Jul 122014
 
Roket M 302

Roket M 302

M-302, adalah roket andalan militan Hamas yang menjadi buah bibir para analis Israel dan Amerika Serikat. Sebab, roket jenis ini menghujani wilayah Israel setiap 10 menit selama Israel menginvasi Jalur Gaza dalam empat hari terakhir.

Para analis itu bertanya-tanya, bagaimana bisa militan Gaza mampu membuat roket yang bisa menjangkau wilayah Israel dalam jumlah besar. Padahal, kondisi ekonomi Palestina sedang sakit sejak Israel memblokade Jalur Gaza beberapa tahun lalu.

Israel selama ini gencar menuduh Hamas menerima pasokan roket seperti itu dari Suriah dan Iran. Tentara Pertahanan Israel (IDF) mencatat, roket M-302 Hamas ditembakkan ke wilayah Israel setiap 10 menit. Bahkan dalam 72 jam, sudah 400 roket ditembakkan. Data itu mengacu dari keberhasilan sistem pencegat rudal Israel, Iron Dome, yang 90 persen berhasil menangkis roket Hamas.

Iron Dome menjadi andalan Israel, sejak Hamas menguasai Jalur Gaza tahun 2007. Menurut IDF, Hamas memiliki gudang dengan 10 ribu bahan mentah untuk pembuatan roket, yang salah satunya bertipe M-302.

image

Diproduksi China
Menurut IB Times, pada Kamis (10/7/2014), roket M-302 pertama kali dikembangkan oleh militer Suriah. Namun, roket jenis itu kini sudah biasa digunakan kelompok Hizbullah dan Hamas, serta pasukan loyalis Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sejak Hamas memperoleh roket M-302, Israel dibuat repot berkali-kali. Hamas setidaknya telah berhasil menembakan roket jenis itu ke wilayah pesirir Hadera , sekitar 30 km dari Tel Aviv atau 70 km dari Jalur Gaza.

Meski Israel meragukan kemampuan Hamas untuk memproduksi roket M-302, namun analis AS justru percaya dengan kemampuan Hamas. ”Hamas mampu memproduksi roket secara mandiri,” kata Patrick Megahan, analis untuk Pertahanan dan Demokrasi yang berbasis di AS, kepada NBC.

“Setelah kita melihat semuanya, kelompok pemberontak di Suriah juga memproduksi beberapa roket tanpa bantuan dari luar negeri. Apakah Iran dan Suriah menawarkan bantuan berupa bahan yang diproduksi secara massal, itu sulit dilakukan di Gaza di mana bahan-bahan terbatas,” ujar Patrick.

Para pemimpin Hamas telah menegaskan bahwa senjata mereka dibuat sendiri dan tidak dijual di tempat lain. Namun, sumber lain menyatakan, roket M-302 tidak hanya diproduksi Suriah, dan Hamas. China juga memproduksi dengan nama Weishi-2 (WS-2).

”Ini dibuat di bawah lisensi dari China,” kata Tal Inbar, analis Israel kepada NBC. Militer Israel mengakui roket M-302 merupakan model roket hebat.” Yang paling canggih, yang bisa menyerang dengan jarak lebih dari 100 mil, dan jika itu digunakan di Gaza maka warga Israel di bawah ancaman,” kata juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner.

image

Irone Dome
Untuk menangkis serangan serangan roket Hamas, Israel terus meningkatkan kemampuan iron dome. Jika pada konflik tahun 2006 dinyatakan keakuratan iron dome 70 persen, maka kini meningkat menjadi 90 persen bisa mencegat roket Hamas di udara.

Irone Dome dilengkapi perisai elektronik dan hulu ledak khusus yang mampu mendeteksi dan menghancurkan target dalam waktu beberapa detik. Amerika Serikat ikut berperan dalam mengembangkan teknologi Iron Dome yang mahapenting bagi keamanan Israel ini. AS menggelontorkan US$ 235 juta untuk mendanai penelitian dan membuat senjata pelindung itu.

