Sep 022018
 

Multiple-Cradle Rocket Launcher yang disebut Jobaria, buatan Roketsan, Turki © Anadolu Agency

JakartaGreater.com – Peluncur roket multi-cradle telah ditetapkan oleh Guinness Record sebagai sistem artileri roket terbesar di dunia dalam hal jumlah barel yang diusungnya, seperti dilansir dari laman Anadolu Agency.

Roketsan, kontraktor pertahanan terkemuka Turki telah memecahkan rekor dengan artileri roket terbesar di dunia, seperti diumumkan oleh perusahaan itu pada hari Minggu.

Jobaria, peluncur roket multi cradle yang dikembangkan oleh Roketsan untuk Uni Emirat Arab (UEA), telah memecahkan Guinness World Record untuk artileri roket terbesar di dunia dalam hal jumlah barel.

Sistem itu, yang disebut sebagai sistem roket artileri 122 mm terkuat di dunia, memiliki empat peluncur roket yang terintegrasi pada semi-trailer 10 roda, dengan total memiliki 240 tabung peluncur roket.

Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab sebelumnya mengajukan permintaan baterai artileri roket untuk dipasang pada satu kendaraan, karena selama ini mereka menggunakan enam kendaraan, BM-21 Grad, untuk melakukan hal yang sama.

Jobaria memiliki keunggulan 6 kendaraan artileri roket dalam 1 unit, yang dulu membutuhkan hingga 30 orang personel, kini hanya membutuhkan 3 peronel untuk mengoperasikan dan juga meluncurkan 240 roket 122 mm.

Sistem artileri roket ini dapat menembakkan 240 roket ke sasaran dengan jangkauan maksimum sekitar 37 kilometer (23 mil). Roket dapat menghancurkan area seluas 4 kilometer persegi.

Tahun lalu Aselsan, memperoleh pendapatan sebesar $ 1,4 miliar, naik dari $ 1,2 miliar pada tahun 2016. Perusahaan Aselsan aktif dalam telekomunikasi militer dan sipil, radar, peperangan elektronika, pertahanan, senjata, komando dan kontrol serta sistem navigasi.

Bagikan: