di-save, takutnya thread ini ‘menghilang’…

          • setelah di save di lock biar ga dicopas asal2an bung πŸ™‚ nanti dibilang ini cuma ketikan karangannya bung Jalo pula

          • bung jalo, bung danu dan bung dewakembar , saya sebenarnya juga punya link soal dokumen kesepakatan rahasia :

            “: tentang perlindungan saling informasi rahasia dari September 16, 2004 ”

            yang ditanda tangani pada :
            Tanggal tanda tangan : 04/08/2010
            Tanggal berlakunya : 04/08/2010

            Nah teman2 silahkan cari di mbah google, klo yg bung jalo punya versi Indonesia yaitu perpres, klo yg ini versi rusia oleh departemen hukum rusia

          • bahasane ribet tuh bung gue, bacanya aja kagak bisa saya bung hehehehehe

          • dokumen kesepakatan ini pasti tidak hanya dalam bahasa indonesia bung, dalam bahasa di pihak yang lain juga pasti..nah apakah pihak dpr juga mengetahui mengenai kesepakatan ini, meskipun detailnya tidak tahu..

            hal2 seperti ini jarang dibeberkan oleh media resmi, informasi2 mengenai militer pun sebenarnya tidak ujug2 keluar dari media resmi nasional πŸ™‚ jadi jangan berpendapat bahwa 100% isi berita dari media resmi itu valid, banyak yang tersirat..

            @gue : bahasanya njelimet bung, tapi saya yakin dengan kerahasiaan inilah penguatan alutsista TNI bisa melonjak, meskipun tidak nampak dari permukaan πŸ™‚ salam

          • intinya ini judulnya : (terjemahan dari bahasa rusia)

            PERSETUJUAN ANTARA PEMERINTAH FEDERASI RUSIA DAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA perpanjangan kesepakatan antara Federasi Rusia dan Republik Indonesia tentang perlindungan saling informasi rahasia dari September 16, 2004 oleh pertukaran nota

            note: klo pengin nyari di mbah google pake bahasa rusia entar ketemu , yang perjanjian informasi rahasia antara rusia dengan indonesia dimulai th 2004 kemudian diperbarui pada tahun 2010.

            (yg penting saya tidak ngasih link atau dokumennya he he he, jadi aman he he he)

          • Bung Gue pasti sudah baca Project 6xx, 2006-2010… πŸ˜€
            Kalau yg lengkap berbentuk buku, tapi untuk kalangan terbatas, πŸ˜€

            (Maaf baru baca)

  43. anggap saja pernyataan Mbah Pur benar, artinya masyarakat diminta pengertian kalau anggaran untuk alutsista diperbesar supaya bisa borong-borong.

  44. Sebenarnya kalau kita mau mencermati ada sesuatu yg berbeda di jkgr pra, on dan pasca latgab.
    Saat pra latgab kran info2 terbuka lebar dan kita dibanjiri info2 yg sebenarnya cukup sensitif (list pembelian alutsista, kisah kasel, sengatan mbok minah, cilukba kasel dll), namun hal ini berbeda saat latgab dan pasca latgab…banyak pihak yg memiliki info2 tersebut menghilang/tiarap dan kalaupun muncul hanya menyapa/komentar sekedarnya.
    Ada suatu aura bahwa sedang dan akan terjadi sesuatu yang cukup mengkawatirkan terhadap negeri ini. Kita juga harus menyikapi datangnya f-22 yg latihan dengan malaysia secara makro dan hati2.
    Seperti informasi bung jalo bahwa dia kena sentil, berarti para narasumber yang lain juga..hal ini mengindikasikan ada sesuatu hal yang memang oleh para pemilik/pihak yang berkepentingan dengan informasi tersebut agar informasi tersebut tetap rapat dan samar.
    Silahkan mencerna informasi yang akan keluar selanjutnya secara bijak (seperti kata bung satrio jangan menelan mentah2 setiap info yang tersaji kunyah..cerna dan rasakan πŸ™‚ ) karena menurut saya info2 dari pemerintah akan sangat normatif dan akan sedikit “leaks2” yang akan kita dapat mengenai alutsista negeri ini ke depannya.
    *maaf pendapat tukang parkir *sr mode on

