Agu 142019
 

Jet tempur Su-35 (foto:Su-35Twitter)

Eksportir persenjataan Rusia Rosoboronexport menolak untuk berkomentar kepada Sputnik tentang kemungkinan Rusia mengirimkan pesawat tempur Su-35 ke Turki, dan menambahkan bahwa semua itu baru dalam tahap niat dari Turki dan Rusia, lansir Urdupoint.

Surat kabar Turki Yeni Safak melaporkan awal pekan ini bahwa Ankara mempertimbangkan tawaran Rusia untuk membeli pesawat tempur Su-35 setelah Amerika Serikat menyingkirkan Turki dari program jet F-35.

Agen pengadaan senjata Turki dilaporkan telah menginstruksikan industri pertahanan, Komando Angkatan Udara dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menilai proposal Rusia. Penilaian positif nantinya bisa dilanjutkan dengan negosiasi yang relevan dengan Moskow, tulis surat kabar Turki itu.

“Saat ini, Rosoboronexport tidak mengomentari kemungkinan Turki membeli pesawat tempur multirole Su-35 Rusia. Hanya niat dari pihak-pihak yang mempertimbangkan masalah tersebut telah diumumkan, “kata juru bicara Rosoboronexport Vjacheslav Davidenko, ketika ditanya apakah Turki telah menghubungi perusahaan untuk perincian akuisisi Su-35.

Pada bulan Juli, Amerika Serikat mengumumkan keputusannya untuk menangguhkan partisipasi Turki dalam program internasional F-35 atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia, menambahkan Turki akan sepenuhnya dihapus dari proyek pada akhir Maret 2020.

Tak lama kemudian, CEO perusahaan Rostec Sergey Chemezov mengatakan Moskow siap untuk mengirimkan jet tempur Su-35 ke Turki jika tertarik dengan pengadaan jet tempur Rusia tersebut.

 Posted by on Agustus 14, 2019