Dec 182013
 
Roket Rhan 1210 (photo: Lapan)

Roket Rhan 1210 (photo: Lapan)

MOROTAI — Delapan  unit roket pengorbit satelit (RPS) diluncurkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dari Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (18/12/2013). Peluncuran ini merupakan tahap uji coba  oleh Lapan atas nama Konsorsium Roket Nasional, untuk kesekian kalinya. Delapan roket itu adalah roket jenis RX 2020 sebanyak dua unit, R-han 1210 sebanyak empat unit, dan R-han 1220 sebanyak dua unit.

Roket-roket ini merupakan roket ukuran kecil karena rata-rata memiliki diameter 12-20 sentimeter dengan jarang tempuh antara 14-32 kilometer. “Roket jenis RX 2020 ini memiliki panjang 3,2 meter, berdiameter 20 sentimeter dengan jarang tempuh 32 kilometer selama dua menit dengan berat 170 kilogram,” ujar Rika Andiarti, Ketua Panitia Peluncuran Roket.

Peluncuran roket dilakukan di Tanjung Sangowo, Kecamatan Morotai Timur. Titik koordinat peluncuran berada pada satu kilometer dari permukiman penduduk, yakni Desa Sangowo dan Desa Mira, Kecamatan Morotai Timur.

Sasaran peluncuran dikerahkan menuju kawasan timur Pulau Morotai. Kepala Lapan RI, Bambang Setiawan Tejasukmana, mengatakan, roket-roket yang diuji coba tersebut sering kali dilakukan uji coba peluncuran oleh Lapan di berbagai tempat di Indonesia.

Roket Rhan Indonesia

Roket Rhan Indonesia

Sebelumnya, Lapan melakukan uji coba peluncuran dengan jenis roket yang sama di wilayah selatan Indonesia. Tepatnya di Garut selatan. Kali ini, Lapan mencobanya di Morotai.

Pulau Morotai merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang terletak di kawasan utara Indonesia bagian timur. Pulau yang telah dimekarkan menjadi daerah otonom baru pada 2009 ini berada di Provinsi Maluku Utara.

Uji coba peluncuran roket ini karena Pulau Morotai berhadapan langsung dengan lautan Pasifik. “Sebelumnya kita uji coba di Garut selatan karena di sana berhadapan dengan Samudra Hindia, kita coba di Morotai ini karena Pasifik-nya,” ujar Bambang S Tejasukmana.

Roket-roket ini  dibuat atas kerja sama konsorsium roket nasional yang melibatkan berbagai pihak, di antaranya Lapan, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementreian Pertahanan, dan beberapa lembaga lainnya, termasuk industri teknologi. Roket-roket ini akan dimanfaatkan oleh TNI,” ujar Bambang S Tejasukmana.

Penulis: Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim
Editor:  Editor : Glori K. Wadrianto
Kompas.com

  32 Responses to “Roket Lapan Meluncur di Morotai, Maluku Utara”

  1. Kalu tidak ada dukungan penuh dari pemerintah dan anggaran sampai kapanpun LAPAN ya gini – gini aja !!

  2. Kata nya 3 dijit…..

    • Makanya Pak Menhan gandengan tangan dengan Menhan China minggu lalu di Jakarta, biar roket Lapan ke depannya jos gandos

    • 3 digit kalo depannya nol ya begini deh 😀 030km 😛

      • lumayan bung@ nowyoudont, 30km juga klo di pasang di batam, dan perbatasan sabah/serawak , bikin singa dan malaysia ketar ketir,@bung diego tau aja gandengan tangan menhan Pur dengan menham panda 🙂

        • iya bung 🙂 jangankan rudal 30 km, peluru kaliber .22 produk dalam negeripun tetap harus diapresiasi. hanya saja agak lemes karena ekspektasi tinggi.