Sistem ini merupakan sistem pertahanan anti-rudal untuk mencegat roket Hamas yang menarget Tel Aviv dan Yerusalem -dua kota terbesar Israel.

Iron Dome Israel

Iron Dome Israel

Menurut CNN, sistem ini bekerja dengan pertama-tama mengidentifikasi rudal masuk dan kemudian menentukan apakah jangkauan dan arah mereka mengancam daerah padat penduduk, seperti sebuah kota. Jika rudal yang masuk dianggap merupakan ancaman, operator Iron Dome meluncurkan kontra-rudal. Rudal ini akan menghancurkan rudal musuh di udara.

Departemen Pertahanan Israel (IDF) mengatakan sistem ini telah mencegat 56 roket yang ditembakkan dari Gaza dengan sasaran Yerusalem, Tel Aviv, Asdod, Askelon, Kiryat Gat, dan di tempat lain. Menurut IDF, lebih dari 250 roket telah ditembakkan dari Gaza.

IDF menyatakan Israel menggunakan sistem Iron Dome hanya terhadap roket yang meluncur ke daerah-daerah berpenduduk. Jika tampaknya menuju sebuah lapangan kosong, Iron Dome tidak diaktifkan. “Sistem ini merupakan inti dari strategi pertahanan Israel,” tulis CNN.

Ada dua pekerjaan utama sistem ini, yakni mengidentifikasi target dan peluncur rudal portabel akan menembakkan anti-rudal untuk meledakkan rudal Hamas di udara. Sistem ini mudah diangkut, dengan hanya beberapa jam saja untuk merelokasi dan mengaturnya.

Rudal Iron Dome memiliki panjang 3-10 meter dengan diameter 15 sentimeter dan berat 90 kilogram, tulis analisis keamanan IHS Jane pada 2012. Hulu ledak diyakini membawa 11-24 kilogram bahan peledak. Jangkauannya mulai 4 kilometer sampai 70 kilometer.

Israel mulai mengembangkan sistem ini pada 2007. Setelah serangkaian tes penerbangan tahun 2008 dan 2009, alat ini pertama dioperasikan pada 2011. Seperti dikutip IHS Jane, Angkatan Udara Israel melaporkan tingkat keberhasilan sistem ini mencapai 70 persen pada 2011.

image

Apakah Amerika Serikat terlibat dalam Iron Dome? Ya, tulis ABC News. Pengembangan awalnya dilakukan oleh perusahaan teknologi pertahanan Israel, Rafael. Namun sistem ini disponsori AS. Menurut Congressional Research Service, pada 2014 negara adidaya itu memberikan US$ 235 juta untuk penelitian Iron Dome, termasuk pengembangan dan produksi.

IHS Jane menyatakan pembuatan satu unit Iron Dome menelan biaya US$ 50 juta. Sedangkan sebuah rudal, menutur pejabat Israel, dihargai US$ 62 ribu.

“Ini adalah program yang dirancang untuk memberikan keamanan dan keselamatan bagi keluarga Israel,” ujar Presiden AS Barack Obama mengomentari alat ini. The Jerusalem Post melaporkan, negara-negara lain telah menyatakan minatnya untuk membeli sistem ini, termasuk AS, Korea Selatan, dan beberapa negara anggota NATO di Eropa. (sindonews dan tempo.co).

  59 Responses to “Roket Hamas vs Iron Dome Israel”

  1. 1 paragraf

    • hebat H4m4s bisa mengembangkan roket dengan biaya terbatas apakahrock3t kita masih dibawah teknologi h4m4s atau sudah lebih canggih jika masih ketinggalan bisa jadi mitra kerja TOT dengan L4P4n dan P1nd4d untuk pengembangan RX…… untuk paket rocket hemat biaya operasional coba para agan lihat betapa sederhananya peluncur rock3t rakitan hamas dengan biaya minimal dapat hasil memuaskan

      • yang menjadi pertanyaan bagaimana mereka membuatnya…apakah ada industri skala rumah tangga yang bisa membuat ataukah hasil selundupan dari pihak lain..kalau dilihat dari peta di artikel diatas, area palestina sudah sedemikian rupa terkepung..