    • saya juga berpikiran sama…ada sesuatu yang beda….karena para senior malah memilih SR yang biasanya pada bocor alus…

    • kalau kita menganalisa linier dan non linier dari statement para informan pasti kita diam dan SIAGA…

      mungkin time frame nya menjadi dipercepat..
      time frame apa…
      saya hanya bisa dan berani mengatakan ayo kita giatkan latihan semapta dan kebugaran fisik…
      dan semoga saya salah…

      NKRI jaya

      • my fellow nation…

        kadang saya ingin sekali mengetahui tentang gambaran alutsista strategis kita..
        kadang saya ingin sekali mengetahui semua nya, tapi saya sadar juga, kl itu terjadi, agresor mempunyai gambaran what to do toward us..

        kadang ingin aku bertanya ke seorang suriken 4 yg saya kenal..
        khan saya sudah dianggap anak oleh beliau..
        namun saya urungkan niatan itu..
        saya tidak mau nanti malah saya yg tdk bisa menjaga lisan..
        saya cukupkan mengetahui dari sumber entah berantah, namun saya mengetahui yg terjadi..

        ayo kita mawas diri…
        persiapkan diri kita..
        tahun ini panas, panas sekali..
        banyak yg mengintip di sana sini…

        salam satu bangsa

        • Sam bonex
          Mesti aja walaupun kita tau seluruh alutsista negri ini percuma lha wong kita bukan pengambil keputusan. Bikin pegel iya kalo tau keputusan yang di ambil ngga sesuai dengan yang kita harapkan. Tapi beneran tuh. Yang di atas kalo kita harus warming up. Untuk rakyat apa tni bung. ??

        • Like. Klo kita sebagai masyarakat awam saja dengan mudahnya mengetahui segala alutsista yg TNI miliki, segala kekuatan, kelebihan dan kekurangan TNI. Lalu bagaimana dengan negara asing dan agen-agen nya yg dilengkapi dengan berbagai sumber daya seperti SDM ( termasuk WNI jg), tehnologi (menyadap, mengintai, dll), Uang, dan segalanya yang memang bertugas mengorek segala kekuatan, kelemahan, kekurangan, kelebihan TNI dan negara ini? Apa bisa kita bilang klo kita (jamaah fotoniyah) lebih mengetahui daripada agen asing tersebut? Hanya karena rilis media alustista yg kita punya hanya alutsista jadul, alustista yg itu-itu saja, alutsista refurb, alutsista baru yg tidak meiliki efek deteren? Saya berharap sekali agen asing dan negara manapun akan sangat percaya dengan rilis resmi media yang seperti itu. Tapi sayang kenyataannya mereka tidak percaya, sehingga mereka harus menyadap, menginfiltrasi berbagai bidang di negara ini, menguji langsung dengan pelanggaran wilayah, berusaha memancing amarah negara kita ini, membuat konspirasi, berusaha mendukung dan mendekati capres dan cawapres kita agar dapat mendukung kebijakan mereka seandainya terpilih nanti.

    • Bung @gatolotjo Kok saya familiar dengan tata bahasanya yah… anda siapa πŸ˜›

  45. Nomor 40 atau dst semoga aja akhirnya Ada Paket Hemat TOT

  46. Nurut ane sih berita ni artinya bntar lg jin rafa atau yg dri mama ely mau ditongolin ma tni…

  47. yes no 46 Rossiyah, hahaha

  48. Ga bisa borong ga papa
    Smoga jadi pelecut semangat agar lbh cepat terwujud lfx/ifx,pacar wutah aneka kecepatan,ks dangkal dan dalam dangkal rasa nusantara,kaprang mutakhir aneka class
    Cepat atau lambat pasti INDONESIA berteknologi disegala bidang
    No nanotechnology,no food