          Tadinya saya pikir heboh Morotai ini karena ada hubungan dgn gembar gembor rocket 3 digit, tapi kelihatannya uji static RX550 masih belum selesai. saya kira dgn budget 5 M memang kita jangan berharap terlalu tinggi

          • dalam tiap uji coba pasti ada hal hal yg di rahasiakan..baik itu kesusksesan atau cacat…barangkali aja yg di uji itu roket yg rx550 cuma ga di publish ke umum hasilnya, karena mungkin rahasia kali yah bung @nowyoudont

  3. ga bosen tiap tahun uji coba rudal jarak up to 30km mulu 😕 field test RX550 tahun adalah janji yang harus ditepati LAPAN, jika tidak jadi harus ada penjelasan plus solusi

    • sepanjang masih dibutuhkan penyempurnaan untuk yang jarak 30 km, monggo…

      tapi penjelasan ini terdengar asbun “kita coba di Morotai ini karena Pasifik-nya”

      main kembang api apa? (duit rakyat itu boss)

      • 3000 km perjalanan laut dari Garut ke Morotai hanya untuk melakukan uji coba rudal berjarak 30km benar2 pemborosan. Ngapain butuh samudra Pasifik yang luas jika rudalnya saja ga akan keluar dari wilayah laut Indonesia

        • Pastinya ada yang cetar membahana kalu butuh medannya pacific
          Dan itu di samarkan karena sudah banyak yang mengintip..
          Foto fotonya yang beredar saat ujicoba di morotai gak ada yang Real time and Place /sebenarnya,,

          Masih ingat fotonya artikel bung diego yang teknisi lapan dikomentari lecek,hitam dll..Yaa mungkin roket segede gaban difoto itu lah yang di coba

          So..bersabarlah

  4. Iya ini, dri dulu uji coba og cuman jarak 30km, trus kapan uji coba proyek lapan yg RX 550 (kaliber 550mm).

    Apa ga bosen uji coba pada jarak target yg sama, kayaknya petinggi2 lapan harus di tinjau ulang ni kinerjanya 😀

  5. uji coba di lain tempat untuk ukuran yg sama bisa jadi ini untuk mengukur kemampuan terbang dan daya tahan roket. karena wilayah samudra hindia dan pasifik memiliki cuaca, angin yg berbeda, kita smua tahu wilayah indonesia cukup luas. bisa juga selanjutnya untuk uji coba RX 320 dan 450. dan slanjutanya RX 550 yg masih blum sama skali uji terbang. jadi kita harus sabar, pelan2 tapi pasti pengembangan roket akan terealisasi sesuai harapan. jikapun ada perang terbuka yg mendadak, kita masih mampu menghajar negara manapun yg menganggu kedaulatan NKRI. kita lihat bagaimana cara pak soekarno yg bisa langsung mendatangkan alusista dalam jumlah besar dalam waktu singkat daru uni soviet. jadi klwpun ada perang terbuka langsung, bisa jadi cara ini dilakukan kembali. bahkan senjata sekaliber nuklirpun bisa didatangkan secara langsung jika diperlukan. so wait and see aja, negara juga punya aturan dan tujuan kdepan ngak hanya stagnan khan?

    • Morotai lebih dekat ke khatulistwa dibandingkan Pameungpeuk, tapi itu hanya menguntungkan buat peluncuran wahana ke orbit, sementara R-Han berpotensi untuk digunakan di semua titik di wilayah RI sesuai tuntutan situasi pertahanan.

      Kondisi cuaca dan angin berbeda bisa didapatkan di tempat yang SAMA pada waktu berbeda (cuaca, arah dan kecepatan angin suatu tempat berubah2 sepanjang tahun tergantung musim)

  6. Trus hasil dr uji coba ini?? Ndk ada pernyataan dr uji coba ini. Apakah itu bagus, presisis, ato krg menggembirakan, ada cacat??
    Ndk ada informasi yg detil dr percobaan kali ini.

  7. segala sesuatu percobaan/ pengujian pasti ada laporanya. paling2 masih dirangkum sama staf2nya.hehe..

  8. Ada baiknya jika pengujian seperti ini LAPAN melakukannya tanpa perlu memberitahu media (tidak perlu di rilis / bersifat rahasia saja) kecuali sudah ada kemjuan dari hasil pengujian misalnya menggunakan diameter roket yang semakin besar atau jangkauan yang semakin jauh. Hal ini penting supaya menghilangkan kesan uji berkali-kali kok hasilnya segitu-gitu aja supaya para pengamat di formil-formil tidak judeg dengan hasil yang ‘gitu-gitu aja’

    • sepertinya memang sengaja dibuat begitu oom..
      bagi mereka, silahkan judeg sendiri deh.. 🙂
      lagipula untuk hasil apa memang harus dipublikasikan secara detail?
      saya rasa, sebagai pembayar pajak, kita memang punya hak bertanya, tunggu saja release resminya.

