RIMPAC 2016, Latihan Angkatan Laut Terbesar di Dunia

16
534

Sebanyak 27 negara di dunia akan mengikuti latihan bersama Angkatan Laut Rim of The Pacific (RIMPAC), di Hawaii, Amerika Serikat. Banyaknya jumlah peserta tersebut menjadikan RIMPAC tahun ini sebagai latihan Angkatan Laut terbesar di dunia.

Negara-negara yang akan menghadiri latihan Angkatan Laut terbesar itu adalah Australia, Brunei, Kanada, Cile, Kolombia, Prancis, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Thailand, Tonga dan Inggris.

Di tahun 2016 ini, terdapat empat negara yang untuk pertama kalinya akan mengikuti RIMPAC, yaitu Brasil, Denmark, Jerman dan Italia. Pihak Angkatan Laut Amerika Serikat menjelaskan bahwa Tiongkok akan tetap mengikuti latihan RIMPAC pada tahun ini meski sedang meregang hubungannya dengan Negeri Paman Sam.

RIMPAC tahun ini akan diadakan pada tanggal 30 Juni hingga 4 Agustus 2016. Diperkirakan, akan ada sekitar 45 unit kapal, lima unit kapal selam, lebih dari 200 unit pesawat dan 25 ribu personel yang mengikuti RIMPAC 2016.

Indonesia dikabarkan akan menurunkan kapal pertama dari korvet kelas SIGMA milik TNI AL, yaitu KRI Diponegoro-365.

Sumber: Okezone

16 KOMENTAR

  1. Xixixixi…. mungkin nanti ada alien ikutan. di RIMPAC 2012 kemaren, Mamarika sma Jepun joint ngelawan “kapal perang” alien.
    sampai Rihanna bela-belain jadi US Navy segala…

    Apakah di RIMPAC tahun ini bakalan ngadepin Godzilla ???

    xixixixixi….