  49. Kalo baca koment bung @PS dan @jalo tuh rasanya nano nano , seneng dan kadang kecewa juga , tapi mereka itulah yang mencerahkan suasana dikala ada orang yang mengganggap alutsista kita ini jelek atau ketinggalan jaman , jaya NKRI

  50. hoax hoex……

  51. Katanya mau beli 180 sukhoi kok beli 80 buah kaya India kaga bisa??? BOKEK kali !!!!

  52. Nama “Camar Emas” mungkin sangat membekas
    bagi Angkatan Laut Amerika, inilah nama
    pesawat TNI AU yang sukses mengintai Kapal
    Induk USS Carl Vinson Amerika
    http://www.momosergeidragunov.com/2014/05/boeing-737-surveillance-pesawat.html?m=1

  53. BUAYA TERBANG , KAPAL SELAM TERBANG
    PERTAMA BUATAN INDONESIA

    http://www.momosergeidragunov.com/2013/03/buaya-terbang-kapal-selam-terbang.html?m=1

  54. Om tan bagaimana kalau kita membaca berita diatas dgn cara lain. Misal dari judulnya saja, kita hilangkan kata negatif.

    RI tidak bisa borong alutsista, Rusia Enggan transfer teknologi —>

    RI borong alutsista , Rusia transfer teknologi

    • setuju
      itu fakta.. karna RI memilih memborong dari prancis..
      jadi yg betul adalah.. gimana Rusia mau kasih tot kalo cuma beli beberapa biji..
      sejak dulu pun jika ada pembelian alutsista dari rusia maka tidak digembor grmborkan, lain cerita ketika borong senjatanya dari barat dan setiap mempublikan Akan, Mau, Menuju, negosiasi.. alutsista dari Rusia, ujungnya pasti gagal alias gagal total..

  55. iya sih…bung @corporal, ane dah negesin ber-kali2 ama orangnya,
    ..cuma dia yakin karena bodynya kecil dan ramping katanya (dia juga tau bentuk mi+35 yg berwarna hijau tua milik penerbad ) ,
    kan berita kemarin latgab adanya di wetan…lho koq ini heli ngacirnya ke kulon (kalo ga salah markasnya di semarang ya !) …waktunya bersamaan ane ga tau dah soalnya ga
    di jelasin….apa ini ada hubungannya dgn penjelasan om @nara di artikel sebelumnya bahwa ada latgab lain di samudra hindia yg ga ke detek ama media ! ..gelap.com

  56. saya yakin.. pasti ada permainan dari barat.. politik masif yg bergrilia

  57. gak bs apa klo anggaran tni dinaikkan sktr 300 trilyun,dgn resiko anggaran departmen lain dipangkas,terutama departmen yg sering bermasalah kayak departmen agama,depsos,pu,esdm dll dah

    • saya fikir, RI tidak harus memborong su35 ko, beli secukupnya aja, sekemampuannya aja..
      wongedaaan… India, China aja gak dikasih tot ko, RI lagu laguan aja minta tot, jagan yg jauh jauh dulu deh, su27 atau su30 pun harus beli banyak… ini lagi su35, sedangkan produsennya pun masih membutuhkan banyak.. wong 2015 rusia baru dapt 16 biji ko

      • khan dalam pemberian TOT tidak semata faktor bisnis.
        faktor lain juga dipandang berpengaruh, contoh nya, enemy of my enemy are friends of mine’s….

        tapi kita bukan musuh dari musuh nya dia.. kita ibarat warna abu abu, tidak hitam tidak pula putih..
        jadi banyak kepentingan bermain.
        sadar atau tidak kita akan selalu jadi rebutan..
        banyak yg sangat tertarik kepada kita…
        tinggal kita pintar pintar bergaul aja..

