May 092017
 

Mesin EJ200 buatan Eurojet. (Hanya sebagai ilustrasi)

Kale Aviation Turki akan meluncurkan usaha patungan dengan perusahaan Rolls-Royce Inggris untuk mengembangkan dan memproduksi mesin jet tempur untuk TF-X yang sedang dikembangkan secara domestik oleh Turki, seperti dilansir dari Daily Sabah.

Perusahaan patungan tersebut akan didirikan dengan komposisi saham sebesar 51 persen dari Kale Group dan sekitar 49 persen dari Rolls-Royce. Kale Group asal Turki bermaksud untuk mengembangkan mesin jet untuk penggunaan sipil dan militer, terutama pada proyek jet tempur TF-X buatan dalam negeri Turki.

Rolls-Royce sebelumnya menyatakan minatnya pada proyek TF-X dan CEO-nya Warren East telah mengunjungi Turki pada bulan Oktober 2016 lalu untuk merundingkan peran perusahaan dalam proyek tersebut.

Proyek TF-X telah berubah menjadi sangat penting dalam mengganti jet tempur F-16 yang kian menua, dan merupakan tulang punggung Angkatan Udara Turki. Batch pertama dari jet tempur TF-X tersebut diperkirakan akan dikirimkan pada tahun 2023.

Kale Group sudah dalam kemitraan dengan raksasa kedirgantaraan Pratt & Whitney asal AS dan perusahaan patungan tersebut telah memproduksi suku cadang mesin jet tempur F-35.

Grup perusahaan Kale Aviation juga memasok sejumlah komponen struktural dan layanan sub-perakitan ke raksasa penerbangan sipil dan militer termasuk Boeing, Airbus, Spirit, Northrop Grumman dan Lockheed Martin.

TAI TF-X adalah jet tempur superioritas generasi kelima bermesin ganda dan dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) dengan bantuan teknologi dari BAE Systems asal Inggris.

  31 Responses to “Rolls-Royce Akan Produksi Mesin TF-X Turki Bersama Kale Aviation”

  1. Hm….

    • Kerjasama yg menguntungkan antara kedua belah pihak, terbukti eropa barat lebih serius dalam transfer teknologi, sudah seharusnya indonesia jangan main2 menentukan masa depan pertahanan negara, keputusan yg salah hari ini akan berakibat keterpurukan dimasa depan…

    • Hmm,.. presiden adil negarapun maju.. Klw di sini hukum saja gk adil bgmn mau maju.. yg kaya berduit di bela yang miskin kere di tekan.. pajak pengemplang di ampuni pajak rakyat jelata di naikin.. lihat saja program kfx dan ifx terlunta2 kaya kodok lompat sana lompat sini.. hancur negara..!!!

    • Saya sangsi indonesia tidak dapat TOT mesin KFX, bahkan teknologi KFX jg tdk akan dapat selain teknologi rancang bangun badan pesawat buktinya perwakilan indonesia cuma PT.DI yg notebanenya cuma merakit komponen pesawat sedangkan PT. lEN, PT. INTI yg bagian elektronik (yg bisa menyerap teknologi radar, avionik, dll) tdk ada dlm proyek KFX. Jgn heran setelah proyek KFX selesai indonesia blm mampu membangun pesawat tempur sendiri. Kalo mw jujur cerdas indonesia hanya dijadikan sales pemasaran barang korsel.

      • Baca ini Dulu Bung Ucapan Sekjen Kemenhan…
        “Agar tujuan yang ingin dicapai Pemerintah Indonesia dapat terwujud, (maka tidak hanya PT DI saja yang berperan), kami juga akan berusaha semaksimal mungkin memberikan dukungan agar Pemerintah Indonesia bisa mencapai tujuan tersebut”, jelasnya.

