Robot R5 Valkyrie Akan Gantikan Manusia Untuk Misi Luar Angkasa

Robot R5 Valkyrie

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, akan mengirimkan Robot yang menyerupai manusia untuk menjalankan misi ke luar angkasa di masa depan.

Saat ini, NASA tengah menguji dua robot menyerupai manusia itu, yang dibuat oleh dua universitas.

Badan Antariksa AS tersebut tertarik pada robot jenis R5 untuk menggantikan manusia atau menjadi asisten manusia di lingkungan antariksa yang ekstrem.
Terdapat Dua robot yang akan diuji coba di Massachusetts Institute of Technology dan Northeastern University, yang dipanggil dengan nama Valkyrie.

Robot R5 Valkyrie juga sedang dipersiapkan dan dipertimbangkan untuk misi ke planet Mars.

R5 Valkyrie

Pemilihan Kedua universitas tersebut berdasarkan prestasi mereka pada lomba robotik yang diselenggarakan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Awalnya, Robot R5 dirancang untuk membantu manusia dalam keadaan bencana. R5 memiliki tinggi sekitar 1,8 meter.

Kemajuan di bidang robotik, termasuk kolaborasi manusia dan robot, penting untuk mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan untuk perjalanan ke Mars,” kata Steve Jurczyk, administrator Direktorat Misi Teknologi Antariksa di NASA.

Selanjutnya, dua universitas tersebut akan menerima 250.000 dollar AS setiap tahun selama dua tahun untuk pengembangan robot.

“Kami senang bekerja sama dengan bagian riset universitas ini untuk membantu NASA mencapai langkah besar di bidang pengembangan teknologi robotik ini,” ujarnya.

Robot R5 nantinya akan bertanding di Lomba Robot Antariksadengan tujuan agar universitas tersebut bisa mengembangkan perangkat lunak yang lebih baik sehingga robot bisa digunakan di misi luar angkasa tanpa ditemani manusia.

Tinggalkan komentar