    • Assalamualaikum wr.wb
      mau sedikit koment tp maaf kalau ngaco 😀
      sejauh mana radar iron domenya bs menjangkau, sebanyak apa battle managementnnya bs mengcover roket hamas yg di tembakkan secara bersamaan, seberapa banyak iron domenya bs menarget roket secara simultan misal 50 roket di tembak bersamaan dengan sudut ekuivalen berbeda dan tempat peluncuran yang berbeda apa bs tercover semua jika 70% maka 35 roket bakalan jatuh atau hancur di udara sisanya bebas, kalau 90% maka 45 roket jatuh atau hancur sisanya masih bebas.
      kira” ada gak roket yang di tempeli oleh jammer :v atau bisa gk di tempeli jammer :v
      kan ngaco kan komennya :v
      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

      • rudal iron dome berbasis pada trayektil apa.
        setahu saya rudal bs di tipu lo :v kalau roket ya meluncur aja begitu :v
        kalau salah ya maaf 😀
        maaf oot 😀

      • setahu saya jangkauan rudal iron dome maximal 70km,radar iron dome akan memprediksi wilayah yang akan dijatuhi roket hamas karena biaya operasional yang mahal maka hanya wilayah padat penduduk saja dan objek vital yang diprioritaskan untuk ditangkis. dengan banyaknya roket yang meluncur apalagi bersamaan kemungkinan ada yang lolos pasti cukup besar padahal roket hamas tidak punya jammer atau betul juga kah tidak punya “jammer” semua masih menjadi misteri sebagaimana seberapa efektifkah iron dome tersebut

  2. Masih anget,,,

  3. absen,,,

  4. test

  5. absen,nderek nyimak

  6. 10 besar, lumayan

  7. Assalamualaikum semuanya…jiah..Mo canggih bagaimanapun tuh iron dome,tetep az kalah klo Allah berkehendak ga bakal bisa menahan roket palestin dah banyak bukti ko tentang pertempuran di gaza bagaimana tentara” Allah yg dikirim ke palestin tuk ngebantu…sampe hari kiamatpun ga bakal sanggup tuh si yahudi laknatullah…bisa ngancurin palestina…!! Kita berdo’a semoga rakyat palestina diberi ketabahan ,kekuatan serta pertolongan dari Allah swt…Amiin yaa robbal alamin.. Segera hancurkan & kalahkan para tentara yahudi laknatullah yaa rabb..!!!

    Moga-moga INDONESIA segera menjadi negara yg kuat & maju, agar bisa lebih banyak membantu sodaranya yg terdzholimi…didunia ada penjahat dunia,asu,yahudi & antek”nye..mudah”an INDONESIA jadi polisi/ksatrianya untuk menangkap & menghancurkan penjahat dunia…!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

    • Setuju..!!!
      Lihat Indonesia dulu, cm pake bambu runcing dan pekikan Allahuakbar, tp Indonesia bisa membuat gemetar belanda dan jepang..

      MAHA BESAR ALLAH

      • haha lucu bacanya jepang dan belanda gemetar lihat bambu runcing indonesia,ni orang gak tau sejarah , jepang megalahkan belanda dan jepang juga meyerang pangkalan udara as di harbour dan ketika itu as meyerang balik dengan bom atom di kota hirosima dan nagasaki dan jepang pun meyerah dengan amerika disitulah indonesia bebas dari penjajahan jepang dan bisa mendeklarasikan kemerdekaan ,jadi dimana peran bambu runcing ngak ada sama sekali. selama 350 tahun di jajah belanda lalu di ambil alih jepang mustahil indonesia merdeka dengan bambu runcing sedangkan mereka dengan rudal dan pesawat tempur. “HANYA sekilas info”.

