Feb 222014
 
Roket RX 550 LAPAN

Roket RX 550 LAPAN (photo: Okezone.com)

JakartaGreater 22/02/2014: Setelah beberapa kali gagal, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berencana meluncurkan kembali roket RX 550. Untuk mencapai keberhasilan ini, Lapan bekerjasama dengan National Space Agency of Ukraine (NSAU) dalam pengembangan nosel termasuk di dalamnya kesepakatan untuk proses alih teknologi.

Saat berbincang dengan Kapusroket Lapan, Dr. Rika Adiarti mengaku kerjasama dengan NSAU sudah berlangsung sejak 2012. Saat ini tim Lapan bersama NSAU sedang merperbaiki tabung motor dan nosel roket RX-550 yang gagal pada beberapa kali percobaan.

“Untuk desain tetap dari kami. Mereka membantu pengembangan lainnya,”

Bahan baku untuk roket pun sudah dipersiapkan dan direncanakan roket RX-550 akan diuji statis kembali pada semester 2 tahun 2014. Untuk sementara, nosel dan tabung roket akan diuji terlebih dahulu menggunakan roket yang lebih kecil seperti RX-420 ke bawah.

Sayangnya, saat ini alat-alat yang dipakai Tim Lapan sudah banyak yang tidak layak. Berbeda dengan dengan di NSAU, Rika mengaku tim Ukraina sangat dibantu pemerintahnya melalui anggaran yang besar, fasilitas yang memadai dan alat-alat bagus.

RX 550 Lapan

RX 550 Lapan

Meski kepedulian pemerintah dalam Research and Development (R&D) peroketan belum maksimal, Rika bersama tim optimis bisa mengharumkan nama bangsa melalui RX-550.

“Anggaran belum maksimal Mas. Banyak alat-alat yang harus diganti. Ada beberapa peralatan yang harganya mahal. Tim kita yang di Ukraina banyak belajar dengan teknologi yang lengkap di sana. Tapi kita tetap yakin roket ini akan berfungsi untuk negara kita,”

Apakah roket ini akan digunakan juga untuk pembuatan rudal balistik?. Saat ini tim Lapan menurut Rika, masih mengembangkannya. Mereka akan tetap fokus untuk keberhasilan roket. Masalah penggunaan roket, bisa dibahas setelah roket RX-550 berhasil meluncur.

“Apakah akan digunakan untuk pertahanan negara atau pengorbit satelit, kita belum tahu. Karena fokus kita untuk keberhasilan roket karya anak bangsa ini,”

Roket RX-550 Lapan

Roket RX-550 Lapan

RX-55- adalah roket berdiameter 550 mm dengan panjang 6 meter dan merupakan penyempurnaan dari roket sebelumnya yakni RX-420. Roket berbahan bakar hydroxyl toluen poly butadiene (HPTB) ini dapat mencapai ketinggian 150 km dan daya jangkau di atas 200 km. Untuk pengembangannya, roket ini didanai sebesar Rp. 5 milliar.

Pada tahun 29 September 2012 silam, RX-550 diuji statis di stasiun pengamatan dirgantara Lapan, Pameungpeuk, Garut – Jawa Barat. Sayangnya, uji statis ini mengalami masalah pada desain struktur nosel tidak kuat menahan tingginya suhu pembakaran dan berakibat lepasnya material nosel sebelum pembakaran propelan. (written by Jalo)

  87 Responses to “Roket RX 550 Lapan Kerjasama dengan Ukraina”

  1. maju terus anak bangsa.

  2. jangan lupa iran, rudal terbarunya udah nyampe 2000 km tuh…..

  3. Saya yakin jika nanti sudah menunjukkan hasil yg lumayan, pemerintah akan mengucurkan dana yg sesuai dengan riset. Program roket sudah jd prioritas negara, tinggal tunggu kejutan saja. he he

  4. Sekedar flash back. Dulu sewaktu pembelian pespur Sukhoi, Rusia menawarkan offset yang menarik pada Indonesia maupun M’sia. Respon kedua negara pembeli pun sangat menarik apabila kita perhatikan secara seksama. Kita tahu akhirnya M’sia lebih memilih offset yang memberikan kesempatan pada M’sia untuk menerbangkan astronout muslim pertama di dunia yang mengorbit bersama ISS. Seluruh M’sia hingar bingar menyanjung tinggi kemampuan intelektual ilmuwan yang dimilikinya.

    Mereka bangga seakan mereka betul-betul telah menjadi negara Asean dengan penguasaan ilmu keantariksaan nomor wahid. Tak ayal, sang Raja Agong pun menyematkan gelar Datuk pada sang Astronout tersebut, serta pujian setinggi langit diberikan pada menristek mereka. Program lanjutan pun mereka persiapkan.

    Astronout kedua diseleksi, namun hingga ke hari ini, rencana itu tak kunjung jadi, harapan pun bahkan tinggal mimpi. Program ini tidak ada lagi dalam daftar APBN di Kemenristek. Yang lebih mirisnya lagi, dan cukup membuat hati teriris, adalah dengan tidak pernah keluarnya jurnal ilmiah dari misi astronout pertama yang memaparkan hasil penelitiannya hingga ke hari ini. Sebagian masyarakat sudah menganggap misi itu gagal, sehingga misi kedua yang selalu mengalami penundaan, diyakini sudah tidak akan pernah terwujud.

    Pesimisme sebenarnya sudah terasa sejak kepulangan sang menteri dan astronout dari kunjungan muhibah ke Indonesia. Mereka pulang dengan rasa malu yang amat besar. Ternyata program keantariksaan di Indonesia sudah terprogram secara matang, dengan anggaran yang super minim.

    Dan satu hal yang membuat mereka kagum dengan Indonesia, adalah aliran kecerdasan yang berawal dari bawah yang mengalir dsn bermuara pada lembaga pemerintah seperti Lapan dan lembaga-lembaga lainnya. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang terjadi di M’sia. Justru lembaga itulah yang harus turun gunung mencari potensi yang ada. Dan ironisnya, dengan biaya yang jauh lebih besar, hingga saat ini Malaysia belum punya apa-apa. Walaupun ada produk nano satelit, cara pembuatannya sangat jauh berbeda dengan yang ditempuh Indonesia.

    —————————————————–

    @Om Yayan : Ini menarik sekali om gimana Malaysia dengan bangganya mengirim astronot? Gimana Malaysia menyanjung tinggi ilmuannya… Enak banget om mereka, dengan anggaran besar mereka belum juga mengeluarkan data ilmiah mereka tentang penelitian mereka.

    India juga sama, kalau dilihat dari penelitian mereka berkembang yah wajar karena peerintah mereka mendukung.. Tap saya selalu bangga om dengan negara kita, meski anggaran super mirriiis kita bisa berhasil membuat suatu karya. nih om perbedaan anggaran kita dengan malaysia dan china, sedih juga sih… mudah2an pemerintah bisa mempertimbangkan kembali kerja keras anak bangsa.. amieeen

    https://drive.google.com/file/d/0B0ru3YhizJp_RmREeXFHR2VQdm8/edit?usp=sharing

    Thanks untuk sharing infonya om Yayan

    • Maaf, maksudnya malaysia dan India

      • sabar bung jalo, jika kita sukses di nozzle kemungkinan ada keajaiban di jarak tempuh atau di kecepatan roket kita.

        • Benar sekali bung anggoro, Ukraina salah satu negara yg bagus dalam ilmu antariksa juga.. Mereka sudah membuat rencana jangka panjang hingga 2035… Dalam rencana itu terdapat juga program pembuatan rudal ICBM bersama dengan jarak 4 digit… Mungkin setelah RX-550 kali ya, mudah2an RX-550 berhasil dan kita masuk kedalam level baru… Amieen

          • Maaf bung alugoro, hp ane suka autotext jadi namanya salah deh… Maaf ya bung, autotextnya gak bisa diajak kerjasama, hehehehehehe

    • coba menristek dan dephan ngasih dana RnD 1 triliun. tak jamin ngak perlu 2 tahun. indonesia sudah punya ICBM yg makjeb..:D. dana 5M saja bisa jadi smpai Rx 550 klw 1 triliun.. bisa dibanyangin sudah jadi Rudal balistik ICBM..:)

    • Malon emang begitu … biar tekor yg penting nyohor !!!

  5. apa ga salah dananya cuma 5 milyar rupiah? kalah sama pesta kembang api tahun baru jakarta donk hihihih

    • Coba bandingkan dengan pernikahan anak SBY, yang kekayaan nya cuma 9 milliar.

      Saya usul untuk militer fansboy untuk membuat organisasi dan membuka rekening untuk mengumpulkan dana sumbangan buat riset LAPAN. Bayangin 10 ribu perak di kalikan 5 juta nasionalis dan patriotis itu sudah 50 milliar.

      Lelah juga nunggu pemegang otoritas menaikan anggaran riset.

      • Dan ini sangat menarik untuk ditindaktlanjuti,jd ingat koin yg terkumpul untuk prita mulyasari dg kasusny,mungkin hal ini bisa jg untuk riset lapan dg nominal yg ditingkatkan,saya stuju dan akan ikt mendonasi jd ad wadah yg benar2 concern dg roket lapan,silakan bung bikin wadah dan sya akan mendukung,salam nkri

        • Bung Diego atau bung bung sesepuh disini bisa mengkoordinir untuk hal ini, Saya kira akan banyak sumbangan koin dari para militer fansboy, sehingga terwujud aksi nyata dari pada semangat nasionalisme untuk memajukan IPTEK di Indonesia. hehe

          • saya juga setuju bung, tapi kalau sudah terkumpul, mohon kpd kpk utk mengawasi penggunaan nya agar tdk ada yg mengorupsi

      • saya setuju banget Rp. 10 ribu untuk mewujudkan rudal ICBM jarak 4 digit

      • riset lagi riset lagi bikin roket apa susahnya bukan rahasia lagi di google ramuan roket bubuk alumunium dan kclo4 di campur campur lem resin di tuang di tabung roket jika kering seperti briket yg tengah ya berlubang yg lubangnya segede lubang nosel roket. yg penting nosel dan tabungnya mesti alloy steel hing ringan tapi kuat paham

  6. Tak bisa dipungkiri lagi ternyata “PEMUDA TAMPAN” mampu memikat para janda kaya

    Nah skarang tinggal bagaimana pilihan pemuda tersebut untuk dapat memanfaatkan situasi global saat ini untuk dapat mendapatkan keuntungan transfer teknologi demi terwujudnya kemandirian pertahanan NKRI(pemuda tampan)

    Monggo di ulas lebih detail para sesepuh warjag, saya nyimak ªjª hehehe 😀

    • gue masih sangsi apa iya pemuda tampan ini mampu memikat Hati Janda2 kaya..??
      apa cuma memikat recehannya…
      kita mesti menyadari cara berfikir mereka 100 thn lebih maju dibanding kita,

      ketika kita masih menganggap Perang itu adalah sebuah upaya dlm mempertahankan kedaulatan, mereka sudah menganggap perang itu hanya sebuah bisnis bahkan sebelum mendapatkan kata merdeka.