        Jadi Dari Indonesia Bukan Cuma PT DI Saja Yg Ikut Mengerjakan Proyek KFX/IFX

  2. Turki, anggota nato yang bermain-main dengan musuh nato, yaitu dengan pembelian S400 nya.

    • Turki negara yg bebas aktif.. dr sejarahnya saja sebagai negara maju penakluk eropa timur dan sebagian eropa barat… negara yg tidak bisa di tekan oleh manapun.. emang di sini sama freeport saja dipecundangi… bgmn mau maju Klw pemerintahnya loyo.. sampai ktp pun di korup dpr yg notabene sbg wakil rakyat.. pesawat ifx / kfx terlunta2 di otak para penghayal militer..

  3. Kecil amat tempat comen nya…hihihi..dh brobah

  4. prediksi saya lebih cepat ini dari kfx
    inggris dan turki sepertinya mulai bermesraan seiring merenggangnya hubungan kedua negara dgn uni eropa

  5. indonesia kudu bisa,, buat mesin jet?? memang yang susah metalurginya nahan panas tp ttp semangat buat nemuin racikan nya,,, bisa ini mesin yang lain ngikut

  6. Patut dicontoh langkah2 konkrit dan strategis Turky, RI jg wajib R&D permesinan baik untuk darat, laut dan udara dgn negara2 produsen mesin kelas dunia! Wajib kuasai teknologi Metalurgi!

  7. ya masalahnya itu bung patih??
    memang mental bangsa kudu di ubah,, apa yg bisa kita kasih untuk bangsa,,?? yang ahli2 kimia buatlah rumus,, rekayasa kimia,kan gak harus pake uang,, rata2 mesin?? uap panas di mampatkan,, kalo kita uang panas di slimpetkan hhh

  8. menurut q bagusan mesin jet rusia,,dan usa kok bisa ya nalpotnya bisa di goyang2,, pake sistem apa ya?? yang jelas manuvernya lebih bagus,,, sukhoi dan f35b

  9. minat bikin pabrik mesin ya seperti ini
    serius bikin pabriknya dulu
    produksi mesin ecek ecek dulu
    dan selanjutnya ya seperti itu
    para ahli dan cerdik pandai ayo kumpul di sini
    minum minum kopi dulu biar bening mikirnya bikin pabrik mesin

  10. YA SEMUANYA TDK ADA YG MUSTAHIL JK ADA KESUNGGUHAN NKRI PSTI BSA BUAT MESIN JET LBH MUSTAHIL BUAT SEMUT ATAU NYAMUK SUNGGUHAN

  11. Hihihi… Kira2 Sama Mesin GE F414 Punya KFX/IFX Masih Mahalan Mana Ya?…

  12. konco-konco Mau liat tampang tank pindad gak mas bro ini linknya::
    http://www.milatgazetesi.com/idef-te-yeni-bir-tank-dogdu-haber-113206

  13. Indonesia join RnD aja sama perusahaan Rusia yg buat mesin jet utk Su T50PAKFA. Kita patungan 55/51%. Ntar biar bisa dipake di IFX generasi 2.

    • Just a little correction……….
      55 ditambah 51 bukannya 106% yaaa….
      Biasanya 51%(ownernya) 49% (user-nya/penanam modalnya)…total 100%
      sekian terimakasih

  14. Sebenarnya kita bisa melakukan hal yang sama jika pengembangan SDM kita dilaksanakan secara teencana, terpadu dan kontinyu. Cukup sudah expor tenaga kerja ahli ke luar negara,negara harus hadir sejak dini di dunia pendidikan untuk memastikan bibit2 unggul kita berkembang optimal, dan pastikan adanya lingkungan usaha dan kerja yang kondusif bagi yang telah dibina.
    Saya percaya dalam satu dua dekade kemajuan itu akan kita dapatkan. Tetapi jika praktek perekrutan “anak2 unggul” masih seperti yang dulu, hanya unggul kedekatan, unggul uang dan unggul suku; sehingga melahirkan kelas “elit yang kebanyakan seperti yang terlihat seperti sekarang.
    Dan untuk itu sumbangsih kita masing – masinglah yang akan menentukan kemana negara ini ke depan.
    Selamat Berjuang.

  15. terus IFX kira2 nanti make mesin buatan mana?

 Leave a Reply