        • Maksudnya dia itu saat kita melawan penjajah dulu, berbekal senjata yang sederhana dan semangat kita dapat menekan dan mengusir mreka bung meji.. hehehe

  8. hadir

  9. absen juga

  10. Sepertinya Hamas berhasil menimbulkan efek psikologis yg cukup parah bagi warga Israel. Dan sy dengar Hamas sudah punya fajr 5 untuk menghantam ibukota israel. Semoga Allah melindungi para pejuang Dan masyarakat palestina. Amin

  11. Hamas… Lanjutkan!! 🙂

  12. Orang kalau kepepet dan lapar , otaknya jalan! Apalagi ditambahin berdoa kepada Allah….. Ada Ulama ngasih tips kalau belajar ilmu perut harus dalam keadaan menahan lapar, biar ilmu terserap banyak

  13. Semoga generasi berikut dari roket2 HAMAS memiliki teknologi untuk menghindar dari tangkisan Iron Dome

    • Untuk menghindar dari serangan balik iron dome perlu dibuat rudal berpemandu radar/satelit yg memiliki mata/kamera utk menghindar, itupun jalur lintasan rudalnya harus dibuat zigzag maka perisai iron dome akan kesulitan menangkalnya, salam.

    • Buatnya Roket yg anti radar…atau radarnya di jamming…sehingga rocketnya tdk ke deteck oleh iron dome… Tdk lama pasti ada anti donnya…

    • atau roket yang bisa memisahkan diri lagi menjadi hujan granat

  14. Semoga warga indonesia dan palestina diberi kemudahan dalam kebaikan oleh TUHAN YME,,,ALFAATIHAH…

  15. absen dulu aach. hadir komandan.

  16. iron some sangat canggih tapi juga mahal, kalo kayak gini israel bisa bangkrut, memang baiknya damai saja

  17. Negara se-uprit saja mampu menggelar dan menembakkan roket ke musuh bebubuyutannya “Isroil”.
    Berarti technology pembuatan roketnya sudah sangat di kuasai dengan baik oleh HAMAZ.
    Padahal baru beberapa tahun saja mereka bereksperimen , sekarang ternyata sudah lebih maju roketnya.
    Beda dengan yang sudah bereksperimen puluhan tahun, dengan biaya yang juga tidak sedikit, namun ternyata membuat proto type saja belum sanggup.
    Kesanggupannya hanya terbatas pada ungkapan “AKAN”, membuat rudal / roket besar jarak jauh dan dapat meledak dengan daya penghancur tinggi, tapi baru “AKAN”.
    Kalah dengan HAMAZ, dari negeri se uprit, dan duitnya cekak, tapi realistis bukan “AKAN”.

  18. Hanya kekuatan Allah SWT bisa mengalahkan irone dome israel, semoga Allah melimpahkan kekuatan untk warga Palestina, amin

    • @kang somay iya betul tuh kang… Dan akhirnya sekarang ??????? telah berkehendak. Hamas Palestina telah memiliki roket yg bernama J-80 dengan system pengecoh iron dome. Jadi iron dome gk bisa melacak J-80…. Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar… #Palestina Butuh Kemerdekaan Bukan Perdamaian

  19. entah mengapa tada satu negarapun yang berani membantu palestina secara terang benderang…bahkan para negara timteng lebih memilih bicara omong kosong ketimbang mengulurkan tangan & indonesiaku hanya mampu membantu dana dan obat2an demi mereka yg terluka.tidak adakah langkah konkret dr negara ini demi membantu palestina..semisal memberi pelatihan militer tao memgirim ahli perang buat melatih tentara palestina…..

  20. apa iya palestina itu belom sutuhnya jadi sebuah negara,..? maka dari itu amerika dan israil menentang palestina dijadikan sebuah negara, apalagi kalau dijadikan negara oleh PBB yg diketuai amerika, otomatis palestina akan memiliki militer dan akan menjadi ancaman terbesar buat israil. baca sejarah palestina dan israil dari situ anda akan mengetahui knapa seperti demikian.

    maaaaaf.