      • Yakin bisa mengambil keuntungan dari para janda kaya(Rusia, Cina, India, Turki, inggris, jerman, Swedia, USA, France dan Ukraina) karena pemuda ini punya daya tarik yg luar biasa SDA yg melimpah, ekonomi yg terus tumbuh & gerakan NON BLOK yg tentunya membuat para janda makin kesengsem sm PEMUDA TAMPAN

        Maaf Den Karung kata-katanya sebagian saya pakai hehehe 😀

  7. Yes. Ini berita yang sangat ditunggu-tunggu. Walau agak lemes karena ternyata tahun inipun masih uji statis, dan lebih lemes lagi denger budget 5M 🙁

    • Ya mau diapakan lagi, wong dananya emang cuman segitu!…

      Trus kita sbagai rakyat bisa apa?…
      Yang bisa kita lakukan (sperti kata Den Karung) kita harus cerdas dalam pemilu nnti, agar bisa mendaptkan pemimpin yg mampu membawa negri ini menjadi negri yg kuat dalam pertahan & ekonomi dalam menghadapi gempuran nengara tetangga(jepang baru-baru ini keberatan terhadap kejikan pemerintah kita menerapakan peraturan ORE karena 40% industri bahan baku infrastruktur dan otomotif mengimpor bahan baku tambang mentah dari indonesia)

    • well… tidak hanya informasi yg di KEEP… budget juga.. 😀

    • Bandingkan dengan biaya “Kunker” atau “study banding” yang dihabiskan para anggota dewan yang terhormat dalam setahun 🙁

      off topic, saya baca berita bahwa petinggi PLAN mulai mengusulkan penerapan ADIZ di LCS. IMHO- US akan bereaksi lebih keras dan situasi bisa memanas dengan cepat. claim China atas LCS adalah berdasarkan masa lalu kekaisaran China, jika klaim LCS bisa diperoleh China artinya sebagian Asia Tenggara akan menyusul diklaim juga, karena dahulu kala kerajaan2 di Nusantara pernah mengirimkan upeti pada kaisar China sebagai pengakuan. apa jaminannya China akan berhenti di depan pintu rumah kita? Dan jika China bisa mengklaim LCS atas dasar kerajaan masa lalu, mengapa Indonesia tidak bisa melakukan hal yang sama? atau atas dasar yang sama Belanda dan UK juga bisa mengklaim kembali wilayah kolonial mereka.

      Situasi keamanan bisa berubah cepat dan drastis. Entah apa urusan pasti pak Muldoko akan datang ke China minggu depan, tapi tetangga2 kita sudah melirik dengan curiga. Apa yang pemerintah ketahui dan kita tidak? pasti ada sesuatu yang penting jika Panglima TNI datang langsung bertemu panglima PLAN dan Presiden China.

      Yang pasti kita butuh percepatan modernisasi TNI, termasuk penguasaan teknologi rocket untuk rudal balistik dalam negeri. Budget 5M benar2 merupakan ejekan terhadap R&D program strategis, bisa dipandang sebagai penggembosan terhadap upaya kemandirian bangsa

      • Tambah dikit budgetnya dari TNI AD, budgetnya dibagi dengan roket2 lain. tetap aja miriiis ya T_T

        • Bung jalo…..
          Budget jangan diambil dr TNI AD….
          ITU ROKET BUKAN HANYA UNTUK TNI AD ,saja…bung.
          Tapi untuk pertahanan negara….jadi alangkah baiknya kalau APBN yg harus turun tangan dalam anggaran R&D nya…..

          Kalau perlu BBM dinaikkan menjadi harga normal….gak perlu disubsid lagi. coba setahun dua tahun subsidi dihilangi..dan dananya untukn R & D..atau kalao perlu dana pembangunan di pangkas dulu…untuk reseach and developmentnya……
          Dana pembangunan jg masih gitu2 aja lho……jakarta tiap tahun dibangun tp masih banjerrr….

          • @bung patech : pasti emosi ya melihat dana R&Dnya kita… Pemerintah itu rencana menyiapkan dana sekitar Rp. 100 trilliun untuk roket2 tanah air… Tapi mirisnya, untuk R&D sangat2lah mengecewakan… Mungkin dana ini akan digunakan untuk produksi massal…

            Kalau masalah BBM kayaknya saya kurang setuju bang.. Pemerintah telah berkoar2 selalu pamer melalui iklan dan spanduk2 di spbu tentang konversi gas. Ada mantan panglima TNI (MPT) cerita soal pertemuan dirinya dengan Menteri ESDM, si MT menanyakan kenapa program konversi ini tidak berjalan. Si menteri ngomong bahwa biayanya mahal. MPT nanya lagi, seberapa mahal? Menteri : 800 trilliun pak. MPT : kenapa gak jalan? 3 atau 4 tahun kita rugi tidak apa2 tapi kan setelah itu kita gak bergantung lagi… Malahan dengan gas kita bisa menghasilkan dari penjualan, kebutuhan tercapai pemerintah untung dibanding bbm bersubsidi.

            Nah masalahnya apakah pemerintah berani melepaskan lahan basah ini. Saya agak aneh dengan menteri satu ini, kebijakannya banya, tapi perjalanannya selalu mati ditengah jalan.

            Menurut gw sih mendingan program konversi jalan yg baik sih abang2 semua. Kalau bbm dinaikan ke harga normal pasti rusuh lagi negeri kita ini.

          • Buangeeeeet bung jalo..dari 2011/2012 udul juga gitu2 saja dananya..untuk roket… gk nambah“ dana 100t.kalao untuk produksi masal apa bung .lha wong roketnya saja mangkrak belum kelar…alangkah baiknya 100t di biat reseac pasti makjlebbb…. dan harus diawasi serta dilindungi oleh hukum yg tercantum, gimana para tehnisi tidak kerja d luar negri dg gaji dan alat g memadai.sdgkan reseach di negri sndiri masih kekuranganbalat dan dana…. Sebagai contoh tehnisi untuk mobil listrik tukino ygbwaktu dijajal mgalami insiden di jatim.selanjutnya mntri tsbt marah2 krnbkrg puas dg mobil tsbt.stlh di caribtau trnyat beda dg mbil listrik di usa yg mgnakan gear,sdgkn dikita tidak pakai gear.stlh mentritsbt tau apa masalahnya tehnisi tsbut udah kmbali lagi ke kerjaanya yg dl di usa krn alat dan pendanaanya kurang puas………itubcontoh kecil saja bung.

