Jan 262019
 

Lanud Soewondo Medan memberikan kesempatan selama sehari pada Jumat 25-1-2019 kepada para pelajar dan masyarakat kota Medan untuk berkunjung, melihat langsung Alutsista pesawat TNI Angkatan Udara dari jarak dekat.

Medan, Jakartagreater.com   –   Pangkalan TNI AU Soewondo dalam rangka melaksanakan Pembinaan Potensi Dirgantara menggelar acara Air Force Open Day guna mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus menarik minat dirgantara bagi generasi muda bangsa.

Bersamaan dengan pelaksanaan latihan Operasi Lintas Rajawali 19 dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin di Medan, Lanud Soewondo memberikan kesempatan selama sehari pada Jumat 25-1-2019 kepada para pelajar dan masyarakat kota Medan untuk berkunjung, melihat langsung Alutsista pesawat TNI Angkatan Udara dari jarak dekat.

Kegiatan Air Force Open Day yang digelar di apron Charlie Lanud Soewondo ini mengundang perhatian dari warga Kota Medan dan sekitarnya khususnya bagi kaum pelajar. Ribuan warga terlihat antusias menghadiri kegiatan tersebut yang lebih di dominasi oleh usia pelajar mulai dari tingkat TK hingga SMA.

Sejak dibuka pada pukul 08.00 WIB, masyarakat langsung terlihat berbondong-bondong mendatangi lokasi kegiatan. Khusus bagi sekolah Angkasa Lanud Soewondo, mulai dari pelajar tingkat TK, SD, SMP, SMA dan para guru juga orangtua turut serta menghadiri kegiatan tersebut.

Helikopter Super Puma NAS 332 yang parkir di hanggar menjadi tontonan yang menarik bagi pengunjung. Pada kesempatan tersebut, para pelajar mulai dari tingkat TK sampai SMA duduk dengan rapi guna mendapatkan pejelasan dari salah satu crew tentang pesawat tersebut yang selanjutnya dihujani pertanyaan yang antusias oleh pengunjung.

Setelah Pesawat tempur Hawk 100/200 landing dan parkir di shelter dengan aman, para pengujung di beri kesempatan untuk melihat pesawat dari jarak dekat. Pada saat tersebut, para pengunjung kembali melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada para petugas yang berada di dekat pesawat.

Selain bertanya, para pengunjung juga mengabadikan momen tersebut dengan kamera HPnya masing-masing, dan tak jarang dari para pengunjung mengajak Sesdisoplatau Kolonel Pnb Palito Sitorus yang berada di lokasi, Danlanud Soewondo, Danskadron Udara 12, para Penerbang dan petugas untuk berfoto bersama guna mengungkapkan rasa senang dan bangga mereka.

Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey pada keterangan persnya mengatakan bahwa latihan Opeasi Lintas Rajawali 19 dari Skadron Udara 12 Pekanbaru merupakan program latihan dari Koopsau I yang kita rangkai dengan kegiatan Binpotdirga dengan menerima kunjungan dari para pelajar mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA.

Kita lihat mereka sangat antusias dan diharapkan kedepan dari anak-anak yang hadir saat ini mencintai kedirgantaraan, dan juga diharapkan dari mereka meregenerasi kami sebagai prajurit TNI AU. Seiring dengan hal itu, kami juga sedang mensosialisasikan sekolah SMA Pradita Dirgantara yang berada di Solo, yang mana sekolah ini salah satu pelajarannya memuat materi tentang kedirgantaraan, kata Danlanud.

Pada saat yang sama, Komandan Skadron Udara 12, Letkol Pnb Asri Efendi Rangkuti menyampaikan bahwa, kami disini melakukan latihan patroli udara di daerah-daerah pulau terluar dan dalam rangka Pembinaan Potensi Dirgantara. Diharapkan dari anak-anak yang hadir ini menjadi pengganti kami nantinya mengawaki pesawat tempur ini, pungkas Danskadron.

Sesuai dengan keterangan Ws Kasibinpotdirga Disops Lanud Soewondo Mayor Kes Teddy V. Pane, bahwa ribuan pelajar yang hadir mulai tingkat TK hingga SMA berasal dari 21 sekolah yang ada di wilayah Medan ditambah para guru dan orang tua pendamping, terangnya.

(tni-au.mil.id)