    • @Frans< bisa kalo pemerintah mencabut total subsidi BBM trus dananya di alihkan ke kemenhan, tp apa berani pemerintah..?? Dan satu lagi, apa berani kita menerima kenyataan kalo BBM kita mengikuti harga internasional??

  58. terbukti hoax no. 1

  59. Indra will equip two new submarines of the Republic of Korea Navy (ROKN) with its electronic defense system PEGASO. These submarines are part of the third phase of the submarine acquisition program started by the ROKN in the 90’s. New submarines will be designed and developed in South Korea and will incorporate significant improvements.

    Indra will equip two new submarines of the Republic of Korea Navy (ROKN) with its electronic defense system PEGASO. These submarines are part of the third phase of the submarine acquisition program started by the ROKN in the 90’s. New submarines will be designed and developed in South Korea and will incorporate significant improvements.
    KSS-III is a 3000 tons SSK submarine project fitted with 6x VLS (vertical launch systems)

    This solution will allow the submarines to detect and analyze the radar signals in the mission environment and to identify the type radar and the associated threat level, becoming an essential contribution to the protection of the platform.
    PEGASO is a latest generation RESM system (Radar Electronic Support Measurement) based on wideband digital reception technology. This type of signal processing guarantees a high sensitivity and detection range even in dense electromagnetic scenarios, combined with excellent reaction time and accuracy.

    PEGASO technology will give the new boats of the ROKN an important operational advantage in threats identification. Same technology has already been selected by the Navies of Spain, Germany, Italy or INDONESIA for their submarines.

    KSS-III is a conventional submarine project (SSK). The original design of the submarine includes 6 VLS (vertical launch system) tubes. They would accomodate a future cruise missile in development by LIG Nex1 while the launchers would be provided by Doosan.

    http://www.navyrecognition.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1833

    • Bung PS, bung Nara dll….
      Mohon diulas dong artikel diatas mengenai teknologi Indra di ks jadul kita….dan yang menarik ada kata-kata vls 6 biji, barangkali ilmu yang didapat setelah mengoprek ks kita???

      Sok tau mode on :mrgreen:

      ‘…PEGASO technology will give the new boats of the ROKN an important operational advantage in threats identification. Same technology has already been selected by the Navies of Spain, Germany, Italy or INDONESIA for their submarines.

      KSS-III is a conventional submarine project (SSK). The original design of the submarine includes 6 VLS (vertical launch system) tubes. They would accomodate a future cruise missile in development by LIG Nex1 while the launchers would be provided by Doosan….’

      • Wah..changbogo emang ampe 3000 ton ya bung Java..klo emang iya sih wah keren juga klo bisa mbopong cruise via vls yg enam biji..hmm..bakal calon missile nya apa ya..?

        • They would accomodate a future cruise missile in development by LIG Nex1 while the launchers would be provided by Doosan

          Kalo ga salah ngartiij sih om…. :mrgreen:

  60. Kalau menurut saya, dilihat dari sisi dagang tukang cendol, statement pak pur cukup pintar karena proses pembelian alutsista dari rusia masih dalam proses negoisasi, jadi jual mahal dulu sama rusia, bahwa indonesia masih mempunyai opsi lain pembelian alutsista dari negara lain tidak mulu semuanya dari rusia.

    Makanya dubes rusia langsung membantah karena takut kehilangan pembeli potensialnya, indonesia. Apalagi disisi politik seperti yang dikatakan oleh dubes rusia, rusia akan kehilangan dukungan strategisnya dari indonesia kalau kerjasama ini sampai tidak jadi. Indonesia adalah negara strategis saat ini bagi rusia apalagi ditengah kondisi rusia saat ini.

    Saya malah melihat dari sisi positifnya dari statement pak pur itu bahwa memang saat ini belanja militer kita masih kecil sekali ditengah kondisi yang tidak pasti saat ini, yaitu TNI diharuskan mempertahankan wilayah indonesia yg strategis ini dan penuh dgn kekayaan alam didalamnya dgn alutsista yg jadul. Sehingga utk membeli alutsista dgn TOT sesuai dengan yg kita inginkan dengan dana yg ada sangat tidak mungkin sekali jadi PERLU DITAMBAH.