            Masalah bbm untuk tidak di subsidi kayaknya jakarta akan melakukanya tapi entah kapan????? tp sudah banyak berita yg di expose ttg kebijakan bb tak bersubsidi untuk DKI saya beerharap itu bisa ditiru oleh kota2 lain….kalau terlaksan……..akan.

            Kalaubrusuhbhanya sebulan duabulan bselanjutnya juga tidak rusuh….kalao sll di subsidi pertamina juga merugi terus apalagi belum ada tambang lagi yg siap di bor… Bio gas sekarang lagi banyak di kembangkan salah satunya dg botol bekas yg didaur ulang untuk di jadikan bbm dan sudah berhasil….. kalao stiap rumah memiliki 3 mtoor 1 mobil brapa yg harus disubsidi.sdgkan rata2 mobil mewah memakai bahan bakar bensin…… masak mobil lambort masih minta subsidi……
            Apalagi subsidi bbm di nikmati kalangan menengah keatas…..bukan rakyat miskin….sebagai gantinya sarana umum diperbanyak, pendidikan dr sd,smp gratis,kesehatan gratis, dan bahan bakar diganti gas……

            Maaf kalau saya oot…..bung.

          • Eeeehhhh…kok malah ngelantur kesubsidi BBM yaa.? Ikut nimbrung dikit ahh…
            Konversi energi emamg butuh biaya tinggi, apabila kebijakan itu langsung diterapkan menyedot anggaran yg luar biasa fantastis, mengingat kesiapan infrastruktur di daerah jg. Coba diingat konversi BBM ke BBG utk skala rumah tangga saja, berapa duit yg dihabiskan.? wowwww…..
            Nah kalo untuk konversi energi di sektor transportasi, sedikit demi sedikit sudah mulai. Sekarang di SPBU selalu didapati Bio Solar bukan solar murni lg seperti sebelumnya, tetapi hasil tetap sama.
            Bayangkan berapa triliun negara harus keluar uang utk mengganti tangki2 kendaraan bermotor milik warga ke tabung yg mampu menampung BBG, sebagai konsekuensi kebijakan sepihak pemerintah
            yg menerapkan konversi energi.? Sementara besarnya kue APBN yg ingin dibagi hanya lebih besar sedikit dari tahun sebelumnya. Dan warjag disini tidak mengharapkan jatah kue Dephankam dipangkas utk konversi energi, bukan.? entar SU35, Kilo .kapal destroyer bisa gak kebeli dan mimpi pun buyar….apa kata dunia….?
            Untuk itu pemerintah mengambil kebijakan konversi energi secara bertahap.
            Agar sektor pembangunan dan sektor2 lainya tetap berjalan untuk mensuport peningkatan perekonomian negara. Supaya kita tetap semangat utk terus melanjutkan mimpi bung @jalo, bung @patech, saya, para sesepuh warjag dan diskusi kita tentang alutsista yg akan dibeli pemerintah di forum ini.
            Mohon maaf jika keliru.. 🙂

          • kalau menurut saya program pemerintah saja yg tidak berkesinambungan. di kalangan masyarakat banyak kok yg mau menggunakan BBG walaupun dgn biaya pribadi. hanya rakyat mau liat implementasi dari pemerintah dulu gimana,.aman g pakai BBG.?knp tdk mulai dr mobil setingkat menteri dan kepala daerah dulu yg pke BBG.? di daerah saya pengisian BBG itu tidak ada sm sekali. sy ingat klu tdk slh sktiran 2005 pernah ada program penanaman jarak sejuta hektar untuk bahan baku bioetanol,akhirnya para petani rame-rame nanam jarak,eh bgitu waktu panen tidak ada yg membeli buah jarak petani dengan alsan program tersebut dibatalkan.

            sy juga menilai pemerintah kita tidak mau berpikiran pengusaha yg harus investasi dulu sebelum mendapatkan tambahan keuntungan. sebagai contoh tiap tahun dari ilegal fishing Indonesia mengalami kerugian 40 trilliun rupiah. dari tahun 2001 hingga 2013 total kerugian pemerintah sudah mencapai 530 trilliun hampir 4 kali dari dana MEF kita. hitung-hitungan kasarnya kalau 40 trilliun pertahun maka setidaknya kita bisa menganggarkan 10 trilliun untuk membeli kapal patroli bekas sejenis FPB (untuk mempercepat pengadaan kapal Bakorkamla),10 trilliun kontrak dgn PT PAL untuk pengadaan KCR 60 hingga 20 unit. dan sisa anggaran bisa untuk pembelian radar ataupun pembuatan sistem untuk mengidentifikasi kapal-kapal nelayan Indonesia atau bukan.
            maaf klu itung-itungannya kurang tepat. hehehe

      • Yups semangat klaim berdasarkan Historis bisa jadi tren dan ini bisa jadi sebagai antitesa model arab spring, Historis pada abad2 kejayaan masing2.. memang akan memicu eskalasi lebih HOT. Berdasarkan hal upeti pula , gue termasuk yg keberatan ada pangkalan YIN di timles, bola liar memang.

        Knapa hegemoni barat seperti meriang, coba kita telusuri :
        – Kebangkitan bangsa Arya di German (perlu di gosok)
        – Kebangkitan Jepang yg ke-2 (perlu digosok)
        – Kebangkitan Nusantara
        – Kebangkitan Kekaisaran Turki
        – Kebangkitan Rusia (ini udah jelas bangkit)
        – Kebangkitan Tiongkok (Udah jelas Bangkit)
        – Kebangkitan Hindustan (udah jelas bangkit)
        – Kebangkitan Persia (udah ada tanda2)

        Jika kebangkitan Nusantara mampu menstimulasi MSG, tentu aborign pun ikut2an,

        Juga menarik untuk di bicarakan, berdasarkan masa lalu juga, kebangkitan Bangsa Arya German akan mempengaruhi modernisasi militer kita..(gambling gue z)

      • salah satu puncak pelecehan terhadap budaya R&D pastinya ketika seorang doktor ilmu satra diangkat menjadi menristek, sementara alokasi anggaran yang hanya 0.08% GDP tidak terlalu jauh di bawah puncak tsb 🙁

    • Daripada dana untuk pemilu di habisin pakai acara saksi pemilu…..dengan adanya tambahan APBN apakah tidak lebih baik dananya unttuk R&D ….toh masih minim dan sangat sangat lah minim anggaran nya ……..