  21. pejuang palestina nampaknya maksimalkan kemampuannya di tengah keterbatasan yg ada.

  22. Kalau dihujani roket sprt ini, lambat laun israel pasti bangkrut.. gimana tdk 1 rudal seharga usd 60.000 kalau di kurs kan Rp10.000 = 600 juta rupiah. smntr biaya pembuatan roket hamas dgn duit segitu bisa menghasilkan puluhan buah. makanya iron dome tdk efektif klw mengandalkan pakai rudal penangkis, lain cerita kalau israel mengembangkan senjata laser berdaya intensitas tinggi yg ditempatkan di atas tower yg tdk terhalang gedung tinggi. teknologi iron dome baru efektif jk memakai laser sbg senjatanya. mau di salvo ratusan roketpun dipastikan semua dpt dijatuhkan kecuali roket maupun rudal tsb bisa terbang melalui celah2 bangunan.

  23. Jangan kita banyak bicara yang tidak pasti… Liat ajalah perkembangannya gimana… Jangan kita cuma tau nambah skill mulut doang… Malu dong sama hamaz, hamaz aja bisa bikin roket… Kita bisa apa? Ceplas ceplos doang…
    Kalo ada yang rela mati mending langsung kesana dan jadi relawan, jangan bacot dikampung aja…
    Kemanusiaan jadi alasan? Urus dulu sana papua.. Kalo becus baru bicara internasional..
    Thx 🙂

  24. Aq mendukung u penjuang hamas dan penjuang2 timur tengah (muslim)roket aja israel udah takut apa lagi,klau ada tank baja dan pesawat tempur apa kata israel sambil berlari terbirit2 ketakutan:Dhohoho isyak allah klau allah mengizin kan.

  25. ingatlah wahai pejuang hamas, irondrome ke atau pa ke yang digunkan israel untuk menangkal roket Pejuang Hamas, tidak akan data gunanya kalau Allah Maha Kuasa berkehendak menghancurkan israel negara biadab. Allah akan selalu berada pada orang yang berjihad demi Agama dan keberany. Allahu Akbar. Hidup Hamas hncur israel.

  26. Jika hamas menyerang dengan roket secara bersamaan pasti irone dome israel akan kewalahan
    Misal 1000 roket hamas sekali meluncur dan target secara acak tapi akurat

    • Jika Hamas dengan sumber daya yang terbatas bisa membuat ribuan roket maka Indonesia dengan sumber daya yang melimpah mestinya bisa lebih hebat lagi. Jangkauan roket Indonesia harus lebih jauh. Hulu ledak lebih powerful. Dan mestinya sekarang kita sudah beranjak dari unguided menjadi guided

  27. Absen malem gan, rame banget yg komen ya hehehehe, kayaknya itu roket kopong apa ya gan, gak ada hulu ledaknya, kalo iya Israel bener2 dibikin bloon, membabi buta menangkis serangan roket yg katanya harganya gak seberapa dengan roket berharga katanya 600juta rupiah, hahahahaha cerdik banget, Dijamin bangkrut Israel. Silahkan itung2 aja sendiri gan, misal iron dome ngelontar 100 roket. Harga 1 roket 600juta. Kalo gitu gak ada ruginya sering2 aja ngasih roket ke Israel.
    Maaf koentar ngaco hehehehehe..

  28. Untuk bikin atau beli roket? Pasti mahal kan? Kenapa tidak untuk menyejahterakan rakyatnya yang pada miskin itu? Kalau duitnya buat membangun Gaza, tentu Israel tidak akan menyerang.

