Oct 112016
 

tank-pindad

Pemerintah Indonesia dan Turki sepakat memperkuat kemitraan strategis kedua negara melalui peningkatan kerja sama di bidang politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial budaya dan konsuler.

Penguatan kemitraan strategis kedua negara telah disepakati dalam pertemuan Forum Konsultasi Politik Bilateral (FKB) RI-Turki yang ke-5 yang dilaksanakan di Lombok pada 7-9 Oktober 2016, ujar keterangan pers Direktorat Kawasan Eropa Barat Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, 10/10/2016.

Konsultasi Politik RI-Turki merupakan forum bilateral antara direktur jenderal kementerian luar negeri kedua negara yang dibentuk berdasarkan nota kesepahaman antara Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Luar Negeri Turki yang ditandatangani pada 2011.

Untuk menjawab tantangan yang dihadapi dalam peningkatan hubungan Indonesia dan Turki, pemerintah kedua negara sepakat menyusun sebuah dokumen rencana aksi.

Rencana aksi itu diharapkan dapat menandai era baru hubungan bilateral yang diisi kerja nyata untuk merealisasikan komitmen-komitmen dalam Deklarasi Kemitraan Strategis, yang disepakati Presiden RI dan Presiden Turki pada 2011.

tank-pindad-fnss-turki

Di bidang kerja sama ekonomi, khususnya di sektor investasi dan perdagangan, pemerintah Indonesia dan Turki mengakui tidak hanya terdapat potensi sangat besar yang belum tergali, namun juga sejumlah hambatan dalam hubungan ekonomi dua negara.

Kedua pihak sepakat meningkatkan pertukaran misi dagang dan investasi serta konsultasi yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Dalam bidang pertahanan dan keamanan, kedua pihak sepakat mendorong peningkatan saling kunjung dan kerja sama di sektor industri pertahanan melalui kerja sama pengembangan dan produksi sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Selain membahas penguatan hubungan bilateral, pemerintah kedua negara juga membahas mengenai nasib mahasiswa Indonesia di Turki yang terganggu kelangsungan pendidikannya sebagai imbas konflik politik dan upaya kudeta yang telah terjadi di Turki.

Pemerintah Turki dan Indonesia sepakat untuk mencari solusi terbaik guna memastikan keberlangsungan pendidikan mahasiswa Indonesia di Turki.

Antara

Berbagi

  23 Responses to “RI -Turki Perkuat Kemitraan Strategis”

  1.  

    Yeeeeee

  2.  

    Pertamax kah..??

  3.  

    Kesalip sama kawan lama dech..sabaaaar…

  4.  

    Turky sahabat lama Nusantara dan bangkit diatas reruntuhan kota kuno Romawi Timur dan pewaris ottoman.

  5.  

    Kita tunggu 2017

  6.  

    turki negeri 1001 dongeng dan terkenal karpetnya.

  7.  

    Aneh…

    Indonesia – Turki kan sudah action…???

    Hal tersebut ketika di adakan kerjasama pembuatan Tank Medium dengan PT Pindad.

    Semoga saja hubungan diplomatik kedua negara ini lebih erat dan lebih tersebar luas di bidang lainnya.

    •  

      Bikin TANK MEDIUM DELAY BUNG ,karena indonesia tak punya dana yang cukup ,jadi berhenti pada konsep desain saja.
      Lebih bagus belajar bikin part rudal sama turki seperti ,mesin roket cair atau padat ,bikin turbofan kecil untuk rudal pasti ngggak terlealu besar angka angkanya .

  8.  

    Ehh tank nasional gimana kabarnya.. Serius gak sih pindad ini ??

  9.  

    Assalamu Alaikum, Insya Allah Bukan Hanya dalam Bidang Pertahanan saja , Melainkan IPTEK, Ekonomi, dan Sektor Lainnya

  10.  

    Turki sepertinya tulus dalam bekerja sama dengan negara kita,pengembangan proyek tank nasional merupakan salah satu buktinya. Turki lahir dari keruntuhan kerajaan Ottoman dan bertransformasi menjadi salah satu negara besar pada abad ini.dan hubungan kita dengan Turki akan semesra hubungan dengan Russia. Dan turki tidak seperti negara “Adidaya” yang selalu memiliki maksud tertentu ketika berhubungan dengan negara kita seperti kasus Freeport di tanah Papua

  11.  

    NKRI menuju kemandirian alutsista….
    NKRI telah bangun dari tidur panjang….

  12.  

    Di blog sebelah (JT) ada nick name @lisa-carin…..ada yang kenal?

  13.  

    kangen sama mbak bung carin.. lama ga nongol kemana nih, gara2 itu yah

  14.  

    Hebat

  15.  

    Turkey Strong!

  16.  

    Ternyata bener hull merkava turret abrams

  17.  

    Bagus ini perusahaan FNSS nontok videone di yu ton.

 Leave a Reply