      • Dana yg resmi dan di setujui sm yg duduk di kursi senayan eman cuma 5M!…..

        karena meraka ga rela kalau negara ini bisa mandiri dalam industri pertahanan(peluang korupsi menipis) hehehehehe 😀

        Akir-akir ini saja para politikus disenayan mengagendakan anggaran untuk di kucurkan kepada para peserta partai politik untuk memantau jalanya pemilu di setiap TPS hampir 800an M untuk pengawasan pemilu padahal KPU sendiri menolak usulan itu.

        Makanya mereka cuma menyetujui anggaran cuma segitu (biar kliatan dimata rakyat kalau DPR berpihak pada rakyat)

        Maaf kalau ngawur 😀

        Itu mnurut analisa saya hehehe 😀

        • Iya..emang spt itu jalan ceritanya….dari awal mau pemilu udah pada curang dari aqua merk bintanglah,supermi ras bantenglah,dana yg diajukan di pemilu seuprit….tapi yg dana a i u e o nya seabreg untuk menyutik para rakyat yg masih buta politik.apalagi di iklan tipi2 yg aduhay banyak tipu dayanya…yg iklan ditipiw rataw pro barat….
          tadi pagi rumah ane dibtempeli sticker .ane tanya dapat uang berape bang…200ribu bang jawabnya….lumayan daripada nyangkul sehari baru dapat gopek…. …..uang negara habis kalao sekedar menyukupi kbtuhan parpol yg tidak Erata di rakyat ya di untal anggota hewan..bilangnya gl setuju,ada proyek ambibu…uangnya lenyap projek tak kunjung jalan…

          Jalan raya pantura dr dl gituw aja.tiap tahun dianggarkan ratusan milyar tapi tak kunjung baik jalanya….sudah tau slalu kbanjiran kena air rop .masih juga diaspal.padahal aspal musuh utamanya air…..eh coba dibplester.jgn dompetnya anggota hewan aja yg di plester pake duwit rakyat….

          Masalah setuju tak stuju di dpr….kalaununtuk urusan pemilu dua bilion juga mereka setuju… coba untuk reseacnya UAV….SAMPAI UBANAN PUN ITU ITU SAJA…

          • Sabar om, bentar lagi pemilu, kita bisa ikut andil dalam menentukan anggaran R&D(secara tdk langsung) makanya kita haruscerdas dalam pemilu nnti

          • Penyakit bangsa kita ya di Parpol nya… anggota dewan itu korup karna sebagian gazi itu diminta buat kas parpol… otomatis mereka nyari cara buat menambah penghasilan, minimal bs ngembalikin gazi mereka… maka disetujuilah proyek proyek yg dibuat… contoh itu jalan pantura dan proyek2 lain itu kenapa gk dibuat kuat permanen dan tahan lama hingga puluhan tahun,, bukan setahun perbaiki spt skrg…?? ya karna itu td.. ada proyek maka ada pemasukan tiap tahun….
            Percumah menghujat anggota dewan, karna inti penyakit ada di yg melahirkan anggota dewan (Parpol).

    • bahkan katanya harga nozzlenya sendiri dikisaran 2~3m. mungkin perlu desain ulang teknik pelapisan nozzle agar tahan panas atau teknik pendinginan di sekitar nozzle agar tidak ikut hangus.

      • Beberapa hari yg lalu saya nonton siaran tv chanel National Geograpic, tentang megaproyek Nazi pd WAR II, keinginan hitler utk menghancurkan Kota London dengan Rudal.
        Pada beberapa pengujian tingkat pertama, nozzle hancur tdk kuat menahan panas, akhirnya sang ilmuwan pemimpin riset memutuskan utk membuat aliran pendingin pada dinding nozzlenya. Pengujian tahap pertama permasalahan nozzle selesai.
        Bahkan ada divisualisasikan skema pendinginannya.
        Mungkin karena peralatan untuk membuat nozzle semacam itu yg belum ada oleh Lapan,
        sehingga nozzlenya selalu bermasalah.
        Saya yakin para pakar di Lapan tahu dan paham betul akan hal itu walau tdknonton acara tersebut. Namun teknologi pembuatan nozzlenya yg mahal, yg belum bisa dicover oleh Lapan. Utk itu kemungkinan lapan perlu TOTnya dng ukraina.

        • harga 2m tersebut kalau tidak salah buatan ukraina bung ruskye. yang kemungkinan di negara asli tidak masalah. tetapi di sini bermasalah. berarti ada 2 kemungkinan yang pertama kita dikasih nozzle kw atau di kemungkinan kedua propelan kita menghasilkan jauh lebih banyak energi dibanding propelan impor.

  8. weleh,,dikit amat dananya
    saya yang kerja di pemerintahan, tiap bulan ngabisin 3M lebih cuma buat bayar listrik

  9. Pantes saja pengembangannya agak lambat, lbh lambat dari iran, india dan korea, ya harap maklum krn dananya cuma 5 M. Apa yang bisa dihasilkan dgn dana 5 M masa kalah sama akil nyari dananya.

  10. Rasa kepengen punya rudal yg handal sudah terpupus sudah… pesimis menghantui perkembangan roket banyaknya birokrasi* yg selalu menghambat pengembangan*alutsista indonesia sebagai bangsa yg akan berkembang di bidang peroketan hanya dijatah 5 milyar…????????????????????????