  61. he3x

  62. Membaca berita diatas dan mengunyahnya sebenarnya GAMPANG gak perlu jamaah hoaxiah menyerang jamaah list A1 dan sebaliknya,,, apalagi mengamati postingan nara sumber dan dikait kaitkan dengan sebelum dan sesudah latgab,,ditegur atasan lah denkarung dll.
    saya gak ngaruh dengan semua itu,untuk sekedar menulis dijkgr,,

    Pak menhan lagi menawar ala Padang ,, ada sesuatu yang harus direspon oleh pihak ruskie ,, dan itu langsung direspon oleh pak kedubesnya disini ,, takut kita ngambek berkelanjutan ,,’

    Mengunyah yang lain
    Mungkin Pak Menhan lagi protes ada kespekatan ruskie dengan negara kawasan yang bisa merugikan Indonesia sehingga kita perlu merajuk,, dan terlihat sudah dapat tanggapan dan perhatian,,

    Mengingat Statement pak menhan terdahulu yang mengatakan “no more for sukhoi” membuat mereka kelabakan dan langsung membujuk pak menhan yang lagi merajuk,,
    Kenapa saat itu pak menhan merajuk? karena Indonesia mendengar mereka akan bebagi TOT dan berproduksi bersama dengan malaysia tentang rudal jelajah (varian brahmos)..
    dan Alhamdulillah GAGAL

    seperti biasa hanya analisa tukang warnet saja

    • analisa yang gurih Pak hehehe btw,ruski yang memutuskan secara sepihak ya Pak untuk roduksi rudal jelajah dengan maaysia??? Begitu Berharganya Bangsa ini di mata Rusia heheh bangga sekali saya Pak!! πŸ˜€

    • Iya bung satrio
      Kalo saya udah biasa. Hampir semua berita yang udah selesai baru di kasihkan ke pers. Mungkin yang di pemerintahan ingin tau aja reaksi rakyat dengan di posting di sini. Tapi kok komennya di tengah ya harusnya di bawah kan

    • Istri tua merajuk, lari kepada istri muda, kalo dua-duanya merajuk, aku kawin tigaaaaa…

    • Klo sy perhatikan spt ada nego yg alot hingga kita sedikit keras ini bung….
      Gk aneh dg strategi itu bung ss… Lha wkt nego jin prance jg kn keluar gaya2 begini…

  63. kalau pemerintah indonesia mau beli SU-35 saya mau nyumbang uang 20 rbu,upamanya setiap warga Indonesia dari sabang- meruke menyumbang uang sebesar itu, kira2 berapa jumlahnya?????????
    cukup nda untuk beli SU-35 2 Sukrd?????????

  64. Hoax atau tidak,punya atau tidak, saya harap TNI tidak perlu untuk gagah2an memamerkan alutista strategisnya krn itu akan membuat perlombaan senjata di kawasan. Negara lain pasti tidak akan tinggal diam kalau melihat TNI membeli alutsista yg akan mengancam dirinya. Misalnya kalau sonora melihat TNI beli pespur canggih, pasti akan beli sam pst HQ, dan kalau sonora beli HQ pasti TNI juga akan ikutan juga beli sam begitu seriusnya.

    Kita tidak perlu membangunkan kesiagaan musuh kita, buatlah kondisi damai, walau dalam damai itu kita sudah bersiap untuk perang dalam kondisi terburuk apapun.

  65. Hoax atau tidak,punya atau tidak, saya harap TNI tidak perlu untuk gagah2an memamerkan alutista strategisnya krn itu akan membuat perlombaan senjata di kawasan. Negara lain pasti tidak akan tinggal diam kalau melihat TNI membeli alutsista yg akan mengancam dirinya. Misalnya kalau sonora melihat TNI beli pespur canggih, pasti akan beli sam pst HQ, dan kalau sonora beli HQ pasti TNI juga akan ikutan juga beli sam begitu seriusnya.