  29. KENAPA HAMAS DAN ISRAEL HEBAT2, SEDANGKAN KITA CUMA PINTAR KOANG2 DOANG. DIBAGIIN KOMPOR GAS AJA UDAH PADA MELEDUG?

  30. Mari kita berdoa semoga pelestina menjadi sebuah Negara, Aamiin..

  31. Dalam semua perang Israel – Arab yang notabene adalah perang satu negara sebesar lebih kurang 5 kali pulau Bali melawan minimal 5 negara yang berukuran 3 kalinya, dengan kekuatan militer darat misalnya hampir 8 kali lipat. TAPI semua perang itu dimenangkan Israel. Makanya luas Israel bertambah besar menjadi 7 kali lipat daripada luas waktu pertama kali diumumkan merdeka. Dari sekian perang itu, ada sekian banyak mukjizat dalam perang, misalnya 650 orang pasukan Yordania yang berhadapan dengan 9 orang pasukan Israel TAPI malah lari terbirit-birit berteriak karena mereka melihat “Abbi Ibrahim”. Itu salah satu contoh. Di Westpoint, tidak ada materi atau teori perang yang diterapkan dalam kurikulumnya yang mengulas atau memakai SEMUA PERANG ISRAEL – ARAB yang semuanya DIMENANGKAN Israel.

    Terbukti Israel juga jago dan pemenang perang yang sesungguhnya selama sekian puluh tahun. Hamas yang melakukan serangan duluan diawali dengan Hamas yang menculik seorang tentara Israel, Israel mengadakan razia dan pencarian di Gaza tapi dijawab dengan serangan roket. Tolong diingat, itu awalnya.

    Bukan Israel yang duluan perang. Tapi Hamas dengan menculik tentara dan melakukan serangan roket. Israel bukan kalah tapi menghormati permintaan negara-negara dunia dan rakyat Gaza sendiri. Israel membebaskan 1027 tawanan perang Palestina atas ganti dibebaskannya 1 orang tentara yang diculik Hamas itu. BARU HAMAS MAU BICARA GENCATAN SENJATA.

    Teknologi IRON DOME tidak akan bekerja jika tidak ada roket yang diluncurkan ke arahnya. Roket balasan dari IRON DOME itu hanya mengarah ke koordinat peluncuran roket yang diarahkan kepadanya. Jadi kalau arah roket balasan IRON DOME ke sebuah rumah sakit, karena koordinat peluncuran roket serangan itu di rumah sakit. Kalau arah roket balasan IRON DOME ke sebuah sekolah atau rumah atau fasilitas umum itu karena koordinat peluncuran roket serangan itu di sekolah, rumah sakit atau failitas umum.

    Teknologi IRON DOME memang menghancurkan roket yang diluncurkan ke arahnya di udara. Tapi teknologi IRON DOME juga secara otomatis langsung meluncurkan roket balasan ke arah darimana roket serangan itu berasal.

    Jadi sebenarnya HAMAS YANG BERTANGGUNG-JAWAB ATAS RIBUAN KORBAN SIPIL KARENA HAMAS MENGGUNAKAN SIPIL UNTUK TAMENG DAN PENCITRAAN NEGATIF ATAS JATUHNYA KRBAN SIPIL. HAMAS MELUNCURKAN ROKET SERANGAN DARI RUMAH SAKIT, SEKOLAH, RUMAH PENDUDUK DAN FASILITAS UMUM.

    Paham? Jadi bukan Israel yang kejam tapi HAMAS yang biadab.
    Hendaklah cerdas dan jangan seperti katak di bawah tempurung atau keledai dungu.

  32. israel umat pilihan Allah,meskipun di serang oleh negara liga arab israel tak tergoyahkan.
    hamas pengecut bertempur bertamengkan rakyat sipil.
    meskipun diserang roket atat apa,israel tetap hebat.
    tuhan menyertai israel,dan memberi ketabahan kepada felistin.
    Amin YRA.
    coba kalian perhatikan perang israel selama 6 hari,di kepung 3 negara liga arab.
    itu membuktikan israel umat pilihan Allah bukan negara islam.

 Leave a Reply