  11. proyek rudal kendali C-705 dengan china gimana kabarnya??….R-han, Rx-550…., C-705 yg rencananya china akan membangun sekolah rudal di indonesia?….apa cuma hoak gan?

    • Info terbaru LAPAN DAN PT DI sudah kirim orang ke sana… Hingga saat ini masih proses penjajakan. PT Dahana yg rencana belajar tentang motor roket dan warhead timnya masih di Indonesia menunggu kepastian…

  12. Klo tidak salah.Rp 5 milyar adalah biaya produksi per satu unit roket… untuk riset dan pengembangan lebih lanjut,,ada dana tersendiri

  13. Mudah2an sama Iran bisa dikembangkan di teknologi peroketan ya bang.. Lapan itu telah menjalin kerjasama dengan Iran sejak oktober 2009. Kerjasama ini masih sebatas teknologi satelite. Mudah2an ilmu peroketan juga dilakukan kerjasama… Amiieen

    • Aamin bung jalo…
      Semoga lekas terwujud……
      Iran yg sll getol nawarin krjasama alangkah baiknya diterima…kalau malu ya bilang saja …kalao kerjasam peroketan bagaiman pak hasan rouhani…….???? ane mau ….

      Heheh berharap bange bung….

  14. 5 Milyar …?. Pa gak salah ketik tuh ?.
    Bner-bner dechhhh … tapi gk apa2 mungkin pemerintah melalui LAPAN hanya ingin membuat ROKET-ROKETAN ……!.

    Atau mungkin 5 M itu baru biaya kertas gambarnya. ….. :

  15. Kemhan hrs juga bekerja sama dg Lapan utk mendanainya roket kita, jangan diam aja dan kementrian pertaniaan dg BUMN agar mengembangkan minyak kelapa sawit pecahannya dibuat gleserin pembuat bahan misiu/bom. Kalau pemerintah bisa membuat pabrik gleserin di Indonesia maka, Indonesia menjadi Nobel dunia dan bom dunia/negara terkaya akan tercipta di Indonesia serta akan benar2 ada negara negara bom dunia nyata ada di Indonesia ini yg ditakuti AS/Uni Eropa. Salam………………….

  16. BAGAIMANA CARANYA AGAR PRESIDEN DAN DPR BACA ARTIKEL INI..BAHWA LAPAN PERLU SOKONGAN DANA UNTUK R & D ROKET!!

  17. maju terus LAPAN kami semua mendukungmu,tdk ada kata menyerah untuk ilmuan2 seperti anda…LANJUTKAN

  18. tetapi tetap saluttttt bung….hebat masih bisa berjalan R&D nya dg dana super minim,dimana bisa mencari pembandingnya meski masih gagal di RX-550

  19. Memang Terlalu banyak masalah dan budaya Buruk di negeri Tercinta ini ..
    dari tingkat desa , kecamatan , kabupaten , dan provinsi semua telah terjangkit budaya maling kantoran ..
    belum lagi budaya “ uang bensin“ kepala desa pun skrg untuk sekedar tanda tangan saja minta uang rokok..
    sy harap para warjager yg selalu koar“ hukum mati tikus kantor , tak memiliki budaya “uang rokok atau uang bensin“ seperti ini dalam membantu orang lain..
    buruh kalau ada masalah , mereka beramai ramai ke senayan..
    petani kalau tidak puas juga protes ke senayan..
    pecinta NKRI dan militer ? cuma protes lewat tulisan ..
    jadi ya , anggota hewan cuek aja ..
    toh gak ada yg keberatan. .
    mungkin perlu juga diadakan demonstrasi di senayan untuk membuka mata dan kesadaran mereka bahwa ternyata ada yg peduli dan kecewa dengan kucuran dana mereka untuk R&D ini.!
    setidaknya mereka tau dan tak bisa santai lagi karena ternyata ada para Pecinta NKRI dan militer yg akan selalu mengawasi tingkah laku mereka mengenai Pertahanan dan R&D !
    mari qt bersuara ! masak kalah sama buruh ,dan petani?
    TUNJUKKAN CAKARMU TEMAN TEMAN PECINTA MILITER!
    DEMI NKRI! DEMI HARGA DIRI DAN KEBANGGAAN!

  20. Data 2010: anggaran perjalanan dinas PNS Rp 18 T, menurut BPK dikorupsi 30-40% atau Rp 7,2 T.

    Betapa jomplang dan mirisnya, 5 M vs. 7.2 T !

    Yang tidak dikorupsi digunakan untuk berfoya2, misal belasan PNS pemda seputar selat malaka dan kawasan timur perlu training akuntansi, bukannya trainer yang terbang dari jakarta ke daerah para trainee, tapi rombongan trainee + trainer terbang ke bali dan training dilangsungkan di sana, biaya ticket pesawat + hotel + meals + allowance / SPJ menjadi belasan kali lipat, sementara roket yang sangat strategis bagi kelangsungan negara terlantar…

    Contoh calon negara gagal / failed state…

    http://news.kabarserasan.com/index.php/sumbagsel/item/506-perjalanan-dinas

    • benar , pns sekarang sumber inefeisiensi, mereka kaya ***bi gemuk, banyajk yg useless trmasuk yang ada ****PAN, agan semua jangan percaya kalo riset dananya sdkit, dananya banyak gan, tapi memang banyak yang nggak komppt*n

    • Biasanya selain utk foya2, korupsi jg dilakukan utk bini muda atau peliharaan. Lihat saja wawan, djoko dll. Saya setuju utk menolak korupsi sbg pidana umum. Korupsi adlh kejahatan luar biasa yg hrs dibasmi smp ke akar2nya utk mencegah perbuatan korupsi terulang kembali. Kalo uu korupsi ini dibatalkan, kita hrs siap turun ke jalan. Dan ini saya sgt khawatirkan, kejadian thn 1998 akan terulang kembali krn byknya mahasiswa yg turun ke jalan akibat aspirasi mereka tdk tersalurkan krn DPRnya tdk cerdas cuma menguntungkan pribadi atau partainya saja.