    Kita tidak perlu membangunkan kesiagaan musuh kita, buatlah kondisi damai, walau dalam damai itu kita sudah bersiap untuk perang dalam kondisi terburuk apapun.

    Mohon maaf cuma keinginan tukang cendol doank.

    • Kawan saya melihat sekarang indonesia itu terancam. kenapa, lihat aja australia memblei F35, singapore juga dgn F15SG dan F35 akan datang. Pembelian su35 itu untuk mengimbangi pespur tersebut. Masalah skrng russia tidak mahu beri TOT kalau cuma beli nya ngeteng. minimal 80 unit ke atas. contoh mcm india dgn 272 unit su30mki sehingga 2018. SAM bukan ancaman lo. SAM untuk pertahanan udara dari diceroboh oleh pesawat asing atau rudal. ia bersifat defensif. bukan offensif seperti kapal selam, pespur, rudal (tomahawk, yakhont, jassm, scud dan lainx2.). kalau di asean ini yang kuat sistem pertahanan udara nya singapore dan veitnam. singapore dgn SAMP-T dan Spyder. vietnam dgn S300PMU. thailand itu rencana akan datang dgn HQ9. malaysia dan indonesia skrng masih guna SHORAD dan VSHORAD. nah skrng malaysia itu baru rencana untuk akusisi HQ16/LY80.

  66. Wkwkwkwk dikunyah dulu y,,, ?
    Kmbl kepojokan aja. Heee

  67. aq nih sudah bang…sholat subuhnya ,tinggal nyambung lagi tidurnya

    xixixi

  68. NKRI harga Mati bung… jangan merendahkan bangsa sendiri..!! bangsa ini bukan dari hasil pemberian bangsa lain, tapi dari darah dan keringat para pejuang kemerdekaan..

    Jayalah Negeriku

  69. JAYALAH NKRI….NKRI HARGA MATI…!!!

    apa yang salah dengan kalimat di atas???

  70. Setuju bung Dado…mslahnya disini jg mulai byk kompornya…

  71. Ya iyalah, beli dikit mau minta TOT, emangnya kita siapa..
    ilmu itu mahal. penelitian itu mahal,

  72. menurut saya, klo ga percaya hoax nya sesepuh d sini itu wajar saja harap d maklumi…mungkin mreka terlalu lugu untuk mengetahui apa itu strategi. dan mereka amat sangat tidak tahu strategi…kalo sebuah negara itu strategi militernya lugu,jujur ..ya paling tidak harus mengikuti salah satu blok militer ato ada negara dg militer kuat yg melindunginya. kalo ingin mandiri dg kekeuatan militernya…ya gak perlu jujur2 amat dalam strateginya…ma’af opini bakul peces

  73. Bung Ok lah.@ …..wis sampeyan bisa disimpulkan telik sandy wakekekeke… Coba lihat koment koment sampeyan…

    Salam hangat bung…

  74. hm…..hm….selamat bertugas bung….oke lah@ …..peace jayalah NKRI

  75. bung Frans
    apa bung frans cucunya mbah Bowo ya…komennya pesimis mulu,jual KTP aja bung ke tetangga..
    saya percaya TNI itu jauh lebih pintar dan tau dari anda yg sekedar main trawang alusista,paham yang anda anut itu kayak Hoaxer ” No photo No believe “..itu silahkan saja,terserah anda…
    TOP SECRET weapon itu adalah strategi TNI,jika smua di publis maka mereka akan siapkan Antidotnya…

    Salam

  76. cuma orang yang ga tau diri yang sudah beli ketengan,mau ngancam dan maksa tot…emangnya buat mendapatka suatu teknologi persenjataan itu kayak buat kue dan ga pake duit

 Leave a Reply