      • Jika anda dijanjikan sesuatu pada waktu tertentu dan meleset saya kira anda juga akan kecewa. apa LAPAN sengaja masyarakat dibuat kecewa? jika memang hasil tidak akan dipublikasikan harusnya sejak awal LAPAN jangan memberikan statement2 di media dan memberikan jadwal waktu uji coba

        tidak harus detail, tapi LAPAN yg sudah menjanjikan jadwal uji coba RX550 pada tahun 2013 ini harus memberikan konfirmasi, berhasil atau gagal tidak relevan, yang penting ada konfirmasinya.

        Saya tidak kecewa jika teryata uji coba lapangan ini gagal karena kendala teknik, saya lebih kecewa jika pemerintah berusaha menutup nutupinya. Desember 2013 hanya kurang dari 2 minggu, dan jadwal uji tahun kemaren juga gagal. masih ada waktu, hanya saja makin sempit dan bikin pesimis

        • Betul, yang sangat mengecewakan adalah kentalnya mental birokrat, dan samasekali tidak terlihat sikap ilmuwan yang diharapkan melekat pada rocket scientists.

          Istilah roket pengorbit satelit (RPS) tidak mungkin ujug2 muncul dari wartawan, ini adalah pelintiran / penyesatan informasi yang membodohi publik, roket diameter 120 dan 200mm mendadak disulap jadi roket pembawa satelit -malu2in.
          Yang selalu digembar gemborkan sebagai calon roket pengorbit satelit adalah RX-550, karena belum berhasil dan 2013 akan segera berakhir, ya sudah ambil jalan pintas, roket2 kecil saja ‘dilantik’ sebagai roket pengorbit satelit.

          TARGET TERCAPAI…

  9. Saya kok sependapat sama bung FA, argumennya masuk akal:

    “Sasaran peluncuran dikerahkan menuju kawasan timur Pulau Morotai. Kepala Lapan RI, Bambang Setiawan Tejasukmana, mengatakan, roket-roket yang diuji coba tersebut sering kali dilakukan uji coba peluncuran oleh Lapan di berbagai tempat di Indonesia.”

  10. wkwkwkwkw… bikin nozzle saja tidak becus kok mau bikin RPS. APA KATA DUNIA…!!!

    • kata dunia hanya bung roketman yg bisa bikin.., jadi tolong dikasih tahu teknis designnya dunk. enaknya pakai material bgamana? panjang, tebal plat dan diameter nozlenya berapa? klw dilapisi keramik bagaimana? syukur dehh klw dpat ilmunya biar tambah cepet RPSnya.

  11. Rocketman monyong, lu aja yang ga bisa apa2. entar kalau sdah roketnya meledak dicongor mu, baru tahu Dunia

  12. Setuju kalau boleh perpendapat , kenapa jauh jauh ke moratai klo di uji coba hanya 30 km , ke australia juga ngak nyampe, emang klo yang Rx550 / 3 digit bikin kawatir australia ? terus indonesia kena pressure dari US dan britain? emang kita takut???

  13. kalimat pertama “Delapan unit roket pengorbit satelit (RPS) diluncurkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dari Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu (18/12/2013)”

    yang di uji coba : “Delapan roket itu adalah roket jenis RX 2020 sebanyak dua unit, R-han 1210 sebanyak empat unit, dan R-han 1220 sebanyak dua unit.”

    perasaan roket2 tersebut bukan roket pengorbit satelit, tapi roket pertahanan

    • untuk RX 2020 masih penelitian, mungkin tambah jangkauan jaraknya. klw yg sudah R Han itu yg sudah siap diisi hulu ledak dan mungkin sudah produksi masal, soalnya aq juga ngak tahu..:D. yg penting slanjutnya guide untuk roket2 ini biar cepet naik strata ke rudal. biar bisa produksi masal buat rudal pertahanan jarak pendek dan menengah.

  14. Yg punya lapak kmana ni?…

    Waaaah…
    Jangan2 dia lagi bertapa untuk menerawang hasil uji coba roket yg kmarin.

    Kita disini menunggu hasil iju coba yg kmarin om Diego.

  15. ini memang kekurangan kita dalam menerapkan teknologi, slalu maen safety ngak mau maen licik sdikit..:D. klw kita menengok ke china, korut, iran perkembangan rudal sudah mumpuni, krna bongkar yg sudah ada dan di copy paste itu paling cepetnya. besok klw ktmu orang LAPAN bilangin, biar cepet kelar.hehehe.

  16. setuju 🙂

  17. Tahun depan udah bisa bawa satelit,…

  18. mantap..dgn rx 550

 Leave a Reply