    • saat ini saya agak bersyukur dengan cara bpk memulai membersihkan korupsi perjalanan dinas. BPK teken kerjasama dengan pemda2 agar laporan perjalanan dinas dimuat secara transparansi dengan dimuat di website masing2 daerah. Semoga terealisasi dan juga tercipta sangsi yg jelas bagi yg melanggar.

      • Saat ini kelengkapan administrasi perjalanan dinas telah lebih diperketat lagi.
        Kalo dulu bisa terjadi pertanggung jawaban administrasi perjalanan dinas hanya melampirkan bukti tiket (berupa tiket kosong yg dpt diisi sendiri) yg di stempel oleh trevel agen dng membayar fee, serta melampirkan SPPD yg distempel oleh Instansi tujuan perjalanan dinas. Pengajuan perjalan dinasnya 3 hari, pada kenyataannya tdk sama sekali melakukan perjalanan dinas. Utk setahun seorang pejabat eselon II melakukan perjalann dinas fiktif rata2 dua kali/bulan.
        Jd bisa dihitung kebocoran anggarannya utk setingkat kabupaten/kota yg memiliki pejabat eselon II sebanyak 15 bahkan lebih.
        Ada beberapa hal aturan baru dalam perjalanan dinas. Utk tiket harus berupa print out yg menggunakan barcode, utk penginapan harus melampirkan print out kwitansi dari hotel/penginapan bukan lg berupa lembaran kuitansi yg ditulis tangan atau diketik dng mesin ketik. Demikian pula utk biaya makan dan penggunaan taxi untuk transportasi setempat hrs melampirkan print out.
        Jika tidak dapat melampirkan semua itu, pejabat yg bersangkutan diwajibkan mengembalikan biaya perjalanan dinas yg telah digunakannya.
        Memang masih terdapat sedikit celah akan tetapi dapat menekan angka kebocoran anggaran sebelum diterapkannya aturan baru tersebut. Perlahan tapi pasti kebocoran anggaran akan berkurang setiap tahunnya.

    • bung @danu, disebut oknum itu kalo jujur 😀

  21. Doeloe sok-sokan ngembangin dari nol dengan alasan tidak ada negara yang mau berbagi tapi ujung-ujungnya minta bantuan luar juga, kenapa nggak minta bantuan dari dulu saja? apa baru sadar kalau kalian emang g*bl*k?

    • Pertanyaan newbie, emang situ tau dulu ada negara yg mau berbagi? sebutinlah contohnya, kl udah, emang situ tau kalau dulu kita ada duit buat minta bantuan luar? skrg aja udh mendingan kondisi keuangan dana RnD tetep segitu. belum lagi syarat2 yg diminta sama negara yg situ sebutin buat bantuin bikin roket, ngga mungkinkan gratisan. China aja yg jelas2 bilang dimedia masa mo bantu, aja masi mbulet2 ngga jelas juga. apalagi yang ngga pernah janji.

      Duit dulu gedein, masalah bikin sendiri / minta bantuan disesuikan ama budgetnya.

    • Saya tidak sependapat dengan anda mbah kusumo.
      Jika memulai dari nol, mungkin perlu proses dan waktu yg lama serta dana yg tidak sedikit untuk mendapatkan teknologi roket yg sempurna. Harus melalui ujicoba dan pasti mengalami banyak kendala dan kegagalan untuk sampai pada hasil akhir yg dinginkan. Itu sangatlah wajar. Itu sebabnya negara spt USA, Inggris , Rusia dan Perancis mengkeep teknologi mereka yg telah menghabiskan banyak dana pada saat membuat proyek tersebut.

      Oleh karenanya kita memangkas waktu dan biaya riset tadi melalui cara TOT. Sepengetahuan saya belum ada TOT yg dimulai dari nol. Kita hrs menguasai dasarnya dulu sebelum kelevel selanjutnya. Jng mengharapkan ilmuwan kita spt Bandung Bondowoso yg sanggup membangun seribu candi dlm waktu semalam. Dan yg perlu kita ketahui ilmuwan kita tidaklah sebodoh yg orang awam pikirkan, mereka butuh dukungan dari pemerintah serta DPR dalam hal pendanaan untuk mewujudkan kemandirian dlm pencapaian teknologi roket.

      • Bukannya peroketan Amerika dan Soviet pun terbantu ilmuwan Nazi yang direkrut . Bahkan ilmuwan Nazi menjadi direktur NASA pertama . Amerika tanpa ilmuwan Nazi akan lebih terlambat beberapa tahun atau dasawarsa untuk sanggup mengirim orang ke bulan.

    • @mbah kusumo and @ahmad : Inilah salah dua virus yang menghambat kemajuan bangsa. Mental apatis , hanya menonton tanpa punya kemampuan . Tidak mau rekan sebangsanya maju dan mampu menciptakan sesuatu . Amerika butuh berapa tahun membuat roket ? Amerika mampu menerbangkan manusia ke bulan pun setelah mendatangkan banyak ahli-ahli roket NAZI Jerman . Itu dihilangkan saja mental yang selalu iri pada keberhasilan orang lain . Sementara ini apa kemampuan Anda berdua ?

  22. tak payahlah nak buat roket…
    urus je pelayan di sini supaya tak kene bala
    roket?mercun maybe…
    ke ke ke ke

    • benar memang kalo negeri ini disebut bangsa tak berbudaya, tanpa keberanian…oportunis sejati yg hanya bisa menjilat kaki penjajahnya.bangsa pengecut yg hanya sembunyi dibalik kebesaran yg menjajah dan mengkerdilkannya.

      pengalaman pribadi bekerja dgn mereka, walau level sama…cakap tinggi selangit, implementasi nol besar…perusahaan hampir kolaps dibuatnya, dan lari lintang pukang balik ke negaranya meninggalkan begitu saja anak istri yg asli indonesia. selidik punya selidik pengalaman ini juga dirasakan sendiri oleh sesama pekerja…tapi dia dari india, lebih mudah diajak kerjasama yg mencerminkan tingkat intelejensi dan kompetensi jauh lebih baik.

      temen2 dari india pun juga mengamini kebanyakan sikap yg kurang berkenan terhadap bangsa serumpun ini.
      memalukan memang disebut serumpun dengan mereka, tapi bagaimana lagi ya….anggap saja ini adalah aib buat kami bangsa indonesia.

      pengalaman pribadi.

      • sabar bang, dia cuma tau nya merendahkan hasil kerja bangsa lain. padahal prestasi bangsa nya sendiri tak ada kecuali klaim sanan sinun bang. indonesia jls lebih hebat dari si jaguh bang, biar lah roket kita diblg mercun, nanti kita lihat siapa yg tertawa paling akhir bang. kita atau si jaguh, biarlah skrg dia mentertawakan kita

  23. Saya miris dengan bangsa ini apakah aturan atau hukumnya yg salah atau penegak hukumnya atw si perumus hukum itu sendiri biar saja kami makan dengan garam biar saja kami hidup dlm perjuangan ,asalkan kami bisa merdeka jangan lupakan sejarah…

    kita ini bangsa besar apa yg tidak kita miliki di dunia ini disamping sdm maupun sdanya tuhan sudah kecewa dgn kita rakyat nkri yg sudah hmpir 69 tahun merdeka tp kok kita blm bisa berdikari…

    apa yg salah dgn negeri ini. saya ingin mengingatkan anda2 semua kemerdekaan yg kita peroleh dgn pengorbanan darah dan materi… mari kita berpikir apakah kita harus diagresi dahulu baru kita sadar dan berpikir bhwa kita bngsa yg besar dan kaya…

    saya prihatin dgn politikus kita yg rata2 hanya mementingkan pribadinya maupun golongan…Meskipun dhulu berkoar-koar dan berkampanye akan mensejahterakan dan membawa perubahan saya bukan orng yg pesimis dan tanpa mengurangi rasa hormat saya trhadap pmrntah saat ini dan pemilu yg sebentar lg akan dilaksanakan..

    Marilah kita semua sbg rakyat yg cerdas dan pintar pilihlah pemimpin yg jujur adil amanah tegas dan konsisten… cita2 bangsa ini yg telah jelas dikonsepkan pada pancasila dan UUD 45 klo wakil rakyat dan pemimpin kita nanti mau menjalankan apa yg sudah dikonsepkan para pendiri bangsa ini insya allah kita bisa menjadi negara kuat bermartabat dan disegani oleh bangsa manapun…

  24. seperti movie doraemon giant dan suneo giant berbadan besar tapi bodoh

    • Iya Cibay. Malaysia memang pintar makanya pesawat tempur Typhoon mau di-leasing ke Inggris. Semoga sukses ya

      • belum tentu juga dia orang malaysia
        Sekarang lagi banyak malaysia wanabe ,auhie wanabe,,
        mereka harus melaksanakan tugas dari yang mendanai organisasinya ..
        biar tetep exist,dana mengalir terus …hadeh
        kok urip komprador macam gitu

    • Nobita ( Malay ) always hide behind Doraemon ( British etc) . Are you proud your self and your country ? Your country is l*ser . Come here , face us one on one. At least Giant (Indonesia ) is real giant who could stand by itself eventhough now the giant is still sleeping.

  25. Dinegeri sendirinya sesama malay saling olok2kan apalagi mnyangkut parpol udh pd berantem jd udh emang dr snonya jd hrp maklum itu…

  26. ta patut…tengok kakilah marah je…
    stroke nanti by the way mercun akan kongsi with ukraina?dengan rusia pon masih gadoh…pilihan bijak biar kami tergelak awal maupun akhiran ke…ke…ke..

    • Saya pingin roket kita yg kita punya caberawit, ndak masalah biar kecil kalau kata orang jawa bilang alon alon waton kelakon tahu2 menjadi satria baja hitam brubah…………………..dan impian saya akan saya menjadi kenyataan oke kita gunakan roket tsb menjadi roket penjelajah ruang angkasa haduh anak2 bangsa Indonesia dpt tamasya ke bulan ndak usah tamasya ke malaysia paling liat tentaranya perut burai serta lembek2. Salam cibay wussssssssssss…………………………

  27. Para petinggi tdk malu dijadikan olok2an negara tetangga, pemerintah utk mengglontorkan dana sangat pelit utk penelitian roket kalau bisa dr TNI antar matra memberikan sumbangan utk penelitian Lapan kita(dg catatan pengawas dr intern TNI dlm penggunaan dana) dan dr hasil penelitian roket yg sdh berhasil uji coba utk para matra bisa mengajukan anggaran ke pemerintah utk melengkapi alutsistanya menggunakan roket hasil penelitian. Kalau tdk mau cepat menguasai teknologi roket NKRI akan dijadi sbg tumbal negara2 besar, krn tdk punya deterent alutsista spt Korut dan akhir2nya sbg bangsa pesuruh spt rencana Hitler ingin menguasai Indonesia dr temuan2 kapal selam yg banyak tenggelam di lautan Nusantara. Mudah2an Pak SBY mendengar keluhan dr hati rakyat yg dlm menginginkan TNI kuat, sbg penjaga NKRI dan sesuai moto yg ada di AKMIL gunung Tidar Magelang. Salam……………..

  28. gimana arisan dana R & D jadi di lanjutin nggak nich,.. Rp 10.000 / orang ja dah cukup buat ngelanjutun ampe ke Rx 750 bung,…

 Leave a Reply